Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama : Popih
Nih: 857105418
Pokjar : Tarumajaya
Setelah melihat video tersebut saya melihat beberapa kelebihan dan kekurangan :
Kelebihan :
Seorang guru memberikan kesempatan untuk setiap siswa agar percaya diri dalam membaca puisi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga kelas terasa hidup dan seluruh siswa dapat memahami yang telah dibaca dan di dengar secara berulang.
Kekurangan :
-Kurang nya interaksi dalam memulai pembelajaran salah satu nya tidak mengucapkan salam dan tidak membaca doa terlebih dahulu.
-Seorang guru tidak memberi tahu materi terlebih dahulu yang akan dipelajari.
Ket : Setelah saya menyimak video tersebut, secara keseluruhan video ini sudah cukup baik dalam melibatkan siswa didalam kelas. Namun, guru perlu memperhatikan lagi kegiatan pembuka dan kurangnya variasi metode dalam pembelajaran yang kurang, sehingga pembelajaran kurang efektif.
Nama : Yuni Sitorus
Nim : 855865691
Pokjar : Salut Permata Labura
Setelah melihat video di atas, kita sebagai guru di wajibkan untuk dapat menghidupkan suasana belajar ketika sedang menjelaskan materi kepada anak didik kita, agar kita mampu memahami karakteristik tiap-tiap siswa. Kita juga perlu memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mampu menyampaikan apa yg telah di dengar nya dari kita.
Nama : Esra Noviani Sitompul
Nim : 856040826
Pokjar : Tobasa
Setelah melihat video dari pembelajaran diatas dapat diketahui bahwa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil diddepan kelas mempunyai kelebihan yaitu :
1.Siswa lebih berani
2.Lebih percaya diri
3.Menambah suasana lebih aktif dan komunikatif
Tetapi ada juga yang menjadi kelemahannya yaitu masalah waktu,jika kita mempunyai kurang lebih 30 siswa dalam satu ruang kelas tidak mungkin kita meminta semua siswa tersebut untuk tampil,karena jika iya waktu akan habis pada proses itu saja.
Nama : Nurul Elisa
NIM : 857115085
UPBJJ : 21 Jakarta
Analisis Video:
Pada video pembelajaran materi menjawab isi pada puisi, guru dengan semangat mengajarkan siswa materi puisi. Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada siswa. Kemudian guru membacakan sebuah puisi yang ada pada buku paket pembelajaran. Tidak ada yang salah pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Tetapi nampaknya guru lupa untuk memberikan siswa kesempatan agar dapat aktif dalam pembelajaran. Setelah itu guru baru meminta siswa untuk membacakan puisi yang sama. Setelah membaca, siswa mendapatkan beberapa pertanyaan dari guru. Kemudian siswa menjawabnya secara lisan.
Mengidentifikasi masalah:
Nampak tidak ada masalah dalam video pembelajaran tersebut, tetapi jika dicermati kembali seharusnya guru dapat membuat siswa lebih aktif pada proses pembelajaran. Serta mencari puisi yang berbeda dari yang ada di buku paket. Agar siswa dapat lebih memahami maksud puisi dan menambah khasanah pemahaman tentang puisi.
Menganalisis penyebab masalah:
Penyebab permasalahan pada video tersebut adalah:
1. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat
2. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat
3. Guru tidak menggunakan sumber belajar yang beragam
Menentukan alternatif pemecahan masalah:
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan metode yang dikombinasikan dengan media pembelajaran yang atraktif. Metode tersebut adalah metode picture and picture.
Menentukan tujuan perbaikan:
Adapun tujuan dari perbaikan pembelajaran adalah:
1. Membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran
2. Menambah pemahaman siswa tentang puisi
3. Meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa
Merumuskan judul PKP:
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture.
Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
NIM : 877530124
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : Humbang Hasundutan
1. Reaksi siswa dalam video di awal adalah, tidak berminat, kerena guru tersebut langsung membacakan puisi tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu.
2. kekurangan dalam video di awal ibu guru tersebut langsung masuk ke inti pelajaran, tanpa melibatkan siswa yang ada dikelas.
3, kelebihan dalam video adalah saat guru tersebut kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan puisi secara bergantian
4. hal-hal unik yang terjadi di kelas dalam video adalah, siswa menjadi antusias dalam belajar, ketika mereka diajak untuk turut terlibat dalam pembelajaran, yitu anak-anak begantian membacakan puisi dan guru memberikan reward atau pujian kepda siswanya.
5. Upaya yang dilakukan dlam meningkatkan kualitas kegiatan yaitu, memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Nama : Helda Pratiwi
Nim. : 857006106
Setelah saya melihat video di atas, kita sebagai guru di wajibkan untuk dapat menghidupkan suasana belajar ketika sedang menjelaskan materi kepada anak didik agar kita mampu memahami karakteristik tiap-tiap siswa. Kita juga perlu memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya yang belum ia pahami. Upaya yang dilakukan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil diddepan kelas mempunyai kelebihan yaitu :
1.Siswa lebih berani
2.Lebih percaya diri
3.Menambah suasana lebih aktif dan komunikatif
Nama : Fanti Agustina
NIM : 857568893
UT PURWOKERTO
Menurut saya setelah menganalisis video pembelajaran di atas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang adanya apersepsi diawal pembelajaran, tujuan pembelajaran belum ada, tidak adanya yel yel atau tepuk semangat untuk membangun semangat kepada siswa. Guru langsung mengajar materi pembelajaran. Di Akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas untuk anak membuat kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan.
Terimakasih
Saya Desi Lusiana Bia Sambe, ingin menanggapi vidio pembeljaran tersebut. Secara keseluruhan vidio pembeljaran tersebut berjalan dengan baik. Dengan kelas yang kondusif serta murid yang tidak terlalu aktif kesana kemari. Guru menyampaikan materi dengan baik. Namun alangkah lebih baik lagi jika guru mengawali pembeljaran dengan mannyakan dftar hadir siswa. Menyampaikan tujuan pembeljarannya, serta menggunakan media pembelajaran yg lebih menarik agar siswa cepat lebih tanggap. Serta guru kurang memberikan kesempatan pada siswa ya. Dan pada akhir pembelajaran guru memberikan refleksi terhadap pembeljaran agar mengetahui pemahaman siswa.