silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

288 Comments

  1. Nama : Hikmah Agus Dwi Saputri
    NIM : 878191527
    UPBJJ : Salut Pakis
    Semester 6

    Setelah saya melihat video tersebut saya memperoleh kesimpulan sebagai berikut :
    1. Kelemahan Pembelajaran Dalam Video :
    a. ketika awal pembelajaran guru tidak meminta anak anak untuk berdoa terlebih dahulu
    b. kemudian guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun yang benar
    c. ketika akan di bagi kelompok itu terjadi keributan yang membuat kelas tidak kondusif.

    2. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video :
    a. materi yang disampaikan cukup dapat, simpel dan jelas
    b. mampu terciptanya suasana yang menyenangkan
    c. pesera didik ikut andil dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton

    3. Hal Unik Yang Terdapat Dalam Video Pembelajaran
    Bagaimana peserta didik mampu membaca pantun dengan baik dan juga benar sesuai dengan ketentuan.

    4. Rencana Perbaikan Yang Dapat Dilakukan (Atas Dasar Kelebihan Dan Kelemahan)
    a. perlunya review dari siswa untuk mengukur sejauh apa pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan
    b. perlunya contoh langsung dari guru untuk lebih memberikan pemahaman yang baik

  2. Nama : Annisa Zahra Khairani
    NIM : 857142416
    UPBJJ: 21/JAKARTA

    Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat kelebihan dan kekuranganya
    kelebihan:
    1. Strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan baik, seperti adanya tanya jawab yang melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar membuat pantun.
    2. Media pembelajaran berbasis audio-visual yang digunakan dalam video juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengamati contoh langsung dari guru, sehingga lebih mudah memahami langkah-langkah pembuatan pantun.
    3. Guru juga menggunakan teknik penguatan verbal, seperti memberikan pujian atau motivasi yang mendorong siswa untuk lebih berani berpartisipasi dalam membuat pantun.

    Kekurangan
    1. Media yang digunakan, meskipun efektif, mungkin bisa ditingkatkan dengan multimedia interaktif seperti aplikasi pembuat pantun atau permainan yang memungkinkan siswa mempraktikkan secara langsung.
    2. Kurangnya mengkondisikan siswa pada saat berdiskusi secara berkelompok.

    Saranya terhadap kelebihan dan kekurangan video pembelajaran diatas adalah: Dengan memantau kelompok secara langsung, menyediakan alat bantu visual, dan menggunakan metode pembagian kelompok yang terstruktur.

  3. Nama : Febrina Rachma Fatana
    NIM : 857635038
    Program Studi : PGSD RPL
    Nama Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Hasil analisis terhadap video pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tema Belajar Membuat Pantun. Keberhasilan pembelajaran dalam video tersebut dikarenakan guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk belajar membuat pantun. Membuat pantun dimulai dari penggunaan kata yang sederhana atau berdasarkan pengalaman yang dialami agar isi dalam pantun mudah dipahami. Siswa dibebaskan untuk memilih tema dalam pembuatan pantun seperti pantun nasehat, pantun jenaka, tentang ketekunan ataupun yang lain.
    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar berkelompok agar siswa juga dapat bersosialisasi. Namun dalam video tersebut guru sedikit kesulitan untuk mengkoordinasi semua kelompok dengan baik. Guru harus mengamati semua kelompok pada saat proses pembelajaran dengan melakukan percepatan pemahaman anak untuk membuat pantun. Guru mengajarkan pendalaman siswa dalam membuat pantun bahwa pantun bersajak a-b-a-b. Guru juga mengajak siswa untuk membuat pantun bersama. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk terus berlatih membaca dan membuat pantun sehingga siswa dapat mahir dalam membuat pantun.

  4. Nama : Indah Rahayuningsih
    NIM : 857742702
    UPBJJ : SEMARANG

    menurut saya dalam vidio diatas:
    kelemahan :
    1. Waktu awal pembejalaran guru tidak mengajak siswa berdoa
    2. waktu menbuatan kelompok guru kesulitan sahingga anak menjadi ramai
    3. Guru tidak menyimpulkan pebelajaran

    kelebihan :
    1. Guru menyapa siswa
    2. Guru membahas pelajaran sebelumnya yaitu tentang pantun sehingga anak telah paham materi tentang pantun
    3. Guru mengabsen siswa (menanyakan keadaan anak)
    4. Guru memberi semangat kepada siswa sehingga mendorong mereka untuk bisa membuat pantun
    5. Guru memberikan tugas dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
    6. Guru menutup pelajaran dan memberikan semangat kepada siswa

  5. Nama : Heni indawati
    NIM : 857864387
    UPBJJ : 44/Surakarta
    Mohon ijin menyampaikan hasil analisis video seri pembelajaran bahasa infonesia tentang Belajar Membuat Pantun.
    Kelebihan :
    1. Strategi pembelajaran sangat aktif, ada tanya jawab yang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
    2. Media pembelajaran yang digunakan membantu siswa memahami cara/langkah – langkah membuat panfun.
    3. Guru juga tidak segan memberi motivasi, apresiasi verbal sehingga mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi membuat pantun.

    Kekurangan
    Saat pembagian kelompok kurang terkondisikan.
    Saran : saat pembagian kelompok sebaiknya dipantau secara langsung setiap kelompoknya.

  6. Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat kelebihan dan kekuranganya
    kelebihan:
    Media pembelajaran berbasis audio-visual yang digunakan dalam video juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengamati contoh langsung dari guru, sehingga lebih mudah memahami langkah-langkah pembuatan pantun.
    Kurangnya mengkondisikan siswa pada saat berdiskusi secara berkelompok.

  7. nama : juli restu jaya wati telaumbanua
    nim : 856100043
    pokjar : sowua
    1. guru tidak memulai dengan berdoa terluebih dahulu.
    2. guru tidak melakuka apersepsi sebelum masuk materi.
    Kelebihannya yakni:
    Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung.

  8. nama : juli restu jaya wati telaumbanua
    nim : 856100043
    Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat kelebihan dan kekuranganya
    kelebihan:
    kekurangan nya :
    1. guru tidak memulai dengan berdoa terlebih dahulu.
    2. guru melakukan apersepsi sebelum masuk materi
    3. kemudian guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun yang benar
    pesera didik ikut andil dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton
    kelebihan :
    3. Hal Unik Yang Terdapat Dalam Video Pembelajaran
    Bagaimana peserta didik mampu membaca pantun dengan baik dan juga benar sesuai dengan ketentuan.

Leave a Reply