silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

295 Comments

  1. Assalamualaikum..wr..WB ,izin menanggapi Vidio belajar membuat pantun tersebut :
    1. Menurut saya didalam Vidio tersebut terdapat reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru yaitu guru dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk kedalam kelas dan sebelum guru masuk kelas ,kelas tersebut sudah nyaman dan kondusif.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah sebelum memberikan tugas kepada wali murid untuk membuat pantun ,guru seharusnya memberi penjelasan / menerangkan kepada muridnya ,bagaimana cara membuat pantun yang baik dan benar.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut adalah penjelasan guru yang mudah dipahami dan mengerti oleh siswanya.
    4. Hal yang unik didalam pembelajaran tersebut adalah adanya kekompakan antara guru dan murid dalam membuat pantun.
    5. Upaya yang dapat dilakukan dalam Vidio tersebut adalah apa salahnya guru memberikan sebuah pujian ataupun tepuk tangan untuk para siswanya supaya selalu tetap semangat.

  2. Nama : FITRIANI
    Nim : 859891397
    Pokjar: Rantauprapat
    – pada saat memulai pembelajaran tidak di awali dengan doa. Seharusnya diawali dan di akhiri dengan doa
    – materi yg di bawakan terlalu monoton. Seharusnya dalam pembelajaran melakukan ice breaking agar siswa lebih semangat selama pembelajaran berlangsung.
    – dalam pembagian kelompok siswa kurang kondusif, susana kelas terlihat gaduh karena anak” memilih kelompoknya sendiri. Seharusnya guru yabg nembentuk kelompok terhadap siswa, agar suasana kelas lebih kondusif.

  3. Nama : Nining Pertiwi
    NIM : 856456883
    UPBJJ : PEKANBARU
    POKJAR : PELALAWAN
    Assalamualaikum….
    Setelah saya melihat video tersebut dalam proses pembelajaran berjalan secara baik tanpa hambatan apapun, Namun ada sedikit kekurangan dalam proses mengajar dalam pembelajaran tersebut yaitu dalam menyampaikan isi pantun, ciri ciri pantun yang cukup singkat sehingga anak murid sedikit kurang mengerti dalam memahami isi pantun dan dalam kegiatan akhir pembelajaran guru tidak mengulang inti pembelajaran berlangsung

  4. Nama : Nubzotussaniah
    Nim : 857078217
    PROGRAM STUDI : PGSD

    Setelah melihat vidio ini ada kelebihan dan kekurangan nya
    kelebihan nya
    1.Guru menyapa siswa di awal kegiatan dan menanyakan absensi siswa
    2.Guru mengulang pelajaran hari lalu
    3.Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
    4.Guru sudah sangat menguasai materi

    Kelemahannya adalah
    1.Guru seharusnya membuat suasana kelas lebih hidup
    2.Sebaik nya guru mengadakan relasi sebuah permainan atau menyanyikan lagu kebangsaan

  5. Nama : ANDRA PRASETYA MAHARDIKA
    NIM : 857751392
    Pokjar : Kaliwungu
    Progdi : PGSD S1

    Analisis Video di atas :
    KELEBIHAN :
    1. Guru sudah mengaktifkan siswa dengan cara membentuk kelompok belajar
    2. Guru sudah memberikan materi berupa macam-macam pantun dan melengkapi pantun
    3. Dalam kegiatan inti guru sudah memberi kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil tugasnya

    KELEMAHAN :
    1. Guru belum mengajak siswa untuk berdoa
    2. Guru belum memotivasi siswa
    3. Guru belum melakukan apersepsi terkait materi pelajaran
    4. Kelompok belajar yang dibentuk guru belum berdasarkan minat, kesiapan belajar dan gaya belajar siswa.
    5. Guru belum mendampingi siswa dalam kerja kelompok, sehingga kelompok yang belum bisa masih kesulitan di dalam mengerjakan tugas.
    6. Guru hanya memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah bisa atau pandai untuk mempresentasikan hasil tugasnya, sehingga tidak tahu mana siswa yang belum bisa.
    7. Guru belum menggunakan media dan metode pembelajaran.
    8. Guru belum memaksimalkan siswa di dalam mengeksplor kemampuannya.
    9. Di dalam mempresentasikan hasil tugas guru tidak memberikan kesempatan kepada semua kelompok untuk maju kedepan.
    10. Guru belum mengajak siswa untuk merangkum materi pembelajaran.
    11. Guru belum memberikan refleksi kepada siswa dan dirinya sendiri.
    12. Guru belum memberikan perbaikan dan pengayaan kepada siswa.

  6. Nama : YARNI GULO
    NIM. : 856037724
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : LOTU

    Analisis saya berdasarkan video tentang materi Belajar Membuat Pantun yaitu
    ▪ Guru memulai kegiatan dengan memberi salam, menyapa siswa.
    ▪ Dalam video belum ada menanyakan kabar siswa sehat atau tidaknya siswa tersebut. Dan juga dalam video tidak ada pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan berdoa dan juga tidak diakhiri dengan doa.
    ▪ Guru mengecek kehadiran siswa.
    ▪ Dalam pembelajaran tersebut sebelum memberikan tugas kepada siswa untuk membuat pantun, guru seharusnya memberi penjelasan / menerangkan kepada siswa tentang materi yang disampaikan. Setelah itu, baru diberikan tugas kepada siswa karena setiap siswa itu beda-beda ketajaman nalarnya, belum tentu semua siswa dalam kelas itu sudah bisa bagaimana cara membuat pantun yang baik dan benar. Yang saya salutkan di dalam pembelajaran tersebut adanya kekompakan antara guru dan murid dalam membuat pantun tersebut sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

  7. Assalamualaikum….wm…wb
    Nama : RIMA PEBRIYANTI
    NIM : 856638356
    Prodi : S1-PGSD

    Analisis mengenai video yang berjudul Belajar Membuat Pantun

    1. Reaksi anak dalam pembelajaran tersebut sangat nyaman dan mudah berinteraksi dengan guru.
    2. Kelemahan guru dalam mengajar menurut saya pada saat belajar berkelompok seharusnya guru membagi siswa dengan cara siswa yang agak pandai satu kelompok dengan siswa yang kurang pandai.dengan begitu siswa yang kurang pandai menjaidi termotivasi untuk belajar.

    3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut yaitu penjelasan guru yang mudah dipahami siswa karena dari awal sudah dijelaskan tujuan materi yang akan disampaikan, adanya sistem belajar kelompok yang memudahkan siswa dalam belajar serta penjelasan guru mengenai materi yang jelas penyampaiannya.
    4. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran tersebut adalah adanya pembentukan kelompok sehingga lebih efektif dan lebih seru dalam belajar membuat pantun, apalagi pantun yang dibuat dengan tema bebas sehingga siswa bisa dengan mudah menuangkan idenya.
    5. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar pada video tersebut yaitu dengan meningkatkan cara belajar untuk mendominasikan keaktifan siswa, yaitu dengan siswa maju kedepan menyampaikan hasil belajarnya dan diharuskan setiap penyampaian tugas oleh siswa selalu diapresiasikan oleh guru agar siswa senang dan merasa dihargai dalam setiap hasil belajarnya.

  8. NIM:856993334
    NAMA:ROHAYATI
    UPBJ:BANDAR LAMPUNG

    Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama dimana tiap baitnya terdiri dari empat baris. Sebagai salah satu bentuk karya sastra, pantun biasanya digunakan sebagai sarana untuk menghibur atau mengedukasi.
    berdasarkan pengamatan saya dari video pembelajaran di atas dapat di simpulkan bahwa guru tersebut sudah melaksanakan pembeljaran sesuai rencana kegiatan pembelajaran,hanya saja ada beberapa kegiatan yang belum di sampaikan.guru tersebut jkuga memiliki inisiatif untuk membuat kelompok dengan begitu peserta didik akan lebih aktif,dan akan sering berkerjasama.

  9. Nama : Ayu Sapitri
    Nim : 856020928
    Program studi : S1 – PGSD

    Menurut saya reaksi siswa tersebut sangat senang ,bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran.

    Kelemahannya, di kegiatan pendahuluan guru tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama dan memberikan apresiasi kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum masuk ke kegiatan inti. Guru seharusnya terlebih dahulu menjelaskan/ mengulangkan tentang ciri – ciri pantun yang baik dan benar agar dapat memudahkan siswa dalam membuat pantun.
    Guru tidak memberikan PR kepada siswa untuk menambah pengetahuannya.

    Kelebihannya, guru melakukan motode pembelajaran dengan diskusi kelompok. Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
    Guru memberikan contoh pantun yang mudah di pahami oleh siswa. Setelah selesai berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dari guru siswa juga di persilahkan untuk mempersentasikan hasil diskusi nya di depan kelas//di depan teman-teman yang lainnya.

    Hal – hal unik yang ditemukan dalam video tersebut yaitu siswa merespons setiap pertanyaan yang di berikan oleh guru dengan baik.
    Denagan dilakukanya metode diskusi kelompok ini dapat memudahkan siswa dan lebih efektif dalam belajar membuat pantun. Guru mengajak para siswa untuk memberikan apresiasi kepada teman yang berani tampil mempersentasikan hasil diskusinya.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video , upaya apa saja yang dapat di usulkan
    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya maka yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, memberikan apresiasi/motivasi,menyanyikan lagu, serta menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum masuk ke kegiatan inti, dan pada kegiatan penutup sebaiknya guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dan melakukan berdoa bersama. Dan sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami ataupun diketahui. Serta guru memberikan PR kepada siswa untuk menambah pengetahuan siswa.

  10. Nama : Yunita Ria Diana
    Nim : 856992024
    Prodi : S1-PGSD

    Dari video diatas menurut saya para siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Dalam pembelajaran guru tersebut terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan
    Kekurangan :
    1. Dalam pembelajaran guru baiknya mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
    2. Kurangnya guru memberi motivasi belajar terhadap para siswa untuk membangun semangat sebelum pembelajaran dimulai.
    3. Guru tidak mereview materi sebelumnya untuk mempermudah para siswa mengingat materi yang akan dipelajari.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk kelompok belajar untuk membangun kekompakan dan kerjasama antara para siswa yang satu dengan yang lain, sehingga membuat suasana belajar lebih seru.
    2. Guru memberikan apresiasi terhadap para siswa yang dapat membuat pantun dan berani maju kedepan dengan cara memberikan tepuk tangan.
    3. Guru langsung memberikan pembelajaran secara simpel dan efektif sehingga para siswa dapat mudah memahami bagaimana cara membuat pantun serta memberikan contoh-contoh yang mudah dimengerti.
    4. Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Sehingga para siswa dapat lebih cepat mengerti dalam pemahaman yang diberikan oleh guru.

Leave a Reply