silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. nama: ira mirantika sari
    nim : 858164177
    prodi: s1 PGPAUD

    apa yang dilakukan guru pada video tersebut bagus sekali. dengan cara mengenalkan dari sisi positif juga dari sisi negatifnya juga. sehingga anak akan lebih aware dengan bahaya nya juga.
    selain itu kita bisa memberikan kegiatan diluar rumah juga agar anak tidak terpaku pada gadget. contohnya kegiatan fisik, bermain di luar, berenang, dll. selain itu kita bisa libatkan anak dalam kegiatan sehari-hari, contohnya: belajar menyapu, mencuci piring, ataupun melibatkan anak memasak. dengan begitu anak tidak akan terpaku pada gadget karena mereka mempunyai kegiatan yang lebih menarik.

  2. Nama : Dewi Hayyinatul Karimah
    NIM : 858941127
    Prodi : S1 PGPAUD
    Pokjar : Lumajang
    1. Pendapat saya mengenai video diatas adalah guru sangat baik dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang alat komunikasi : yaitu dengan menggali pengetahuan anak melalui tanya jawab serta dengan kegiatan tersebut anak dapat mengembangkan kemampuan bahasanya dengan baik. Dalam video tersebut guru juga menggali pengetahuan anak tentang manfaat dan dampak menggunakan gadget yang terlalu sering. Selain cara yang ada pada video,cara lain yang bisa dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan mengajakan anak menonton video fakta tentang anak yang sering melihat gadget atau dampak dari terlalu sering melihat gadget.
    2. Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget yaitu dengan cara bermain peran. Bermain peran sangat efektif sekali karena berhubungan dengan kehidupan sehari- hari yang dilakukan anak di rumah.
    3. Menurut saya guru dalam video ini sudah maksimal dalam pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini karena guru sangat aktif berkomunikasi dengan anak
    4. Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video di atas yang belum maksimal adalah guru belum tampak menyusun penjadwalan dan belum di komunikasikan kepada anak.

  3. Nama : Salsabila Farica
    NIM : 858448409

    Bismillahirrohmaanirrohiim
    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh
    izin menyampaikan pendapat vidio diatas terkait ”Cara Tepat Mengenalkan IT Pada anak”

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Jawab : Menurut pendapat saya terkait vidio diatas sudah cukup baik, karena guru tersebut ingin memberikan pemahaman kepada anak didiknya terkait bahaya orang yang kecanduan gadget, sebelumnya guru juga melakukan tanya jawab ke anak-anak terkait pengetahuan tentang gadget, sehingga anak dapat menyampaikan pendapat mereka tentang gadget, guru tersebut juga memberikan edukasi terkait gadget ke anak-anak melalui dengan cara bermain, sehingga anak merasa senang, karena untuk dunia anak TK, dengan mereka bermain itulah mereka belajar.

    2. Cara guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Jawab : Ketika anak-anak ingin pulang ke rumahnya masing-masing, guru dapat memberikan pesan ke anak terkait bahayanya orang yang kecanduan gadget, selain itu guru juga memberikan pemahaman ke mereka bahwa gadget untuk usia mereka masih tidak terlalu penting, guru juga dapat kenalkan fungsi dari gadget itu sendiri apa, dan berikan mereka solusi untuk anak agar dapat melakukan hal-hal positif lainnya ketika dirumah daripada bermain gadget, tentunya hal ini juga harus ada kerjasama anatara guru dan orangtua agar dapat berjalan dengan baik.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Jawab : Menurut pendapat saya, terkait vidio tersebut sudah cukup baik untuk meredam keinginan anak bermain gadget, tapi saran saya agar anak dapat lebih maksimal guru dapat memberikan contoh gambar orang yang kecanduan gadget, atau bisa juga melalui vidio sehingga anak dapat lebih tergambarkan bahayanya orang yang kecanduan gadget.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Jawab : Menurut saya, guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena anak dibiarkan untuk berkreasi sendiri tanpa dipaksa
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Jawab: Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video menurut saya sudah maksimal, pembelajaran berpusat pada anak, guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran tersebut

  4. Dian Risalati NIM:857847151

    1.Pendapat saya tentang vidio diatas adalah kepandaian guru dalam memahamkan anak hal-hal yang dapat ditimbulkan karena anak kebanyakan main gadget,guru juga mengajak anak untuk bijak dalam menggunakan gadget karena gadget juga bisa dimanfaatkan untuk belajar dan sebagai hiburan namun jika menggunakan gadget secara berlebihan akan merusak kesehatan tubuh.Maka dari itu guru mengajakmurid untuk mengurangi penggunaan gadget secara berlebihan.
    2.Cara agar anak agar tidak kecanduan bermain gadget yaitu dengan mengajak anak untuk memaiinkan permainan edukasi yang ada disekitarnya, mengalihkan perhatian anak supaya tidak bermain gadget,memahamkan anak tentang bahaya gadget jika digunakan secara berlebihan.
    3.Project guru untuk mematikan anak untuk mematikan kecanduan gadge adalah dengan mengalihkan anak pada permainan selain gadget, guru mengenalkan permainan edukatif yang menak bagi anak entah itu melalui permainan modern ataupun tradisional dan mengajak kerja sama engan orang tua untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, sehingga hasil bisa maksimal.
    4.Sikap guru dalam vidio tersebut sudah bagus dalam cara memahamkan murid akan bahaya gadget yang berlebihan ,serta mengajak anak untuk berperan aktif dalam pembelajaran, serta guru dapat mennjukkan permainan apa saja pengganti gadget yang bagus bagi pendidikan dan perkembangan anak.
    5.Tahapan yang belo maksimal pada guru adalah guru belum membangun tanya forum tanya jawab tentang bahaya gadget pada anak, dan guru serta guru belum memberi gambaran anak secara detail akan bahaya kecanduan gadget baik melalui gambar-gambar ataupun dalam bentuk vidio pembelajaran.

  5. Nama :Novi Puji Astuti
    NIM:857761361
    Prodi: PGPAUD-BI
    1. Video diatas sangat bermanfaat terutama untuk ayah bunda yang anaknya mengalami kecanduan gadget, dengan memberikan edukasi yang baik kepada anak, menjelaskan bahaya gadget kepada anak merupakan salah satu cara untuk dapat mengurangi penggunaan gadget.
    2. Cara agar anak agar tidak kecanduan bermain gadget yaitu dengan mengajak anak untuk memaiinkan permainan edukasi yang ada disekitarnya, mengalihkan perhatian anak supaya tidak bermain gadget,memahamkan anak tentang bahaya gadget jika digunakan secara berlebihan.
    3.Project guru untuk mematikan anak untuk mematikan kecanduan gadge adalah dengan mengalihkan anak pada permainan selain gadget, guru mengenalkan permainan edukatif yang menak bagi anak entah itu melalui permainan modern ataupun tradisional dan mengajak kerja sama engan orang tua untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, sehingga hasil bisa maksimal.
    4.sebenarnya dalam video ini tidak semua hal dapat dilihat apakah guru ini sudah maksimal memberikan pengasuhan, disini guru memberikan materi secara menyenangkan, kegiatan yang diberikan juga cukup menarik, guru juga memberikan kesempatan pada anak untuk tanya jawab, adanya komunikasi 2 arah, juga memberikan kesempatan pada anak untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya, tetapi untuk pengasuhan secara person to person belum terlihat dari video ini seperti memuji hasil karya anak, memberikan semangat kepada anak ketika mengalami kesulitan dalam kegiatan.
    5. Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru, menurut saya guru kurang memberikan pelajaran yang berdiferensiasi sehingga projek yang diberikan hanya 1 media yang diberikan kepada anak, jika bisa ditambah dan anak memilih mungkin lebih baik, sehingga anak bisa membuat media yang ia inginkan sesuai dengan keinginannya. Guru memberikan project untuk anak berkreasi dengan tema gadget, diawal guru mejelaskan tentang gadget dan ada sesi tanya jawab dengan anak, lalu guru menjelaskan bahaya gadget agar anak tidak kecanduan bermain gadget. setelah itu anak diberikan kebebasan untuk membuat gambar gadget sesuai dengan imajinasinya masing-masing. dan untuk puncaknya anak-anak membuat gadget bersama orangtua dari bahan-bahan yang telah ditentukan.

  6. Nama: Ihah Solihah
    NIM: 857486929
    Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menginspirasi dalam mengenalkan bahaya gadget pada anak usia dini.
    Kelebihan cara guru mengajar pada anak terlihat jelas pada saat guru menjelaskan kegiatan main pada anak dengan menggunakan media gambar yang jelas terlihat oleh semua anak.
    Sedangkan kekurangannya dalam hal penyediaan ragam main yang hanya 2 kegiatan, pembelajaran masih klasikal maksudnya anak melakukan kegiatan yang sama dalam 1 waktu, dan yang terakhir media, alat dan bahan yang disediakan untuk kegiatan main hanya kertas HVS dan crayon saja, sebaiknya guru menggunakan alat yang lebih beragam agar anak mempunyai pilihan untuk melakukan kegiatan mainnya.

  7. Jika saya guru tersebut strategi yang akan saya lakukan dalam perbaikan adalah menyediakan kegiatan minimal 3 ragam kegiatan main, menggunakan alat dan bahan yang lebih beragam untuk mengerjakan projek anak agar anak memiliki pilihan, anak diminta menceritakan pengalaman dalam membuat projek dan hasil karyanya.

  8. Nama : Mira Dwi Yanti
    NIM : 858163974
    Prodi : PG PAUD BI

    Menurut pendapat saya, video tersebut sudah bagus. Guru melakukan tanya jawab apa kegunaan handphone dan apa dampaknya jika terlalu sering bermain gadget, yang terpenting adanya kerjasama dengan orang tua. Dimana orang tua dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran anak dirumah agar anak-anak tidak kecanduan gadget, selain itu untuk membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak-anak mereka.
    Selain menggunakan Project Based Learning, guru bisa mengajak anak-anak untuk belajar diluar kelas, mengundang salah satu wali murid yang mempunyai profesi sebagai tenaga kesehatan untuk memberikan materi pada anak-anak.
    Pemberian project oleh guru pada video tersebeut cukup efektif jika orang tua juga memberikan respon yang positif dan mau untuk diajak bekerjasama, namun sebaliknya jika orang tua kurang merespon maka project tersebut kurang efektif.

  9. Setelah saya menonton, video tersebut sangat efektif dan juga sangat bermanfaat baik bagi orang tua maupun sesama pendidik. Dari video ini saya belajar banyak hal, tentang penanganan kecanduan gadget pada anak usia dini. Video nya pun mudah dipahami. Penjelasan dari video tersebut sangat jelas.
    Dalam video ini pun guru melibatkan orang tua, jadi bukan hanya di sekolah saja, tapi di rumah juga ada aturan agar anak tidak kecanduan gadget. Hal ini sangat lah penting bagi perkembangan anak, karena pihak sekolah dan orang tua sejalan.
    Dalam video ini pun guru sudah cukup maksimalkan perannya sebagai pendidik. Kegiatan yang diciptakan pun menarik perhatian anak.

  10. Nama : Tuti Anggraini
    Nim : 857159197
    Prodi : PGPAUD

    Assalamu’alaikum,

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai video diatas?
    Menurut pendapat saya, guru dalam video tersebut sudah bagus dalam menjelaskan dampak positif dan negatif akibat dari terlalu lama menggunakan gadget seperti mata bengkak dan sakit. Guru juga sudah tepat melakukan tanya jawab /berdiskusi dengan anak didik di awal pembelajaran menggunakan media gambar yang berkaitan dengan penggunaan gadget masa kini, selain melatih kemampuan berbahasa sekaligus juga anak diajak berpikir dalam memecahkan masalah tentang konsep sebab-akibat. Anak di stimulus agar menggunakan gadget dengan bijaksana dan bisa mengurangi jam pemakaian gadget tanpa emosi apa lagi keterpaksaan .

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget?
    Berikut adalah cara lain yang digunakan guru agar tidak kecanduan gadget adalah dengan memberikan tugas membaca buku cerita bersama mama atau papa dirumah, atau bisa juga mengalihkan dengan cara mengajak anak bermain di luar seperti membantu mama masak di dapur, main sepak bola, aktifitas fisik seperti olahraga bersama orang tua karena jika orang tua selalu menyediakan waktu banyak dengan anak, maka anak perlahan akan lupa dengan gadget selain itu juga menumbuhkan kedekatan antara anak dan orangtua.

    3. Apakah project yang diberikan guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Menurut pendapat saya project yang diberikan oleh guru sudah efektif dan tepat untuk meredam keinginan anak bermain gadget karena dengan adanya kerja sama dengan orang tua maka akan lebih mudah mencapai tujuan/target yang diinginkan dalam sebuah pembelajaran dalam hal ini meredam keinginan anak bermain gadget. Komunikasi yang baik dan support orang tua adalah hal utama yang sangat amat essential dalam meningkatkan perkembangan anak didik.

    4. Menurut Anda, apakah guru dalam video tersebut sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran usia dini?
    Menurut pendapat saya, guru sudah memaksimalkan peran pengasuhan melalui komunikasi dua arah antara guru dan anak didik di sekolah seperti adanya tanya jawab atau diskusi agar anak mengerti akan pengaruh dampak negatif jika kebanyakan bermain gadget salain itu bisa berpengaruh pada kesehatan juga seperti akan terkena radiasi dan menyebabkan mata minus atau bengkak.

    5. Tahapan apa dalam Project Based learning yang diterapkan guru dalam video yang menurut anda belum maksimal?
    Berdasarkan pendapat saya, guru sudah menerapkan Project Based learning dengan baik sudah tepat bagi anak usia dini, project yang sesuai dengan anak Usia Dini dalam meningkatkan kemampuan kreatifitas anak didik, namun hanya sedikit saja yang kurang maksimal di media pembelajarannya perlu ditambah dengan video yang sesuai dengan tema agar lebih menarik, mudah diterima anak-anak, dan menambah semangat belajar.

Leave a Reply