Similar Posts
Apakah Metode Role Playing Dapat Meningkatkan Peran Aktif Siswa Dalam Model Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP melaksanakan pembelajaran sejarah perjuangan Diponegoro dengan cara bermain peran (role playing) yang dilaksanakan di luar kelas, dengan melibatkan siswa bermain perang-perangan antara pangeran diponegoro dengan jendral the kocle. Ary Purwatiningsih Pakar Dosen 1. Video ini dimaksudkan untuk membantu proses pembelajaran tentang kemampuan siswa dalam…
Model Guided Discovey Learning pada Materi Getaran dan Gelombang
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Keaktifan dan kemandirian siswa adalah salah satu kunci dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memanfaatan alat peraga ataupun laboratorium sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Di era teknologi, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar memudahkan siswa…
Penggunaan Metode Pengamatan Terhadap Teman Sendiri Tentang Prilaku yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Sinopsis Sinopsis Dalam tayangan ini, mencoba memberikan masukan/tips, bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi dengan topik prinsip ekonomi agar membentuk pola sikap atau prilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran akan dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Anda tertarik untuk mengetahui isi video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak Sucipto Pakar Dosen – Pakar…
Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran dengan metode Cooperative Learning Type Giving Question and Getting Answer dimana dalam masa pembelajaran ini akan berlangsung lebih menarik dan bermakna karena guru melatih siswa agar memiliki kemampuan dan terampil dalam bertenya dan menjawab pertanyaan. Proses pembelajaran seperti ini akan menjadikan suasana bisa menjadi menarik sehingga siswa menjadi…
Gerak Jatuh Bebas Akibat Gravitasi Bumi
Sinopsis Gerak jatuh bebas merupakan suatu gerak Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan percepatan gravitasi sekitar 9,8 m/s. Kecepatan dalam gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh percepatan gravitasi di wilayah tersebut serta waktu. Rekan Guru di manapun Anda berada, pemahaman terhadap gerak jatuh bebas sangat penting dikuasai oleh anak-anak siswa SMP. Namun, dalam kenyataan sering…
Evaluasi Yang Tidak Menyeluruh
Sinopsis Di awal tayangan video, rekan guru dapat menyaksikan seorang guru yang sedang memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Dalam video juga ditayangkan seorang guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan…
Nama : Noer Fitri
NIM : 048449461
Prodi : Pendidikan Fisika
Mengajarkan anak-anak tentang materi gelombang transversal memang tidaklah mudah karena materi gelombang ini merupakan materi yang abstrak sehingga umumnya siswa sulit untuk memahaminya.
Salah satu cara yang dapat membantu agar mereka dapat memahaminya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan sebaiknya melibatkan siswa berinteraksi langsung, memperoleh informasi dan menyimpulkan informasi menjadi sebuah konsep. Dalam video diatas peran guru sangat penting dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sebuah percobaan dengan alat sederhana agar siswa dapat memahami perbedaan arah rambat dan arah getar pada sebuah tali.
Alternatif lain agar siswa dapat memahami materi gelombang ini dengan menampilkan video-video atau animasi 2 dimensi atau 3 dimensi pembelajaran gelombang transversal.
Nama : YUNI NUR LAILI
NIM : 501333198
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat dilihat bahwa dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat lebih mudah memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dengan adanya percobaan sederhana ini siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan sehingga terkait materi gelombang longitudinal dan tranversal ini dapat dengan mudah dipahami. Sebagai guru kita harus memfasilitasi dan membimbing siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan. Karena siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga sebagai guru lebih memahami terkait karaktreistik siswa sehingga dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan.