silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: Devi Ambarwati
    Nim : 857935059
    Menurut analisis saya tentang vidio pembelajaran IPS di SD yang berjudul ” belajar mudah menentukan arah mata angin ” yaitu :

    1. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah :
    -Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
    – guru tidak membawa media atau alat pembelajaran di kelas

    2. Reaksi siswa terhadap pembelajaran :
    Siswa sangat berantusias saat memperaktekkan dan menjawab soal tentang arah mata angin.

    3. Kelebihan dalam vidio tersebut :
    Guru mengajak siswa belajar ke luar kelas untuk memperaktekkan arah mata angin

    4. Hal unik yang ada di dalam vidio :
    Siswa yang aktif saat menjawab pertanyaan dari guru

    5. Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
    1. Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan berdoa.
    2. Mempersiapkan media yang berhubungan dengan pembelajaran.

  2. Nama : Amelia Siska
    Nim : 856021636
    Upbjj : Medan
    Pokjar : Tebing Tinggi

    Setelah saya lihat vidio tersebut dan menganalisa nya menurut saya didalam vidio tersebut memiliki kekurangan beserta kelebihan juga berikut penjelsan nya yang akan saya jabarkan

    Kekurangan
    1. Pada awal pemeblajaran diharuskan mengucapkan salam, tetapi guru didalam vidio tersebut tidak mengucapkan salam.
    2. Guru tersebut memulai pelajaran tidak dengan berdoa
    3. Guru juga tidak mengecek kehadiran siswa, dan juga keadaan siswa karna itu adalah hal yang baik dilakukan sebelum belajar itu memastikan murid sudah siap belajar atau ada kendala hal
    4. Guru tidak mengaitkan materi sebelumnya
    5. Ketika akan menjelaskan tentang arah mata angin, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian mata angin serta hal” Yg tersangkut

    Kelebihan
    Guru menjelaskan dengan cara mempraktikan langsung bagaimana bentuk arah mata angin itu dengan menggunakan media sederhana yaitu tubuh sendiri beserta siswa didik nya dengan begitu anak yang kurang paham menjadi lebih pham tentang arh mata angin.

  3. Nama : Mei Putra Suka Hia
    Nim : 856023489

    Tanggapan saya mengenai vidio IPS Menentukan Arah Mata Angin
    Menurut saya dalam video tersebut pada saat kegiatan membuka pelajaran belum sepenuhnya dilakukanaya oleh guru tersebut seperti mengajak siswa berdoa,mengabsen siswa,di video tersebut juga kelas masih sangat kaku.seharusnya guru bisa memberikan senyuman kepada siswa sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar. Tetapi disini juga kelebihannya pada saat proses pembelajaran siswa dan guru sudah terlihatt secara aktif, dengan membawa siswa keluar ruangan untuk siswa lebih mudah memahami materi tesebut.

    Hasil analisis video:

    Kelemahan:
    Dalam vidio pembelajaran diatas terdapat beberapa kelemahan sepanjang berlangsungnya kegiatan pembelajaran, dimana guru dalam melaksanakan pembelajaran kegiatan pembuka hanya beberapa saja yang terlihat yaitu menyapa siswa. Selain itu tidak ada dalam kegiatan pembuka seperti berdoa, memgabsen, bernyanyi, memberikan motivasi dan mengkondisikan suasana kelas sehingga dalam keberlangsungan kegiatan pembelajaran masih terdapat siswa yang kurang fokus serta lebih memilih untuk bertanya kepada temannya dari pada gurunya.

    Kelebihan:
    – Guru menyuruh siswa untuk keluar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar kelas dan melaksanakan kegiatan praktek bagaimana kita menentukan arah mata angin dengan benar sehingga siswa lebih semangat, mudah memahami dan mengerti akan materi.
    – Guru menanyakan apa manfaat bagi siswa ketika mengetahui bagaimana cara menentukan arah mata angin. Dalam vidio tersebut kita mengetahui bahwa siswa telah mampu menentukan arah mata angin dengan mudah dan cepat dengan bantuan media pembelajaran yang digunakan. Strategi guru dalam menyampaikan materi tersebut bisa membuat siswa dari tidak tau menjadi tau sehingga keberhasilan tersebut merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    TERIMAKASIH.

  4. Nama :kiki suheriono
    Nim : 855994888
    Prodi: pgsd
    Menurut saya vidio pembelajaran tersebut sudah cukup baik namun pasti ada kelamahan dan kelebihan
    *kelemahan
    1. Pembukaan materi (apersepsi)
    2. Media (alat) bantu mengajar
    3.kesimpulan
    4.guru kaku
    *kelebihan
    1.belajar di laur kelas
    Saran perbaikan
    1. Mengaplikasikan apersepsi
    2. Mengunakan media (alat bantu)
    3. Guru lebih ceria dan tampak semangat

  5. Assalamualaikum, wr.wb

    Nama : Angela Pratama
    NIM : 856597956
    Prodi : PGSD BI Semester 2
    Pokjar : Kerinci

    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan arah mata angin
    Topik : Menentukan Arah Mata Angin

    Berikut ini, Analisis video menurut pendapat saya yaitu sebagai berikut :
    Kelebihan :
    1. Guru dan siswa melakukan metode observasi (terjun langsung ke lapangan) yaitu di halaman sekolah.
    Untuk belajar menentukan arah mata angin.
    2. Penjelasan yang diterangkan oleh guru tersebut sangat mudah dipahami oleh siswa karena guru tersebut
    menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa ketika siswanya menjawab pertanyaan yang diberikan guru
    tentang manfaat kita mempelajari arah mata angin.
    4.Guru tersebut meminta salah satu siswa untuk maju ke depan untuk mempraktekkan menyebutkan arah
    mata angin.

    Kekurangan :
    1. Pendahuluan (pembukaan pembelajaran) : guru tidak mengucapkan salam untuk membuka kegiatan
    pembelajaran (religius), tidak berdoa, tidak mengabsen kehadiran siswa, guru tidak mengaitkan
    pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
    2. Kegiatan Inti
    Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada
    siswa yaitu arah mata angin di dalam kelas, melainkan guru tersebut langsung melakukan praktik di luar
    kelas.
    3. Siswa bingung menjawab pertanyaan yang disampaikan guru karena guru tersebut tidak menjelaskan
    materi pembelajaran terlebih dahulu.
    4. Guru tersebut tidak menggunakan alat peraga seperti kompas, yang mana penggunaan metode tersebut
    kurang relevan sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.
    5. Pengelolaan kelas tidak efektif sehingga tidak menimbulkan interaksi antara guru dan siswa.
    6. Guru tidak melakukan apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran.

    Saran :
    Sebelum proses pembelajaran dimulai seharusnya guru tersebut memulai kegiatan dengan pembukaan(mengucapkan salam, berdoa, mengabsen kehadiran siswa), Kegiatan inti (mempersiapkan media/alat peraga yang berhubungan dengan pembelajaran,memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa agar siswa dapat memahami dengan baik materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru), penutup (menyimpulkan hasil pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran, memberikan tugas rumah kepada siswa, berdoa sebelum mengakhiri proses pembelajaran, mengakhiri proses pembelajaran dengan mengucapkan salam. Hal ini membuat siswa lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam belajar dan sehingga siswa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.

    Terima Kasih ..
    Wassalam

  6. Nama : Rimba Bagaswara
    NIM : 858930504
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6
    Pokjar : Umbulsari
    UPBJJ : Jember

    Analisis Video Pembelajaran.

    – Kelebihan :
    1. Kegiatan menyenangkan di luar kelas
    2. Guru mengajar secara jelas pada poin utama dan tidak bertele-tele
    3. Guru memberikan kesempatan siswa aktif dalam menjawab pertanyaan

    – Kekurangan :
    1. Tidak ada pendahuluan, salam, doa, absensi
    2. Kegiatan inti tidak diawali dengan penjelasan, melainkan langsung kepada pertanyaan
    3. Tidak ada kegiatan penutup, seperti memberi kesimpulan

  7. NAMA : NINDITA NUR RAMADHANY
    NIM : 858697008
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
    PRODI: PGSD S1 semester 6

    Assalamualaikum wr wb
    Kelemahan :- menurut analisa saya guru tersebut pada pembelajaran awal tidak memberikan salam
    pembukaan dan tidak menanyakan kabar kepada peserta didik .
    – guru tersebut tidak membahas atau mengulas kembali pembelajaran sebelumnya.

    Kelebihan : – guru melakukan metode yang cukup baik dengan melakukan pengujian pemahaman terhadap peserta didiknya.
    – guru mengajak peserta didik melakukan pembelajaran diluar kelas, sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.

  8. Nama : Prima Nainggolan
    NIM : 859893907
    Prodi : PGSD BI Semester 2
    Pokjar : Humbang Hasundutan
    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan arah mata angin
    Topik : Menentukan Arah Mata Angin

    Berikut ini, Analisis video menurut pendapat saya yaitu sebagai berikut :
    Sebelum proses pembelajaran dimulai seharusnya guru tersebut memulai kegiatan dengan pembukaan(mengucapkan salam, berdoa, mengabsen kehadiran siswa), Kegiatan inti (mempersiapkan media/alat peraga yang berhubungan dengan pembelajaran,memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa agar siswa dapat memahami dengan baik materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru), penutup (menyimpulkan hasil pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran, memberikan tugas rumah kepada siswa, mengakhiri proses pembelajaran dengan mengucapkan salam. Hal ini membuat siswa lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam belajar dan sehingga siswa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.

  9. Nama : Faradillah Gunawan
    NIM : 857452484

    Berdasarkan video diatas:
    Siswa masih bingung tentang pemahaman arah mata angin yang ditanyakan oleh guru. Karena guru nya pun seperti kurang mempersiapkan materi.
    Pada kegiatan awal, guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, tidak ada pengecekan kondisi siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat masih ada yang asik mengobrol dengan temannya, kondisi kelas belum terlalu kondusif. Guru tidak memberi tahu mengenai tujuan pembelajaran. Guru kurang menerangkan pelajaran hanya mencontohkan saja, hal itu menyebabkan beberapa siswa tidak aktif pada saat pelajaran. Pada kegiatan akhir, tidak ada evaluasi lebih lanjut seperti mengisi soal atau memberi pekerjaan rumah kepada siswa.
    Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih mudah mengerti karena belajar sambil melakukan Gerakan arah mata angin. Guru dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.

  10. Nama : ISTIGHFANI
    NIM : 857156106
    Pokjar : SDN 01 JELITA RAWAMANGUN

    Assalamualaikum Bpk/Ibu

    Judul Video: Belajar Mudah Menentukan arah mata angin
    Topik: Menentukan Arah Mata Angin

    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut sudah baik. Terlihat guru menyampaikan materi dengan cara praktik langsung dan Kegiatan belajar dilakukan di luar ruangan. Hal tersebut membuat peserta didik membuat peserta didik lebih mudah memahami materi dan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran tersebut menggunakan bagian tubuh sebagai media pembelajaran. Dari kegiatan belajar pada video, sebaiknya dapat ditambahkan kegiatan awal pembelajaran, seperti apersepsi, penyampaian materi dengan menggunakan media pembelajaran.

    Terima kasih banyak

Leave a Reply