Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Nama : Selvi Nuriyanti Manurung
NIM : 858429756
Matkul : PKP
Kelebihan
Guru dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dengan mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Kekurangan
Guru tidak menjelaskan materi secara rinci kepada peserta didik terkait “bagaimana cara untuk dapat menjawab pertanyaan pada puisi”
Saran/Masukkan
Sebaiknya sebelum guru menyampai tugas/pertanyaan kepada peserta didik haruslah guru menjelaskan materi yang menjadi topik pembahasan tersebut dengan lebih rinci sehingga para peserta didik dapat lebih paham makna dari pembelajaran yang mereka lakukan dan maksud dari pertanyaan yang guru sampaikan.
Sekian terima kasih
Nama: Risqi Nurul Aini
NiM:856791694
Menurut saya setelah menganalisis video pembelajaran diatas guru belum bisa mengapresiasi siswa,serta kurangnya komunikasi tentang pembelajaran kepada siswa,sehingga siswa kurang bisa memahami pembelajaran yg berlangsung,tujuan pembelajaran tidak tersusun dan terarah.
Adapun beberapa yg dapat dilakukan guru agar siswa lebih faham tentang pembelajaran:
1.guru memberikan kesempatan kepada siswa
2.guru memberikan apresiasi terhadap siswa
3.guru memberikan pertanyaan dan menjelaskan dgn teliti tentang materi
4.menjelaskan sesuai dengan kemampuan siswa
5.memberitahu tentang tujuan pembelajaran kepada siswa.
Saya kiki kisnawati ingin menanggapi video pembelajaran tersebut. Berdasarkan video yang saya amati bahwa diawal proses pembelajaran guru tidak melakukan kegitan awal pembelajaran yaitu berdoa sebelum belajar, mengabsen, dan tidak memberikan motivasi agar anak semangat untuk belajar. Namun kelas sangat kondusif dan guru menjelaskan materi yang di sampaikan dengan baik serta memberikan kesempatan kepada siswa agar secara berani tampil di depan dan membacakan puisi secara bergiliran.
Nama : NANANG DHARMANSYAH
NIM : 856938116
POKJAR : KALIREJO
LINK GPO : https://youtu.be/zFqzOQX283U?si=IevVtWQw3Sg9lzzU
Judul : Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
Analisis Video
Dalam video pembelajaran tentang cara menjawab isi puisi, guru tampak antusias saat menyampaikan materi kepada siswa. Proses pembelajaran dimulai dengan salam dan sapaan untuk menciptakan suasana yang hangat. Guru kemudian membacakan puisi dari buku teks. Meskipun proses pembelajaran berlangsung dengan baik, guru tampaknya kurang memberi ruang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Baru setelah itu, siswa diminta membaca puisi yang sama dan menjawab beberapa pertanyaan dari guru secara lisan.
Mengidentifikasi masalah
Meskipun sekilas tidak terlihat adanya masalah dalam video pembelajaran tersebut, jika ditelaah lebih dalam, seharusnya guru dapat mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Selain itu, guru juga sebaiknya memilih puisi lain di luar buku paket agar siswa bisa memahami makna puisi lebih mendalam dan memperluas wawasan mereka tentang sastra.
Setelah melihat video tersebut saya melihat beberapa kelebihan dan kekurangan :
Kelebihan :
Seorang guru memberikan kesempatan untuk setiap siswa agar percaya diri dalam membaca puisi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga kelas terasa hidup dan seluruh siswa dapat memahami yang telah dibaca dan di dengar secara berulang.
Hal-hal unik yang terjadi di kelas dalam video adalah, siswa menjadi antusias dalam belajar, ketika mereka diajak untuk turut terlibat dalam pembelajaran, yaitu anak-anak begantian membacakan puisi dan guru memberikan reward atau pujian kepada siswanya.
Kekurangan :
Kurang nya interaksi dalam memulai pembelajaran salah satu nya tidak mengucapkan salam dan tidak membaca doa terlebih dahulu.
Seorang guru tidak memberi tahu materi terlebih dahulu yang akan dipelajari.
guru tersebut langsung membacakan puisi tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu.
Video di awal ibu guru tersebut langsung masuk ke inti pelajaran, tanpa memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Analisis penyebab permasalahan dalam video
Metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat.
Media pembelajaran tidak dimanfaatkan secara optimal.
Sumber belajar yang digunakan kurang bervariasi.
Menentukan alternatif pemecahan masalah:
Guru sebaiknya memilih media pembelajaran yang sesuai, salah satunya dengan menerapkan metode yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah picture and picture, yang menggabungkan media visual secara menarik sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.
Menentukan tujuan perbaikan:
Mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi dan makna puisi secara mendalam.
Mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis puisi secara kreatif dan terarah.
Merumuskan judul PKM:
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture.
NAMA : ERZA RAHMAWATI
NIM : 858433724
PROGRAM STUDI : PGSD S1
“Hasil dari analisis video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa kekurangan seperti :
1. Guru tidak melakukan pembukaan di awal pembelajaran seperti menyanyikan lagu nasional atau yel-yel.
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan tidak memberikan contoh cara menjawab puisi yang baik dan benar.
3. Alangkah baiknya jika memiliki media ajar seperti proyektor agar memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran.
Kelebihan : kelas berlangsung secara kondusif tidak ada peserta didik yang ribut.
nama : dewi septiani
nim: 857133456
Dalam video guru memberikan tantangan pada siswa untuk mengasah rasa percaya dirinya melalui praktik membaca puisi.
Dari praktek tersebut dapat pula membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh saat belajar.
Tetapi media belajar yang digunakan terlalu sedikit sehingga siswa agak sulit untuk memahami makna puisi yang sedang dibaca.
Nama: Suhartatik
NIM: 857131563
UPBJJ: 21 Jakarta
Ringkasan Analisis Video Pembelajaran:
Dalam video pembelajaran puisi, guru terlihat semangat mengajar namun kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru membacakan puisi dari buku paket tanpa variasi media atau sumber. Siswa baru aktif setelah diminta membaca dan menjawab pertanyaan.
Masalah yang Ditemukan:
1. Siswa kurang aktif
2. Metode dan media pembelajaran kurang variatif
3. Hanya menggunakan buku paket
Penyebab Masalah:
1. Tidak menggunakan metode yang mendorong partisipasi siswa
2. Tidak memakai media pendukung
3. Kurangnya sumber belajar yang beragam
Solusi yang Diusulkan:
Menggunakan metode Picture and Picture untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam memahami dan menulis puisi.
Tujuan Perbaikan:
1. Meningkatkan keaktifan siswa
2. Memperdalam pemahaman puisi
3. Meningkatkan kemampuan menulis puisi
Judul PKP:
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture
Nama: IRHAM
NIM: 856618988
UPBJJ: UT JAMBI
Pokjar: TANJUNG JABUNG TIMUR
Menurut saya, Pada video tersebut, guru tidak melakukan pembukaan seperti salam dan membaca doa serta menanyakan kabar / absen dan memberi motivasi di awal pembelajaran. Sehingga siswa belum bersemangat untuk belajar. Guru tersebut juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diberikan. Kemudian, materi yang diberikan guru tersebut bentuknya seperti cerita. Bahkan guru mencontohkannya pun seperti membaca cerita. Guru belum mencontohkan membaca puisi dengan tepat. Irama serta penekanan dalam membaca puisi belum ada. Guru tersebut pun tidak memberikan pemahaman isi puisi kepada siswanya. Dan tidak ada nya penutup seperti refleksi,doa dan salam penutup
Demikianlah tanggapan saya
Saya mohon maaf jika terdapat salah dalam tanggapan saya
Saya akhiri
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.