silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : nurisa linda khoirunnisa
Nim 858948065
Prodi pgsd S1
Upbjj : banyuwangi
Menurut saya, pembelajaran tentang cara mudah menentukan arah mata angin itu sangat penting dan sebaiknya dibuat sesederhana mungkin, apalagi untuk anak-anak atau pemula. Dengan metode yang praktis dan interaktif, orang bisa cepat memahami konsep arah tanpa harus mengandalkan alat seperti kompas.
Beberapa pendekatan yang bagus, misalnya:
Menggunakan Matahari: mengajarkan bahwa matahari terbit di timur dan terbenam di barat, sehingga bisa memperkirakan arah saat pagi atau sore.
Menggunakan bayangan: misalnya dengan teknik tongkat dan bayangan, di mana bayangan pertama dan kedua bisa membantu menentukan timur dan barat.
Menghafal dengan bantuan akronim: seperti “Timur – Selatan – Barat – Utara” searah jarum jam (sering disingkat T-S-B-U atau dalam bahasa Inggris N-E-S-W).
Kalau pembelajarannya dibuat menarik, misal lewat permainan atau praktek di luar ruangan, biasanya lebih cepat dipahami.
Mau sekalian aku buatin contoh metode belajar atau media sederhana buat ngajarin ini?
Menurut pendapat saya, pada vidio pembelajaran ini guru tersebut telah melakukan pembelajaran yang baik dengan melibatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajarannya. Tetapi, kekurangannya tentu juga ada seperti tidak ada pendahuluan, membaca doa, menyapa siswa, tujuan pembelajaran dan juga kesimpulan pembelajaran.
Nama : Nur Ana
Nim : 859774618
Pokjar : Rarowatu Utara
Mohon izin🙏
Video “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” memperlihatkan proses pembelajaran yang menarik dan interaktif, namun juga mengandung beberapa kekurangan yang penting untuk diperhatikan demi meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan.
Salah satu kekurangan utama dalam video ini adalah kurangnya pembukaan dalam pembelajaran. Guru langsung masuk ke materi inti tanpa melakukan salam, sapaan, atau kegiatan pendahuluan lainnya. Dalam sebuah pembelajaran yang baik, pembukaan memiliki peranan penting. Salam atau kegiatan pendahuluan bukan hanya sebagai formalitas, tetapi juga berfungsi untuk membangun hubungan emosional antara guru dan siswa, menyiapkan siswa secara mental untuk belajar, serta memberikan gambaran umum tentang apa yang akan dipelajari. Ketiadaan bagian ini membuat suasana belajar terasa kurang terstruktur dan siswa mungkin belum sepenuhnya siap untuk langsung menerima materi baru.
Meskipun demikian, kelebihan dalam video ini sangat menonjol dan patut diapresiasi. Guru menunjukkan kreativitas tinggi dengan menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan kontekstual. Guru tidak hanya memberikan penjelasan secara teori di dalam kelas, tetapi langsung mengajak siswa keluar ruangan untuk belajar secara langsung di lingkungan sekitar. Pendekatan ini membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan menarik, sekaligus memberikan pengalaman nyata kepada siswa.
Kegiatan belajar di luar ruangan ini juga memperkuat keterampilan observasi siswa dan mengembangkan pemahaman mereka terhadap konsep arah mata angin dalam situasi nyata. Mereka tidak hanya belajar secara abstrak, tetapi benar-benar mengalami dan menerapkannya di lingkungan sekitar mereka. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami, lebih berkesan, dan lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Terimakasih 🙏🙏
Nama : Resa Wiranti
Nim : 859773118
Pokjar : Rarowatu Utara
Video pembelajaran : “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Dalam video pembelajaran tersebut, Tampak guru tidak memulai kelas dengan pendahuluan menyapa siswa, memberikan salam, tidak berdoa sebelum belajar dan tidak melakukan absensi,serta tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari.Dalam pembelajaran tersebut guru penyampaian materi kurang efektif karena guru langsung ke inti pembelajaran tanpa memberikan siswa gambaran tentang arah mata angin atau menuliskan di papan tulis,sehingga pada saat siswa di tanya jawaban siswa tidak ada yang benar, guru juga tidak memberikan teguran kepada siswa pada saat siswa menteriaki temannya yang salah sehingga bisa menimbulkan ketidak kepercayaan diri siswa.
Cara memberikan materi tentang arah angin yang di laksanakan di luar kelas sangat efektif karena mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran dan memiliki semangat untuk mengetahui pembelajaran,tetapi di akhir pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan akhir (penutup)
Nama : Resa Wiranti
Nim : 859773118
Pokjar : Rarowatu Utara
Video pembelajaran : “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Dalam video pembelajaran tersebut, Tampak guru tidak memulai kelas dengan pendahuluan menyapa siswa, memberikan salam, tidak berdoa sebelum belajar dan tidak melakukan absensi,serta tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari.Dalam pembelajaran tersebut guru penyampaian materi kurang efektif karena guru langsung ke inti pembelajaran tanpa memberikan siswa gambaran tentang arah mata angin atau menuliskan di papan tulis,sehingga pada saat siswa di tanya jawaban siswa kurang tepat, guru juga tidak memberikan teguran kepada siswa pada saat siswa menteriaki temannya yang salah sehingga bisa menimbulkan ketidak kepercayaan diri siswa.
Cara memberikan materi tentang arah angin yang di laksanakan di luar kelas sangat efektif karena mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran dan memiliki semangat untuk mengetahui pembelajaran,tetapi di akhir pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan akhir (penutup)
“Terimakasih”
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Kelemahan dalam video tersebut adalah pada saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, guru tidak mengecek kehadiran siswa, kurangnya alat peraga yang dapat membantu menjelaskan materi tersebut.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Kelebihan yang terdapat dalam video guru mengajak siswa keluar kelas untuk secara langsung cara mengetahui arah mata angin sehingga memudahkan siswa siswi dalam menentukan arah mata angin
Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
Hal unik yang saya temukan yaitu siswa siswi mempelajari arah mata angin dengan anggota tubuh
Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
Rencana yang dapat dilakukan yaitu mempersiapkan materi serta alat peraga yang lebih memadai sehingga dapat dengan mudah meningkatkan pengetahuan serta kemampuan anak dalam menentukan arah mata angin
Setelah saya melihat video pembelajaran di atas, menurut saya sudah tepat melaksanakan pembelajaran arah mata angina di luar kelas, anak-anak jadi tidak tegang dan lebih leluasa belajar. Bisa juga guru mengajak anak belajar di luar kelas, terus menyanyikan lagu arah mata angin, siswa disuruh menunjuk arah mata angin sambil menyanyikannnya. Atau guru sambil membawa gambar arah mata angin dan menyanyi bersama sambal menunjuk ke arah gambar mata angin tersebut. Demikian pendapat saya, teima kasih.
Nama: ARI WIJAYANTI
NIM: 877847299
Setelah saya melihat video pembelajaran di atas, menurut saya sudah tepat melaksanakan pembealjaran arah mata angina di luar kelas, anak-anak jadi tidak tegang dan lebih leluasa belajar. Bisa juga guru mengajak anak belajar di luar kelas, terus menyanyikan lagu arah mata angin, siswa disuruh menunjuk arah mata angin sambil menyanyikannnya. Atau guru sambil membawa gambar arah mata angin dan menyanyi bersama sambal menunjuk ke arah gambar mata angin tersebut. Demikian pendapat saya, teima kasih.
Nama : Vivin Nurwilda Yanti
NIM : 858924027
UPBJJ JEMBER
Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut menurut pendapat saya cara mengajar guru kurang maksimal, karena sebelum memulai pembelajaran baiknya ada awal/pembukaan seperti salam, menyampaikan materi, tujuan pembelajaran, kesepakatan kelas dan ice breaking.
Tetapi ketika guru tersebut menjelaskan menurut saya lebih mudah dipahami karena guru tersebut mempraktek an langsung dan anak anak juga semangat dan aktif, tetapi lebih baiknya lagi ketika mengajar menggunakan alat peraga/media pembelajaran seperti kompas atau arah mata angin, sehingga anak anak juga tidak bosan dan akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan.
Terimakasih.
Nama : Lista Sri Rahmawati
NIM : 857529014
Semester : 6
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : UT Bandung
Izin mengomentari video pembalajaran yang telah saya saksikan.
Didalam video tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang mengajarkan arah mata angin kepada peserta didik sudah cukup baik. Tentunya dalam video tersebut juga terdapat kelebihan dan kekurangan.
Adapun kelebihan dalam video tersebut, ibu guru sudah sangat baik dalam menyampaikan maksud materi yang dia ajarkan, memberikan penjelasan yang sangat jelas dan juga praktek langsung secara sederhana.
Adapun kekurangan dari video tersebut diantaranya yaitu pemberian apresiasi kepada anak mungkin harus lebih ditingkatkan lagi meskipun jawaban dari peserta didik ada yang salah tapi diberikan dulu apresiasi agar anak lebih mudah untuk dibenarkan. Lalu kekurangan selanjutnya yaitu mungkin pada saat pemberian contoh arah mata angina bisa lebih bervariasi lagi, seperti memberikan penjelasan terkait arah wajah utara dan punggung badan arah adalah selatan harus lebih konkret lagi Karena ketika di posisi yang sama tapi membalikkan badan maka akan secara otomatis pemikiran anak akan kedistreck mengenai arah yang semula sebelum membalikkan badan selatan tapi setelah membalikkan badan menjadi selatan.
Sekian tanggapan dari saya untuk video tersebut.