Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
NAMA : PUTRIYANI
NIM : 858066405
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
1. Reaksi anak / siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai pantu yang sedang dibacakan
2. Seorang guru tidak melakukan doa terlebih dulu sebelum melakukan pembelajaran dan seorang guru tidak mengecek kehadiran siswa yang ada didalam kelas.
3. Guru menjelaskan materi dengan sangat baik dalam menggunakan bahasa dan mudah dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan
4. Ada keunikan saat pelajran berlangsung yaitu ketika ada siswa yang membaca pantun dengan berintonasi seperti membaca puisi.
5. Usul saya sebagai seorang guru kita harus memberikan contoh yang baik untuk anak peserta didik
Nama : Rama Satria Hasibuan
Nim :855858356
Pokjar : Labuhan Batu Utara
Menurut pendapat saya
Dari Video di atas guru tidak melakukan kegiatan sebelum mengajar seperti berdoa, memeriksa daftar hadir siswa ,ataupun ice breaking untuk menambah semangat anak-anak
Tetapi dari Vidio di atas guru hanya menanyakan kabar anak saja,
Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa sehingga anak-anak merasa kesulitan
Kelebihan:
Guru menjelaskan dengan baik dan jelas dan menggunakan bahasa yg jelas dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif sehingga murid tersebut mudah memahami.
NAMA : RUSMITA
NIM : 858297726
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : TAPIN
UPBJJ : BANJARMASIN
Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “Belajar Membaca Pantun”
– Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Para siswa merasa antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Selain itu siswa aktif dan percaya diri dalam mengajukan pertanyaan kepada guru. Dan para siswa pun dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.
– Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa. Guru juga tidak melakukan proses absensi, padahal absensi sangat penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran. Pada saat guru mendapatkan pertanyaan dari siswa, guru tidak menjawab pertanyaan tersebut. Seharusnya guru merespon dan memberikan contoh kepada siswa terlebih dahulu, agar siswa paham cara membaca pantun yang baik dan benar.
– Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Guru dapat membawa suasana belajar yang nyaman bagi siswa sehingga siswa pun berani memberikan pendapatnya. Selain itu, guru selalu memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran pada saat tampil kedepan kelas. Guru juga selalu memastikan siswanya mengerti akan penjelasan yang di sampaikan dalam pembelajaran tersebut.
– Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
Ketika guru menjelaskan materi mengenai belajar membaca pantun, ada salah satu siswa yang berani menyarankan guru untuk memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun yang benar akan tetapi tidak direspon oleh guru tersebut. Dan ada juga hal unik lainnya yang dimana pada saat siswa di depan kelas, siswa membaca pantun berintonasi seperti membaca puisi.
– Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mencek kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajar, Guru perlu memberikan sedikit waktu untuk siswa tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Nama: Fizkia Revika
Nim: 857569849
Prodi: PGSD
UPBJJ: Purwokerto
Dibawah ini analisis menurut pendapat saya tentang video “Belajar Membaca Pantun”
1. Berikut kelemahan pada video tersebut:
– Guru langsung pada kegiatan inti dan tidak melakukukan kegiatan pembuka seperti berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
– Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba memperagakan cara membaca pantun,
– Penggunaan media atau alat peraga tidak maksimal.
– Intonasi guru dalam membaca pantun kurang tepat
– Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
2. Berikut Kelebihan pada video tersebut:
– Siswa cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru
– Guru mengajak siswa mencoba menampilkan cara membaca pantun yang bagus secara dua orang.
– Guru langsung menanyakan kepada siswa materi yang disampaikan nya
– Guru memperhatikan siswa saat membaca pantun.
– Semua siswa memperhatikan penjelasan guru.
NAMA : ZAHWA HAZRIAH WARUNTO
NIM : 855860725
UPBJJ : MEDAN
1. siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru mereka kurang responsif dalam Kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung
2. Untuk kelemahan guru sendiri mungkin guru masih kurang penguasaan kelas karena siswa masih kurang kondusif saat belajar kelompok
3. Guru memiliki kelebihan dalam pembelajaran ini seperti menggunakan Suara dengan keras dan intonasi yang jelas sehingga murid dapat memperhatikan guru
4. Banyak hal unik pada pembelajaran ini seperti ada siswa yang berintonasi seperti membaca puisi saat membacakan pantun
5. Usul saya penguasaan kelas harus lebih ditingkatkan lagi agar kualitas belajar lebih kondusif sehingga memungkinkan untuk mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.
NAMA : ANDINI SEKAR ARMEINITASARI
NIM : 858925566
MATKUL : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
UPBJJ : JEMBER
POKJAR : PURWOHARJO
A. pada video kegiatan pembelajaran tersebut, reaksi siswa sudah terlihat kondusif dan aktif bertanya kepada guru.
B. Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut adalah kurangnya kegiatan pendahaluan yang dilakukan guru seperti berdoa sebelum kegiatan pembelajaran, cek kehadiran, motivasi/ice breaking untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Kurangnya guru mendengarkan saran siswa untuk memberikan contoh membaca pantun terlebih dahulu sebelum menunjuk siswa maju ke depan.
C. Terdapat juga kelebihan dalam video tersebut yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas. Guru juga menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh siswa. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran didepan kelas.
D. Hal unik dalam video pembelajarn tersebut adalah guru dan siswa menciptakan suasana yang tenang dalam pembelajaran berlangsung.
E. Menurut saya, upaya yang dapat diusulkan adalah sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus melakukan kegiatan pendahuluan serta menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran. seharusnya guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan tidak asal asal saja. sebaiknya guru juga memberikan ruang bertanya pada siswa agar mereka aktif bertanya. dan di akhir pembelajaran guru seharusnya mengjak siswa untuk menyimpulkan kegoatan pembelajaran hari ini.
NAMA : Dimas Surya Aji Pangestu
NIM : 858926392
UPBJJ : Jember
Pokjar : Purwoharjo
Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut seperti berikut ini :
Pembelajaran yang berlangsung pada video pembelajaran tersebut sudah sangat kondusif, akan tetapi masih adanya kelemahan dalam video pembelajaran tersebut. Kelemahan yang saya dapat pada video pembelajaran tersebut seperti, dalam video tersebut guru tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran,guru tidak mengajak berdoa pada awal pembelajaran,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,penjelasan guru kurang rinci dan ada satu permintaan siswa yang diabaikan. Namun, pada video pembelajaran tersebut masih sangat banyak kelebihan yang ada di dalam video, kelebihan tersebut seperti,suasana kelas berlangsung kondusif,guru menguasai materi yang diajarkan,peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal unik juga saya temukan dalam video pembelajaran yaitu, guru mempersilahkan peserta didik untuk membacakan pantun di depan kelas secara berpasangan sehingga dapat melatih kepercayaan diri peserta didik dan tidak mudah bosan. Solusi yang bisa saya berikan pada video pembelajaran tersebut adalah, guru harus merencanakan pembelajaran lebih baik lagi dengan menyertakan kegiatan awal pembelajaran, serta guru juga lebih responsif apabila ada pertanyaan atau permintaan dari peserta didik
NAMA : ELVIRA CAROLINE
NIM : 857015327
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Pokjar : RUMBIA
1. Reaksi siswa pada saat awal pembelajaran tersebut Reaksi sangat aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai pantu yang sedang dibacakan.
2. Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut pada bagian pendahuluan, guru tidak mengajak para siswa untuk berdoa. Guru juga tidak melakukan proses absensi, padahal absensi sangat penting untuk mengetahui siswa yang tidak hadir dan tertinggal pelajaran.
3. Kelebihan yang di lakukan guru tersebut guru menjelaskan dengan baik dan jelas dan menggunakan bahasa yg jelas dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif sehingga murid tersebut mudah memahami materi yang disampaikan.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dimana pada saat siswa di depan kelas, siswa membaca pantun berintonasi seperti membaca puisi.
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas yaitu:
a. Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
b. Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
c. Guru dapat lebih ditingkatkan dalam pengajaran agar kualitas belajar lebih kondusif sehingga memungkinkan untuk mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang.
Nama Doni Pristiawan
NIM:858920829
UPBJJ: Jember
POKJAR: Purwoharjo
1.reaksi anak terhadap kegiatan belajar berjalan dengan lancar dan kondusif,terjadi sesi tanya jawab guru dan murid
2.kelemahan dalam video tersebut guru tidak memberikan pendahuluan atau tidak melakukan absensi,tidak ada motivasi untuk menumbuhkan semangat belajar siswa.
3.kelebihan dalam video tersebut guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil belajar.
4.hal unik dalam video guru dan murid melakukan proses pembelajaran yang tenang
5.upaya yang dapat saya usulkan dalam video tersebut sebelum pembelajaran dilakukan guru harus memberikan pendahuluan terlebih dahulu.
Nama : OKTA FIANA
NIM : 856980044
Pokjar : Baradatu
UPBJJ : Bandar Lampung
menurut pendapat saya dari video di atas,
kelebihan :
– guru memulai pembelajaran memberikan tujuan dari pembelajaran hari ini.
-melibatkan siswa dalam pembacaan pantun .
-guru menjelaskan ciri dari pantun.
– memberikan waktu untuk siswa berlatih membaca pantun.
-memberikan apresiasi kepada siswa yang telah pandai membaca pantun dengan intonasi yang benar.
kekurangan :
-guru tidak mengawali belajar dengan salam dan berdoa serta tidak mengabsen siswa yang hadir . di awal tidak mengucap salam sedangkan akhir baru mengucap salam penutup.
-guru tidak memberikan contoh dalam membaca pantun yang baik dan benar serta langsung menegur siswa jika siswa salah dalam pembacaan pantun.
-meremehkan siswa karena tidak pandai dalam membaca.