silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: Ratna Mufidatul Kusna
    NIM : 858777026
    Prodi: PGSD S1
    POkjar: Kab. Kediri

    Menurut pendapat saya awal pembelajaran masih kurang efektif sehingga siswa merasa bingung dengan arah mata angin, namun setelah melakukan praktik di lapangan siswa memahami dan dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat.

    Kelemahan dari Video
    1. guru tidak melakukan presensi di awal
    2. Metode tanya jawab saat awal pembelajaran kurang efektif
    3. Guru tidak mengaitkan materi dengan materi sebelumnya

    Kelebihan dari video
    1. Siswa dengan mudah memahami materi dengan melaksanakan praktik secara langsung
    2. Pengelolaan kelas baik sehingga siswa merasa senang saat pembelajaran

    Hal unik
    Saat menyampaikan materi pembelajaran di luar kelas suara guru langtang dan tegas

    Upaya untuk meningkatkan kulitas pembelajaran dengan memilih metode yang tepat dan menggunakan media sederhana berupa gambar denah untuk mempermudah pemahaman siswa tentang arah mata angin.

  2. Nama : Eva Nurma Apriliana
    Nim : 858777413
    Prodi : PGSD S-1

    Kekurangan :
    Guru belum menjelaskan tentang materi yang akan diajarkan, serta penampilan guru yang kurang menarik perhatian siswa.

    Kelebihan :
    1. Guru bisa membuat suasana kelas yang sebelumnya gaduh menjadi lebih tertib dan bisa membuat siswa focus dalam pembelajaran dengan media visual.
    2. Divideo setelah perbaikan guru mulai menggunakan media pembelajaran yang menarik walau hanya secara visual dan materinya sesuai dengan tingkat kelas siswa.

    Dalam hal ini yang perlu diperhatikan dalam menarik perhatian siswa yaitu penampilan guru. Guru itu sebagai contoh sebaiknya berpakaian yang rapi.
    Dalam menarik perhatian siswa bisa juga pada saat pelajaran dimulai sebaiknya guru memberikan apersepsi, karena bertujuan untuk mempersiapkan mental siswa dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan, selanjutnya didalam kegiatan inti pembelajaran bisa menggunakan berbagai media yang menarik sesuai dengan pembelajaran, bertujuan agar siswa tidak bosan dan belajar lebih menyenangkan.
    Dengan pemilihan media yang tepat serta benda” yang ada disekitar lingkungan sekolah yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa lebih tertarik dan menikmati proses pembelajaran tersebut.

    Dalam video ini kita bisa melihat perbandingan bagaimana cara menarik perhatian siswa, bahwa selain dengan cara berpakaian yang rapi, seorang guru harus berinteraksi dengan siswanya mengawali pelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar mereka, menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda yang ada disekitarnya, memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat belajarnya. Hal ini menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi interaktif dan menarik sehingga kelas bisa di kondisikan dengan baik.

  3. Nama : Eva Nurma Apriliana
    Nim : 858777413
    Prodi : PGSD S-1

    Kelebihan :
    1. Menurut saya yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah efektif dalam memecahkan permasalahan siswa dalam memahami arah mata angin.
    2. Guru bisa kreatif mensiasati ketidaktersediaan media pembelajaran dengan terjun langsung kelapangan sekolah dan mudah dipahami.

    Kekurangan :
    1. Tidak adanya media dalam pembelajaran
    2. Di awal pembelajaran guru langsung memberi materi tanpa berdoa atau salam terlebih dahulu

    Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa SD kelas 3 yaitu menentukan arah mata angin dengan terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga/benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.

  4. Nama :Melinda Rachmawati
    NIM : 856456916
    Prodi : S1 PGSD Semester 6
    Pokjar : Pelalawan
    Menurut saya video diatas sudah maksimal namun masih ada proses pembelajaran yang harus dilakukan perbaikan dengan memberikan peluang terhadap siswa agar lebih aktif dalam belajar.

    Pembelajaran yang efektif adalah peserta didik dapat merespon yang disampaikan oleh guru dan guru juga harus memasak media yang dibutuhkan oleh peserta didik seperti halnya pelajaran agar tidak bosan anak diajarkan untuk bernyanyi dan memberikan inovasi dalam belajar.

  5. Nama : Ganung Pranata Nusantara
    NIM : 857805835
    Program Studi : PGSD-S1
    Pembelajaran IPS SD
    Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    Berdasarkan video diatas yang saya tonton ialah sebagai berikut:
    Kelebihan : Guru menjelaskan dan siswa aktif mengamati apa yang diajarkan oleh gurunya tentang posisi matahari terbit dan terbenam setelah itu siswa diminta untuk mempraktekkannya dengan menyebutkan arah mata angin, guru mengajak siswa belajar diluar kelas untuk prakteknya yang mana hal ini membuat siswa lebih memahami dan mengerti serta bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berlangsung, guru memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan tentang arah mata angin.
    Kelemahan : Pada kegiatan awal guru belum memberikan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswanya, belum memberikan motivasi diawal pembelajaran maupun pemberian materi sebelumnya sebagai acuan apabila dapat dipelajari dan diharapkan berkaitan dengan pengalaman siswa, pada kegiatan inti guru belum menjelaskan materi pembelajaran yang mana membuat beberapa siswa seperti kebingungan, pada kegiatan penutup guru tidak melakukan evaluasi atau latihan soal, serta tanya jawab, kemudian tidak ditutup dengan doa dan mengucapkan salam kembali.

  6. nama: maria srafika
    nim : 858524562
    menurut pendapat saya,diawal pembelajaran guru langsung memberikan materi tanpa mengucapkan salam, menyapa siswa ataupun menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik sehingga minat belajar siswa berkurang.

  7. Gpo 1
    NAMA :RIA LARAS AATI
    NIM:856976678
    PRODI : SI PGSD
    SEMESTER : 6
    POKJAR : KOTAAGUNG
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    MAPEL:PDGK4209
    Seri pembelajaran Ips di SD
    Judul vidio: belajar mudah menentukan arah mata angin

    Kelemahan dalam vidio tersebut
    Guru tidak melakukan pembukaan dengan baik, tidak ada doa sebelum belajar, guru tidak menciptakan suasana kelas yang baik sehingga siswa terlihat kurang semangat, dan kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan akhir dengan baik.
    Kelebihan pembelajaran vidio tersebut
    Guru terlihat menguasai pembelajaran dengan baik, dan penyampaian pembelajaran sesuaisesuai dengan keadaan siswa.

  8. Nama : Novianti nispitaasari
    Nim : 859129208
    prodi : S1 PGSD
    Menurut saya di video ini.
    Kelemahan nya :
    Disini tidak di lakukan pembukaan dulu seperti salam, berdoa dan menanyakan kabar kepada siswa dan tentunya melakukan absensi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran , dan disini guru juga tidak memberikan materi tentang mata angin dan guru juga tidak memberikan kesimpulan dan penutup ada akhir pemebelajaran
    – Kelebihan nya
    Guru melakukan pelajaran di luar kelas sehingga siswa lebih fokus dalam melakukan praktik tentang menentukan arah mata angin , dan guru juga lebih menyuruh siswa untuk memperhatikan langsung . Dengan menggunakan anggota tubuh dengan merentangkan tangan sehingga siswa bisa paham arah mata angin . Siswa mudah memahami ketika di tanya guru siswa paham dan langsung menjawab pertanyaand dari guru.
    -Saran
    Sebaiknya guru melakukan kegiatan pembuka dulu , seperti berdoa , absensi dan memberikan materi dulu beberapa menit kemudian mengajak anak untuk praktik . Dan nanti ketika Ahir pelajaran guru menyampaikan kesimpulan dari materi tersebut.

  9. Kelemahan :
    Berdasarkan hasil pengamatan rekaman video pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan kurang baik. Guru melewatkan banyak hal yaitu tidak melakukan kegiatan apersepsi seperti tidak ada pengecekan kondisi siswa, tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, sehingga dapat dilihat masih banyak siswa yang asik mengobrol dengan temannya sehingga terciptanya kondisi kelas yang tidak kondusif. Selain itu juga guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan diberikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang diberikan. Padahal kegiatan apersepsi dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih fokus terhadap materi yang nantinya akan disampaikan, terlewatnya apersepsi akan menyebabkan siswa tidak atau kurang fokus pada materi yang akan dibahas. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif,
    Kelebihan :
    Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
    Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki. Guru berperan aktif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat atau pengetahuan mereka sehingga menyebabkan siswa berusaha untuk memahami materi dengan. Guru yang berperan aktif mengajak siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran akan mengakibatkan siswa tidak cepat jenuh, lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Guru yang memberikan kesempaan pada siswa untuk merespon apa yang disampaikan memperlihatan siswa sudah paham atau belum terhadap materi yang disampaikan. Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan hal tersebut berhasil membangun motivasi siswa.

    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
    1. Apakah kegiatan pembukaan sebelum melakukan proses pembelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan dapat mempersiapkan kesiapan siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik?
    Kegiatan dalam membuka pembelajaran di awal belum dilakukan secara maksimal sehingga belum dapat mengarahkan dan mempersiapkan kesiapan siswa untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik

    2. Apakah siswa dapat secara jelas menangkap penjelasan materi atau intruksi yang saya berikan dengan baik?
    Sudah secara jelas dapat menangkap materi atau intruksi karena dapat dilihat guru sudah terlihat memberikan penguatan atau pertanyaan pemantik untuk memastikan apakah materi yang sudah disampaikan guru sudah benar dikuasai oleh siswa dan siswa merespon dengan baik

    3. Bagaimana tanggapan siswa terhadapmaterial atau bahan ajar yang sudah di saksikan di video? Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?
    Bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa

    4. Bagaimanakah tanggapan peserta didik terhadap cara mengajar saya atau perfoment saya pada saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas?
    Siswa terlihat kurang aktif dan kurang tertarik karena pembelajaran yang tidak menarik dimana salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahasa yang monoton, gestur tubuh yang kurang menarik dan interaksi antara guru dan siswa yang kurang efektif

    5. Bagaiamana tanggapan peserta didik terhadap pengunaan metode atau teknik pembelajaran yang saya gunakan?
    Metode yang digunakan sudah kreatif mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaarn tersebut

  10. nama : trivani andayu sucianti
    NIM : 857508945
    PGSD-MS
    POKJAR CIAMIS

    Kelemahan :
    Berdasarkan hasil pengamatan rekaman video pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan kurang baik. Guru melewatkan banyak hal yaitu tidak melakukan kegiatan apersepsi seperti tidak ada pengecekan kondisi siswa, tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, sehingga dapat dilihat masih banyak siswa yang asik mengobrol dengan temannya sehingga terciptanya kondisi kelas yang tidak kondusif. Selain itu juga guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan diberikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang diberikan. Padahal kegiatan apersepsi dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih fokus terhadap materi yang nantinya akan disampaikan, terlewatnya apersepsi akan menyebabkan siswa tidak atau kurang fokus pada materi yang akan dibahas. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif

    Kelebihan :
    Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
    Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki. Guru berperan aktif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat atau pengetahuan mereka sehingga menyebabkan siswa berusaha untuk memahami materi dengan. Guru yang berperan aktif mengajak siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran akan mengakibatkan siswa tidak cepat jenuh, lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Guru yang memberikan kesempaan pada siswa untuk merespon apa yang disampaikan memperlihatan siswa sudah paham atau belum terhadap materi yang disampaikan. Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan hal tersebut berhasil membangun motivasi siswa.

Leave a Reply