silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Zahrani Elma Siregar ( 855850226)
1. Kelemahan dalam video pembelajaran
a. Guru tidak menyediakan keterampilan membuka pelajaran
b. Guru kurang ekspresif dalam menjelaskan materi yang disampaikan
c. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif.
d. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
e. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi pembelajaran
1. Kelebihan dalam video pembelajaran
a. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa
b. Guru mampu mengkodisikan siswa di dalam kelas ataupun diluar kelas
c. Belajar di lapangan sekolah dengan suasana baru.
d. Komunikasi yang baik seperti bertanya dan memberikan umpan balik.
Nama : Samsul Mohi (858587746)
Dari video di atas saya melihat bahwa kurangnya atau tidak ada keterampilan dalam membuka suatu pembelajaran, dimana seoarang guru langsung menjelaskan inti dari pada pembelajaran tersebut.
Adapun kelebihan dari guru tersebut bisa menjelaskan dan menentukan arah mata angin dengan cara yang mudah di pahami oleh siswa dengan mengajak siswa keluar kelas dengan suasana berbeda.
Nama : Retno Wahyuningrum
NIM : 858539301
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : UT SEMARANG
Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya terdapat kelebihan dan kelemahan Rinciannya sebagai berikut:
-Kelemahannya , yaitu:
1. Saat masuk ke dalam kelas Guru tidak memberikan salam
2. Tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa dan absensi kelas
3. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
4. tidak ada apersepsi
5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan salam
-Kelebihannya yaitu:
1. Materi yang diajarkan telah sesuai kurikulum
2. Dalam pembelajaran terdapat umpan balik dari guru kepada siswa dan sebaliknya, sehingga pembelajaran lebih efektif
3. Siswa aktif dalam menjawab
4. Dengan mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi
5. Adanya evaluasi saat di luar kelas
-Solusi yang dapat saya sampaikan adalah
1. ada baiknya dalam membuka pembelajaran dapat dimulai dengan menyapa siswa dengan semangat. Semangat akan membuat siswa lebih mudah mengikuti pelajaran.
2. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
3. Sebelum mulai pembelajaran sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada siswa serta bisa menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dalam mempelajari sesuatu.
4. Guru bisa mengawali materi yang dibahas dengan menyanyikan lagu “Arah Mata Angin” sehingga lebih menarik para siswa dalam mengikuti pelajaran
Terimakasih
Nama : Retno Wahyuningrum
NIM : 858539301
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : UT SEMARANG
Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya adalah:
Guru telah memberikan materi sesuai kurikulum; dalam pembelajarannya juga sudah ada umpan balik baik dari guru kepada siswa atau sebaliknya sehingga pembelajaran lebih efektif; siswa pun aktif dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan guru; dengan mengajak siswa untuk praktek di luar kelas membuat siswa senang dan semangat sehingga bisa mudah menerima materi. Akan tetapi saat masuk ke dalam kelas Guru tidak memberikan salam dan tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa serta absensi kelas, guru pun kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran, selain itu tidak ada apersepsi; di akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan dan salam
Solusi yang dapat saya sampaikan adalah
1. ada baiknya dalam membuka pembelajaran dapat dimulai dengan menyapa siswa dengan semangat. Semangat akan membuat siswa lebih mudah mengikuti pelajaran.
2. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
3. Sebelum mulai pembelajaran sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada siswa serta bisa menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dalam mempelajari sesuatu.
4. Guru bisa mengawali materi yang dibahas dengan menyanyikan lagu “Arah Mata Angin” sehingga lebih menarik para siswa dalam mengikuti pelajaran
Terimakasih
Nama:GIGIH AGUNG WICAKSONO
Nim:85891910
Pokjar:UMBULSARI
UBPJJ-UT:JEMBER
Prodi:PGSD
Berdasarkan vidio yang saya amati ketika proses pembelajaran siswa aktif dan antusias mengikuti pelajaran yang di terangkan oleh guru
tetapi beberapa siswa mungkin antusias,karena pengalaman belajar yang berbeda dan menarik,sementara yang lain mungkin kurang bersemangat
Siswa dapat belajar secara langsung dengan pengalaman nyata diluar kelas karena aktifitas diluar kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena lingkungan belajar berbeda.pengalaman langsung ini memperkuat pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk mengingat konsep pelajran tersebut
kelemahan pada vidio pembelajaran ini guru tidak memakai media pembelajaran atau alat peraga
Nama : Riza Febriyanti
Nim : 855863247
Pokjar : Tebing Tinggi
Menurut saya video tersebut bagus
Nama: Susi susanti LaoliNIM: 855856266
PRODI: PGSD UPBJJ: Medan, Salut damai Idanogawo Menurut Saya berdasarkan hasil analisis video tersebut yaitu cara pengajaran atau pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangatlah mudah dipahami Siswa Dan siswinya karena guru tersebut mengunakan metode gambar sehingga dapat menarik perhatian siswanya Tapi lebih bagusnya jika pada gambar tersebut diberikan warna yang berbeda biar siswanya mudah untuk memahami.
Nama : Deni putri zai
NIM : 855852348
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : UT MEDAN
Setelah saya melihat video diatas dan telah mengamati bahwa video pembelajaran yang telah di paparkan diatas memiliki kelebihan dan juga kekurangan dalam proses belajar.
Dimana kelebihan dari proses mengajar tersebut yaitu :
•Dapat membangkitkan minat belajar siswa
•suasana lebih menyenangkan
•selalu memberikan umpan balik kepada siswa seperti memberikan apresiasi
•sesuai dengan kurikulum
Kekurangan dari video belajar :
•tidak ada pembukaan saat proses belajar siswa langsung pada topik pembelajaran
Nama : JUNITA HERMAYANTI
Nim : 856081932
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : KOTA BATAM
Setelah melihat video pembelajaran mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di atas, menurut saya adalah kurangnya ice breaking dan materinya kurang menarik
dan menurut saya sebaiknya menambahlan materi agar anak anak lebih memahami
Nama : Nita Kartika
NIM : 857378356
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : UT Bogor
Setelah melihat video pembelajaran “belajar mudah menentukan arah mata angin” menurut pendapat saya
kelebihan dari video ini:
1. Guru memberikan penjelasan yang mudah di pahami oleh siswa
2. Guru mampu mengkondisikan siswa dengan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
3. Guru dan siswa aktif dalam pembelajaran
4. Pembelajaran di luar kelas sangat menarik dapat membuat siswa lebih mudah dalam menerima materi
Kelemahannya
1. Guru tidak meberikan salam, berdoa, menyanyikan lagu,dan melakukan absensi.
2. Pada saat menyampaikan materi guru bisa menampilkan video pembelajaran terlebih dahulu ataupun menggunakan media kompas,
3. Tidak ada kesimpulan dari materi yang di ajarkan