silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Marina Siregar
NIM : 859889351
Pokjar : Pematang siantar
Program Studi : PGSD
Dari video diatas, menurut pendapat saya pemaparan materi
tentang mata angin sudah bagus, akan tetapi diupayakan
untuk menyampaikan materi mata angin itu apa, dan bagaimana
menentukan arah mata angin kemudian setelah itu baru dilakukan
pembelajaran praktikum di luar kelas untuk menentukan arah mata angin.
Dengan begitu siswa dapat dengan mudah untuk menentukan arah
mata angin.
NAMA : UTARI ARMADANI
NIM : 855977258
POKJAR : SEI BALAI BATU BARA
PROGRAM STUDI : S1 PGSD
Dari Video diatas Menurut pendapat saya tentang Pembelajaran IPS di SD yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yakni :
KELEMAHAN : Dalam video tersebut Guru tidak melakukan Kegiatan Awal Seperti Mengucapkan salam,Berdoa,dan Mengabsen Siswa, Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu mengenai Materi tentang “Arah Mata Angin” kemudian guru tidak menggunakan Media sebagai alat praktik yang dapat membantu siswa mempermudah mengenal Arah Mata Angin, Dan proses pembelajaran dikelas yang dilakukan Guru sangat Kaku dan Monoton,sehingga interaksi tanya jawab kurang Maksimal dan tidak Menarik.
KELEBIHAN : Dalam video tersebut Guru berinisiatif mengejak siswa keluar kelas untuk mempraktekkan Arah Mata Angin, dan Guru menyuruh siswa maju ke depan untuk menahannya, Guru juga memberikan Apresiasi tanya jawab kepada siswa untuk melihat apakah siswa sudah memahami materi tersebut atau tidak. Saran : Tindakan perbaikan yang dapat saya sampaikan ialah, Guru sebaiknya dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih alternatif seperti Kompas dan lain-lain,sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran di dalam kelas.
Terima kasih
Nama : Dewi Elyawati
Nim : 835038782
judul video “BELAJAR MUDAH MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN”
Rumusan analisis masalah
Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi dan guru tidak menggunakan media yang lebih menarik contohnya media kompas untuk menjelaskan materi menentukan arah mata angin agar siswa lebih cepat menangkap materi yang di jelaskan.
Identifikasi masalah penelitian
1. Terdapat hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa kelas III pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin.
2. Salah satu faktor terjadinya hambatan belajar (learning obstacle) pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran.
3. Dibutuhkan suatu desain didaktis untuk mengurangi bahkan menghilangkan hambatan belajar (learning obstacle) pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin dengan pengembangan media pembelajaran.
alternatif solusi yang ditempuh terhadap masalah pembelajaran
Berdasarkan video tersebut saya mempunyai sebuah gagasan inovatif dalam alternatif pemecahan masalah. Gagasan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang konkrit contoh menggunakan media kompas. dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi yang telah diberikan oleh guru, agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif dan juga me nyenangkan .
Nama : Dewi Elyawati Nim : 835038657 judul video “BELAJAR MUDAH MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN” Rumusan analisis masalah Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi dan guru tidak menggunakan media yang lebih menarik contohnya media kompas untuk menjelaskan materi menentukan arah mata angin agar siswa lebih cepat menangkap materi yang di jelaskan. Identifikasi masalah penelitian 1. Terdapat hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa kelas III pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin. 2. Salah satu faktor terjadinya hambatan belajar (learning obstacle) pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran. 3. Dibutuhkan suatu desain didaktis untuk mengurangi bahkan menghilangkan hambatan belajar (learning obstacle) pada pembelajaran mendengarkan penjelasan petunjuk denah/arah mata angin dengan pengembangan media pembelajaran. alternatif solusi yang ditempuh terhadap masalah pembelajaran Berdasarkan video tersebut saya mempunyai sebuah gagasan inovatif dalam alternatif pemecahan masalah. Gagasan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang konkrit contoh menggunakan media kompas. dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi yang telah diberikan oleh guru, agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif dan juga me nyenangkan .
Nama:Depimasria zendato
Nim 856057299
Jrusan : PGSD
Berdasarkan video yang di sajikan Guru mengajar tanpa kegiatan pendahuluan, langsung pada kegiatan inti. Siswa juga masih mengenakan topi saat belajar, seharusnya topi di lepaskan saat belajar. Siswa juga terlihat kaku saat Guru mengajar. Namun, ketika siswa di ajak kelapangan oleh Guru, siswa begitu sangat antusias dan terlibat aktif mempraktekkan kegiatan arah mata angin.
Nama : Elda putri ayunda
Nim : 856024853
Pokjar : Sei balai kab.Batu bara
Program studi : S1-PGSD
Menurut saya mengenai video pembelajaran tentang ” belajar mudah menentukan arah mata angin ” diatas sudah bagus dan bisa di pahami peserta didik, hanya saja memang diawal pembelajaran tidak ada kegiatan awal atau pembukaan dan penutup, agar lebih menarik perhatian siswa dalam pembelajaran hendaknya di awal pembelajaran di berikan ice breaking agar peserta didik semangat dalam mngikuti kegiatan pembelajaran, serta menyediakan media pembelajaran seperti kompas dan lainya, agar lebih mudah dimengerti dan dapat mengingat materi yang di berikan oleh guru untuk peserta didik.
Nama : Fitri Andini
Nim : 856024878
Pokjar : Sei Balai, kab. Batu bara
Program studi : S1-PGSD
Menurut saya mengenai video pembelajaran tentang ” belajar mudah menentukan arah mata angin” diatas guru kurang terampil dalam menyampaikan materi dan pada awal pembelajaran tidak menyampaikan penjelasan tentang materi yang akan diberikan.
Tetapi kelebihan video diatas guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga anak lebih mudah memahami belajar sambil melakukan gerakan arah mata angin.
Nama : chotijah
Nim. : 856075828
UPBJJ. : Batam
Menurut analisis saya tentang vidio pembelajaran IPS di SD yang berjudul ” belajar mudah menentukan arah mata angin ” yaitu :
1. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah :
-Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
– guru tidak membawa media atau alat pembelajaran di kelas
2. Reaksi siswa terhadap pembelajaran :
Siswa sangat berantusias saat memperaktekkan dan menjawab soal tentang arah mata angin.
3. Kelebihan dalam vidio tersebut :
Guru mengajak siswa belajar ke luar kelas untuk memperaktekkan arah mata angin
4. Hal unik yang ada di dalam vidio :
Siswa yang aktif saat menjawab pertanyaan dari guru
5. Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
1. Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan berdoa.
2. Mempersiapkan media yang berhubungan dengan pembelajaran.
Nama : Rina Sonia
Nim : 856736967
Prodi : PGSD-S1
menurut saya, pembelajaran yang ada di video sudah bagus dan sangat mudah dimengerti oleh siswa, namun pada video tidak ada kegiatan sebelum memasuki pelajaran inti, seperti salam,pembuka,pendahuluan refleksi dan sebagainya begitupun selesai pembelajaran tidak ada penutup atau salam yang dilakukan oleh guru.
Terimakasih🙏
Nama : Eka Dhinda Randisca
Nim : 856026398
Program Study : S-1 PGSD
Pokjar : Sei Balai Kab. Batu Bara
Dari video yang berjudul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin yang saya tonton dan simak tadi, hasil analisis saya yaitu dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dari video tersebut guru mampu mempraktikkan secara langsung di lapangan dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mengetahui arah mata angin sehingga siswa mampu mengingat dengan mudah arah mata angin.
Dan kekurangan dari video tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal proses pembelajaran seperti berdoa mengabsen atau membuat siswa bersemangat dalam memulai pelajaran dan guru juga tidak memberikan kesimpulan dalam akhir pembelajaran. Guru juga kurang mampu menguasai kelas dan materi seakan menjadikan suasana menjadi monoton dan proses pembelajaran kurang maksimal.
Saran dari saya sebaiknya guru dapat menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa lebih memahami materi dan suasana pembelajaran lebih menarik.