silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

363 Comments

  1. Nama : Slamet Riyadi
    NIM : 857007108
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Kotaagung
    Prodi : PGSD Semester 6

    Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
    – Guru belum melajukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar, ice breaking, mengabsen, menanyakan kabar, apersepsi dan motivasi. Setelah itu guru juga belum melakukan proses penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan evaluasi pembelajaran.
    – Dalam kegiatan inti pembelajaran guru sudah baik dan benar, guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halam sekolah, dan melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi interaktif. Dalam menjelaskan juga guru sudah baik, siswa terlihat faham terhadap materi, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan dan mengajak siswa secaraa langsung untuk mempraktekkan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang benar.

  2. Pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan awal terlebih dahulu seperti menyaa siswa, presensi dan doa serta apersepsi. pada pembelajaran hendaknya lebih dijelaskan lagi konsep arah mata angin. sehingga anak-anak lebih memahami lebih mendalam. Sehingga ketika dipraktikkan anak-anak bisa belajar secara efektif. kemudian di akhir pembelajaran hendaknya ada evaluasi secara individu sehingga guru bisa mengetahui pemahaman anak-anak secara menyeluruh.

  3. Nama : OBRIN SITORUS
    NIM : 855859365

    Video ini sangat bermanfaat untuk pemahaman dasar menentukan arah mata angin. Namun, saya pikir akan lebih menarik jika ada sedikit ‘ice breaking’ di awal untuk memancing minat siswa sebelum memasuki materi inti. Mungkin dengan memulai dengan anekdot atau pertanyaan menarik terkait arah mata angin, itu bisa membuat siswa lebih terlibat sejak awal. Terima kasih atas konten yang bermanfaat!.
    Terima kasih sudah berbagi pengetahuan guru-guru hebat.

Leave a Reply