silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ππ»
Guru sudah memberikan pertanyaan untuk menggali pengetahuan atau pemahaman siswa, namun baiknya jika guru terlebih dahulu memberikan sedikit materi untuk pertanyaan tersebut dan alangkah baiknya juga jika guru menyediakan alat peraga untuk menunjang pemahaman siswa.
nama : Farida Romaulina Purba
Nim : 501222301
Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial
Judul : Belajar mudah untuk menentukan arah mata angin
Dari video yang saya tonton saat melihat bahwa guru belum mengadakan apersepsi mengenai pembelajaran yang akan dibahas. Guru langsung ke materi pembelajaran sehingga membuat siswa kurang memahami pembelajaran arah mata angin.
Saat melihat kondisi didalam kelas dan melihat siswa kebingungan guru berinisiatif mengajak siswa ke luar kelas dan menjelaskan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuhnya dan dengan hal itu siswa pun akhiya paham akan arah mata angin . menurut saya guru harus memperhatikan metode belajar agar siswa dapat memahami pembelajaran yang diberikan.
Nama : Vivi Septiani
NIM : 858549699
Pokjar : Ngunut
UPBJJ MALANG
Analisis kelemahan pembelajaran dalam video :
a. dalam video tidak ditemukan kegiatan Pembukaan : berdoa, salam dan absensi kehadiran siswa sebelum pembelajaran
b. Evaluasi pembelajaran hanya ditemukan saat diluar kelas
guru tidak melakukan penutup pembelajaran
Analisis kelebihan :
a. guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini dapat memotivasi siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung dan memberikan pengalaman nyata kepada siswa
b. guru memberikan apresiasi berupa pujian saat siswa dapat menjawab dengan tepat.
Nama : Marsela Lamberti
NIM : 501312005
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
Saya izin menanggapi video pembelajaran diatas.
Dari awal video, kita bisa melihat guru tidak melakukan kegiatan pembuka, seperti salam, berdoa, dan perkenalan singkat materi yang akan dipelajari. Guru langsung membahasa tentang materi arah mata angin dengan metode ceramah, dan murid terlihat tidak paham mengenai arah mata angina yang dijelaskan oleh guru. Kemudian guru berinovasi dan mendapat ide untuk membawa murid ke luar kelas dengan harapan murid akan lebih mudah memahami pelajaran tentang mata angin jika langsung berada di alam. Dengan memeragakan langsung arah mata angin dengan bagian tubuh, murid langsung memahami dan mengerti tentang arah mata angin. Dengan merentangkan tangan, tangan kanan mengarah ke arah matahari terbit berarti arah Timur, tangan kiri yaitu kebalikan dari tangan kanan berarti menunjukkan arah Barat, wajah menghadap depan berarti arah Utara, dan arah belakang berarti arah Selatan. Murid juga mengetahui manfaat dari pengetahuan tentang arah mata angin. Kemudian guru tidak ada melakukan kegiatan evaluasi dan kegiatan penutup. Saran saya, dalam proses pembelajaran, kita harus memperhatikan hal-hal kecil baik dari kesiapan murid, kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar, evaluasi bersama maupun inovasi dalam proses pembelajaran supaya membantu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Seluruh Proses pembelajaran tersebut terjadi langsung saat diluar ruangan kelas.
Nama : nur putri dewi
Nim : 860109588
UPBJJ : asahan
Izin menanggapi video tersebut,
Berdasarkan video tersebut dapat dianalisi sebagai berikut:
Guru tersebut tidak melakukan keterampilan dalam membuka pelajaran dikelas misalnya dengan berdoa terlebih dahulu, mengabsen siswa dan menyapa siswa.
media pembelajaran kurang bervariasi, misalnya bisa menggunakan poster.
namun kelebihan guru tersebut mengajak siswa untuk menentukan arah mata angin menggunakan tubuh sendiri sehingga siswa dapat mudah memahami arah mata angin dengan lebih mudah.
Upaya yang bisa dilakukan agar pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami, guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang bervariasi agar lebih menyenangkan, menyapa siswa agar siswa lebih bersemangat dalam mengawali pembelajaran.
Nama : Ade Melvin Valentina
Nim : 857592071
UPBJJ : UT PURWOKERTO
pengamatan saya tentang video pembelajaran seri ips sd tentang menentukan arah mata angin terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran.
Kelebihan nya yaitu :
1.Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan solusi untuk mempermudah anak anak mengetahui arah mata angin dengan belajar keluar kelas melalui matahari. Matahari terbit di timur di tangan kanan, terbenam disebelah barat di tangan kiri, di depan wajah arah utara, dipunggung mengahadap arah selatan.
2.Pada kegiatan inti guru memberi apresiasi (tepuk tangan) untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
Adapun kelemahan yang saya temui dalam video belajar mudah menentukan arah mata angin yaitu
1.Kegiatan pembuka guru tidak membuka kelas dengan sapaan , salam, dan membaca doa.
2. Guru tidak menegur siswa yang saling mengejek temaannya yang tidak tahu arah mata angin.
3. Guru tidak memberikan media pembelajaran untuk mengenal arah mata angin seperti kompas.
4. Pada kegiatan penguatan guru tidak memberikan penugasan kepada siswa.
5. Pada kegiatan penutup guru tidak menutup kelas dengan salam dan doa.
Selain dari pada itu dalam video pembelajaran yang berjudul belajar mudah menentukan arah mata angin ada upaya guru untuk siswa agar lebih memahami pembelajaran tersebut yaitu, dengan cara melibatkan siswa melalui suatu praktik belajar , dengan membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan langsung bagaimana penentuan arah mata angin dengan menggunakan tubuh kita sendiri sebagai penanda arah. Sehingga siswa paham cara menentukan arah mata angin. serta guru melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi aktif.
Nama: Wulan Karmila
NIM: 501312306
1. Kelas dimulai dengan pertanyaan yang paling dekat dengan siswa
2. Melakukan assesmen awal
3. Mengkonfirmasi pemahaman siswa
4. Praktik langsung yang memberikan pengalaman terhadap siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna
Nama : Alami Gulo
Nim : 856062506 menurut pengamatan saya dalam video diatas ada terdapat 1.kelemahan guru, yang dimana guru dalam melaksanakan pembelajaran kegiatan pembuka hanya beberapa saja. Selain itu tidak ada dalam kegiatan pembuka seperti berdoa, me ngabsen, bernyanyi, dan memberikan motivasi kepada siswa.
2. Selain itu juga ada ada juga kelebihan dari pembelajaran video diatas yang dimana kelebihan tersebut dapat dilihat ketika: guru menyuruh siswa untuk keluar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar kelas dan melakukan kegiatan praktek bagaimana kita menentukan arah mata angin dengan benar sehingga siswa lebih semangat. Yang kemudian guru menanyakan apa manfaat bagi siswa ketika mengetahui bagaimana cara menentukan arah mata angin.
3. Yang menjadi hal unik dalam pembelajaran video diatas yaitu guru dalam menggunakan media pembelajaran sangat unik karena menggunakan dan memanfaatkan anggota tubuh sebagai media pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran.
Nama : Fardiyani
NIM : 85726809
UPBJJ : UT Jakarta
Setelah menyimak video tersebut terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi dari sudut pandang pengajar.
Pada awal pembelajaran, baiknya guru memberikan apersepsi terlebih dahulu serta menjelaskan manfaat dari kegiatan yang akan dipelajari saat itu.
Guru juga sebaiknya mengawali pembelajaran dengan menjelaskan apa itu mata angin, manfaat dan bagaimana menentukan letak suatu tempat terhadap mata angin sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
Selain itu guru sebaiknya menegur siswa yang mengolok siswa lain yang salah dalam menjawab.
Namun guru sudah memberikan pendalaman dan penjelasan yang mudah untuk dipahami siswa dengan membawa mereka keluar dan mempelajari mata angin secara sederhana.
Demikian
Terima kasih
Baik Terima kasih ya Pak π
Nama : DARMAWAN HALAWA
NIM : 856061489
Baik Terima kasih ya pak π mohon izin berkomentar dan memberikan tanggapan berupa analisis saya dalam menonto Vidio pembelajaran Di SD khususnya pada Pembelajaran IPS, akan tetapi sebagai kesimpulan menurut Pendapat saya adalah :
1. Guru tidak hanya seharusnya memberikan pembelajaran di dalam kelas akan tetapi guru dapat memberikan perhatian kepada para siswa dengan cara pertunjukkan melalui gerakan di sebuah lapangan untuk bisa menerapkan secara nyata kepada siswa arah mata angin yang sangat bisa di pahami anak untuk lebih memperluas wawasan pengetahuan anak didik, sehingga siswa dengan guru dapat berkomunikasi dan menarik perhatian siswa.
Kedua : menurut pembelajaran dan cara menyampaikan materi pembelajaran terhadap siswa sangat cocok karena pada dasarnya seorang guru harus lebih memahami dan sikap dan menguasai perilaku anak dalam memberikan semangat dalam belajar, sehingga siswa tidak terkendala dan merasa berani berteman dengan guru.
Demikian saja pak sebatas analisis saya sebagai tujuan utama : pembelajaran yang memberikan motivasi bagi siswa sangat mudah di pahami boleh peserta didik jika seorang guru memiliki ke profesional dalam menghadapi keanekaragaman sikap dan perilaku siswa…. ππΏ