Sinopsis

Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.

Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Ary Purwantiningsih

Tampilan Video secara umum cukup menarik karena topiknya adalah cara mengatasi pembelajaran PKn untuk berlatih mengemukakan pendapat di depan umum, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi.

Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh, contoh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, guru langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk mewawancarai seorang pejabat seperti kepala sekolah dan lurah. Tayangan ketika siswa melakukan wawancara tidak di tampakan, tahu-tahu setiap kelompok memberikan laporannya, laporan itupun hanya terbatas beberapa kata.

Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan wawancara di luar kelas. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi.

Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang utuh atau sempurna ketuntasannya dan perlu penggiringan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapatnya

Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.

Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajiannya.

Drs. Sriyono, M.Hum.

Similar Posts

49 Comments

  1. Forum Diskusi FKIP / GPO
    Video Pembelajaran Tema “Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum”
    Oleh : Asep Awaludin Ramdani / 041684633
    Prodi PPKn

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawaban :
    Dalam keadaan siswa yang ketika diberikan pertanyaan tidak merespon, disaat itulah guru dituntut berupaya untuk mencari strategi lain agar keaktifan siswa dapat terlatih. Strategi dengan menjadikan siswa menjadi beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari sumber informasi, disaat itu siswa mulai tergerak untuk dapat aktif dibandingkan dengan keadaan sebelumnya yang banyak diam tidak merespon.
    Dapat dimaklumi jika siswa kesulitan dalam mengemukakan pendapat, salah satunya adalah kurangnya literasi membaca dari para siswa. Semakin sedikit literasi membaca dari para siswa, semakin sedikit pula informasi yang dimiliki untuk dijadikan bahan keaktifan seorang siswa. Begitu pula sebaliknya, jika seorang siswa banyak membaca, besar kemungkinan siswa tersebut akan banyak mendapatkan informasi yang dapat dijadikan bahan dalam keaktifan belajar.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawaban :
    Menurut saya metode yang digunakan guru tersebut sudah efektif, metode tersebut menjadikan siswa merasa memiliki peran masing-masing dalam belajar sehingga keaktifan belajar terjadi. Dibandingkan metode sebelumnya yang terlihat tidak ada respon dari siswa terkait pertanyaan yang diajukan oleh guru. Walaupun kalau berkomentar dari kesempurnaan video pembelajaran tersebut, terlihat kurang sempurna karena bagian bagian atau tahapan pembelajaran yang dilakukan kurang terekspose.

  2. Tugas diskusi GPO
    Video embelajaran “mengemukakan pendapat di muka umum”
    Nama : Annavisatussyifa Rakhma
    NIM : 044133219
    Prodi : Ppkn

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Pada video tersebut strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapat di muka umum adalah dengan cara diskusi kelompok, yang mana siswa di bagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari beberapa anggota. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Diskusi kelompok ini dapat memicu keaktifan para siswa di kelas karena memiliki pendapat atau jawaban yang beragam dari setiap kelompoknya. Bukan hanya akan tumbuhnya keaktifan antar kelompok, tetapi pada saat diskusi kelompok dilaksanakan juga akan menumbuhkan keaktifan siswa. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki tugasnya masing-masing namun pada sesi diskusi mereka akan saling bertukar informasi dan pendapat. Secara tidak langsung kegiatan diskusi kelompok tersebut sudah mempraktikan materi pada pembelajaran tersebut. Yang kemudian jawaban yang sudah disepakati akan dikemukakan lagi di muka umum yang lingkupnya lebih besar. Hal ini dapat melatih Keberanian, kemandirian, dan kepercayaan diri setiap siswa akan jawaban dan pendapat yang mereka kemukakan.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Metode yang diterapkan oleh guru pada video tersebut sudah cukup efektif untuk membangun keaktifan siswa, yang mana dalam pembelajaran dengan strategi diskusi kelompok akan lebih banyak melibatkan keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Melalui tugas yang diberikan oleh guru tersebut juga salah satu metode untuk membangun Keberanian, kerja sama dan sikap percaya diri siswa dalam berinteraksi baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini terlihat perbedaannya ketika awal pembelajaran dan pada pembelajaran selanjutnya. Salah seorang anggota kelompok melaporkan hasil diskusi yang kemudian disimak oleh para siswa lainnya. Keaktifan siswa setelah melakukan diskusi kelompok jauh lebih baik daripada sebelumnya

  3. Tugas diskusi GPO
    Video pembelajaran mengemukakan pendapat di depan umum
    nama:nurmawati
    nim:044361724
    prodi:PKN
    Dalam melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat di depan umum guru hendaknya membuat forum kecil yang terdiri dari 3 siswa misalnya,sehingga siswa sedikit demi sedikit mampu mengemukakan pendapatnya di depan teman-temannya.Diharapkan siswa jadi terbiasa mampu mengemukakan pendapat di forum yang lebih besar.
    Hasil menyimak video di atas metode yang diterapkan guru sudah cukup efektif dengan memotifasi siswa untuk bertanya kepada pihak responden sehingga siswa di tuntut untuk menyampaikan hasil wawancaranya dan terbukti siswa mampu.

  4. Assalamualaikum
    Nama Windi Tri Suprianti
    NIM 044584715
    1. Strategi pembelajaran Point Counterpoint adalah suatu pendekatan dan proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berargumen (mengajukan ide-ide, dan gagasan-gagasan) secara mendalam mengenai berbagai isu dan persoalan yang muncul atau sengaja dimunculkan dengan tujuan untuk memberikan dorongan kepada siswa untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

    2. Cukup Efektif untuk melakukan pembelajaran yang aktif

  5. Assalamualaikum wr. wb.
    Semoga semuanya senantiasa sehat dan bahagia,
    Saya Ucu Saeful Uyun,
    NIM : 031229416
    Prodi : PPKn
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum adalah dengan membentuk kelompok untuk dapat berlatih mengemukakan pendapat, salah satu metodenya adalah membentuk kelompok antar siswa minimal 4 orang untuk belajar metode belajar debat antar kelompok siswa dalam kelas tersebut, dengan belajar seperti itu siswa akan terstimulasi untuk dapat berbicara dan mengemukakan pendapatnya.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    sudah efektif tapi belum maksimal, dikarenakan guru tersebut dalam pendahuluan sedikit kaku, appersepsinya kurang dan guru sedikit kurang menstimulasi siswa agar lebih tertarik lagi dalam mengemukakan pendapatnya.

    terima kasih
    wassalamualaikum wr. wb.

  6. Nama : Tolkha Khuriza
    NIM : 044139488
    Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    1. mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapat bisa di coba dengan sebelum siswa mempresentasikan di depan kelas siswa untuk menyampaikan pendapatnya masing masing di kelompok tersebut dan setiap anak di setiap kelompok bergilir untuk menyampaikan pendapat dan pembagian kelompok d tentukan guru dengan di acak tidak monoton (yang bisa dengan yang bisa yang tidak bisa dengan yang tidak bisa) dengan begitu menutrut kami siswa yg kurang mampu menyampaikan pendapat akan sedikit belajar dengan teman yang sudah bisa mengeluarkan pendapat
    2. saya sangat suka dengan metode menyampaikan pendapat tersebut, pengalaman kami metode tersebut sangat membantu kekreatifab siswa sehingga siswa bisa menyampaikan apa yang menjadi kendala dalaman pemahaman bisa di sampaikan kepada teman kelompok terlebih dahulu sebelum di sampaikan ke guru.

  7. Nama : Ari Wibowo
    NIM : 042444878
    Prodi : S1 PKN

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya
    Strateginya dengan membentuk diskusi secara berkelompok dan diberi masing masing peran untuk wawancara atau berkomunikasi dengan tugas masing masing. Alasannya memberikan rangsangan untuk berkomunikasi terutama dengan orang terdekat dulu.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Metode guru sudah efektif dalam hal ini siswa berkolaborasi dengan teman membentuk kelompok, wawancara dengan orang terdekat, hasilnya dipresentasikan di depan kelas dan itu bisa.

  8. Nama : Rabiah Zahratul Jannah
    NIM : 044358267
    Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    Bismillah, izinkan saya untuk mengemukakan pendapat saya :
    1. Salah satu strategi yang dapat kita lakukan adalah dengan mengelompokan siswa dengan terdiri dari 5 orang setiap kelompok nya. Agar siswa dapat menguasai materi dengan sama sama, dan berlatih mengemukakan pendapatnya di depan teman nya, sebelum di kemukakan didepan guru. Sehingga siswa akan tampil berani karna sudah menguasai materi yang telah disiapkan. Karna bisa jadi kesulitan untuk mengemukakan pendapatnya di depan umum karna tidak menguasai materi atau tidak ada gambaran seputar materi yang akan dibahas. Maka dari itu guru dapat memberitahukan materi yang akan dipelajari siswa nanti dipertemuan yang akan datang, supaya siswa membaca seputar materi dasar yang akan dibahas pekan depan.
    2. Menurut saya sudah efektif sang guru mengelompokan siswa, agar siswa tampil lebih berani. Karna bisa jadi alas an mengapa siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya, karna merasa kurang percaya diri. Dengan adanya kelompok siswa menjadi lebih berani karna sudah mendiskusikan apa yang akan mereka sampaikan.

  9. Nama : Rabiah Zahratul Jannah
    NIM : 044358267
    Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Bismillah, izinkan saya untuk mengemukakan pendapat saya :
    1. Salah satu strategi yang dapat kita lakukan adalah dengan mengelompokan siswa dengan terdiri dari 5 orang setiap kelompok nya. Agar siswa dapat menguasai materi dengan sama sama, dan berlatih mengemukakan pendapatnya di depan teman nya, sebelum di kemukakan didepan guru. Sehingga siswa akan tampil berani karna sudah menguasai materi yang telah disiapkan. Karna bisa jadi kesulitan untuk mengemukakan pendapatnya di depan umum karna tidak menguasai materi atau tidak ada gambaran seputar materi yang akan dibahas. Maka dari itu guru dapat memberitahukan materi yang akan dipelajari siswa nanti dipertemuan yang akan datang, supaya siswa membaca seputar materi dasar yang akan dibahas pekan depan.
    2. Menurut saya sudah efektif sang guru mengelompokan siswa, agar siswa tampil lebih berani. Karna bisa jadi alas an mengapa siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya, karna merasa kurang percaya diri. Dengan adanya kelompok siswa menjadi lebih berani karna sudah mendiskusikan apa yang akan mereka sampaikan.

  10. Nama : Warsadi
    NIM : 044360722
    Prodi : S1 PKN
    Upbjj : UT Bandung

    Pertanyaan pemicu :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

    jawab :
    Banyak strategi dan metode belajar yang bisa dilakukan seorang guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menemukakan pedapatnya , diantaranya :
    1. Metode Jigsaw
    2. Metode Wawancara / interview
    3. Metode Talking stick
    dan masih banyak lagi metode atau strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di video tersebut sudah sangat efektif, dengan mengajak siswa agar aktif bertanya sebagai pe wawancara, karena tugas pewawancara harus bertanya, dengan sendirinya siswa itu secara tidak langsung dipaksa untuk bertanya.

    terimakasih

Leave a Reply