silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. NAMA : MUHAMMAD HAFIZ RIDWAN
    NIM : 855856614
    UPBJJ: MEDAN
    setelah saya melihat vidio di atas dapat saya simpulkan, bahwa setiap pelajaran ada kelebihan dan kekurangan nya,
    jadi maka dari itu saya menarik kesimpulan bahwa: Belajar menentukan arah mata angin merupakan keterampilan penting yang dapat membantu seseorang untuk berorientasi dan menavigasi di sekitar tempat yang tidak dikenal. Berikut penjelasan lengkap tentang cara belajar mudah menentukan arah mata angin:
    Pahami Konsep Dasar: Mata angin terbagi menjadi empat arah utama: utara, selatan, timur, dan barat. Utara merupakan arah kearah kutub utara, selatan ke kutub selatan, timur ke arah matahari terbit, dan barat ke arah matahari terbenam.
    Menggunakan Alat Bantu: Anda dapat menggunakan alat bantu seperti kompas atau aplikasi kompas di smartphone untuk menentukan arah mata angin secara akurat. Pastikan kompas tersebut terkalibrasi dengan benar untuk hasil yang lebih akurat.
    Mengamati Lingkungan: Lingkungan sekitar juga bisa menjadi panduan untuk menentukan arah mata angin. Misalnya, pohon cenderung tumbuh lebih lebat di sisi yang terkena matahari, yang dapat menjadi petunjuk arah timur atau barat tergantung pada waktu hari.

    Dengan memahami konsep dasar, menggunakan alat bantu yang tepat, mengamati lingkungan sekitar, memperhatikan pergerakan matahari dan bintang, mempelajari peta, dan melakukan latihan praktis, seseorang guru dan murid dapat belajar dengan mudah menentukan arah mata angin dalam berbagai situasi.

  2. Nama : Renita Ayu Kusumawati
    NIM : 855739683
    Kelas : 6 A
    Pokjar : Sidomulyo

    Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video di atas :
    1. Guru tampak tidak memberikan salam pembuka maupun penutup.
    2. Guru tampak tidak mengabsen para siswa.
    3. Guru hanya melakukan evaluasi secara lisan tanpa memberikan tes tulis kepada siswa.
    4. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa.
    5. Metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
    6. Guru tersebut mengajar sesuai dengan kurikulum.

    Saran saya,
    1. Harusnya melaksanakan apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka,berdoa,absensi.
    2. Guru memancing pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
    3. Setelah menyampaikan materi alangkah baiknya guru melakukan evaluasi tidak hanya secara lisan,namun juga memberikan tes tulis untuk menambah pemahaman siswa.
    4. Guru sebaiknya menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup ataupun Hamdallah bagi yang beragama Islam.

  3. Nama : Renita Ayu Kusumawati
    NIM : 855739683
    Kelas : 6 A
    Pokjar : Sidomulyo

    Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video di atas :
    1. Guru tampak tidak memberikan salam pembuka maupun penutup.
    2. Guru tampak tidak mengabsen para siswa.
    3. Guru hanya melakukan evaluasi secara lisan tanpa memberikan tes tulis kepada siswa.
    4. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa.
    5. Metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
    6. Guru tersebut mengajar sesuai dengan kurikulum.

    Saran saya,
    1. Harusnya melaksanakan apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka,berdoa,absensi.
    2. Guru memancing pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
    3. Setelah menyampaikan materi alangkah baiknya guru melakukan evaluasi tidak hanya secara lisan,namun juga memberikan tes tulis untuk menambah pemahaman siswa.
    4. Guru sebaiknya menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup ataupun Hamdallah bagi yang beragama Islam.

  4. Nama : Renita Ayu Kusumawati
    NIM : 855739683
    Kelas : 6 A
    Pokjar : Sidomulyo

    Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video di atas :
    1. Guru tampak tidak memberikan salam pembuka maupun penutup.
    2. Guru tampak tidak mengabsen para siswa.
    3. Guru hanya melakukan evaluasi secara lisan tanpa memberikan tes tulis kepada siswa.
    4. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa.
    5. Metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
    6. Guru tersebut mengajar sesuai dengan kurikulum.

    Saran saya,
    1. Harusnya melaksanakan apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka,berdoa,absensi.
    2. Guru memancing pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
    3. Setelah menyampaikan materi alangkah baiknya guru melakukan evaluasi tidak hanya secara lisan,namun juga memberikan tes tulis untuk menambah pemahaman siswa.
    4. Guru sebaiknya menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup ataupun Hamdallah bagi yang beragama Islam.

  5. Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    • Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    • ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    • ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

  6. Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024
    NAMA : MELINDA RISMAYANTI
    NIM : 857466586
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    • Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    • ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    • ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Adiba Rafiah
    Nim : 858072082
    Upbjj : UT Pontianak
    Pokjar : Mempawah
    Izin menanggapi vidio materi pembelajaran ips, Mengenal arah mata angin
    Ketika membuka pembelajaran tidak di awali dengan pendahuluan seperti salam pembuka atau absensi dan ber doa

    Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum memeriksa kemampuan siswa, sehingga siswa kebingungan dengan penjelasan dari guru tersebut.
    Sebaiknya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas, agar siswa mudah memahami apa yang di sampaikan guru.

    Dan ketika mengajar sebaik nya expresi guru senyum agar suasana di kelas tidak tegang, dan ketika kita senyum terlihat ceria, guru ceria siswa gembira.

    Materi yang di sampaikan cukup menarik, dan ketika siswa di ajak keluar untuk mengenal arah mata angin secara langsung maka siswa langsung bisa memahami apa yang di sampi kan guru, dan bisa mempraktek kan nya secara langsung.

  8. NAMA : LILIK MUNDHARI
    NIM : 858571199

    TEMA “ Belajar Menentukan Arah Mata Angin”
    1. Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar di dalam kelas maupun di luar kelas, tetapi anak lebih semangat waktu pembelajaran di luar kelas.
    2. Kelemahan guru dalam video
     Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
     Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
     Guru tidak menjelaskan tentang materi yang akan di bahas “apa kegunaan mata angin?”
     Guru tidak menggunkan alat peraga contohnya kompas atau gambar arah arah mata angina.
    3. Keunggulan video
     Guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga anak anak mudah memahami
     Guru memberikan umpan balik kepada siswa dan guru juga memberi apresiasi kepada siswa yang sudah menjawab dengan benar sehingga anak senang untuk menjawab.
    4. Hal unik dalam video
    Siswa mudah memahami apa yang dijelaskan siswa saat guru karena mempraktekkan langsung di luar kelas.
    Guru bisa mengondisikan siswa saat di luar kelas

  9. NAMA : ALNI SUCIANI
    NIM : 857469037
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR

    Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    • Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    • ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    • ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

  10. NAMA : AJENG ROSI
    NIM : 857464615
    MATA KULIAH : PDGK4209/PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR

    Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024

    1.Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Leave a Reply