silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Selamat sore
    Perkenalkan nama saya intan feronika waruwu
    Nim 859870766
    Menurut saya dalam video masih kurang karna pas awal pembelajaran guru tidak memberikan apersepsi atau pengulangan materi sebelumnya
    Guru langsung saja pada materi yg disampaikan.
    Alangkah lebih baik jika guru nya membuat atau menyusun RPP.

  2. Assalamualaikum,
    Nama : Huda Nur Rohmat
    NIM : 860030453
    UPBJJ : UT BANDUNG
    Setelah saya nonton video pembelajaran tentang arah mata angin ini, ada beberapa hal yang menurut saya masih kurang. Pertama, videonya langsung masuk ke isi pembelajaran tanpa ada pembukaan dulu. Biasanya kan ada salam, absensi, atau doa bareng dulu biar suasananya lebih siap. Di sini, bagian itu enggak kelihatan sama sekali.
    Lalu, guru juga langsung memberikan pertanyaan ke siswa tanpa menjelaskan dulu tentang arah mata angin itu apa. Seolah-olah siswa sudah harus paham duluan, padahal belum ada penjelasan dasarnya. Terus, di sepanjang pembelajaran juga enggak terlihat ada media bantu, misalnya gambar arah mata angin, kompas, atau alat peraga lainnya yang bisa bantu siswa lebih cepat paham. Yang cukup disayangkan juga, bagian penutupnya enggak ada, jadi pembelajarannya terasa tiba-tiba selesai tanpa ada rangkuman atau refleksi.
    Meskipun begitu, ada hal positif juga dari video ini. Guru mengajak siswa belajar di luar kelas, dan itu sangat bagus karena siswa jadi bisa langsung melihat dan merasakan posisi arah mata angin secara nyata. Belajar jadi lebih seru dan enggak membosankan.
    Sebagai saran, mungkin ke depannya guru bisa menyusun pembelajaran dari awal sampai akhir dengan lebih terstruktur. Mulai dari pembuka, penjelasan awal, kegiatan inti, sampai ke penutup. Kalau bisa juga ditambah alat peraga atau media visual yang sesuai, biar siswa lebih mudah menangkap materi. Dan yang paling penting, usahakan suasananya tetap fun dan santai supaya anak-anak makin semangat belajar.
    Terimakasih

  3. Nama: Yunita Sastra Praja
    Nim: 856794833
    Pokjar: Prabumulih
    Pembelajaran tentang mata angin memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak adanya salam sapaan dan absensi siswa, kurangnya media belajar pendukung, dan proses pembelajaran yang kaku dan kurang interaktif. Namun, kelebihan pembelajaran ini adalah siswa diajak eksplor secara langsung ke luar kelas untuk mempraktekkan arah mata angin, sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Solusi yang dapat dilakukan adalah guru melakukan evaluasi dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran yang menarik dan kreatif. Selain itu, guru juga perlu menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain kepada siswa.

  4. Setelah saya mengamati video ini, menunjukkan bahwa materi dan penyampaian oleh guru sudah baik, akan tetapi terdapat kekurangan dalam hal pembukaan dan penutupan kelas. Guru tidak melakukan absensi kehadiran siswa dan berdoa, yang dapat mempengaruhi suasana kelas. Selain itu, suasana kelas terkesan kaku, seolah-olah sudah diatur sebelumnya, yang mungkin mengurangi interaksi alami antara guru dan siswa.

  5. Perkenalkan Nama Saya Unggul Prima Sakti
    NIM : 856052956
    Pokjar Pakpak Bharat..
    Berdasarkan Video tersebut setelah saya amati.
    kekurangannya diawal pembelajaran wajah gurunya seperti serius sekali dan kurang senyum sedikit, dan diawal masuk langsung membuat pertanyaan yang lumayan sulit.
    Setelah itu untuk membuat anak lebih menarik pembelajarannya solusi diambil guru tersebut sudah baik.
    Kelebihannya dalam praktek langsung saat mengajar anak anak berarti ada umpan balik sehingga dalam mengingat topik pembelajarannya yang dapat mempermudah siswa mengetahui dan mengingat pelajarannya.

    Sebagai solusi tambahan.. alangkah baiknya kalau guru tersebut boleh menggunakan media pembelajaran lebih baik lagi seperti manampilkan sebuah video denganenggunakan infokus.

  6. Nama : Lenis Putri Waruwu
    NIM : 859881214
    Salut : Damai Idanogawo
    Berdasarkan video yang telah saya amati, Menurut pendapat saya pada proses pembelajaran tersebut tidak adanya salam sapaan, bertanya kabar, absensi siswa, saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang mata angin dan kurangnya media belajar pendukung misalnya disediakannya kompas atau gambar-gambar. Penjelasan guru disampaikan dengan ringan dan mudah dipahami peserta didik sehingga meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan menambah pemahaman siswa. Sehingga menurut saya solusi yang dapat dilakukan dari video tersebut yaitu guru harus melakukan evaluasi jangan tertinggal untuk melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup saat pembelajaran.

  7. Nama :Elda Septiani
    Nim :855746252
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya dalam video tersebut:
    -Tidak ada pendahuluan
    -Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan langsung memberi pertanyaan cukup sulit bagi siswa.
    -Tidak menggunakan media pembelajaran.
    Kelebihan video tersebut :
    -Guru melakukan praktek belajar diluar ruangan sehingga mendapatkan suasana belajar yang berbeda.
    -Siswa memahami apa yang guru sampaikan dan terjadi umpan balik dalam pelajaran.

  8. Nama : Erisna Tiara Wahyuni
    Nim : 859546094

    Setelah saya mengamati video ini, menunjukkan bahwa materi dan penyampaian oleh guru sudah baik, akan tetapi terdapat kekurangan dalam hal pembukaan dan penutupan kelas. Guru tidak melakukan absensi kehadiran siswa dan berdoa, yang dapat mempengaruhi suasana kelas. Selain itu, suasana kelas terkesan kaku, seolah-olah sudah diatur sebelumnya, yang mungkin mengurangi interaksi alami antara guru dan siswa.

  9. Nama : Unggul Prima Sakti NIM 856052956 UPBJJ : Medan.
    Ijin saya ingin menyampaikan pendapat saya mengenai video pembelajaran dalam video ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin “. Dalam video terlihat peserta didik antusias terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Adapun video pembelajaran tersebut yaitu sebaiknya saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru melakukan semua tahapan tahapan pembelajaran kegiatan pendahuluan, inti dan juga penutup. Selain memperlihatkan tahapan tahapan pembelajaran, guru diawal langsungembuat pertanyaan yang agak sulit, akan tetapi solusi yang dilakukan sangat baik saat guru mengajak siswa keluar dan mempraktikkan langsung, yang membuat siswa terpancing lewat pertanyaan yang diberikan lagi sehingga ada umpan balik yang bagus.

  10. Nama: Nurin Amelia
    NIM : 858081447

    1. Dari pengamatan video yang di tampilkan anak-anak Tampak antusias dalam mengikuti pembelajaran yang di berikan, adanya umpan balik yang di lakukan saat pembelajaran berlangsung ini menunjukan bahwa pengolahan kelas sudah sangat baik.

    2. Terdapat beberapa kekurangan dalam pembelajaran seperti tidak adanya tahapan kegiatan awal pembelajaran yang di berikan guru seperti salam pembuka, berdoa sebelum memulai pelajaran, dan salam penutup.

    3. Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki dari pembelajaran berlangsung yaitu guru mempunyai metode pembelajaran dengan mengajak anak untuk belajar Langung dengan lingkungan untuk menentukan arah angin, dan tercapainya tujuan pembelajaran yang diberikan dan anak cepat memahaminya.

    4. Hal unik yang di temukan dalam pembelajaran tersebut ialah guru mengajak seluruh siswa keluar kelas untuk mempraktekkan Langung arah mata angin.

    5. Dari video upaya yang harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dapat menyediakan alat peraga pendukung dan bise menggunakan video pembelajaran seperti infokus agar pembelajaran bisa menjadi lebih menarik perhatian anak.

Leave a Reply