silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Nama : Nurul Oktafiani
    NIM : 857685057
    Prodi : PGPAUD

    Seseorang yang melek digital dituntut mampu memahami dunia digital dengan lebih dalam. Misalnya saja mampu membuat situs dan aplikasi sederhana, memahami hak-hak digital, menyadari bahaya internet, dan mengetahui cara agar tetap aman secara digital. Begitu besar pengaruhnya di masa depan, kita wajib mengajarkan hal ini kepada anak sejak usia dini. Harapannya, mereka akan tumbuh menjadi individu yang berwawasan dan berdaya dalam perkembangan teknologi di masa depan. Nantinya mereka bisa menggunakan teknologi secara efektif dan aman. Sebaliknya, anak bisa menjadi korban teknologi apabila hanya menjadi pengguna tanpa pemahaman yang memadai.

  2. Nama : Siti Anisyah
    Nim : 857184857
    Prodi : PGPAUD

    Salah satu faktor penyebab anak-anak menjadi kecanduan gadget, dan kurangannya penangan dari orang tua dan keluarga menjadikan perilaku tersebut semakin tertanam. Dari penanganan yang telah di lakukan Guru melalui metode based learning mendapatkan hasil yang baik yakni anak-anak lebih termotivasi untuk belajar,bersosialisasi, sadar akan fungsi dan kegunaan gadget yang sewajarnya, juga membuat anak menemukan ketertarikan dan hobi baru yang lebih menyenangkan dan lebih bermanfaat
    Guru disekolah juga dapat membimbing dan menuntun serta mengarahkan anak-anak pada suatu pemahaman konsep pemakaian gadget yang baik bagi anak.
    Cara mengatasi anak kecanduan gadget merupakan informasi yang sangat dibutuhkan orang tua akhir-akhir ini. Seperti diketahui, di masa modern ini
    perkembangan gadget terusmengarah ke arah yang lebih baik. Setiap hari terus bermunculan macam-macamgadget baru yang tidak mungkin tidak akan diketahui oleh anak-anak kita.
    Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak
    yaitu:
    1. Berikan batasan waktu dalam menggunakan gadget
    2. Ajak anak bersosialisasi dengan teman sebayanya
    3. Mendorong anak untuk aktif di berbagai kegiatan
    4. Berikan mainan dan kegiatan alternatif
    5. Ajak anak berdiskusi masalah sederhana
    6. Luangkan waktu untuk anak lebih banyak
    7. Jadilah panutan
    (Modelling

    Belum terlihat jelas guru memonitor Keaktifan dan Perkembangan Proyek, Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau perkembangan realisasi dan membimbing jika mengalami kesulitan.

    Bahan, alat, dan media yang dibutuhkan untuk membuat proyek diusahakan tersedia di lingkungan sekitar. dan diarahkan memanfaatkan bahan bekas/sampah yang tidak terpakai agar menjadi nilai guna.

  3. Nama : Qasna Fitriyanti
    Nim : 857847327
    Judul : Cara tepat mengenalkan IT Pada Anak (literasi digital)

    1. Menurut saya dalam video tersebut merupakan cara yang tepat dan baik dalam pengenalan literasi digital pada anak Dengan cara yang ada dalam video tersebut anak akan sembuh dalam kecanduannya bermain gadget. Karena sudah mengerti apa saja dampak buruk dari bermain gadget.
    2. Menurut saya ada cara lain yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi anak yang kecanduan dalam bermain gadget yaitu memberi jadwal anak dalam bermain gadget.
    3. Menurut saya project yang diberikan guru tersebut sudah cukup dalam meredam keinginan anak bermain gadget.
    4. Guru tersebut terlihat sudah cukup dalam pemberian pengasuhan kepada anak dalam melaksanakan pembelajaran yang baik.
    5. Dalam menyiapkan bahan, alat dan media menurut saya lebih bagus yang mudah didapatkan disekitar lingkungan tersebut dan seharusnya guru menjelaskan pula apa saja manfaat dari bahan-bahan tersebut .

  4. Nama : Ilham Awaludin Sidiq
    NIM : 858667227
    Prodi : PG PAUD

    1. Menurut saya dalam video tersebut merupakan cara yang tepat dan baik dalam pengenalan literasi digital pada anak Dengan cara yang ada dalam video tersebut anak akan sembuh dalam kecanduannya bermain gadget. Karena sudah mengerti apa saja dampak buruk dari bermain gadget.
    2. Menurut saya ada cara lain yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi anak yang kecanduan dalam bermain gadget yaitu memberi jadwal anak dalam bermain gadget.
    3. Menurut saya project yang diberikan guru tersebut sudah cukup dalam meredam keinginan anak bermain gadget.
    4. Guru tersebut terlihat sudah cukup dalam pemberian pengasuhan kepada anak dalam melaksanakan pembelajaran yang baik.
    5. Dalam menyiapkan bahan, alat dan media menurut saya lebih bagus yang mudah didapatkan disekitar lingkungan tersebut dan seharusnya guru menjelaskan pula apa saja manfaat dari bahan-bahan tersebut

  5. Nama : Ilham Awaludin Sidiq
    NIM : 858667227
    Prodi : PG PAUD

    1. Menurut saya dalam video tersebut merupakan cara yang tepat dan baik dalam pengenalan literasi digital pada anak Dengan cara yang ada dalam video tersebut anak akan sembuh dalam kecanduannya bermain gadget. Karena sudah mengerti apa saja dampak buruk dari bermain gadget. Ini penting dilakukan sebagai bentuk literasi kepada anak.

    2. Menurut saya ada cara lain yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi anak yang kecanduan dalam bermain gadget yaitu memberi jadwal anak dalam bermain gadget.

    3. Menurut saya project yang diberikan guru tersebut sudah baik dalam meredam keinginan anak bermain gadget.

    4. Guru tersebut terlihat sudah baik dalam pemberian pengasuhan kepada anak dalam melaksanakan pembelajaran yang baik.

    5. Dalam menyiapkan bahan, alat dan media menurut saya lebih bagus yang mudah didapatkan disekitar lingkungan tersebut dan seharusnya guru menjelaskan pula apa saja manfaat dari bahan-bahan tersebut

  6. Nama : YUSTINUS WANMA
    NIM : 859901126

    Menurut saya Project Best Learning Yang dilakukan oleh guru adalah hal sangat tepat dalam mengatasi/mengurangi kegiatan anak yang ketagihan dengan gawai ,juga pentingnya memberikan pemahaman kepada anak batasan penggunaan gawai dan dampak ketika menggunakan gawai secara berlebihan serta membatasi kegiatan anak dalam menggunakan gawai.

  7. Nama : Martha Anu
    Nim : 824414642
    Prodi : PG PAUD
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya vidio yang saya lihat sangat baik, di mana cara untuk mengurangi kecanduan anak untuk bermain Hp karena ada solusi untuk masalah yang dihadapi di era globalisasi ini dimana anak cenderung lebih berfokus dan betah dengan memegang gudget.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Seorang guru atau pengasuh anak banyak kreatif dalam membimbing anak tersebut bagaimana caranya agar anak melupakan bermain gadget. Dengan pengalaman yang saya alami di sekolah saya, Dalam lembaga kami tidak diperkenankan di saat KBM berlangsung guru memegang HP. Dari sudut itu juga anak-anak melihat apa yang kita lakukan.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    cukup efektif untuk sedikit meredam. Karna anak melihat langsung (dengan media gambar yang di print di kertas HVS) tentang fungsi alat komunikasi, serta dilakukan dengan bermain peran. Selain itu, guru juga memberikan penugasan bersama orangtua untuk di rumah dengan membuat ponsel dari kertas karton
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Menurut saya Ya, dengan membimbing, memimpin, serta mengelola pembelajaran dengan sangat baik
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya kurang maksimal, kerna di dalam vidio tadi guru tidak menjelaskan efek samping kecanduan bermain gadger, contohnya kalau berkelebihan main gadger menyebabkan mata rusak dan lai sebagainya.

  8. Nama : Widiarti
    NIM : 857759784
    Prodi : PGPAUD
    Pokjar : Kab. Semarang

    Setelah menyaksikan Video Cara tepat mengenalkan IT pada anak
    yang saya pelajari:
    1. Orang tua bekerja sama dengan guru untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang penggunaan IT (Handphone) yang benar bagi anak usia dini.
    2. Guru di sekolah mengajak anak bermain dengan kreatif sesuai imajinasi anak
    3. Guru mengajak anak untuk bermain bersama teman dengan bermain peran tentang penggunaan HP

  9. Nama : Oktriviani
    Nim : 857539957
    Prodi : PG PAUD
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya, video diatas sangat membantu anak yang ketergantungan bermain gadget . Video tersebut mencangkup informasi tentang pengaruh buruk ketergantungan gadget karena terlalu lama bermain gadget serta kemungkinan yang akan terjadi untuk anak didik menerima informasi mengenai pengaruh buruk terlalu lama bermain gadget seperti mata menjadi bengkak .Dan untuk mendalami masalah yang ada, Guru juga mengajak anak bermain peran sebagai orang tua untuk mempelajari alasan orang tua melarang anak untuk bermain gadget terlalu lama sehingga anak menjadi lebih berkesan dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Bisa melakukan dengan metode bercerita seperti bercerita menggunakan boneka tangan . Jadi kegiatan yang dilaksanakan akan lebih menyenangkan dan anak akan lebih menyerap apa yang kita sampaikan . Anak diberikan projek tugas dirumah yang harus didampingi oleh orang tua dengan bercerita dan nanti harus diceritakan kembali disekolah kepada guru
    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Kebersamaan antara anak dan orangtua dirumah merupakan salah satu bentuk yang paling efektif dalam memberikan pembelajaran kepada anak karena dapat membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Menurut saya project tersebut cukup efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget terbukti ketika salah satu orang tua wali murid tersebut membuktikannya menggunakan metode yang dilakukan guru tersebut.
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Menurut saya guru dalam video tersebut sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, dillihat dari guru melakukan pembelajaran selama dua hari. Hal ini menunjukkan bahwa guru ingin menggali potensi kreatifitas anak, guru memberikan materi secara menyenangkan, kegiatan yang diberikan juga cukup menarik, guru juga memberikan kesempatan pada anak untuk tanya jawab, adanya komunikasi 2 arah, juga memberikan kesempatan pada anak untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya,
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang belum maksimal adalah pada kegiatan inti yaitu guru tidak memberikan contoh cara melakukan (cara membuat) gadget dari karton terlebih dahulu dan pada kegiatan penutup , pada evaluasi pembelajarannya ,guru tidak menjelaskan bagaimana cara mengevaluasi hasil karya anak.

  10. Nama : Apriliana
    NIM 857801243

    Menurut saya guru dalam vidio tersebut sudah melaksanakan peran sebagai pengasuh di sekolah pada anak usia dini dillihat dari guru melakukan pembelajaran selama dua hari. Hal ini menunjukkan bahwa guru ingin menggali potensi kreatifitas anak, guru memberikan materi secara menyenangkan, kegiatan yang diberikan juga cukup menarik, guru juga memberikan kesempatan pada anak untuk tanya jawab, adanya komunikas

Leave a Reply