silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Milawati
Nim : 856467514
Pokjar : Pelalawan
UPBJJ : Pekanbaru
Vidio diatas mempelajari tentang cara mengenalkan arah mata angin pada anak.
akan tetapi ada beberapa hal yang kurang pas menurut saya,diantaranya,
1. Guru tidak mebuka kelas dengan menarik tidak menguasaai proses pembukaan kelas
2. Guru tidak menjelaskan pelajaran yang akan dibahas hari ini
3. Guru menggunakan alat peraga sehingga pembelajran jadi kurang menarik
keunggulan vidio diatas
1.Guru merubah metode pembelajarn menjadi praktek diluar kelas
2.Memberikan evaluasi kepada anak anak sebagai capaian pembelajaran
menurut saya ada beberapa metode pembelajaran yang harus dirubah,mengenalkan arah mata nagin secara langsung keluar kels memang menarik
tapi alangkah baiknya jika kita menggunakan beberapa metode yang lebih menarik dan penjelasan penjelasan yang lebih mudah dimengerti lagi oleh anak anak seusia mereka
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
nama : Zumrotul lailis
nim : 858836753
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama : Merin Agustin
Nim. : 855739755
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Prodi. : pgsd
Setelah saya melihat video di atas dapat di simpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu mata angin, dan apa manfaat mata angin, seharusnya dijelaskan dahulu baru di praktekkan di luar.
Sedangkan kelebihan dari video tersebut yaitu
Guru mampu menguasai perhatian siswa sehingga siswa bisa berfikir tentang arah mata angin, guru juga mampu mempraktekkan nya sehingga terdapat timbal balik antar siswa dan guru.
Sedangkan hal unik yang syaa temukan di video tersebut ialah anak anak mampu memahami pertanyaan dari guru, karena mereka mempraktekkan nya langsung
Nama : Merin Agustin
Nim. : 855739755
Setelah saya menyimak video di atas dapat disimpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu Raut wajah kurang bersemangat, dan saat di dalam kelas guru kurang menjelaskan apa itu mata angin sehingga anak anak belum punya gambaran tentang mata angin.
Kelebihan dari video tersebut yaitu
Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsung.
Hal unik dari video di atas yaitu guru mampu memberikan apresiasi kepada anak yang sudah menjawab, guru juga mampu memberikan 2 tempat pembelajaran yaitu di dalam kelas dan di luar kelas.
Nama : Ayu Amira
Nim : 855867309
Setelah melihat video pembelajaran diatas dapat saya simpulkan bahwa video pembelajaran diatas sudah bagus, cara penyampaian materi sangat mudah untuk di pahmami siswa. Namun dibalik video pembelajaran tersebut memiliki kekurangan. Kekurangan nya yaitu di kegiatan awal, guru tidak mengucapkan salam, tidak menyapa siswa, tidak berdo’a dan juga tidak mendata kehadiran siswa, serta tidak menutup pembelajaran dengan salam.
Nama : Nurhawati
NIM : 858431071
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama : Nurhawati
NIM : 858431071
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama: Allen Ricy Alvian
Nim : 856826639
UPBJJ: ketahun
Setelah saya menyimak video di atas dapat disimpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu Raut wajah kurang bersemangat, dan saat di dalam kelas guru kurang menjelaskan apa itu mata angin sehingga anak anak belum punya gambaran tentang mata angin.
Kelebihan dari video tersebut yaitu
Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsung.
Hal unik dari video di atas yaitu guru mampu memberikan apresiasi kepada anak yang sudah menjawab, guru juga mampu memberikan 2 tempat pembelajaran yaitu di dalam kelas dan di luar kelas.
Nama : Muhammad Firdaus Rahman
NIM : 857863719
UPBJJ : Surakarta
Video pembelajaran IPS tentang arah angin ini sangat bagus dan bisa dicontoh, sebab mengajak siswa untuk belajar langsung diluar kelas dengan kata lain praktik lapangan, praktik lapangan bagi siswa memang sangat menyenangkan, terlebih sifat dasar siswa kelas SD yang senang bermain, sehingga siswa tidak hanya membayangkan arah mata angin, tapi benar-benar bisa melihat secara jelas posisi timur dengan menentukan arah matahari terbit, posisi barat matahari tenggelam, dan seterusnya, kemudian juga memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dengan menggunakan kalimat tanya tentang manfaat arah angin. Terlebih memberikan apresiasi dengan kalimat “bagus”, “baik” dll, sehingga siswa juga merasa dihargai.