silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: Zakiah Marpaung
    Nim : 855857924

    Setelah saya menonton video di atas,reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
    Kelebihan guru dalam pembelajaran:
    (-) Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    (-) Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sehingga membuat siswa lebih mudah memahami arah mata angin.

  2. NAMA :ANJAS MAULANA
    NIM : 856994723

    Berdasarkan analisis video yang saya lakukan saya mendapatkan kelebihan pembelajaran yang dilakukan ibu guru tersebut adalah menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami arah mata angin. Guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halaman sekolah. Guru melakukan tanya jawab kepadasiswa sehingga meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu, pembelajaran di video tersebut terdapat kelemahan yaitu guru tidak memberikan evaluasi pembelajaran guna mengukur tingkat pemahaman siswa. Guru tidak membuat kesimpulan pembelajaran.

  3. NAMA :Anjas Maulana
    NIM : 856994723
    Pokjar : Dipasena

    Assalamualaikum wr wb.
    Berdasarkan analisis video yang saya lakukan saya mendapatkan kelebihan pembelajaran yang dilakukan ibu guru tersebut adalah menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami arah mata angin. Guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halaman sekolah. Guru melakukan tanya jawab kepadasiswa sehingga meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu, pembelajaran di video tersebut terdapat kelemahan yaitu guru tidak memberikan evaluasi pembelajaran guna mengukur tingkat pemahaman siswa. Guru tidak membuat kesimpulan pembelajaran.
    Terimakasih.

  4. Nama:Riska sari agustin
    Nim:856473288
    Dari vidio di atas Sebaiknya ketika guru memberikan pertanyaan spontan kepada siswa yang mungkin siswa belum begitu mengerti tentang materi yang belum disampaikan, agar guru memberikan sedikit clue atau bantuan lain kepada siswa yang belum begitu faham mengenai materi tersebut.

  5. Nama:Riska sari agustin
    Nim:856473288

    Dari vidio di atas:
    Sebaiknya ketika guru memberikan pertanyaan spontan kepada siswa yang mungkin siswa belum begitu mengerti tentang materi yang belum disampaikan, agar guru memberikan sedikit clue atau bantuan lain kepada siswa yang belum begitu faham mengenai materi tersebut.

  6. Nama;Riska sari agustin
    Nim:856473288

    Dari video di atas:
    Sebaiknya ketika guru memberikan pertanyaan spontan kepada siswa yang mungkin siswa belum begitu mengerti tentang materi yang belum disampaikan, agar guru memberikan sedikit clue atau bantuan lain kepada siswa yang belum begitu faham mengenai materi tersebut.

  7. Nama: Juliya Agustina
    Nim: 855857694
    UPBJJ : UT MEDAN
    POKJAR: LABURA
    Judul Vidio: Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    dalam vidio tersebut tidak ada pembukaan seperti berdoa dan meng absen terlebih dahulu. tetapi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sangat baik selain sesuai dengan kurikulum, guru tersebut menyangkut pautkan pembelajaran yang dilakukan dengan kehidupan yang nyata jadi pembelajaran itu berarti dan dapat mudah dipahami. apalagi guru tersebut mengajak siswanya untuk keluar ruangan dan mempraktekkannya langsung cara menentukan arah mata angin dengan menggunakan arah tangan dan badan siswa tersebut.

  8. Menurut pendapat saya,diawal pembelajaran guru tidak memberi salam,dan tidak ada doa pembuka dan penutup saat selesai pembelajaran,guru kurang semangat dan lemas saat memberikan materi,guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah

  9. Nama: Maria srafika hurung
    Nim : 858524562
    Menurut pendapat saya
    – diawal pembelajaran guru tidak memberi salam,dan tidak ada doa pembuka dan penutup saat selesa
    – pembelajaran,guru kurang semangat dan lemas saat memberikan materi,
    -guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah

  10. Nama : Maria srafika hurung
    Nim 858524562
    Menurut pendapat saya,diawa
    l .pembelajaran guru tidak memberi salam,dan tidak ada doa pembuka dan penutup saat selesai pembelajaran,
    2.guru kurang semangat dan lemas saat memberikan materi,
    3.guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah

Leave a Reply