silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama : Dewi Masitoh
    NIM : 860158376
    UPBJJ UT B.LAMPUNG

    Dari video diatas menyajikan situasi nyata di mana siswa mengalami kesulitan dalam menentukan arah mata angin dan membaca peta lingkungan sekitar. Lalu guru mengajak siswa keluar kelas untuk dapat menentukan arah mata angin di lingkungan sekitar.
    Kelebihannya guru menerapkan strategi pembelajaran yang sederhana dengan melakukan pendekatan seperti mengamati posisi matahari terbit. Sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep arah mata angin.
    Kekurangan video tersebut adalah kurangnya elemen pembelajaran yang lengkap yang mencakup kegiatan pembukaan seperti doa sebelum belajar dan penutup Setelah pembelajaran selesai dan minimnya Interaksi langsung hal ini mengurangi kesempatan bagi siswa untuk bertanya atau mendapatkan klarifikasi secara langsung selama proses pembelajaran. Saran perbaikan bisa dengan menambahkan pembukaan dan penutupan lalu bisa dengan membuat lagu agar anak2 juga mengingat semua arah mata angin.

  2. Nama : Erna
    Nim : 856082325
    Prodi: PGSD S-1
    Semester 8 UPBJJ UT Batam
    Setelah saya menonton dan mencermati video di atas yang berjudul, Ärah mata angin” .
    Kelebihan dari video di atas yaitu guru mengajak murid keluar kelas untuk mempraktikan langsung dalam menentukan arah mata angin dengan hal ini memudahkan murid lebih cepat mengerti arah mata angin, dengan adanya praktik langsung seperti itu membuat murid lebih tertarik dan senang dalam mengikuti pelajaran. Guru juga memberikan apresiasi kepada murid yang bisa menjawab pertanyaan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperbaiki atau kelemahan dalam video tersebut yaitu guru tidak menggunakan alat peraga media seperti kompas atau gambar arah mata angin agar membantu murid dalam memahami materi pelajaran.

  3. Nama : Hasna’ Mu’afa Rofifah Mukarrom
    Nim : 857838779

    Dari vidio tersebut guru tidak melakukan pendahuluan, selain itu guru tidak melakukan pengkondisian kelas sehingga anak-anak belum fokus. Setelah itu guru langsung mengajak mereka untuk membahas materi yang belum pernah dijelaskan sehingga anak-anak terlihat bingung.
    Pada vidio yang selanjutnya menampilkan pembelajaran yang baik dan menarik. Siswa diajak untuk belajar secara langsung diluar kelas sehingga mereka dapat langsung memahami arah mata angin. Guru juga memberikan ruang bagi siswa untuk praktik secara langsung dan diskusi mengenai materi arah mata angin. Guru juga memberikan apresiasi untuk memotivasi belajar siswa.

  4. Nama dan Nim : 856671253 Dahliana sukmasari.

    izin memberi ulasan terhadap vidio dengan mapel IPS , topik bahasan belajar mudah menetukan arah mata angin..
    Setelah menonton vidio sampai habis ada kelebiha dan kekurangani guru yang di dalam vidio.

    1. Guru belum sempurna dalam tahapan-tahapan dalam mengajar guru tidak melalukan pembukaan dan penutup dalam mengajar dan langsung kepada kegiatan inti dalam mengajar.
    2. kedua metode yang digunakan adalah metode langsung memperagakan dan ini sudah sangat cocok untuk anak2t senanng jika diajak belajar sabil mempragakan. langsung arah mata anggin.
    tapi guru tidak menampilkan bagaimana guru menyampaikan materi.
    3. bahasa dan intonasi guru masih sangat pelan dan kurang menarik perhatian anaak..
    Sekian yang dalam saya sampaikan terimakasih

  5. Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa guru tersebut mengajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran ini bisa membantu siswa dalam belajar dan menguasai pelajaran, terbukti, dari kegiatan langsung siswa mampu meningkatkan hasil belajar dengan mudah dan siswa lebih fokus untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tentang arah mata angin tersebut

  6. nama: Teddy syahrama
    nim : 857006761
    menurut saya penting bagi siswa mengetahui arah mata angin Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa guru tersebut mengajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran ini bisa membantu siswa dalam belajar dan menguasai pelajaran, terbukti, dari kegiatan langsung siswa mampu meningkatkan hasil belajar dengan mudah dan siswa lebih fokus untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tentang arah mata angin tersebut

  7. Nama : Chairun Nisa
    Nim : 855854413
    Updjj/Pokjar : Medan / Labusel

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kelebihan.
    1. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran berlangsung dengan menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yakni tentang mata angin.
    2. Guru telah memberikan pembelajaran yang bermakna seperti guru mengajak siswa keluar untuk belajar tentang menetukan arah mata angin.
    3. Guru memberi kan penjelasannya yang sesuai dengan kemampuan pemahaman siswa dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin.

  8. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Updjj/Pokjar: Medan / Labusel

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.

    Kelebihan yang terdapat dalam Video tersebut:
    1. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran berlangsung dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yaitu tentang mata angin.
    2. Guru telah memberikan pembelajaran yang bermakna seperti guru mengajak siswa keluar untuk belajar secara langsung tentang menetukan arah mata angin.
    3. Guru memberi kan penjelasannya yang sesuai dengan kemampuan pemahaman siswa dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin, serta mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran seperti siswa bersama ” menyebut kan apa manfaat pembelajaran yang di lakukan, serta guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan arah mata angin nya hal ini akan membuat siswa lebih memahami tentang materi pembelajaran yang di ajarkan oleh gurunya.

  9. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Updjj/Pokjar: Medan / Labusel

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.

    Kelebihan yang terdapat dalam Video tersebut:

    1. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran berlangsung dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yaitu tentang mata angin.
    2. Guru telah memberikan pembelajaran yang bermakna seperti guru mengajak siswa keluar untuk belajar secara langsung tentang menentukan arah mata angin.
    3. Guru memberi kan penjelasannya yang sesuai dengan kemampuan pemahaman siswa dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin, serta mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran seperti siswa bersama ” menyebut kan apa manfaat pembelajaran yang di lakukan, serta guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan arah mata angin nya hal ini akan membuat siswa lebih memahami tentang materi pembelajaran yang di ajarkan oleh gurunya.

    Saran dan perbaikan nya:
    1. Guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan membangun hubungan yang baik dengan siswa.
    2. Guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut, sehingga siswa dapat memahami apa yang diharapkan dari mereka dan dapat fokus pada tujuan pembelajaran.
    3. Guru sebaiknya membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya, sehingga siswa dapat memahami materi yang telah dipelajari dan dapat mengingatnya lebih baik.

  10. nama :putri novr dei gulo
    nim: 859885419
    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.

    Kelebihan yaitu dimana guru mengajak siswa keluar kelas untuk belajar sehingga mereka dapat langsung memahami pembelajaran secara jelas karena dipratekan secara langsung.

Leave a Reply