silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. NAMA : ARDILA YUS
    NIM : 856034291
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR: TANJUNGBALAI
    UPBJJ : MEDAN

    Berdasarkan video di atas adapun analisis saya terkait kelebihan dan kelemahan pada video yang disampaikan.
    1. Kelebihan
    Adapun kelebihan pada video di atas yaitu penerapan metode pembelajaran yang digunakan adalah outdoor study, di mana metode ini mengajak siswa melihat secara langsung peristiwa yang akan dilakukan di lapangan.
    2. Kelemahan
    Adapun kelemahan pada video di atas ialah sebagai berikut :
    a. Tidak adanya motivasi belajar yang dilakukan pada kegiatan awal.
    b. Pada awal pembelajaran guru tidak mengucap salam atau menanyakan kabar pada siswa.
    c. Kurangnya pemberian pemahaman yang dilakukan guru kepada siswa.
    d. Tidak adanya menggunakan media pembelajaran.

  2. Nama : Achmad Shobirin
    Nim : 856036453
    Pokjar : Sei Balai
    Program Studi : PGSD-S1

    Menurut saya pada video pembelajaran tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal seperti pendahuluan sebelum belajar misalnya mengucapkan salam, berdoa,mengecek kehadiran siswa dan bahkan menyapa siswa.
    1. Dalam pembelajaran tersebut rekasi siswa awalnya tampak bingung dan tidak paham. Akan tetapi setelah siswa di ajak belajar di luar kelas siswa sangat memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru, siswa juga tampak senang dan aktif dalam bertanya maupun menjawab.
    2. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut yaitu guru kurang jelas dalam melakukan pembahasan, dan guru tampak gugup saat menjelaskan kepada siswa. Dan materi yg di sampaikan oleh guru tersebut langsung ke inti, tidak ada pendahuluan yg lebih jelas.
    3. Kelebihan dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajarannya/menyampaikan materinya yaitu dengan belajar di luar kelas.

  3. Nama : Elsa Mayomi Br Panjaitan
    Nim : 856026531
    Pokjar : Sei balai kab.Batu bara
    Program studi : S1-PGSD

    Menurut saya mengenai video pembelajaran tentang ” belajar mudah menentukan arah mata angin ” diatas sudah bagus dan sudah bisa di pahami peserta didik, tetapi pembelajaran tidak ada kegiatan awal atau pembukaan dan penutup, agar menarik perhatian siswa dalam pembelajaran sebaiknya di awal pembelajaran di berikan ice breaking agar peserta didik semangat dalam mngikuti kegiatan pembelajaran, serta menyediakan media pembelajaran seperti kompas agar peserta didik lebih mudah mengerti dan dapat mengingat materi yang di berikan oleh guru.

  4. Nama : Adia Ramadiani
    NIM : 856026359
    Prodi : S1-PGSD

    Setelah melihat vidio pembelajaran di atas, penyampaian materi yang di ajarkan guru tentang arah mata angin sudah bagus, akan tetapi sebelum melakukan praktik belajar di luar kelas alangkah baiknya guru menyampaikan konsep dasar materi arah mata angin dengan begitu siswa dapat mudah memahami dan melakukan praktik saat di luar kelas untuk menentukan arah mata angin.
    Saran saya kedepannya penyampaian materi yang dilakukan guru harus lebih jelas dan fleksibel agar suasana saat belajar tidak terlalu kaku dan menegangkan.

  5. Nama : Achmad Asep
    NIM : 857609555
    Program Studi : PGSD-BI
    Pokjar : Purwokerto Selatan

    Analisis video yang berjudul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin.
    Kelebihan yang ada pada video yang telah disajikan sudah cukup baik :
    a. Penting nya arah mata angin dalam kehidupan sehari-hari.
    b. Secara materi dan penguasaan yang di lakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik. c. Guru langsung mempraktekan materi dan cara penyampaiannya mudah dipahami.

    Kelebihan yang ada pada video yang telah disajikan :
    a. Di awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal proses pembelajaran.
    b. Dalam penyampaian materi tidak menarik dan terkesan monoton,
    c. Kurang semangat dan tidak memanfaatkan media atau alat pembelajaran.
    d. Guru kurang mampu menguasai materi sehingga pembelajaran kurang maksimal.
    e. Di akhir guru juga tidak memberikan kesimpulan pembelajaran.

    Solusi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada video yang telah disajikan :
    a. Memanfaatkan media atau alat pelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran, dan dengan mudah menentukan arah mata angin.
    b. Salah satunya jika sedang berada diluar ruangan dengan cara memperhatikan posisi matahari adalah cara yang paling mudah dimengerti siswa.
    c. Jika kondisi sedang mendung atau berada di dalam ruangan bisa memanfaatkan kompas untuk kelangsungan pembelajaran.

    Perbaikan yang dapat dilakukan guru dari kekurangan video diatas :
    a. Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa, dari awal masuk kelas sampai keluar kelas hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
    b. Praktik pembelajaran di luar kelas dapat memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa.
    c. Sebaiknya guru memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agar siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.

    Demikianlah yang bisaa saya sampaikan. mohon maaf bila terdapat kesalahan.
    saya ucapkan terima kasih.

  6. Nama Mahasiswa : Remi Ade Womenti Saragih
    NIM : 856022344
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    Berikut pengamatan saya pada video pembelajaran tersebut yaitu :
    1.Guru tidak sepenuhnya melaksanakan kegiatan pendahuluan .Contoh : Tidak ada salam pembuka,berdoa,absensi siswa,memberikan motivasi,dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2.Guru menggunakan metode mengajar yang kurang menarik.
    3.Guru terlalu monoton,kaku,dan terlihat kurang menguasai materi.
    4.Guru tidak menggunakan media /alat peraga .
    Sehingga :
    Siswa kurang bersemangat dan kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran.Oleh karena itu guru harus mengganti metode mengajar dan menggunakan media /alat peraga yang lebih menarik agar siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.

  7. Nama : Nurul Fitri Maisaroh
    Nim : 856022201
    Prodi : PGSD-1

    Berdasarkan pengamatan saya pada video tersebut mengenai arah mata angin sudah cukup bagus. Menurut saya guru telah menyampaikan materi dengan baik dan jelas guru memberikan praktek langsung ke lapangan sehingga siswa lebih memahami materi yang diajarkan. Guru mengajak siswanya untuk aktif bertanya dan juga menjawab pertanyaan yang diberikan. Menurut saya jika ingin membuat kelas semangkin riang dan bersemangat bisa menambahkan hal-hal yang membuat siswa lebih bersemangat, misalnya dengan menghafal arah mata angin melalui nyanyian.

  8. Nama : SARDIK
    NIM : 856077119
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Natuna
    UPBJJ : UT Batam

    Menurut saya pada awal pembelajaran masih kurang efektif sehingga siswa merasa bingung dengan arah mata angin, namun setelah melakukan kegiatandi lapangan siswa memahami dan dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat.

    Kelemahan dari Video
    1. Guru tidak melakukansalam pembuka
    2. kurang dalam Metode tanya jawab
    3. Guru tidak mengaitkan materi dengan materi sebelumnya

    Kelebihan dari video
    1. Siswa dapat memahami materi dengan melaksanakan praktik secara langsung
    2. Pengelolaan kelas baik sehingga siswa merasa senang saat pembelajaran

    Saran : Upaya untuk meningkatkan kulitas pembelajaran dengan memilih metode yang tepat dan menggunakan media sederhana berupa gambar denah untuk mempermudah pemahaman siswa tentang arah mata angin.

  9. Nama : Eni syavitri
    Nim:856021897
    Pokjar:Asahan
    UPBJJ: MEDAN
    Menurut saya guru dalam vudeo tersebut sudah melakukan proses pembelajaran cukup bagus,guru sudah melakukan variasi pembelajaran dengan mengajak siswa keluar kelas namun guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembukaan dan materi pembelajatan langsung ke inti tanoa penjelsana terlebih dahulu sehingga membingungkan siswa

  10. menurut pendapat saya,dari vidio di atas kegiatan belajar mengajarnya sudah efektif,hanya saja sebaiknya sebelum memulai pelajaran kita sebagai guru membuat kelas nyaman terlebih dahulu,setelah itu melakukan kegiatan awal seperti mengucapkan salam,mengajak pesera didik berdoa,mengabsen kelas dan mengkondusifkan kelas terlebih dahulu,serta menanyakan kesiapan anak- anak untuk belajar oada hari itu.

Leave a Reply