silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Elisa Agustina
    NIM : 856026452
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut saya berdasarkan hasil pengamatan saya pada Vidio tersebut mengenai pemahaman menentukan arah mata angin sudah bagus dan baik.pada saat guru bertanya kepada siswa penting nya mengetahui arah mata angin dalam proses pembelajaran. Dan ketika guru tersebut mengajak siswa untuk melakukan praktek di luar kelas sangat bagus.Namun dalam vido tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan nya.
    Kekurangan nya ialah
    -guru tersebut kurang terampil dalam menyampaikan dan menjelaskan tentang materi yang di berikan.
    -guru tersebut tidak ada memberikan kata-kata salam pembuka atau berdoa sebelum memulai pembelajaran dan sampai akhir pembelajaran.
    -dan guru tersebut saat mengajak siswa praktek diluar tidak ada membawa alat media atau alat pembelajaran lainnya . sehingga sebagian siswa bingung dan tidak mengerti ketika guru tersebut menjelaskan di depan.
    Dan kelebihannya ialah
    -guru tersebut sangat bagus untuk berantusiasi untuk mengajak siswa belajar di luar atau praktek di luar kelas . sehingga siswa tidak bosan saat guru menjelaskan di dalam kelas.
    -dan sebagian siswa jugak aktif saat menjawab pertanyaan dari guru tersebut.

    Terima Kasih 🙏

  2. Nama : Alia Putri Yasmika
    NIM : 856978743
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Natar (Bandar Lampung)
    Sem/matkul : 6/Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Setelah melihat serta mengamati video pembelajaran tentang materi “Belajar Mudah Menentukan Mata Angin” dapat disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan pada video pembelajaran tersebut, yaitu:
    Kelebihan:
    1. Dalam menjelaskan materi, guru sudah memfasilitasi siswa dengan melakukan pembelajaran di luar kelas yang memudahkan siswa untuk menentukan arah mata angin.
    2. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar, guru sudah tepat menggunakan metode tanya jawab dan pembelajaran di luar kelas yang berguna membangun keingintahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan.
    Kekurangan:
    Pada video pembelajaran tersebut, masih banyak kekurangan dalam menyampaikan materi kepada siswa.
    1. Pada saat guru akan memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi atau pendahuluan pada kelas, misalnya berdoa, salam, menanyakan kabar siswa, dan mengecek kehadiran siswa. Dengan itu siswa akan siap untuk mengikuti kegiatan inti pembelajaran.
    2. Guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa, jangan terlalu terburu-buru menjelaskan materi. Guru juga dapat mengenalkan apa saja yang ada pada materi tersebut dengan bahasan yang lugas dan dapat dimengerti karena siswa banyak yang susah untuk menentukan arah mata angin.
    3. Karena siswa belum sepenuhnya memahami materi dalam menentukan arah mata angin sebaiknya guru menambahkan metode yg menyenangkan dan bervariasi selain mengajak siswa melakukan pembelajaran di luar kelas, ini bertujuan supaya siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru serta mudah memahami materi yang disampaikan. Dengan itu siswa akan lebih mudah, cepat, dan tepat dalam menentukan arah mata angin di kehidupan sehari-hari.

  3. Nama : Elisa Agustina
    NIM : 856026452
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar: Sei Balai Kab.Batu-Bara

    Menurut saya berdasarkan hasil pengamatan saya pada Vidio tersebut mengenai pemahaman menentukan arah mata angin sudah bagus dan baik.pada saat guru bertanya kepada siswa penting nya mengetahui arah mata angin dalam proses pembelajaran. Dan ketika guru tersebut mengajak siswa untuk melakukan praktek di luar kelas sangat bagus.Namun dalam vido tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan nya.
    Kekurangan nya ialah
    – guru tersebut kurang terampil dalam menyampaikan dan menjelaskan tentang materi yang di berikan.
    – guru tersebut tidak ada memberikan kata-kata salam pembuka atau berdoa sebelum memulai pembelajaran dan sampai akhir pembelajaran.
    – dan guru tersebut saat mengajak siswa praktek diluar tidak ada membawa alat media atau alat pembelajaran lainnya . sehingga sebagian siswa bingung dan tidak mengerti ketika guru tersebut menjelaskan di depan.
    Dan kelebihannya ialah
    – guru tersebut sangat bagus untuk berantusiasi untuk mengajak siswa belajar di luar atau praktek di luar kelas . sehingga siswa tidak bosan saat guru menjelaskan di dalam kelas.
    – dan sebagian siswa jugak aktif saat menjawab pertanyaan dari guru tersebut.

  4. Nama : Fauziah Izzati
    NIM : 856022004
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-UT : Medan
    Pokjar : Asahan

    Setelah mengamati video di atas, beberapa hal yang saya tangkap adalah sebagai berikut.
    1. Di awal pembelajaran guru tidak mengenalkan konsep mata angin sehingga membuat siswa bingung saat ditanya perihal arah mata angin.
    2. Metode tanya jawab yang digunakan di awal pembelajaran kurang efektif karena siswa belum memahami konsep materi arah mata angin.
    3. Membawa siswa keluar kelas untuk melakukan praktik langsung mengenai arah mata angin merupakan hal yang inovatif, sehingga siswa bisa lebih mudah memahami arah mata angin.
    4. Penjelasan materi yang dibawakan oleh guru dalam video tersebut juga mudah dipahami oleh siswa.
    5. Evaluasi hanya dilakukan kepada beberapa siswa saja.

  5. Nama : Putri Anita
    Nim : 856022297
    Program studi : S1- PGSD
    UPBJJ : 12/ Ut- Medan
    Pokjar : Asahan
    Judul video : Mudah menentukan arah mata angin

    Menurut pendapat saya,setelah saya melihat video tersebut guru belum melakukan kegiatan awal ,seperti salam ,menanyakan kabar ,mengecek kehadiran siswa, tujuan pembelajaran, dan tidak mengajak siswa berdoa sebelum pembelajaran dimulai. Guru tersebut kurang berekspresi dalam mengajar sehingga anak siswa tersebut kurang memahami materi pembelajaran. Sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat, selain itu guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan disampaikan, namun guru langsung bertanya kepada murid sehingga murid tidak paham menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Namun guru tersebut melakukan bervariasi belajar dengan baik karena guru membawa anak-anak belajar di luar kelas, hingga anak-anak dapat memenuhi pembelajaran mengenai pemahaman menentukan arah mata angin. Dalam penutupan pembelajaran guru juga tidak dapat memberikan salam ataupun mengevaluasi materi kembali.

  6. Nama : Raja Vira Andella Alita
    NIM : 856075409
    Jurusan : S1 PGSD
    UPBJJ : Kota Batam

    Assalamualaikum wr wb
    Menurut pendapat saya berdasarkan pengamatan video yang telah saya lakukan, ada kelebihan dan kelemahan yang terdapat pada proses pembelajaran tersebut, yaitu :

    Kelebihannya :
    Pembelajaran terasa efektif karena guru tidak hanya mengajar di dalam kelas tetapi juga mengajak siswa ke luar kelas. Selain itu guru juga langsung memberi contoh konkret kepada siswa sehingga materi yang diberikan mudah dipahami.

    Kelemahannya :
    Guru kurang melakukan kegiatan pembuka pembelajaran seperti berdoa, mengabsen peserta didik, atau memberi motivasi. Akan lebih baik bila guru menggunakan media pembelajaran yang mendukung seperti kompas, agar siswa dapat menentukan arah mata angin dengan tepat.

  7. Nama : Afir Dwi Kurniawati
    NIM : 857810242
    UPBJJ : Surakarta
    Prodi : PGSD_S1
    Pokjar: Kalikotes

    Menurut saya pada vidio pembelajaran itu masih kurang efektif sehingga siswa merasa bingung dengan arah mata angin. pada kegiatan tadi di lapangan siswa baru bisa mengetahui atau memahami arah angin dengan tepat.
    kelemahan dari vidio
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka
    2. Kurangnya metode tanya jawab antara guru dengan siswa
    3. Guru tidak mengulas materi materi sebelumnya.
    Kelebiham dari vidio
    1. Siswa dapat memahami materi dengan cepat, jelas setelah melakukan praktik secara langsung
    2. Keadaan kelas atau situasi kelas sangat nyaman sehingga siswa dapat belajar dengan tenang, dan membuat situasi yang menyenangkan.
    Saran saya untuk mempelajari mata angin bisa dengan menggunakan lagu, dengan nada yang mudah di hafal siswa, dengan hati yang senang siswa bisa lebih mudah menangkap materi yang dipraktikkan secara langsung.

  8. Nama : Ayu Saraswati
    NIM : 858940426
    UPBJ : Jember
    POKJAR : Wuluhan

    Dalam Video pembelajaran di atas seharusnya guru menggunakan strategi komunikasi yang positif dan efektif melalui instruksi-instruksi yang sesuai dengan karakteristik murid serta bagaimana kepercayaan diri guru dalam memimpin pembelajaran.
    Guru memandu pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran namun tidak digunakannya alat peraga dalam memimpin pembelajaran, perencanan penilaian pembelajaran serta hubungannya dengan tujuan pembelajaran. Seharusnya guru melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan. Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran, bagaimana respon siswa, tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya, apa yang perlu diperbaiki dan sudah baik ditingkatkan.

  9. Nama : Haris Riyan Suherman
    Nim : 858650603
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ-UT : Surabaya

    Berdasarkan video yang saya amati guru tersebut tidak mengawali pembelajaran dengan apersepsi seperti membaca doa, melakukan absensi diawal kemudian pada video itu merupakan hal yang wajar dimana ketika guru menjelaskan arah mata angin tanpa media pembelajaran siswa akan sulit memahaminya karena media pembelajaran tersebut sangat perlu, ketika guru tersebut sudah menjelaskan materi arah mata angin dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan cepat paham dengan materi tersebut.

  10. Nama : Riski Dwi Ardiyatno
    Nim : 858650588
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ-UT : Surabaya

    Menurut pengamatan saya, kekurangan video itu ini yaitu guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran. Kemudian kesulitan yang dihadapi guru tersebut tidak bisa menyampaikan materi dengan mudah karena tidak ada media pembelajaran. Media pembelajaran sangat diperlukan pada saat menerangkan materi. Siswa sangat kesulitan menerima materi arah mata angin karena tidak ada media.

Leave a Reply