silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
NAMA : Indriana Puspita Sari
NIM : 857856089
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ UT SURAKARTA
Mengenai Video ” Seri Pembelajaran IPS SD : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
1. Kelebihan dari Guru
– Guru mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
– Mengajak siswa dalam suasana baru pembelajaran
– Praktek lagsung di luar ruangan
– Memberikan pertanyaan dan umpan balik
– Merefleksikan dan memberikan evaluasi
2. Kekurangan dari Guru
– Belum memberikan salam dan do’a
– Raut wajah kurang bersemangat
– Sangat menguasai materi yang disampaikan
– pertanyaan pemantik yang kurang sehingga siswa terlihat kebingungan
3. Keunikan dalam pembelajaran
– menggunakan 2 tempat pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan
– Mengajak anak untuk langsung bergerak dan praktek
– Menunjuk salah satu anak untuk memberikan contoh kepada teman-teman
4. Dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SD, upaya yang harus dilakukan yaitu dengan menumbuhkan rasa keingintahuan lebih dalam lagi dengan pertanyaan pemantik.
Selalu mengawali pembelajaran dengan berdo’a dan memotivasi siswa terlebih dahulu.
Memberikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu agar siswa sadar pentingnya materi yang akan diterimanya.
Seumpama bisa, menunjukkan arah mata angin dengan bernyanyi/membuat nyanyian.
Terimakasih.
Nama : Fathatur Rahmi/856275259
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama : Fathatur Rahmi
Nim : 856275259
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ: UT Padang Pokjar Sungai Aur
Hasil Analisis Vidio Tentang ” Belajar mudah menentukan arah Mata Angin”
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran.
Diawal vidio siswa kelihatan bingung ketika guru memberikan pertanyaan arah mata angin. Ketika guru memberikan arahan praktek diluar kelas pala siswa semangat mengikuti gerakan arah mata angin.
2. Kelemahan
-Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti salam, mengajak siswa untuk berdoa, memeriksa kehadiran dan kerapihan siswa.
-Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang pemahaman yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.
-Tidak ada Penutup seperti memberikan motivasi, salam dan berdo’a.
3. Kelebihan
-Guru mengajak siswa menentukan arah mata angin di luar kelas. Cara ini dapat memberikan semangat dan motivasi siswa belajar.
-Memberikan apresiasi pada siswa ketika menjawab pertanyaan tentang manfaat arah mata angin.
4. Hal-hal unik dari guru
Mengajak siswa secara langsung praktek di lapangan dengan cara gerakan tangan.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya.
Alangkah baiknya guru mengikuti bagaimana langkah-langkah pembelajaran dan juga menggunakan media sederhana berupa gambar arah mata angin, untuk mempermudah siswa menentukan setiap arah mata angin.
Nama ; Anisa hatuwe
Nim : 823059031
Prodi : S1 PGSD
Setelah mengamati video pembelajaran IPS di SD dengan judul Belajar mudah dengan menentukan arah mata angin,menurut saya penjelasan guru sudah bagus,metode yang di gunakan sudah tepat sehingga peserta didik mudah memahami materi yang di berikan ,cmn kekurangannya tidak ada apersepsi,,mengecek kehadiran siswa,dan menanyakan materi Minggu lalu
Nama ; Anisa hatuwe
Nim : 823059031
Prodi : S1 PGSD
Setelah mengamati video pembelajaran IPS di SD dengan judul Belajar mudah dengan menentukan arah mata angin,menurut saya penjelasan guru sudah bagus,metode yang di gunakan sudah tepat sehingga peserta didik mudah memahami materi yang di berikan ,cmn kekurangannya tidak ada apersepsi,,mengecek kehadiran siswa,dan menanyakan materi Minggu lalu,selain itu praktek pembelajaran di luar kelas sudah sangat bagus.
Assalammu’alaikum wr wb
Nama : Jelli Romzani
NIM : 877598916
Asal : Lubuklinggau, Sumatera Selatan
Saya memilih video seri pembelajaran IPS SD dangan judul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin.
Hasil analisis dari video yang saya amati dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran materi arah mata angin karena guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu tidak ada membuka pembelajaran dengan salam, tidak melakukan kegiatan doa sebelum belajar, guru tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak melakukan apersepsi, guru tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran arah mata angin kepada siswa, melainkan praktik langsung diluar kelas, dan guru tidak melakukan kegiatan doa penutup selesai belajar.
3. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Hal-hal unik yang saya temukan saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu pertama, guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas, Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung. Kedua, guru juga memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa dapat menjawab pertanyaan guru tentang manfaat mengetahui arah mata angin. Dan yang ketiga, guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan untuk praktik menyebutkan arah mata angin.
4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Menurut pendapat saya, untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya seorang guru wajib menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dimulai dari kegiatan pendahuluan sampai dengan penutup serta melakukan penilaian. Guru juga dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dan memberikan pembelajaran bermakna salah satunya dengan memberikan praktik pembelajaran langsung karena hal tersebut dapat memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa yang mungkin akan selalu siswa ingat.
Demikianlah hasil analisis yang saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan.
Terima Kasih.
NAMA : Nathaniel Dilly
NIM : 838361257
Hasil analisis saya tentang vidio pembelajaran di atas adalah :
1. Reaksi siswa awalnya tidak tahu dan tidak menarik minat siswa untuk belajar arah mata angin. Tetapi mereka mulai antusias dan mulai mengerti tentang arah mata angin setelah guru mengajak mereka belajar di luar kelas dan menggunakan matahari dan anggota tubuh siswa untuk di gunakan sebagai media pembelajaran.
2. Kelemahan guru di dalam vidio pembelajaran di atas adalah tidak maksimalnya guru melakukan kegiatan pembelajaran karena tidak di awali dengan salam dan doa, tidak membahas tujuan pembelajaran, tidak mengaitkan dengan materi sebelumnya, tidak ada pertanyaan pemantik yang membuat siswa tidak bingung di awal pembelajaran, tidak ada kegiatan penutup seperti memberikan motivasi, salam dan doa.
3. Kelebihan guru dari vidio pembelajaran di atas adalah guru menggunakan halaman sekolah sebagai tempat pembelajaran dan lingkungan sekitar dan anggota tubuh sebagai media pembelajaran tentang arah mata angin.
4. Keunikan dari vidio pembelajaran di atas adalah siswa sangat antusias untuk belajar di luar kelas dan dengan sangat cepat memahami arah mata angin setelah belajar di luar ruangan.
5. Usul saya sebagai upaya meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah selalu mengawali dan menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan doa. selain itu proses pembelajaran harus lengkap mulai dari kegiatan pembuka, inti pembelajaran dan kegiatan penutup, guru juga harus memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari.
Terima kasih
Nama : Mey Damawarni Gulo
NIM : 858043311
Semester 8 S1-PGSD
Menurtu saya, Pada video pembelajaran tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.
Solusi Pembelajaran :
Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal masuk kelas sampai keluar kelas. Hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.
Nama : Yati Nurhayati
NIM : 857374294
Menurut saya dalam vido ini terdapat kelebihan dan kekurangan nya:
kelebihan nya yaitu :
1. guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga membuat siswa belajar dengan semangat,aktif dan kreatif
2. salah satu siswa mempraktekan ke depan sehingga memudahkan siswa yang lainya cepet tanggap dengan pembelajaran arah mata angin
3. guru dengan jelas menjelaskan arah mata angin
kekurangannya yaitu :
1.guru tidak memberi salam pada awal pembelajaran
2.guru tidak membaca doa di awal dan di akhir pembelajaran
3.guru tidak mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan yang diajarkan
solusinya,ketika belajar mengajar berlangsung harus ada pendahuluan,kegiatan inti dan penutup.
karena pendahuluan pada pembelajaran itu penting karena akan membangkitkan semangat terhadap peserta didik.contohnya memberi salam,berdoa,mengabsen siswa satu persatu kemudian melaksanakan ice breaking,setelah itu masuklah pada kegiatan ini,didalam video ini sudah bagus kegiatan intinya,barulah di akiri dengan penutup seperti baca doa serta memberi salam kembali dan mengingatkan siswa untuk terus menjaga kesehatan.
Agnes Benita Pasaribu
NIM: 835312708
Pokjar Kota Tebing Tinggi
UPBJJ Medan
Proses pembelajaran saya lihat cukup menarik walaupum belum menggunakan media, bu guru dapat mengajak anak anak keluar ruangan untuk mempraktekkan arah mata angin.
Nama : ASFA CHAIRANI SIREGAR
NIM : 859780969
UPBJJ : MEDAN
Analisis saya tentang video pembelajaran yang berjudul”Belajar mudah menentukan arah mata angin” adalah:
1. Reaksi siswa yang kurang tertarik belajar arah mata angin saat guru mengajarkannya dengan menulis di papan tulis.
2. Kelemahan pada video tersebut adalah guru belum maksimal dalam mengajar karena tidak adanya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang langsung . Disamping itu masih adanya siswa yang riuh /ricuh ketika menjawab , guru tidak memperhatikan hal ini , setidaknya bisa memberikan apresiasi walaupun jawabannya kurang tepat sehingga siswa tersebut tidak kecewa.
3. Kelebihan dari video tersebut yaitu:materi sudah sesuai dengan kurikulum. Menurut pendapat saya Pembelajaran luar ruangan ebih menarik dan tidak membosankan, siswa dihadapkan pada kondisi yang Sebenarnya Siswa
dapat memahami Arah mata angin, mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
Vidio tadi dapat meningkatkan motifasi siswa dalam memahami materi yang diajarkan, Pembelajaran di luar ruangan dapat membuat anak merasa merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Saran saya, agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna sebaiknya
menggunakan media yang nyata (matahari terbit dan tenggelam).Untuk materi arah mata angin siswa mampu memahami materi dengan belajar di luar kelas , mempraktekan langsung siswa-siswa pun semangat dan mampu memahami materi tersebut karena siswa secara langsung merasakan dan melihat arah mata angin yang tepat di alam bebas.