Similar Posts
Menulis Puisi Bebas Dengan Media Gambar
Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Dalam awal pembelajaran, Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani. Media gambar tersebut dipilih guru berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan…
Penugasan Yang Bermakna
Sinopsis ~Sedang dalam perbaikan Artikel~ – Pakar Dosen Memberikan contoh penugasan yang bermakna. Video ini dibuka dengan tayangan tentang “Pemberian Tugas”, kemudian dilanjutkan dengan Presenter yang menjelaskan bahwa tugas harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran. Sepertinya yang dibaca oleh presenter tidak tepat/ sesuai benar dengan yang ditayangkan. Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai…
Mengatur Waktu Eksperimen
Sinopsis Program video ini berisi dua kegiatan pembelajaran Biologi kelas IX tentang eksperimen mikroorganisme dalam mengelola lingkungan. Pembelajaran pertama, memperlihatkan bagaimana kurangnya waktu yang digunakan guru untuk menugaskan siswa bereksperimen. Hal ini dikarenakan guru mengajak siswa memperagakan proses pembuatan kompos di halaman belakang sekolah secara berkelompok dengan menyiapkan alat dan bahannya. Setiap kelompok diberikan sampah…
Sikap Berontak
Sinopsis Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana. Asnah Limbong Pakar Dosen Penayangan Video ini bertujuan agar Guru dengan bantuan Guru…
Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam
Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di…
Belajar Memahami Terbentuknya Keseimbangan Pasar Dengan Grafik
Sinopsis Tidak semua materi bisa disampaikan dengan salah satu metode tertentu misalnya metode ceramah. Pada video ini menggambarkan seorang guru menjelaskan keseimbangan pasar dengan menggunakan grafik. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara siswa diminta ke depan untuk memperagakan bagaimana membuat grafik /kurve permintaan dan penawaran. Kemudian meminta siswa untuk menggambarkan di papan tulis,…
Nama : Noer Fitri
NIM : 048449461
Prodi : Pendidikan Fisika
Mengajarkan anak-anak tentang materi gelombang transversal memang tidaklah mudah karena materi gelombang ini merupakan materi yang abstrak sehingga umumnya siswa sulit untuk memahaminya.
Salah satu cara yang dapat membantu agar mereka dapat memahaminya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan sebaiknya melibatkan siswa berinteraksi langsung, memperoleh informasi dan menyimpulkan informasi menjadi sebuah konsep. Dalam video diatas peran guru sangat penting dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sebuah percobaan dengan alat sederhana agar siswa dapat memahami perbedaan arah rambat dan arah getar pada sebuah tali.
Alternatif lain agar siswa dapat memahami materi gelombang ini dengan menampilkan video-video atau animasi 2 dimensi atau 3 dimensi pembelajaran gelombang transversal.
Nama : YUNI NUR LAILI
NIM : 501333198
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat dilihat bahwa dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat lebih mudah memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dengan adanya percobaan sederhana ini siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan sehingga terkait materi gelombang longitudinal dan tranversal ini dapat dengan mudah dipahami. Sebagai guru kita harus memfasilitasi dan membimbing siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan. Karena siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga sebagai guru lebih memahami terkait karaktreistik siswa sehingga dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan.