silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
nama : fitria ferenita
nim : 858567973
pembalajaran tersebut mempunyai kelebihan yaitu adanya pembelajaran di luar kelas guru menjalaskan dengan konkret , sehingga siswa lebih paham. pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru Di akhir pembelajaran adanya evaluasi dari guru sehingga bisa mengukur kepahaman siswa tentang materi yang di pelajari.
Tetapi video juga memiliki kekurangan yaitu, tidak ada pembukaan dan penutupan pada pembelajaran, guru kurang memerhatikan konsisi siswa. evaluasi pembelajaran hanya dilakukan di luar kelas . Lalu guru juga tidak menjelaskan tentang materi pembelajaran secara menyeluruh.
Nama : FITRIA ALFIRA
NIM: 856024932
Pokjar: Sei Balai
Program Studi: PGSD-S1
Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut tidak ada berdoa sebelum dan sesudah belajar. Anak-anak lebih bersemangat ketika belajar diluar kelas. Evaluasi hanya ada saat diluar kelas. Sebelum menjelaskan mengenai materi yang dipelajari guru langsung bertanya kepada siswa, seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu kemudian baru bertanya kepada siswa.
Keunggulan:
1. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi.
2. Guru memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa.
3. Guru juga mengapresiasi siswa yang menjawab dengan benar.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup.
2. Guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu.
Nama: EKA DHINDA RANDISCA
NIM. 859026698
POKJAR SEI BALAI
tanggapan saya tentang video tersebut adalah seorang guru yang sudah baik dalam menjelaskan arah mata angin dengan mengajak siswa keluar kelas untuk praktek secara langsung. Tetapi kurangnya hanya sang guru tidak menggunakan media gambar atau kompas untuk dapat menjelaskan terlebih dahulu kepada para siswa. Agar pembelajaran dikelas tidak terlalu monoton.
Nama: Srinayanti Telaumbanua
NIM : 855853665
Dari video tersebut, keberlangsungan proses
belajar dan mengajar tersebut sudah berjalan dengan cukup baik, sehingga siswa sangat antusias untuk melakukan praktek diluar kelas sehingga lebih memahami tentang arah mata angin.
Kelemahan yang ada dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak mengajarkan tentang teori atau tidak memanfaatkan media buku agar murid dapat memahami secara keseluruhan tentang materi yang diberikan, serta kurangnya media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang di ajarkan.
Kelebihan dari pembelajaran tersebut guru mampu untuk mengajak anak didik lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar, anak didik diberikan kesempatan untuk menjawab atau memberikan pendapat tentang materi yang belum ia ketahui sama sekali, guru mampu mengondisikan anak didik untuk melakukan praktek secara langsung tentang materi yang diberikan.
Hal unik yang ditemukan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru mampu mengondisikan siswa siswi nya untuk mendengarkan melihat serta sekaligus mempraktekkan materi yang di ajarkan.
Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar
menurut saya akan alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran serta menambahkan media pembelajaran yg beragam, misalnya dengan menayangkan video/ audio, memberikan alat peraga, dan mengupayakan kenyamanan di dalam kelas.
Nama : pinta wilianis hura
Nim : 855867251
pokjar : idanogawo
UPBJJ : MEDAN
Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut tidak ada berdoa sebelum dan sesudah belajar. Anak-anak lebih bersemangat ketika belajar diluar kelas. Evaluasi hanya ada saat diluar kelas. Sebelum menjelaskan mengenai materi yang dipelajari guru langsung bertanya kepada siswa, seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu kemudian baru bertanya kepada siswa.
Keunggulan:
1. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi.
2. Guru memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa.
3. Guru juga mengapresiasi siswa yang menjawab dengan benar.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup.
2. Guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu.
Nama :Kiki Rizki Amanda
Nim : 856022068
Upbjj : 12/Medan
Pokjar : Asahan
Video yang sudah saya amati yaitu ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Dalam memulai pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan terlebih dahulu, seperti berdoa, mengecek kehadiran, dan melakukan ice breaking. Sebaiknya di awal pembelajaran guru melakukannya agar siswa lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Akan tetapi pada tahap pembelajaran sudah cukup baik tetapi banyak siswa yang belum memahaminya. Setelah guru mengajak siswa melakukan pembelajaran diluar kelas dan menjelaskan secara konkret, sehingga siswa lebih paham. Dan guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab dan bertanya apa yang belum mereka ketahui. Di akhir pembelajaran guru juga melakukan evaluasi tetapi di akhir pembelajaran tidak ada penutup.
NAMA : Ayu Margaretha Gulo
NIM : 877521196
PRODI : S1-PGSD
Semester 6, Kelompok B
Untuk Mata Kuliah PKM
-Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
(dalam vidio tersebut reaksi siswa terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama saat mengadakan kegiatan praktek menentukan arah mata angin. Beberapa juga terlihat kurang fokus dan sibuk berbicara dengan teman saat guru menjelaskan. Tapi, sebagian besar murid tekun mengikuti pembelajaran. )
-Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
(kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru tidak memberikan salam dan doa pembuka, cara guru dalam mengajar terlalu kaku. Guru juga tidak menjelaskan apa manfaat dari mengenali arah mata angin selain dari penjelasan siswa, guru juga tidak menjelaskan kompas sebagai pengganti jika matahari tidak terlihat)
-Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
(kelebihan dalam vidio tersebut Guru mengajak murid untuk melakukan kegiatan praktek mengenali arah mata angina menggunakan matahari secara langsung sehingga adanya variasi dalam pembelajaran. Dan juga sebelum mengamati dan praktek, murid juga diberi penjelasan singkat terlebih dahulu)
-Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
(hal unik dalam vidio tersebut yaitu guru mengadakan variasi pembelajaran kepada murid-murid untuk mempraktikan pengenalan arah mata angin.)
-Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
(hal yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada vidoo tersebut adalah sebaiknya guru mengadakan doa dan salam pembuka sebelum memulai pembelajaran. Lebih baik jika ada selingan/ ice breaking supaya murid-murid tetap fokus. Guru juga perlu menyampaikan manfaat yang didapat siswa dari melakukan suatu praktek setelah mengenali arah mata angin dengan menggunakan arah matahari terbit/terbenam.
Nama : Entelina Hutajulu
NIM : 856095314
Pokjar : Asahan
Menurut pengamatan saya tentang pembelajaran ” Belajar mudah menentukan mata angin ” adalah:
1. Pada saat memulai pembelajaran tidak ada kegiatan awal seperti memberi salam kepada peserta didik, mengabsen kehadiran peserta didik dan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran, Guru langsung menjelaskan tujan pembelajaran tanpa menggunakan alat / media pembelajaran.
2. Siswa berperan aktif di dalam mengikuti pembelajaran , guru mengajak siswa belajar di luar kelas dan menyampaikan pembelajaran dengan baik dan mudah dipahami.
3. Guru memberikan umpan balik yang baik
Nama : Siti Fatimah
Nim : 855857196
UPBJJ : Medan
Pokjar : Binjai
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Disini saya akan menanggapi analisis video pembelajaran yang sudah saya tonton yaitu mengenai pembelajaran “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”.
Dari video tersebut dapat saya simpulkan apa saja kelemahan dan kelebihan seorang guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu:
1). Kelemahan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran:
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
d. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
2). Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran:
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut
upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sehingga siswa lebih dapat memahami pelajaran yg diberikan.
2. Guru juga mampu dapat memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari.
Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti pembelajaran berbasis proyek atau diskusi kelompok.
3. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperkuat pemahaman siswa tentang arah mata angin.
Menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, seperti buku, video pembelajaran, atau simulasi online.
4. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
Nama : Emilia Fatwa Sari
Nim : 855863405
Kelas : 6 A
Prodi : S1-PGSD Semester 6
Pokjar : Pematang Siantar
UPBJJ : Medan
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Menurut saya dari video tersebut dalam keberlangsungan proses dalam belajar dan mengajar tersebut sudah berjalan dengan cukup baik, sehingga siswa sangat antusias untuk melakukan praktek diluar kelas sehingga lebih memahami tentang arah mata angin secara langsung.
Namun, kelemahan yang ada dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak mengajarkan tentang teori atau tidak memanfaatkan media buku agar murid dapat memahami secara keseluruhan tentang materi yang diberikan, serta kurangnya media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang di ajarkan.
Akan tetapi ada kelebihan dari pembelajaran tersebut yang mana guru mampu untuk mengajak anak didiknya lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar, anak didik diberikan kesempatan untuk menjawab atau memberikan pendapat mengenai materi yang belum siswa ketahui sama sekali, guru mampu mengondisikan anak didiknya untuk melakukan praktek secara langsung tentang materi yang diberikan.
Namun ada hal menarik yang ditemukan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru mampu mengkondisikan siswa siswi nya untuk mendengarkan melihat serta sekaligus mempraktekkan materi yang di ajarkan.
Maka dari itu upaya untuk bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar, menurut saya yaitu alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan pendahulunya seperti salam maupun kabar dan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran serta menambahkan media alat peraga dalam pembelajaran yg beragam, misalnya dengan menayangkan video/ audio, dan mengupayakan kenyamanan di dalam kelas.