silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Marsela Lamberti
    NIM : 501312005
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar
    Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    Dari awal video, kita bisa melihat guru tidak melakukan kegiatan pembuka, seperti salam, berdoa, dan perkenalan singkat materi yang akan dipelajari. Guru langsung membahasa tentang materi arah mata angin denganmetode ceramah, dan murid terlihat tidak paham mengenai arah mata angina yang dijelaskan oleh guru. Kemudian guru berinovasi dan mendapat ide untuk membawa murid ke luar kelas dengan harapan murid akan lebih mudah memahami pelajaran tentang mata angin jika langsung berada di alam. Dengan memeragakan langsung arah mata angin dengan bagian tubuh, murid langsung memahami dan mengerti tentang arah mata angin. Dengan merentangkan tangan, tangan kanan mengarah kea rah matahari terbit berarti arah Timur, tangan kiri yaitu kebalikan dari tangan kanan berarti menunjukkan arah Barat, wajah menghadap depan berarti arah Utara, dan arah belakang berarti arah Selatan. Murid juga mengetahui manfaat dari pengetahuan tentang arah mata angin. Kemudian guru tidak ada melakukan kegiatan evaluasi dan kegiatan penutup. Saran saya, dalam proses pembelajaran, kita harus memperhatikan hal-hal kecil baik dari kesiapan murid, kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar, evaluasi bersama maupun inovasi dalam proses pembelajaran supaya membantu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

  2. Menurut pengamatan saya, solusi untuk belajar mudah menentukan arah mata angin cukup menarik bagi siswa. Siswa diajak ke luar kelas untuk menunjukan arah utara, selatan, barat, dan timur menggunakan tubuh/badan. Akan tetapi, lebih baik diberi variasi dalam pembelajaran. Misalnya, ketika anak berdiri dan wajah menghadap ke arah lain, mereka juga dapat menentukan mana arah barat, timur, utara, dan selatan.

  3. NAMA : SELVI TANDO
    NIM : 501452835

    Dari video pembelajaran Menentukan Arah Mata Angin, untuk menjelaskan kepada siswa mengenai cara menentukan arah mata angin masih kurang efektif. mengapa? karena guru hanya sekedar menjelaskan tetapi tidak menggunakan media pembelajaran yang sangat dibutuhkan, baik gambar, poster maupun video mengenai arah mata angin. guru hanya sekedar menjelaskan dan bertanya kepada siswa dimana siswa belum satupun yang mengetahui apa itu mata angin. kemudian guru juga laangsung membawa siswa ke luar kelas tanpa ada penjelasan yang lebih mudah dimengerti. hanya saja sisi positifnya adalah, guru sudah membawa siswa keluar untuk belajar mengetahui arah mata angin.

  4. Nama : Heri Susanto
    NIM : 501172436
    UPBJJ : UT PALEMBANG
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Sebelumnya Izin berkomentar menanggapi dari video diatas, yaitu tentang Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin Diawal Pembelajar guru sudah mempersiapkan siswa dan memastikan siswa siap mengikuti proses pembelajaran namun hanya sekilas. Saat melakukan proses pembelajaran guru mengawalinya dengan memberi pertanyaan – pertannyaan tentang arah mata anging untuk mengecek pemahaman siwa tetang materi yang akan di sampaikan. Selanjutnya guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mempraktikkan arah mata angina sengan memanfaatkan bagian tubuh.setelah disampaikan materi tersebut anak-anak dapat mengetahui arah mata angina. Yang dilakukan guru tersebut sudah bagus, Saran dan masukan dari saya ketika mengajarkan materi tentang arah guru dapat memberi contoh seperti masjid arahnya kemana (kiblat=barat) kemudain lawannya apa dan seterusnya, kemudian penyampainnya dapat menggunakan lagu, jadi arah-arah mata angina tersebut disampaikan dengan dibuat lagu. Sehingga anak-anak akan aktif senang dalam melaksanakan proses pembelajaran.
    Terima Kasih.

  5. Nama : YUSNIA
    NIM : 501192785
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pengamatan saya pada materi “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” pada mata pelajaran IPS di SD ,pada awalnya guru langsung menanyakan materi tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu sehingga siswa tampak bingung,terlihat banyak siswa yang belum mengerti tentang arah mata angin. Namun setelah diajak keluar dan diberikan pengalaman langsung,siswa sudah mulai bisa menetukan arah mata angin.

  6. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama: SINAR KUMALASARI
    NIM: 501312352

    Mohon Izin menanggapi.
    A. Tanggapan saya terkait Vidio Pembelajaran “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Saya setuju dengan gambaran proses pembelajaran pada video terbut.
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu untuk menentukan arah mata angin kepada siswa. Sehingga siswa mengetahui tujuan pembelajaran yang mereka pelajari.
    2. Dalam kegiatan ini guru mengajak siswa keluar kelas untuk dapat terlibat langsung dalam menentukan arah mata angin. Sehinga proses pembelajaran menjadi menyenangkan.
    3. Dalam kegiatan pembelajaran ini guru pada mulanya menjelaskan arah mata angin kepada siswa dengan mengajak siswa untuk bersama-sama merentangkan tangan dalam menentukan arah mata angin.
    4. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan respons terhadap pentingnya mempelajari materi menentukan arah mata angin yang disampaikan, dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik dan meminta peserta didik menjawab pertanyaan tersebut. Pada kegiatan ini guru sangat tepat untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.
    5. Dalam kegiatan ini guru juga sangat baik dalam memberikan penguatan kepada siswa dengan ucapan bagus, ucapan jawaban semua peserta didik benar, penguatan menggunakan bahasa tubuh (Jempol keatas yang dapat diartikan hebat, bagus), dan penguatan berupa tepuk tangan. Dalam hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap siswa.
    6. Dalam kegiatan akhir pembelajaran guru meminta salah satu siswa untuk dapat menunjukkan arah mata angin didepan peserta didik yang lain. Hal ini untuk menyamakan pemahaman peserta didik terhadap arah mata angin yang benar. Sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa, menumbuhkan keberanian peserta didik, dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik lainnya sehingga dapat dipahami secara menyeluruh oleh masing-masing siswa.
    7. Saya setuju dengan solusi yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan pemahaman arah mata angin dengan cara yang sederhana, efektif, menyenangkan, dan mudah dipahami oleh siswa. Dalam video tersebut guru meminta siswa mengamati posisi matahari terbit atau terbenam. Guru melibatkan siswa langsung dalam menunjukkan arah mata angin dengan meminta masing-masing siswa untuk menunjukkan tangan kanannya kearah matahari terbit adalah timur, dan tangan kiri akan menunjukkan kearah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan belakang siswa arah selatan.

    Adapun saran saya terkait video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Alangkah baiknya guru melakukan pembukaan dengan salam dan Do’a, untuk dapat membentuk kedisiplinan siswa dengan membiasakan kebiasaan baik. Karna berdoa merupakan bentuk kepercayaan umat beragama terhadap kemudahan pembelajaran yang di berikan oleh Allah SWT.
    2. Alangkah baiknya guru melihat kesiapan peserta didik dalam pembelajaran, seperti cek kehadiran siswa hal ini untuk memastikan semua siswa dapat mengikuti proses pembelajaran yang akan disampaikan. Dan untuk memastikan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran.
    3. Sebaik nya guru dapat menciptakan susana pembelajaran kondusif, dalam video tersebut
    terlihat dari sejumlah siswa yang menyoraki temanya ketika menjawab pertanyaan dari guru. Hal tersebut dapat mempengaruhi rasa kepercayaan diri siswa untuk menjawab, sehinga siswa takut dalam menyampaikan pendapatnya.

  7. Dari video ‘Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin’, saya berpendapat bahwa seorang guru sebaiknya memulai penyampaian materi dengan pertanyaan pemantik yang dapat membantu siswa memahami topik yang akan dibahas. Misalnya, dengan menunjukkan sebuah gambar dan menanyakan kepada siswa, ‘Gambar apakah ini?’
    Di awal video, kita dapat melihat bahwa guru tidak memberikan pertanyaan pemantik, melainkan langsung bertanya tentang materi. Hal ini membuat beberapa siswa terlihat kebingungan. Sebaiknya, guru terlebih dahulu menunjukkan gambar keadaan rumah dan mengenalkan batas-batas arah: kiri, kanan, depan, dan belakang. Selain itu, guru juga bisa memutar lagu berjudul ‘Arah Mata Angin’, di mana siswa dapat mengikuti gerakan yang memperkenalkan arah timur, barat, selatan, dan utara.
    Pembelajaran sebaiknya dirancang agar siswa mudah memahami materi dengan cara mengajak mereka langsung mempraktikkan penentuan arah mata angin. Misalnya, di akhir video, siswa diajak oleh guru keluar dari ruang kelas menuju halaman sekolah dan diminta untuk menunjukkan arah mata angin yang benar sesuai dengan posisi tubuh mereka.
    Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang guru perlu mengaitkan materi dengan keadaan, lingkungan, dan situasi siswa agar memudahkan mereka dalam memahami materi yang ingin disampaikan.

  8. Nama : Eka Wahyuni
    NIM : 501142963
    UPBJJ : UT Pangkalpinang
    Setelah menyaksikan video tersebut, Kegiatan yang dilakukan guru sudah baik, karena sudah mengajak siswa belajar langsung dari lingkungan sekitar. Namun akan lebih baik lagi jika guru juga menggunakan media visual seperti gambar, video atau model untuk memperjelas konsep arah mata angin.

  9. Nama : Leny Farinawati
    NIM : 501122646

    Pada video yang sudah saya tonton mengenai belajar mudah menentukan arah mata angin, di sana terlihat guru mampu mengidentifikasi kemampuan awal murid dengan memberi beberapa pertanyaan pemantik di awal pembelajaran. Kemudian, guru mengajak murid belajar di luar kelas untuk melihat langsung posisi matahari terbit, hal ini hanya dapat dilaksanakan jika cuaca mendukung, namun jika cuaca tidak mendukung maka guru akan kesulitan untuk mengajarkan anak maka dalam hal ini dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan meski cuaca tidak mendukung untuk belajar di luar kelas. Kemudian, saat guru mendampingi anak belajar di luar kelas guru langsung menyebutkan mana posisi arah mata angin utara, barat, timur, dan selatan. Jadi pembelajaran yang sudah dilaksanakan kurang Efektif dan Tidak berpusat pada peserta didik, seharusnya guru dapat bertanya terlebih dahulu kepada murid dari arah manakah matahari terbit? kemudian dapat dilanjutkan dengan Menggali pengetahuan murid mengenai arah mata angin tempat matahari terbit kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan lawan dari arah mata angin tersebut. Lalu saat mengajar hendaknya guru memperlihatkan mimik wajah yang ceria dan bersahabat agar murid juga ikut ceria dan dapat menerima pembelajaran yang sudah disampaikan dengan baik.

  10. Nama: Wulan Karmila
    Program Studi: Magister Pendidikan Dasar
    NIM: 501312306
    Mata Kuliah: MPDR5101 FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR
    Video pembelajaran ini sangat menarik. Namun, baiknya perlu adanya apresiasi kepada siswa yang menjawab. Perlu diperhatikan guru mengingatkan murid untuk tidak merespon dengan bersorak atas pendapat yang temannya sampaikan. Setelah konfirmasi pemahaman baiknya membuat kesimpulan secara bersama murid dan guru untuk mengakhiri pembelajaran.

Leave a Reply