silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Zahrani Elma Siregar ( 855850226)
    1. Kelemahan dalam video pembelajaran
    a. Guru tidak menyediakan keterampilan membuka pelajaran
    b. Guru kurang ekspresif dalam menjelaskan materi yang disampaikan
    c. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif.
    d. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
    e. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi pembelajaran

    1. Kelebihan dalam video pembelajaran
    a. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa
    b. Guru mampu mengkodisikan siswa di dalam kelas ataupun diluar kelas
    c. Belajar di lapangan sekolah dengan suasana baru.
    d. Komunikasi yang baik seperti bertanya dan memberikan umpan balik.

  2. Nama : Samsul Mohi (858587746)
    Dari video di atas saya melihat bahwa kurangnya atau tidak ada keterampilan dalam membuka suatu pembelajaran, dimana seoarang guru langsung menjelaskan inti dari pada pembelajaran tersebut.
    Adapun kelebihan dari guru tersebut bisa menjelaskan dan menentukan arah mata angin dengan cara yang mudah di pahami oleh siswa dengan mengajak siswa keluar kelas dengan suasana berbeda.

  3. Nama : Retno Wahyuningrum
    NIM : 858539301
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : UT SEMARANG
    Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya terdapat kelebihan dan kelemahan Rinciannya sebagai berikut:
    -Kelemahannya , yaitu:
    1. Saat masuk ke dalam kelas Guru tidak memberikan salam
    2. Tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa dan absensi kelas
    3. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
    4. tidak ada apersepsi
    5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan salam

    -Kelebihannya yaitu:
    1. Materi yang diajarkan telah sesuai kurikulum
    2. Dalam pembelajaran terdapat umpan balik dari guru kepada siswa dan sebaliknya, sehingga pembelajaran lebih efektif
    3. Siswa aktif dalam menjawab
    4. Dengan mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi
    5. Adanya evaluasi saat di luar kelas
    -Solusi yang dapat saya sampaikan adalah
    1. ada baiknya dalam membuka pembelajaran dapat dimulai dengan menyapa siswa dengan semangat. Semangat akan membuat siswa lebih mudah mengikuti pelajaran.
    2. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
    3. Sebelum mulai pembelajaran sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada siswa serta bisa menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dalam mempelajari sesuatu.
    4. Guru bisa mengawali materi yang dibahas dengan menyanyikan lagu “Arah Mata Angin” sehingga lebih menarik para siswa dalam mengikuti pelajaran

    Terimakasih

  4. Nama : Retno Wahyuningrum
    NIM : 858539301
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : UT SEMARANG
    Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya adalah:
    Guru telah memberikan materi sesuai kurikulum; dalam pembelajarannya juga sudah ada umpan balik baik dari guru kepada siswa atau sebaliknya sehingga pembelajaran lebih efektif; siswa pun aktif dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan guru; dengan mengajak siswa untuk praktek di luar kelas membuat siswa senang dan semangat sehingga bisa mudah menerima materi. Akan tetapi saat masuk ke dalam kelas Guru tidak memberikan salam dan tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa serta absensi kelas, guru pun kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran, selain itu tidak ada apersepsi; di akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan dan salam

    Solusi yang dapat saya sampaikan adalah
    1. ada baiknya dalam membuka pembelajaran dapat dimulai dengan menyapa siswa dengan semangat. Semangat akan membuat siswa lebih mudah mengikuti pelajaran.
    2. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
    3. Sebelum mulai pembelajaran sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada siswa serta bisa menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dalam mempelajari sesuatu.
    4. Guru bisa mengawali materi yang dibahas dengan menyanyikan lagu “Arah Mata Angin” sehingga lebih menarik para siswa dalam mengikuti pelajaran

    Terimakasih

  5. Nama:GIGIH AGUNG WICAKSONO
    Nim:85891910
    Pokjar:UMBULSARI
    UBPJJ-UT:JEMBER
    Prodi:PGSD
    Berdasarkan vidio yang saya amati ketika proses pembelajaran siswa aktif dan antusias mengikuti pelajaran yang di terangkan oleh guru
    tetapi beberapa siswa mungkin antusias,karena pengalaman belajar yang berbeda dan menarik,sementara yang lain mungkin kurang bersemangat
    Siswa dapat belajar secara langsung dengan pengalaman nyata diluar kelas karena aktifitas diluar kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena lingkungan belajar berbeda.pengalaman langsung ini memperkuat pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk mengingat konsep pelajran tersebut
    kelemahan pada vidio pembelajaran ini guru tidak memakai media pembelajaran atau alat peraga

  6. Nama : Riza Febriyanti
    Nim : 855863247
    Pokjar : Tebing Tinggi
    Menurut saya video tersebut bagus

  7. Nama: Susi susanti LaoliNIM: 855856266

    PRODI: PGSD UPBJJ: Medan, Salut damai Idanogawo Menurut Saya berdasarkan hasil analisis video tersebut yaitu cara pengajaran atau pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangatlah mudah dipahami Siswa Dan siswinya karena guru tersebut mengunakan metode gambar sehingga dapat menarik perhatian siswanya Tapi lebih bagusnya jika pada gambar tersebut diberikan warna yang berbeda biar siswanya mudah untuk memahami.

  8. Nama : Deni putri zai
    NIM : 855852348
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : UT MEDAN

    Setelah saya melihat video diatas dan telah mengamati bahwa video pembelajaran yang telah di paparkan diatas memiliki kelebihan dan juga kekurangan dalam proses belajar.
    Dimana kelebihan dari proses mengajar tersebut yaitu :
    •Dapat membangkitkan minat belajar siswa
    •suasana lebih menyenangkan
    •selalu memberikan umpan balik kepada siswa seperti memberikan apresiasi
    •sesuai dengan kurikulum

    Kekurangan dari video belajar :
    •tidak ada pembukaan saat proses belajar siswa langsung pada topik pembelajaran

  9. Nama : JUNITA HERMAYANTI
    Nim : 856081932
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : KOTA BATAM
    Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya adalah kurangnya ice breaking dan materinya kurang menarik
    dan menurut saya sebaiknya menambahlan materi agar anak anak lebih memahami

  10. Nama : Nita Kartika
    NIM : 857378356
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : UT Bogor
    Setelah melihat video pembelajaran “belajar mudah menentukan arah mata angin” menurut pendapat saya
    kelebihan dari video ini:
    1. Guru memberikan penjelasan yang mudah di pahami oleh siswa
    2. Guru mampu mengkondisikan siswa dengan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
    3. Guru dan siswa aktif dalam pembelajaran
    4. Pembelajaran di luar kelas sangat menarik dapat membuat siswa lebih mudah dalam menerima materi

    Kelemahannya
    1. Guru tidak meberikan salam, berdoa, menyanyikan lagu,dan melakukan absensi.
    2. Pada saat menyampaikan materi guru bisa menampilkan video pembelajaran terlebih dahulu ataupun menggunakan media kompas,
    3. Tidak ada kesimpulan dari materi yang di ajarkan

Leave a Reply