silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Annisah Mariato
    Nim : 859763679
    Judul vidio : belajar mudah menentukan arah mata angin
    Dari vidio tersebut ada 2 poin yang ingin saya jelaskan, yaitu :
    1. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar, ice breaking, mengabsen, menanyakan kabar, apersepsi dan motivasi. Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti penilaian terhadap siswa dan berdoa.
    2. Dalam kegiatan inti pembelajaran guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari dalam sekolah, dan melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi aktif. Guru juga menjelaskan dengan baik kepada siswa sehingga siswa terlihat paham terhadap materi, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan untuk melihat secara langsung arah mata angin.

  2. Nama: Siti Aisah
    Nim. : 859764591
    Porjak: Kendari

    Mengenai vidio tersebut seharusnya guru mengunakan media pembelajaran yang konkret, pengguna media pembelajaran konkret dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.siswa dapat melakukan eksplorasi, percobaan,dan interaksi langsung dalam materi pembelajaran, sehingga memperdalam pemahaman meraka.

  3. Assalamualaikum wr.wb,
    Nama : Anggun Asnia
    Nim : 857000778
    Pokjar : SALUT WayTuba
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin saya melihat masih ada kelemahan dalam video tersebut dimana pada kegiatan pembelajaran, guru tidak memberikan apersepsi serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru juga tidak menanyakan kabar, tidak berdo’a dan mengabsen kehadiran siswa. Tetapi dalam video pembelajaran ini juga ada kelebihannya, dimana guru mengajak keluar anak sehingga mereka bersemangat dalam belajar dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.

  4. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Rusmita Dwi Utami
    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin
    Dari vidio tersebut poin yang ingin saya jelaskan, yaitu :
    Pertama Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar, ice breaking/bernyanyi, mengabsen, menanyakan kabar, Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti penilaian terhadap siswa dan berdoa.

    Kedua, Guru langsung memberikan evaluasi kepada peserta didik, tanpa memberikan pemahaman terlebih dahulu tentang konsep menentukan arah mata angin, sehingga membuat peserta didik bingung dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

    Ketiga Pada video tersebut guru tidak menggunakan media pembelajaran, karena jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut akan lebih mudah memahami/mengerti dan siswa akan mudah menentukan arah angin.

    Wassalamualaikum wr.wb

  5. Assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Helda Pratiwi
    Nim : 857006106
    Pokjar : SALUT WayTuba
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin saya melihat masih ada kelemahan dalam video tersebut dimana pada kegiatan pembelajaran, guru tidak memberikan apersepsi seperti salam, berdo’a. Dan tidak menyertakan tujuan pembelajaran. Guru juga tidak mengabsen kehadiran siswa atau pun menanyakan kabar siswa. Tetapi disini kelebihan video pembelajarannya yaitu siswa langsung diajak praktek lapangan untuk melatih tingkat pemahaman siswa terhadap arah mata angin.

  6. Assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Helda Pratiwi
    Nim : 857006106
    Pokjar : SALUT WayTuba
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin saya melihat masih ada kelemahan dalam video tersebut dimana pada kegiatan pembelajaran, guru tidak memberikan apersepsi seperti salam, berdo’a. Dan tidak menyertakan tujuan pembelajaran. Guru juga tidak mengabsen kehadiran siswa atau pun menanyakan kabar siswa. Tetapi disini kelebihan video pembelajarannya yaitu siswa langsung diajak praktek lapangan untuk melatih tingkat pemahaman siswa terhadap menentukan arah mata angin.

  7. Nama : Liawati
    Nim : 859764624

    Menurut saya, kekurangan dari pembejaran dalam tayangan video diatas adalah, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang arah mata angin, tetapi langsung bertanya kepada siswa, sehingga siswanya tidak bisa menjawab dengan baik. sehingga menurut saya alangkah sebaiknya pembelajaran seperti diatas, guru harus menggunakan media atau gambar arah mata angin ketika menjelaskan nya, agar siswa bisa memahami penjelasan guru dengan baik, cepat dan tepat melalui gambar tersebut.

  8. Nama : Kezia Priskila K
    UPBJJ : UT Kendari
    Pokjar : Wanggudu

    Izin Berkomentar.
    Dari analisis video pembelajaran, terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan:
    1. Monoton dalam Penyampaian Materi : Guru terlihat terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini dapat membuat siswa kehilangan minat dan fokus dalam proses pembelajaran.
    2. Tidak Memberikan Salam pada Awal Pembelajaran : Guru tidak memberikan salam pada awal proses pembelajaran. Kegiatan sederhana ini bisa membantu menciptakan suasana yang lebih hangat dan ramah di kelas, serta meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.

  9. Nama : Devi Silaen
    NIM : 877522127
    Pokjar : Siantar Simalungun
    UPBJJ : Medan
    Analisis Kasus Pembelajaran yang saya dapatkan dari video dengan materi Seri Pembelajaran yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” adalah sebagai berikut:
    Pada awal pembelajaran sudah terlihat bahwa siswa sama sekali belum mengetahui tentang penentuan arah mata angin, sehingga sangat penting untuk guru mengajarkan cara sederhana namun efektif untuk membelajarkan kemampuan menentukan arah mata angin.
    Namun setelah memperhatikan respon siswa yang kesulitan untuk menentukan arah mata angin, guru memberikan solusi dengan cara melibatkan siswa melalui suatu “praktik belajar”, yaitu membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan langsung bagaimana penentuan arah mata angin dengan menggunakan tubuh kita sendiri sebagai penanda arah. Sehingga siswa paham cara menentukan arah mata angin.
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru harus menyediakan berbagai fasilitas atau media pembelajaran yang bervariasi dan menarik, guru juga harus mampu memberikan dukungan atau timbal balik atas segala upaya para siswa dalam mengikuti pembelajaran supaya para siswa merasa termotivasi.

  10. Nama: reka Febrianti
    Nim : 857005509

    kekurangan dari pembejaran dalam tayangan video diatas adalah, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang arah mata angin, tetapi langsung bertanya kepada siswa, sehingga siswanya tidak bisa menjawab dengan baik. sehingga menurut saya alangkah sebaiknya pembelajaran seperti diatas, guru harus menggunakan media atau gambar arah mata angin ketika menjelaskan nya, agar siswa bisa memahami penjelasan guru dengan baik, cepat dan tepat melalui gambar tersebut.

Leave a Reply