silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

295 Comments

  1. Nama : Robin Natan Abner Zebua
    Nim : 855853705
    Pokjar : Idanogawo
    Setelah melihat vidio diatas dapat saya simpulkan bahwa: Pertama, Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran harusnya melaksanakan Apersepsi terlebih dahulu. Kedua,Keberhasilan pembelajaran dalam vidio tersebut dikarenakan guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk belajar. Walaupun disisi lain masih bnyak kekurangan dari Vidio tersebut, tetapi secara umum menurut saya pemaparan dan penerapan kegiatan pembelajaran sudah cukup luar biasa.
    Demikian Terimakasih…

  2. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855954413
    Pokjar: Labusel

    Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa,
    Terdapat beberapa Kelemahan:
    1. Pada saat melakukan pembelajaran guru tidak melakukan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan tidak bertanya tentang ketersediaan murid untuk belajar baik itu dari alat tulis kesiapan dan lainnya.
    2. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
    3. Ketika pembagian kelompok guru sedikit mengalami kesulitan sehingga siswa menjadi tidak kondusif di dalam kelas.

    Hal unik yang terdapat di video tersebut:
    Bagaimana Siswa dapat membaca pantun dengan baik dan benar

    Rencana perbaikan:
    1. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru melakukan apresiasi dan motivasi kepada siswa
    2. Dalan pembelajaran kelompok sebaiknya guru melakukan kontrol secara bergiliran kepada setiap kelompok agar pembelajaran berjalan dengan baik dan kondusif

  3. Nama : Aliran Trirahmat Zebua
    NIM : 859448678
    Pokjar : Idanogawo

    Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran yang membahas topik “Belajar Membuat Pantun,” guru telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana yang telah disusun. Proses inti pembelajaran berjalan dengan cukup baik, ditambah dengan penggunaan metode diskusi atau kerja kelompok yang membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan mendorong partisipasi aktif dari siswa. Guru juga memberikan penghargaan positif kepada siswa yang berani tampil membacakan hasil tugas mereka.

    Namun, saya melihat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran ini, yaitu:

    1. Pembelajaran tidak diawali dengan doa bersama.

    2. Guru belum menyampaikan tujuan atau manfaat dari materi yang dipelajari.

    3. Pada bagian penutup, guru belum menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah berlangsung.

  4. Nama : Ayu Margaretha Gulo
    NIM : 877521196
    Pokjar : Salut Damai

    Menurut pengamatan saya, maka dapat disimpulkan bahwa video memiliki beberapa kelebihan yaitu:
    – Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, untuk memfasilitasi mereka agar berlatih berdiskusi
    – Guru terlebih dahulu menjelaskan sebuah conton pantun dan menganalisisnya bersama siswa

    namun, ada juga kelemahannya yaitu:
    – sebaiknya, guru terlebih dahulu menjelaskan contoh pantun, baru membagi kelompok. Ini agar siswa lebih kondusif dan berkonsentrasi
    – guru belum menjelaskan manfaat dan tujuan dari membuat pantun.

    rencana perbaikan:
    – guru dapat mengatur ketua dan sekretaris di dalam kelompok, agar kelompok bisa lebih terorganisir.
    – kesimpulan pembelajaran sebaiknya dijelaskan lebih jelas dan bukan hanya sekilas.

  5. Eva Kurnia

    Berdasarkan pengamatan saya, dapat disimpulkan bahwa video ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

    Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk melatih mereka berdiskusi.
    Guru memberikan penjelasan dan menganalisis contoh pantun bersama siswa sebelum memulai kegiatan.
    Namun, terdapat juga beberapa kekurangan, antara lain:

    Sebaiknya guru menjelaskan contoh pantun terlebih dahulu sebelum membagi siswa ke dalam kelompok, agar suasana kelas lebih kondusif dan siswa bisa lebih fokus.
    Guru belum menyampaikan manfaat dan tujuan membuat pantun kepada siswa.
    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan adalah:

    Guru dapat menunjuk ketua dan sekretaris di setiap kelompok supaya kerja kelompok menjadi lebih teratur.
    Penjelasan kesimpulan pembelajaran sebaiknya disampaikan dengan lebih jelas, tidak hanya secara singkat.

Leave a Reply