silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: reka Febrianti
    Nim : 857005509pembejaran dalam tayangan video diatas adalah, guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang arah mata angin, tetapi langsung bertanya kepada siswa, sehingga siswanya tidak bisa menjawab dengan baik. sehingga menurut saya alangkah sebaiknya pembelajaran seperti diatas, guru harus menggunakan media atau gambar arah mata angin ketika menjelaskan nya, agar siswa bisa memahami penjelasan guru dengan baik, cepat dan tepat melalui gambar tersebut.

  2. Nama : Nurjannah
    NIM : 857002391
    UPBJJ : Way Tuba Bandar Lampung
    Dalam video ini terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    a. Guru tidak penyapa siswa
    b. Guru tidak mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa
    c. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    d. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk menarik perhatian siswa

    Dalam video ini juga terdapat kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
    a. Guru harus menyapa siswa pada awal kegiatan
    b. Guru harus berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
    c. Guru harus mengetek kehadiran siswa
    d. Guru harus menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti menggunakan video pembelajaran yang berlangsung untuk mengajarkan materi, sehingga siswa dapat memahami dengan lebih baik.

  3. Nama : Devi Dewanti
    Nim : 856024459
    Pokjar : Siantar Simalungun
    UPBJJ : Medan
    Dari Video di atas saya menganalisis kasus yang saya dapat dalam materi pembelajaran yang berjudul ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Dari vidio tersebut ada 2 poin kelemahan yang ingin saya jelaskan, yaitu :
    1. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi. dalam kegiatan inti guru terlihat terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti melakukan refleksi, kesimpulan dan penguatan diri, serta tidak menyampaikan rencana pertemuan berikutnya, penilaian terhadap siswa dan berdoa.
    2. Pada video tersebut guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif, jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut siswa akan lebih mudah memahami/mengerti menentukan arah angin.
    Selain dari pada itu dalam video pembelajaran yang berjudul belajar mudah menentukan arah mata angin ada upaya guru untuk siswa agar lebih memahami pembelajaran tersebut yaitu, dengan cara melibatkan siswa melalui suatu praktik belajar , dengan membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan langsung bagaimana penentuan arah mata angin dengan menggunakan tubuh kita sendiri sebagai penanda arah. Sehingga siswa paham cara menentukan arah mata angin. serta guru melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi aktif.

  4. Nama : Muhammad Guntur Djai
    NIM : 859762462

    Dalam pengamatan saya pada materi “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” pada mata pelajaran IPS di SD terlihat guru langsung menanyakan materi tanpa menjelaskan materi sehingga terlihat siswa bingung karena banyak siswa yang belum mengerti tentang materi yang dijelaskan Guru. Saran saya Guru harus melengkapi materi yang dibawakan dengan media atau gambar mata angin kemudian menjelaskan dulu materi yang akan dibawakan supaya siswa paham dengan materi tersebut.

  5. Nama : M. Sali Ardiansah Kumara
    Nim : 857002194
    Pokjar : Way tuba
    Upbjj. : Bandar Lampung

    Dalam pengamatan saya tentang video pembelajaran seri ips sd tentang menentukan arah mata angin terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran.

    Kelebihan nya yaitu :
    1.Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan solusi untuk mempermudah anak anak mengetahui arah mata angin dengan belajar keluar kelas melalui matahari. Matahari terbit di timur di tangan kanan, terbenam disebelah barat di tangan kiri, di depan wajah arah utara, dipunggung mengahadap arah selatan.

    2.Pada kegiatan inti guru memberi apresiasi (tepuk tangan) untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

    Adapun kelemahan yang saya temui dalam video belajar mudah menentukan arah mata angin yaitu
    1.Kegiatan pembuka guru tidak membuka kelas dengan sapaan , salam, dan membaca doa.

    2. Guru tidak menegur siswa yang saling mengejek temaannya yang tidak tahu arah mata angin.

    3. Guru tidak memberikan media pembelajaran untuk mengenal arah mata angin seperti kompas.

    4. Pada kegiatan penguatan guru tidak memberikan penugasan kepada siswa.

    5. Pada kegiatan penutup guru tidak menutup kelas dengan salam dan doa.

  6. Nama : Ayu Agustina
    NIM : 856053664

    Dalam pengamatan saya pada materi “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” pada mata pelajaran IPS di SD terlihat guru langsung menanyakan materi tanpa menjelaskan materi sehingga terlihat siswa bingung karena banyak siswa yang belum mengerti tentang materi yang dijelaskan Guru. Saran saya Guru harus melengkapi materi yang dibawakan dengan media atau gambar mata angin kemudian menjelaskan dulu materi yang akan dibawakan supaya siswa paham dengan materi tersebut.

  7. pengamatan saya tentang video pembelajaran seri ips sd tentang menentukan arah mata angin terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran.

    Kelebihan nya yaitu :
    1.Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan solusi untuk mempermudah anak anak mengetahui arah mata angin dengan belajar keluar kelas melalui matahari. Matahari terbit di timur di tangan kanan, terbenam disebelah barat di tangan kiri, di depan wajah arah utara, dipunggung mengahadap arah selatan.

    2.Pada kegiatan inti guru memberi apresiasi (tepuk tangan) untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

    Adapun kelemahan yang saya temui dalam video belajar mudah menentukan arah mata angin yaitu
    1.Kegiatan pembuka guru tidak membuka kelas dengan sapaan , salam, dan membaca doa.

    2. Guru tidak menegur siswa yang saling mengejek temaannya yang tidak tahu arah mata angin.

    3. Guru tidak memberikan media pembelajaran untuk mengenal arah mata angin seperti kompas.

    4. Pada kegiatan penguatan guru tidak memberikan penugasan kepada siswa.

    5. Pada kegiatan penutup guru tidak menutup kelas dengan salam dan doa.

  8. NAMA : RIFQI IRSYADI
    NIM : 858967635

    Kelemahan dalam video pembelajaran :

    1. Guru tidak mengucapkan salam.
    2. Guru tidak menanya kabar.
    3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    4. Guru tidak menggunakan media pembelajaran.
    Note* Apabila video tersebut terpotong saya mohon maaf apabila 3 point yang saya sebutkan diatas tidak sesuai.

    Kelebihan dalam video pembelajaran :

    1. Membawa siswa praktik langsung diluar kelas, membuat siswa senang sehingga dapat dengan cepat memahami materi pelajaran yang dibahas.
    2. Pembawaan guru sangat tenang dan senang, sehingga siswa tidak tertekan selama proses KBM berlangsung.

  9. Nama : Hikma
    Nim : 858071041
    Ilmu pengetahuan ips
    Judul : Belajar mudah untuk menentukan arah mata angin
    Dari Video di atas saya menganalisis kasus yang saya dapat dalam materi pembelajaran yang berjudul ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Dari vidio tersebut ada 2 poin kelemahan yang ingin saya jelaskan, yaitu :
    1. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi. dalam kegiatan inti guru terlihat terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti melakukan refleksi, kesimpulan dan penguatan diri, serta tidak menyampaikan rencana pertemuan berikutnya, penilaian terhadap siswa dan berdoa.
    2. Pada video tersebut guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif, jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut siswa akan lebih mudah memahami/mengerti menentukan arah angin.
    Selain dari pada itu dalam video pembelajaran yang berjudul belajar mudah menentukan arah mata angin ada upaya guru untuk siswa agar lebih memahami pembelajaran tersebut yaitu, dengan cara melibatkan siswa melalui suatu praktik belajar , dengan membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan langsung bagaimana penentuan arah mata angin dengan menggunakan tubuh kita sendiri sebagai penanda arah. Sehingga siswa paham cara menentukan arah mata angin. serta guru melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi aktif.

  10. Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    Nama: Rismawanti Putri
    NIM: 501252748
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut bhawa guru sudah memberikan pertanyaan pemantik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Guru menggunakan sumber belajar dari lingkungan sekitar, disarankan guru dapat menambah media pembelajaran yang menarik lainnya.Siswa diberikan kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung menentukan arah mata angin.

Leave a Reply