silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Galih Agustina Widyaningtyas
    NIM : 856814096
    Pokjar : Mukomuko

    Saya izin menanggapi,
    Setelah saya menonton video di atas, saya bisa menarik beberapa kesimpulan yaitu kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung.

    Kelebihan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru menguasai materi pembelajaran yang disampaikan kepada murid
    2. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan
    3. Guru mengapresiasi siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
    4. Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa

    Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru tidak membuka kelas dengan salam dan absen
    2. Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
    4. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
    5. Guru kurang memberi semangat kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran

  2. Nama ; Lestari Nur Ahyarni Hasibuan
    Nim : 859805601
    Kelas::2
    Pokjar:Labusel/(Gabung dengan Pokjar Pargarutan)
    Mohon ijin menanggapi video pembelajaran IPS tentang menentukan arah mata angin dengan mudah
    1.menurut saya guru sudah menjelaskan materi tentang arah mata angin dengan baik dan jelas
    2.Siswa juga sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru
    3.Guru menurut saya tidak memberikan kesimpulan dalam pembelahan tentang arah mata angin
    4.Guru tidak menutup Pembelajaran
    5.Guru tidak menjelaskan secara rinci arah mata angin akan tetapi langsung praktek tentang arah mata angin sehingga para siswa sulit memahami pembelajaran tentang arah mata angin

  3. NAMA : RIKEE AMANDA BELA APRILIA
    NIM : 856973934

    Izin menanggapi setelah saya menonton video di atas, saya dapat mengambil kesimpulan mengenai kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung.

    Kelebihan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru menguasai materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa
    2. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar
    4. Guru mengajak siswa untuk mempraktikkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa

    Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru tidak mengawali atau membuka kelas dengan salam dan absen
    2. Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
    4. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
    5. Guru kurang memberi semangat kepada siswa pada kegiatan pembelajaran

  4. NAMA : RIKE AMANDA BELA APRILIA
    NIM : 856973934

    Izin menanggapi setelah saya menonton video di atas, saya dapat mengambil kesimpulan mengenai kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung.

    Kelebihan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru menguasai materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa
    2. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru
    3. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar
    4. Guru mengajak siswa untuk mempraktikkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa

    Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru tidak mengawali atau membuka kelas dengan salam dan absen
    2. Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
    4. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
    5. Guru kurang memberi semangat kepada siswa pada kegiatan pembelajaran

  5. Nama : Misnawati
    Nim : 856472293
    Saya izin menanggapi,
    Setelah saya menonton video di atas, saya bisa menarik beberapa kesimpulan yaitu kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung.

    Kelebihan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru menguasai materi pembelajaran yang disampaikan kepada murid
    2. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan
    3. Guru mengapresiasi siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
    4. Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa

    Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
    1. Guru tidak membuka kelas dengan salam dan absen
    2. Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
    4. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
    5. Guru kurang memberi semangat kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran

  6. Nama: Puji Astuti
    Nim: 856759932
    Prodi : PGSD
    TUJUAN KOMENTAR : UNTUK MEMENUHI TUJUAN MATA KULIAH PKM

    Reaksi Siswa terhadap pembelajaran :
    -Respon kesiapan siswa aktif
    -respon siswa kebingungan
    -respon siswa salah menentukan arah mata angin
    -kesulitan dimengerti
    -siswa diatur keluar kelas kumpul menentukan arah mata angin dengan canva.
    -siswa aktif menangapi arah mata angin
    -siswa sangat baik menjawab pertanyaan guru
    -siswa aktif mempraktekan menentukan arah mata angin didepan

    Kekurangan
    -Media yang digunakan Tidak ada
    -Kesulitan dimengerti
    -Guru tidak ada alat peraga

    Kelebihan
    -Mengucapkan Kesiapan Siswa
    -Keluar kelas dengan aktif
    -Guru mengajak siswa keluar kelas agar tidak bosan dan menarik perhatiannya.

    Hal unik :
    -arah mata angin
    -Kelebihan diluar Kelas

    Upaya :
    -Seharusnya Guru memiliki media pembelajaran
    -Guru perlu memakai alat teknologi
    -Guru lebih memotivasi
    -Guru lebih menggunakan metode yang tepat

  7. Nama : Nur Kurnia Dwi Yulianti
    Nim : 858828258
    Pokjar : Joyoboyo
    UPBJJ : Malang

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru :
    Secara umum reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga terlihat tertib dan tenang saat mengikuti pelajaran.

    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran :
    • Tidak ada salam pembuka, doa dan penutup dalam kegiatan pembelajaran.
    • Kurangnya media pembelajaran (modul) dan alat peraga (kompas) yang digunakan untuk menunjang pembelajaran.
    • Evaluasi hanya ada di saat luar kelas.

    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran :
    • Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    • Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sehingga membuat siswa lebih mudah memahami arah mata angin.

    4. Hal unik :
    Menggunakan anggota tubuh (tangan, punggung, wajah) siswa untuk menentukan arah mata angin.
    g.

    5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan :
    • Saat akan mengawali kegiatan pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam pembuka dan mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama.
    • Saat akan mengakhiri kegiatan pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam penutup

  8. Saya atas nama Dea Fadila Citra, izin menanggapi dari video di atas. Dalam video tersebut guru sangat baik dalam menyampaikan materi. Namun dalam video tersebut tidak ada menampilkan kegiatan awal dan penutup. Terima kasih.

  9. Nama: Suwaibatulislamiyah
    Nim.856642632
    UPBJJ:JAMBI
    Pokjar: Kota Jambi
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Izin mengomentari..
    Setelah soya menonton video Belajar mudah menentukan arah mata angin. Pada video pertama tampak guru bertanya arah mata angin tanpa memberikan pengetahuan dan petunjuk tentang mata angin terlebih dahulu sehingga siswa menjawab asal-asalan atau menebak saja dan guru kurang menguasi kondisi kelas.. Namun setelah melihat video solusi belajar mudah menentukan arah mata angin terdaoat kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran tersebut.
    Kelemahan nya:
    1.Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti membuka kelas dengan salam,berdo’a,absen dan apersepsi pelajaran sebelumnya.
    2.Guru tidak memberikan penjelasan tentang materi arah mata angin terlebih dahulu dan langsung bertanya kepada siswa sehingga siswa menjawab dengan asal dan menebak saja.
    3.Guru tidak dapat mengkondidikan kelas sehingga tidak menegur siswa yang bersorak ketika temanya salah menjawab pertanyaan.
    4.Guru tampak tidak bersemangat mnyampaikan materi,dan tidak menampilkan media seperti kompas.
    5. Eluasi hanya ada diluar kelas.
    Kelebihanny :
    1.Penguasaan mateti guru sangat baik,dan mengajak siswa praktik secara langsung kelapangan untuk menentukan arah mata angin dengan media tubuh,yaitu tangan kanan menunjukk ke arah matahari terbit yang berarti arah timur,tangan kiri arah barat,muka sebagai arah utara dan punggung sebagai arah selatan sehingga memperkuat pemaham siswa melalui pengalaman langsung.
    2. Guru menanyakan manfaat mata angin kepaa siswa dan memberikan apresiasi berupa tepuk tangan dan pembenaran kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar.

  10. Nama : helmalia putri
    Nim : 856022029
    Upbjj : asahan
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya setelah saya menonton video belajar mudah menentukan arah mata angin
    Disitu terlihat jelas guru bertanya arah mata angin tanpa memberikan petunjuk tentang mata angin terlebih dahulu
    Kelebihan:
    Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dan juga mengajak siswa
    Kelemahan:
    Guru hendaknya lebih bersemangat dan mengucapkan salam pembuka dan mengajak siswa untuk berdoa bersama sama sebelum memulai pembelajaran

Leave a Reply