Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama : Rizki Permana Ardiansyah
NIM : 857332921
Pokjar : Bogor Selatan
Prodi : PGSD S-1
Setelah mengamati video di atas, menurut pendapat saya guru dalam video tersebut kekurangan yaitu
pada saat membuka kelas atau membuka pelajaran alangkah baiknya guru tersebut melakukan do’a serta absensi terlebih dahulu untuk memulai suatu pelajaran.
Guru tersebut juga mempunyai kelebihan yaitu mampu menjadikan suasana di dalam kelas tidak terlalu monoton dengan cara memberikan kesempatan kepada para atau seluruh siswa untuk membaca puisi yang agar siswa fokus pada bacaan puisi tersebut sehingga para siswa menjadi paham dengan apa yang telah dibaca.
Dan pada akhir pembelajaran guru tersebut memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar siswa-siswa tersebut menjadi lebih bersemangat untuk belajar dan menjadi lebih termotivasi untuk membaca puisi di depan kelas.
Demikian pendapat saya
Dalam video yang saya lihat, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:
Pertama, kelebihan dalam video tersebut adalah kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Guru juga berhasil merangsang daya ingat siswa tentang apa yang telah diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kepercayaan diri mereka dengan mengajak mereka satu per satu ke depan untuk membaca puisi.
Kedua, terdapat beberapa kelemahan dalam video tersebut. Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan awal dengan baik, seperti tidak melakukan pengecekan absensi atau tidak memulai dengan unsur religius. Selain itu, tidak ada kegiatan yang mempromosikan rasa nasionalisme di awal pembelajaran. Selanjutnya, tidak ada kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan kendala yang mereka alami selama proses belajar mengajar, dan guru juga tidak memberikan evaluasi pada akhir pembelajaran.
Dalam rangka meningkatkan pemahaman, berikut adalah simplifikasi dari simpulan tersebut:
Video tersebut memiliki kelebihan, seperti guru yang pandai menyampaikan pelajaran dan merangsang daya ingat siswa. Guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan membacakan puisi.
Namun, ada kelemahan di video itu. Awal pembelajaran tidak disiapkan dengan baik, termasuk absensi dan aspek religius yang kurang diperhatikan. Tidak ada juga upaya untuk memupuk semangat nasionalisme. Selain itu, siswa tidak bisa mengungkapkan kendala mereka selama pembelajaran, dan guru tidak memberikan evaluasi di akhir pelajaran.
Nama : Arbaiyah
NIM : 856078411
Pokjar : Batam
Prodi : PGSD
Dalam video yang saya lihat, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:
Pertama, kelebihan dalam video tersebut adalah kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Guru juga berhasil merangsang daya ingat siswa tentang apa yang telah diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kepercayaan diri mereka dengan mengajak mereka satu per satu ke depan untuk membaca puisi.
Kedua, terdapat beberapa kelemahan dalam video tersebut. Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan awal dengan baik, seperti tidak melakukan pengecekan absensi atau tidak memulai dengan unsur religius. Selain itu, tidak ada kegiatan yang mempromosikan rasa nasionalisme di awal pembelajaran. Selanjutnya, tidak ada kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan kendala yang mereka alami selama proses belajar mengajar, dan guru juga tidak memberikan evaluasi pada akhir pembelajaran.
video pembalajaran tersebut mempunyai kelebihan yaitu guru berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, merangsang daya ingat siswa, melatih konsentrasi siswa, pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. Guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk melatih percaya diri dengan membaca puisi adanya tanya jawab sehingga terjalin komunikasi dengan siswa, di akhir pembelajaran guru berhasil memotivsi siswa untuk sering berlatih membaca.
Tetapi video juga memiliki kekurangan yaitu, tidak ada unsur religius, tidak berdoa sebelum memulaidan mengakhiri pembelajaran, kurang memotivasi siswa agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, tidak adanaya apresepsi atau mengualang materi sebelumnya,penjelasan guru kurang mendalam , sehingga siswa kurang paham. lalu pada akhir pembelajaran guru tidak melakuakan evaluasi dan tidak membuat kesimpulan dari materi pembelajaran .
nama : fitria ferenita
nim : 858567973
prodi : PGSD
pokjar : kediri
video pembalajaran tersebut mempunyai kelebihan yaitu guru berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, merangsang daya ingat siswa, melatih konsentrasi siswa, pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. Guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk melatih percaya diri dengan membaca puisi adanya tanya jawab sehingga terjalin komunikasi dengan siswa, di akhir pembelajaran guru berhasil memotivsi siswa untuk sering berlatih membaca.
Tetapi video juga memiliki kekurangan yaitu, tidak ada unsur religius, tidak berdoa sebelum memulaidan mengakhiri pembelajaran, kurang memotivasi siswa agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, tidak adanaya apresepsi atau mengualang materi sebelumnya,penjelasan guru kurang mendalam , sehingga siswa kurang paham. lalu pada akhir pembelajaran guru tidak melakuakan evaluasi dan tidak membuat kesimpulan dari materi pembelajaran .
NAMA : Mika Pasalu
Nim : 859618678
Pokjar
NAMA : Mika Pasalu
Nim : 859618678
Pokjar : Nabire
Prodi : S1-PGSD
Berdasarkan pengamatan saya dalam video pembelajaran diatas, bahwa:
– Dalam pendahuluan proses pembelajaran terdapat kekurangan interaksi antara guru dan siswa, selain itu tidak ditemukan apersepsi diawal pembelajaran. sehingga membuat siswa kurang paham ketika guru menyampaikan materi
– Pada saat pemberian materi awalnya guru tidak melibatkan siswa, sehingga membuat kelas kurang aktif. Setelah guru mengubah metode dalam pembelajaran didalam kelas, sehingga membuat kelas aktif dan siswa menjadi semangat dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran didalam kelas.
Nama : Aprido Shabriansyah
Nim : 855740054
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Menurut video yang telah saya lihat tersebut, saya melihat ada beberapa hal positif yang dilakukan oleh guru tersebut yang meliputi:
Guru mampu menyampaikan materi dengan baik dan interaktif, melibatkan siswa dengan meminta mereka membaca puisi di depan kelas. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa.
Guru berhasil mengajak siswa mengingat kembali materi yang telah diajarkan sebelumnya, sehingga ada kesinambungan dalam pembelajaran.
Guru memberikan motivasi kepada siswa di akhir pembelajaran untuk terus semangat belajar dan berani tampil di depan kelas.
Sedangkan ada beberapa hal yang mungkin perlu diperbaiki, seperti:
Guru tidak memulai pembelajaran dengan kegiatan pembuka yang baik, seperti tidak mengabsen, berdoa, atau menanamkan nilai-nilai religius dan nasionalisme.
Tidak ada sesi tanya jawab di mana siswa dapat mengungkapkan kendala atau kesulitan yang mereka hadapi selama pembelajaran.
Guru tidak memberikan evaluasi atau penilaian di akhir pembelajaran untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Perlu variasi metode pembelajaran lain seperti menggunakan media visual/audio untuk menambah daya tarik dan pemahaman siswa.
Secara keseluruhan, video ini sudah cukup baik dalam melibatkan siswa dan memotivasi mereka. Namun, guru perlu memperhatikan kegiatan pembuka, evaluasi, dan variasi metode agar pembelajaran lebih terarah, efektif, dan bermakna bagi siswa.
NAMA : RUSMITA
NIM : 858297726
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : TAPIN
UPBJJ : BANJARMASIN
Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi”
– Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan
Di awal pembelajaran seluruh siswa masih merasa bingung dan kurang mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru. Setelah guru menyuruh beberapa siswa untuk maju dan membacakan puisi di depan kelas, para siswa baru mampu memahami cara menjawab pertanyaan isi puisi tersebut. Mereka pun interaktif dan kondusif dalam menjawab pertanyaan yang di lontarkan.
– Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Pada awal pembelajaran guru hanya melakukan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa, itu sudah bagus tetapi alangkah baiknya kegiatan pembelajaran dimulai dengan mengajak para siswa untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak melakukan absen terhadap siswa dimana itu sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang hadir dan tidak hadir di dalam kelas.
– Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan kelas dan membacakan puisi dihadapan semua siswa, hal ini sangat bagus untuk melatih kepercayaan diri siswa. Selain itu guru mengajak para siswa memberikan apresiasi seperti tepuk tangan dan pujian kepada siswa yang sudah berani membacakan puisi
– Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
Beberapa siswa berani maju ke depan kelas untuk membacakan puisi dan guru memberikan apresiasi tepuk tangan dan pujian hal ini membuat siswa merasa percaya diri dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
– Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dan mencek kehadiran siswa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajar, Guru perlu memberikan sedikit waktu untuk siswa tanya jawab tentang materi yang di sampaikan.
Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
Nama : Utari Dewi
Nim : 856046454
Pokjar : Rantauprapat
Menurut saya vidio pembelajaran tersebut mempunyai kelemahan dan kelebihan.
Kelemahan dari vidio pembelajaran tersebut yaitu seharusnya salam pembuka guru membimbing siswa untuk berdoa terlebih dahulu
Kelebihan dari vidio pembelajaran diatas yaitu, guru mempunyai metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa yang tadinya siswa tidak tahu harus menjawab apa pertanyaan ibu guru, sekarang siswa mampu menjawab pertanyaan dari ibu guru. Siswa juga semakin aktif, berani tampil kedepan kelas, serta berani mengungkapkan pendapatnya.