silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

95 Comments

  1. Nama : PUTRI AGUSTINA
    NIM : 859877769
    Pokjar : Labuhanbatu rantau prapat

    Kelemahan :
    1.tidak ada nya salam dan guru lupa mengajak siswa berdoa
    2. Guru tidak menanyakan kabar siswa
    3.guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    4.apersepsi masih terlihat kaku
    5. Guru tdk memberikan contoh bagaimana membaca pantun yg baik dan benar sebelum memberi tugas
    6. Tidak ada kesimpulan pembelajaran
    7. Salam penutup tidak ada

    Kelebihan
    Metode ceramah dan tanya jawab sudah terlihat bagus untuk membuat umpan balik siswa

  2. Nama : NURIKA ZUHRIA NINGSIH
    NIM: 856022179
    Prodi : PGSD-S1
    Semester : 6

    Menurut analisis saya dari video Pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah saya tonton tentang belajar membaca pantun ialah :
    Dalam memahami pembelajaran membaca pantun guru tersebut menggunakan metode belajar berkelompok. Tetapi saat pembagian kelompok seharusnya seorang guru tersebut yang membagi atau menentukan siapa siapa saja teman kelompoknya agar tidak terjadi keributan.
    Tetapi dari pengalaman saya mengajar dalam pelajaran membaca pantun ini saya menggunakan metode belajar mandiri yang mana setiap masing masing siswa membuat pantun sendiri dan membaca nya kedepan. Dari metode tersebut saya mengalami kesulitan terhadap anak yg tidak bisa membuat pantun.
    Maka dari itu video pembelajaran yg telah saya tonton ini kedepannya akan menjadi motivasi agar menggunakan metode pembelajaran kelompok dalam belajar membaca puisi agar siswa lebih mudah memahaminya.

  3. Nama : Ranti Mirani
    NIM : 857750448
    UPBJJ : 42/Semarang
    Pokjar : Kaliwungu

    Setelah mengamati proses pembelajaran dengan materi membaca pantun pada video tersebut, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat kita jadikan evaluasi agar sebagai seorang guru kita bisa lebih meningkatkan profesionalisme kita dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik kita.
    Membaca pantun merupakan materi yang pasti akan menyenangkan bagi peserta didik di jenjang sekolah dasar, karena pada materi ini peserta didik akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih aktif melalui metode demonstrasi dan mencoba langsung untuk membacakan pantun di depan kelas.
    Beberapa kelebihan pada proses pembelajaran dalam viseo tersebut, antara lain:
    1. Guru mampu mendapatkan perhatian peserta didik dengan cara mengajarnya yang jelas dan bersahabat sehingga seluruh siswa fakus dan aktif mengikuti materi pembelajaran yang diberikan, dan tidak ada yang bergurau.
    2. Guru telah dapat membangun kedekatan dan berinteraksi dengan baik kepada peserta didik di kelasnya.
    3. Guru menerangkan materi yang diberikan dengan menyenangkan.
    4. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencoba mempraktekkan cara membaca pantun, sehingga memberikan pengalaman yang menarik bagi peserta didik.
    5. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah maju untuk membacakan pantun dengan cara memberikan tepuk tangan.

    Namun beberapa kekurangan juga ditemukan pada proses pembelajaran dalam video tersebut, antara lain:
    1. Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.
    2. Guru tidak mengabsen peserta didik.
    3. Guru tidak memberi apersepsi pada awal pembelajaran.
    4. Guru hanya mengatakan materi yang akan dipelajari hari itu tanpa menyampaikan tujuan yang diharapkan akan dicapai peserta didik setelah belajar materi tersebut.
    5. Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik sebelum meminta peserta didik membaca pantun.
    6. Tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran.
    7. Guru tidak memberi tugas.kepada peserta didik sebagai latihan di rumah.
    8. Tidak ada doa penutup pada akhir pembelajaran.

    Saran saya, guru lebih meningkatkan keterampilannya dalam membuka dan mengakhiri pembelajaran serta dapat mengajar peserta didik dengan tahapan pembelajaran yang runtut.

  4. Nama : KAMSIA SIAGIAN
    NIM : 859872261
    Tutor : Ibu Roslin Siallagan, S.Pd. M.Pd
    Prodi : S-1 PGSD UPBJJJ Medan
    Mata Kuliah : PKP Kelompok Non Eksakta

    Menurut pengamatan saya pada pembelajaran yang terdapat pada video di atas tentang Belajar Membaca Pantun yaitu:
    1. Seharusnya Guru terlebih dahulu melakukan kegiatan pendahuluan atau kegiatan Awal sebelum proses belajar pembelajaran di mulai di kelas dengan :
    – Memimpin doa terlebih dahulu,
    – Menanyakan kehadiran siswa,
    – Melakukan Apersepsi dengan menyampaikan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, –
    – Menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan
    – Memberikan motivasi kepada siswa tersebut.
    2. Pada Kegiatan Inti Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun dengan baik dan benar, agar siswa semakin paham cara membaca tidak seperti membaca puisi ataupun lyrik lagu.
    3. Guru melakukan pembelajaran yang berpusat kepada siswa sebab siswa sangat aktif untuk membaca pantun secara bergiliran ataupun berpasangan di depan kelas.
    4. Guru memberikan apresiasi yang sangat bagus saat siswa sudah tampil di depan kelas dengan memberikan tepuk tangan sehingga siswa lebih berani dan bersemangat untuk membaca pantun.
    5. Pada kegiatan penutup, Guru dan siswa tidak membuat rangkuman ataupun kesimpulan pembelajaran didalam kelas.
    6. Guru juga tidak menggunakan media ataupun Penilaian saat mengajarkan tentang pantun di kelas.

    Demikianlah pengamatan saya pada video singkat di atas. terimakasih.

  5. Nama : Salsabila Adriyanti
    Nim : 856075939
    Semester : 6
    Jurusan : S1 PGSD
    UPBJJ : Batam-Kepulauan Riau

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati melalui tayangan video tersebut, maka upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya diantaranya adalah :
    1. Kegiatan pembelajaran diawali dengan berdoa dan absensi terlebih dahulu;
    2. Kemudian guru mengapersepsi serta memotivasi siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mempelajari materi tersebut,
    3. Sebelum memulai penjelasan materi sudah seyogyanya guru menyampaikan tujuan yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran tersebut agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang akan disampaikan oleh guru
    4. Penyampaian materi sudah cukup baik namun akan lebih baik lagi jika penyampaian materi menggunakan video pembelajaran atau berbentuk power point agar siswa tidak bosan dan bersemangat dalam memahami pembelajaran
    5. Jika guru merasa kesulitan dalam memberikan contoh yang baik dan benar dalam membaca pantun, alangkah baiknya guru mencari solusi seperti memutarkan video pembacaan puisi yang baik dan benar kepada siswa, agar siswa mudah memahami dan dapat mempraktekkan dengan baik dan benar.

    Sekian tanggapan yang dapat saya sampaikan,
    Terima Kasih.

  6. Nama : Devi Anggraini
    NIM : 856943132
    Prodi : S1-PGSD
    Pakja : Sidomulyo
    Semester: 8
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Analisa saya tentang video pembelajaran Belajar Membaca Pantun ini menurut saya sudah sangat baik dan jelas dalam penyampaian materi serta pengkondisian siswa dalam kelas juga sudah tertib dan mampu memahami materinya.
    Kelebihan: dalam video pembelajaran ini guru sangat memahami materi yang akan disampaikan dan siswa juga mudah untuk memahami apa materi yang disampaikan terutama pada saat mempraktikkan langsung cara membaca pantun dengan baik .
    Kekurangan: sebaiknya guru mempraktikkan dan mencontohkan cara membaca pantun dengan baik sebelum siswa yang mempraktekkan nya sendiri untuk maju didepan secara bergantian.
    Keunikannya: video ini mengajarkan siswa berani dan percaya diri.

  7. Hallo..
    Nama saya Dewi Fitria Ningrum (858890267)
    Saya dari pokjar Genteng A, UPBJJ Jember, dalam mata kuliah PKP, disini saya akan berkomentar tentang kelemahan dan kelebihan guru saat mengajar, yang terdapat di dalam video tersebut, kelemahannya yaitu, guru tidak mengawali pelajaran dengan salam dan berdoa, kemudian guru juga tidak memberikan suatu motivasi belajar pada saat mengawali pembelajaran, cara mengajar guru sangat monoton sehingga siswa terlihat bosan. Dan kelebihannya yaitu, pelajaran berlangsung tertib, siswa merespon pelajaran dengan baik, cara guru menjelaskan materi juga tidak bertele-tele sehingga membuat siswa mudaj memahaminya.

  8. Nama : Risa Ayumi
    Nim : 856736981
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Pangkalan Balai
    UPBJJ : Palembang

    Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh
    Izin menanggapi
    Kelebihannya :
    Menurut saya ibu guru nya sudah bagus menjelaskan materi kegiatan pada pembelajaran tersebut siswa juga antusias di berikan pertanyaan soal membuat pantun dan menjawab pertanyaan tersebut maju ke depan bersama temannya, diskusi kelompok membuat pantun dengan semangat dan tanya jawab.
    Kekurangannya :
    Sebenarnya disaat masuk kedalam kelas guru mengucapkan salam pembuka, menanyakan kabar anak-anak, berdo’a bersama, selesai berdo’a menyanyikan lagu wajib dan Pancasila, setelah itu baru absen seluruh siswa siapa yang hadir dan siap yang tidak hadir. Selesai tersebut baru masuk ke materi pembelajaran dan sampai lah di akhir pembelajaran di tutup dengan kesimpulan jika siswa tidak mengerti boleh bertanya, kalau semuanya sudah mengerti Alhamdulillah
    Di akhiri dengan kalimat
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh 🙏

  9. Nama : Mia Andresa
    Nim : 856993144
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    Izin menyampaikan hasil analisis saya tentang video pembelajaran mengenai “Belajar membaca pantun”. Pada saat menyimak video tersebut saya menemukan kelebihan dan kekurangan saat guru menyampaikan materi tersebut;
    Kelebihannya
    1. Dalam video tersebut guru mengapresiasi siswa yang sudah berani tampil didepan kelas untuk mencoba mempraktekkan membaca pantun dengan memberikan apresiasi tepuk tangan.
    2. Interaksi antara guru dan siswa sudah terjalin baik, dari video tersebut terlihat guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba mempraktekkan cara membaca pantun.

    Kekurangannya
    Guru tidak memberikan contoh praktek terlebih dahulu dalam membaca pantun yang baik dan benar. Karena pada dasarnya membaca pantun tidak sama seperti membaca tulisan biasa, dalam membaca pantun menggunakan intonasi yang tepat, dengan pesan yang terkandung dapat tersampaikan pada para pendengarnya.

  10. Menurut saya dari video ini anak anak murid sangat antusias dalam proses pembelajaran karena guru menjelaskan dengan gaya yg mudah di pahami dan sangat jelas dalam penyampaian nya.
    Tetapi dari video ini terdapat beberapa kelemahan seperti:
    • Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.
    • Guru tidak mengabsen peserta didik.
    • Guru tidak memberi apersepsi pada awal pembelajaran.
    • Guru hanya mengatakan materi yang akan dipelajari hari itu tanpa menyampaikan tujuan yang diharapkan akan dicapai peserta didik setelah belajar materi tersebut.
    • Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik sebelum meminta peserta didik membaca pantun.
    • Tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran.
    • Guru tidak memberi tugas.kepada peserta didik sebagai latihan di rumah.
    • Tidak ada doa penutup pada akhir pembelajaran.
    Saran saya, guru lebih meningkatkan keterampilannya dalam membuka dan mengakhiri pembelajaran serta dapat mengajar peserta didik dengan tahapan pembelajaran yang baik dan benar.

Leave a Reply