silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : YOYON SUTRA
Nim. :856799406
Prodi. : S1.PGSD/BI
UPBJJ : UT.PALEMBANG Pokjar Lawang
wetan (MUBA)
Dari video diatas analisa saya berpendapat bahwa.
Kekurangan pada bagian:
1.proses awal pendahuluan
Bagian pendahuluan tidak adanya salam pembuka seperti berdoa dan menyapa siswa menanyakan kabar dan lainnya.
2. Pada bagian akhir atau penutup
Dalam video tersebut tidak adanya kesimpulan dari pembelajaran yang diberikan, tentang materi yang disampaikan serta manfaat belajar arah mata angin untuk kehidupan sehari-hari.
Adapun kelebihan dalam video tersebut antara lain:
Pada kegiatan inti pembelajaran:
1.dalam kegiatan inti sudah mencakup seluruh kegiatan inti dari penyampaian materi dengan baik, pemberian motivasi pada siswa yang menjawab dengan benar, agar termotivasi lagi dalam belajar.
2.pemilihan media belajar menurut saya sudah bagus dan tepat, siswa diajak kelapangan praktik lansung dengan media belajar anggota tubuhnya sendiri sangat membantu dalam menjelaskan pemahaman materi yang disampaikan.
Nama : Danila
NIM : 856799327
Prodi : S1-PGSD / BI
UPBJJ : UT.PALEMBANG Pokjar Lawang
wetan (MUBA)
Analisis saya berdasarkan video diatas kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru sudah cukup baik,diawal pembelajaran guru memberikan apersepsi dengan menanyai lokasi rumah siswa sehingga siswa mempunyai bayangan tentang pengalaman sehari-hari dan materi yg akan dipelajari yaitu arah mata angin.Selain itu guru juga mengajak anak berpraktik langsung di luar kelas.Memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung bagi anak membawa dampak positif bagi anak,anak dapat membangun pengetahuannya melalui kegiatan mengamati apa yang mereka lihat,mencoba apa yang mereka ingin ketahui,dan menyimpulkan informasi dari apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut.Dengan pembelajaran praktik membuat anak merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.Namun terdapat kekurangan dalam video tersebut karena guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam,do’a dan memotivasi siswa.
Sekian,terimakasih
Nama : Muhammad Fahrozi Sinaga
Nim : 856026302
Pokjar : Sei balai kab.Batu bara
Program studi : S1-PGSD
mengenai video pembelajaran tentang ” belajar mudah menentukan arah mata angin ” diatas sudah bagus dan bisa di pahami peserta didik, hanya saja memang diawal pembelajaran tidak ada kegiatan awal atau pembukaan dan penutup, agar lebih menarik perhatian siswa dalam pembelajaran hendaknya di awal pembelajaran di berikan ice breaking agar peserta didik semangat dalam mngikuti kegiatan pembelajaran, serta menyediakan media pembelajaran seperti kompas dan lainya, agar lebih mudah dimengerti dan dapat mengingat materi yang di berikan oleh guru untuk peserta didik.
Nama : Difki anwar kusumah
Nim : 857101331
Prodi : PGSD S-1
Pokjar : jakarta
Berikut analisis saya tentang vidio diatas
Menurut saya metode yang dilakukan guru tersebut cukup baik dengan mengajak anak anak ke luar kelas dan menggunakan sebagian anggota tubuh yang dapat digunakkan untuk media arah mata angin hal ini dapat sebagai Bukti konkrit tentang mata angin namun terdapat kekurangan dalam pembelajaran seperti guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan di kegiatan awal guru tidak mengajak siswa siswi berdoa terlebih dahulu.
Terima kasih
Nama : Krisdayanti Gulo
Nim: 856023916
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Mandehe
UPPBJ : Medan
Menurut pendapat saya, kelebihan dalam video pembelajaran diatas yaitu guru memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung bagi anak membawa dampak positif bagi anak,anak dapat membangun pengetahuannya melalui kegiatan mengamati apa yang mereka lihat,mencoba apa yang mereka ingin ketahui,dan menyimpulkan informasi dari apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut guru menyampaikan materi dengan baik, pemberian motivasi pada siswa yang menjawab dengan benar, agar termotivasi lagi dalam belajar dan juga pemilihan media belajar menurut saya sudah bagus dan tepat, siswa diajak kelapangan praktik lansung dengan media belajar anggota tubuhnya sendiri sangat membantu dalam menjelaskan pemahaman materi yang disampaikan.
adapun kelemahan yaitu.
memulai dan mengakhiri pembelajaran tanpa berdoa.
Terimakasih 🙏
Nama : Nishfu Lailiyah
NIM : 858911392
UPBJJ : UT-Jember
Berdasarkan video tersebut yang dilakukan guru sudah cukup menarik membawa siswa praktik langsung di lingkungan atau alam bebas, sehingga adanya interaksi anatara siswa dengan alam yang membantu siswa memahami langsung materi yang disampaikan. Tetapi dalam menyampaikan mata pelajaran IPS mengenai arah mata angin masih sangat membosankan. Dengan hanya praktik menggunakan anggota tubuh tanpa ada penguatan konsep yang lain akan membuat siswa merasa bingung dan tidak dapat mempraktekkan arah mata angin di kehidupan sehari-hari.
Kelebihan video pembelajaran :
1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
3. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.
Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.
Kekurangan Video Pembelajaran :
1. Pembukaan Pembelajaran
– Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
– Guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Inti Pembelajaran
-Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas.
3. Penutupan Pembelajaran
– Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran.
Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja.
Nama: Nurmaini
Nim:855977383
Pokjar: Sei balai
Judul: Belajar menentukan arah mata angin
Berdasarkan video tersebut dapat saya analisis.
Kelemahannya: guru belum melakukan kegiatan awal seperti pendahuluan sebelum belajar yaitu berdoa dan penutup selesai belajar. kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terkesan membosankan dan membingungkan karena dari Awal kurang menarik dan kurang memotivasi siswa.
Kelebihan nya:
Yaitu guru menyampaikan materi yang dilakukan di luar kelas cukup baik karena membuat siswa lebih cepat memahami pelajaran yang disampaikan.
Saran: sebaiknya guru mempersiapkan diri dengan materi yang akan disampaikan dengan menggunakan metode yang tepat serta menggunakan alat peraga contohnya memberikan video tampilan di YouTube mengenai arah mata angin agar membuat siswa bersemangat.
Nama : Tira Isdiyanti
Nim : 856037788
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus. Dari video tersebut siswa belajar tentang menentukan arah mata angin.guru juga mengajak siswa langsung praktek ke lapangan untuk mengetahui arah mata angin di sekitar sekolah nya
Nama : M.RIZAL
Nim : 856707712
program studi : PGSD-S1
Pokjar : Lawang Wetah, PALEMBANG
tanggapan saya terhadap video yang sudah saya lihat
sebelum memasuki kelas sebaiknya guru mengucapkan salam, ketika sudah masuk kelas sebaiknya guru membuat yel – yel kepada siswa agar dapat menarik perhatian siswa dan siswa akan fokus untuk belajar. sebelum memulai pelajaran sebaiknya berdoa terlebih dahulu. setelah berdoa guru menyampaikan materi apa yang akan di sampaikan dan menjelaskan materi pelajaran terlebih dahulu agar siswa mengetahui pelajaran yang akan di pelajarinya. jadi ketika guru bertanya siswa akan tahu untuk mejawab pertanyaan yang di beri guru. ketika siswa salah menjawab pertanyaan yang di beri guru sebaiknya guru melarang siswa untuk menyoraki karena ketika siswa di soraki maka siswa tersebut akan tidak mau lagi untuk menjawab pertanyaan yang di beri guru lagi. dan ketika mengakhiri pelajaran sebaiknya guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut dan menutup pelajaran dengan menyuruh salah satu siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang baru di pelajari dan menutup pelajaran dengan salam.