Similar Posts
Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan…
Membuat Slogan Bergambar
Sinopsis Seorang guru bahasa yang mengajarkan membuat slogan, guru memperagakan bagaimana jika pembelajaran slogan itu dilakukan dengan cara yang tidak benar, misalnya diawali dengan menunjukkan beberapa gambar dan satu contoh slogan. Kemudian guru menjelaskan arti slogan dengan menyampaikan definisi slogan. Kegiatan selanjutnya guru memberi tugas kerja kelompok tiap kelompok beranggotakan 4 siswa untuk membuat slogan…
Penugasan Yang Bermakna
Sinopsis ~Sedang dalam perbaikan Artikel~ – Pakar Dosen Memberikan contoh penugasan yang bermakna. Video ini dibuka dengan tayangan tentang “Pemberian Tugas”, kemudian dilanjutkan dengan Presenter yang menjelaskan bahwa tugas harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran. Sepertinya yang dibaca oleh presenter tidak tepat/ sesuai benar dengan yang ditayangkan. Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai…
Mengajar dengan Atraktif Mengajar secara Konestekstual
Sinopsis Program membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada awal program ditampilkan seorang guru yang mengajar materi Gerak pada Tumbuhan dengan menggunakan media namun belum melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang atraktif. Solusi diberikan dengan memberikan contoh pembelajaran yang memperlihatkan guru yang membawa berbagai tanaman dan…
Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran dengan metode Cooperative Learning Type Giving Question and Getting Answer dimana dalam masa pembelajaran ini akan berlangsung lebih menarik dan bermakna karena guru melatih siswa agar memiliki kemampuan dan terampil dalam bertenya dan menjawab pertanyaan. Proses pembelajaran seperti ini akan menjadikan suasana bisa menjadi menarik sehingga siswa menjadi…
Kondisi Geografis dan Penduduk
Sinopsis Video ini berisi tentang penggunaan Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray dalam pembelajaran IPS di kelas VII. Metode ini sangat efektif digunakan untuk mengaktifkan siswa. Dalam video ini diberikan langkah-langkah pembelajaran Metode Cooperative Learning tipe two stay two stray sehingga siswa yang tadinya jenuh, bosan, menjadi lebih bersemangat. Anda ingin mengetahui bagaimana…
Nama : Noer Fitri
NIM : 048449461
Prodi : Pendidikan Fisika
Mengajarkan anak-anak tentang materi gelombang transversal memang tidaklah mudah karena materi gelombang ini merupakan materi yang abstrak sehingga umumnya siswa sulit untuk memahaminya.
Salah satu cara yang dapat membantu agar mereka dapat memahaminya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan sebaiknya melibatkan siswa berinteraksi langsung, memperoleh informasi dan menyimpulkan informasi menjadi sebuah konsep. Dalam video diatas peran guru sangat penting dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sebuah percobaan dengan alat sederhana agar siswa dapat memahami perbedaan arah rambat dan arah getar pada sebuah tali.
Alternatif lain agar siswa dapat memahami materi gelombang ini dengan menampilkan video-video atau animasi 2 dimensi atau 3 dimensi pembelajaran gelombang transversal.
Nama : YUNI NUR LAILI
NIM : 501333198
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat dilihat bahwa dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat lebih mudah memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dengan adanya percobaan sederhana ini siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan sehingga terkait materi gelombang longitudinal dan tranversal ini dapat dengan mudah dipahami. Sebagai guru kita harus memfasilitasi dan membimbing siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan. Karena siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga sebagai guru lebih memahami terkait karaktreistik siswa sehingga dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan.