silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

275 Comments

  1. Nama : Indayati
    NIM : 858682079

    1. Kalau menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut sudah sangat tepat sekali karena bisa mengalihkan anak agar tidak kecanduan gadget. Guru sangat kreatif mengali kemampuan setiap anak untuk bisa mengeksplor kemampuan anak didiknya.
    2. Selain cara yang ada di video, cara lain yang bisa diberikan kepada anak didik yaitu Pengaturan Lingkungan misalnya buatlah lingkungan di rumah yang mendukung kegiatan non-gadget, dengan cara menyediakan buku-buku menarik, permainan papan, atau peralatan olahraga.
    3. Project yang diberikan oleh guru sudah sangat efektif sekali karena anak-anak sudah diberikan penjelasan tentang apa saja dampak negatif yang akan terjadi jika terlalu lama bermain gadget. Selain pembelajaran di sekolah harus ada kerjasama orang tua di rumah agar apa yang disampaikan bisa berkesinambungan. peran orang tua di rumah sangat penting sekali agar apa yang sudah dijelaskan tersebut bisa langsung dipraktekkan dengan cara orang tua tidak bermain gadget di depan.
    4. Ya. Karena guru dalam video tersebut sudah sangat mendetail menjelaskan dampak apa yang akan terjadi yaitu mata bisa bengkak jika terlalu lama bermain gadget dan anak tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar .
    5. Tahapan dalam project yang belum maksimal yaitu dalam kegiatan yang terlalu tergantung pada instruksi langsung. Jika kegiatan PBL terlalu tergantung pada instruksi langsung dari guru tanpa memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil inisiatif dan memimpin pembelajaran mereka sendiri, hal ini dapat mengurangi efektivitas PBL. Penting untuk memberikan siswa otonomi dan tanggung jawab dalam memandu proyek mereka sendiri.

  2. Nama : Wahyu Lestari
    Nim : 858681679

    SERI PEMBELAJARAN PAUD
    Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital)
    PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
    Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Menurut pendapat saya video di atas merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan semua aspek perkembangan anak usia dini,dimana dibuktikan setiap kegiatan menstimulasi perkembangan berbagai aspek. Dan saya bermanfaat bagi saya sebagai seorang pengajar untuk dapat menerapkan kegiatan seperti di atas.
    Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Selain memberikan menjelaskan,kita juga dapat memberikan satu contoh melalui video hal negatif dalam penggunaan gadget,atau kita dapat bekerjasama dengan ahli tentang kesehatan agar dapat menjelaskan hal negatif penggunaan gadget terlalu lama.
    Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Menurut pendapat saya sangat efektif
    Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Menurut pendapat saya sudah maksimal sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran
    Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal
    Menurut pendapat saya sudah sesuai

  3. Video di atas menunjukkan model pembelajaran literasi digital kepada anak usia dini dengan membekali pengetahuan tentang dampak positif dan negatif dari bermain gawai. Model pembelajaran itu diajarkan dengan konsep based learnign project, dengan tujuan untuk memberitahukan manfaat penggunaan gawai dan agar anak-anak memahami dampak kecanduan gawai.
    Pembelajaran tersebut dimulai dengan pengenalan handphone, kemudian bermain menggali kreatifitas sebagaimana yang ada dalam imajinasi anak melalui bermain peran. Hal ini ditujukan agar anak mampu mengetahui apa yang dirasakan orangtua ketika bermain gadget, sehingga secara tidak langsung anak mampu mengetahui tentang manfaat dan bahaya bermain gawai.

  4. Nama : Ratna Komala Dewi
    Kelas : A
    Nim : 857449605
    SERI PEMBELAJARAN PAUD
    Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital) atau tekhnologi yang ramah anak
    BERIKUT PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Menurut pendapat saya video di atas sangat inspiratif dan komunikatif serta keberpihakan terhadap minat dan bakat sesuai dengan kebutuhan anak sudah mulai terlihat. Selain itu juga kegiatan pembelajaran sebagai stimulus yang dapat mengembangkan berbagai aspek pengembangan anak sudah sesuai rambu-rambu dan prinsip pembelajaran anak usia dini, salah satunya adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Dengan memberikan informasi yang jelas kepada anak mengenai dampak positif dan negatif penggunaan gadget, serta mengajak anak untuk mengikuti kegiatan projek mengenal gadget dengan cara yang menyenangkan dirumah bersama ayah bunda, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara :
    1). Pemberian contoh bahwa dalam menggunakan gadget itu ada waktunya.
    2). Mengajak anak untuk mengetahui sendiri manfaat dan mudharat dari penggunaan gadget melalui video yang ditayangkan Bu guru sesuai dengan tema.
    3). Membangun komunikasi positif antara guru dan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak dalam hal mengenali literasi digital yang baik dan benar.
    Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Menurut pendapat saya sangat efektif dan sesuai dengan prosedur. Mengapa ? Itu karena kegiatan projek yang melibatkan orang tua anak sehingga akan terjalin komunikasi positif antara anak dan orang tua serta kemampuan bekerjasama sama anak akan terasah.
    Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Menurut pendapat saya sudah maksimal. Ibu guru telah berperan sebagai fasilitator, motivator serta observer sampai ke tahap umpan balik dari orang tua setelah pembelajaran yang telah d terapkan tersebut dirasa sangat efektif juga untuk menjadi acuan bagi para orang tua dirumah agar anaknya tidak terlalu kecanduan oleh gadget.
    Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal.
    Menurut saya yang belum maksimal adalah :
    1). Tahap persiapan ( mengenalkan media yang akan digunakan dan penyampaian informasi yang jelas mengenai kegiatan yang akan dilakukan oleh anak dan orang tuanya )
    2). Penggunaan media yang terlalu sederhana untuk anak kelompok B yang melibatkan kerjasama orang tua. Sehingga untuk kegiatan projek waktunya terlalu singkat.
    3). Tahap assessmen / penilaian, dalam video tidak diperlihatkan ibu guru memberikan penilaian terhadap produk atau berbagai hasil karya yang dihasilkan oleh anak.

  5. NAMA LILIS SAKINAH

    NIM: 857446996

    PRODI: 51 PGPAUD

    UPBU BANDUNG

    POKIAR: AWIPARI TASIKMALAYA

    ANALISIS VIDEO: CARA TEPAT MENGENALKAN IT PADA ANAK (LITERASI DIGITAL)

    Selamat Malam

    Berikut jawaban saya:

    Teknologi tentu sudah dikenal banyak kalangan dari mulai anak usia dini sampai usia tua, teknologi sangat berkontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari salahatunya dalam bidang pendidikan.

    Untuk menghindari penyalahgunaan penggunaan teknologi, maka anak perlu dibekali pengetahuan penggunaan teknologi dengan baik dan benar.

    1. Pada video tersebut saya temukan bahwa pembelajaran melalui model projeck based learning dapat mengalihkan perhatian anak terhadap gadget. Selain itu kegiatan yang guru laksanakan juga mengembangkan aspek perkembangan bahasa melalui bermain peran, motorik alus melalui membuat bentuk dari karton, aspek seni melalui mewarnai menggunkan krayon, seta perkembangan sosial emosional ketika membuat handphone dari bahan karton

    2. Cara lain agar anak tidak terlalu ketagihan bermain Gadget, dapat melalui aktivitas fisik/ motorik kasar, memberikan contoh yng baik, libatkan anak dalam kegiatan keluarga dan membantu anak menemukan hobbi yang menarik perhatian kepada anak

    3. Project based learning yang guru ajarkan pada video tersebut dapat efektif keinginan kegiatan anak melalui kegiatan membuat handphone dari karton, tanya jawab terkait kegunaan handphone dan dampak negatid dari handphone apabila penggunaannya berlebihan

    4. Peran pengasuhan guru terhadap anak didiknya sudah sangat baik, terlihat dari gaya penyampaian dan komunikasi guru yang nyaman, melibatkan kegiatan fisik yang positif.

    5. Dalam video pembelajaran project based learning tersebut guru sebagai fasilitator dalam kegiatan anak tidak melaksanakan evaluasi pengalaman belajar kepada anak, misal recalling ataupun anak mengungkapkan pengalaman nya setelah melaksanakan project based learning

    Demikian jawaban saya pada diskusi GPO kali ini

  6. NAMA LILIS SAKINAH

    NIM: 857446996

    PRODI: S1 PGPAUD

    UPBJJ BANDUNG

    POKJAR: AWIPARI TASIKMALAYA

    ANALISIS VIDEO: CARA TEPAT MENGENALKAN IT PADA ANAK (LITERASI DIGITAL)

    Selamat Malam

    Berikut jawaban saya:

    Teknologi tentu sudah dikenal banyak kalangan dari mulai anak usia dini sampai usia tua, teknologi sangat berkontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari salahatunya dalam bidang pendidikan.

    Untuk menghindari penyalahgunaan penggunaan teknologi, maka anak perlu dibekali pengetahuan penggunaan teknologi dengan baik dan benar.

    1. Pada video tersebut saya temukan bahwa pembelajaran melalui model projeck based learning dapat mengalihkan perhatian anak terhadap gadget. Selain itu kegiatan yang guru laksanakan juga mengembangkan aspek perkembangan bahasa melalui bermain peran, motorik alus melalui membuat bentuk dari karton, aspek seni melalui mewarnai menggunkan krayon, seta perkembangan sosial emosional ketika membuat handphone dari bahan karton

    2. Cara lain agar anak tidak terlalu ketagihan bermain Gadget, dapat melalui aktivitas fisik/ motorik kasar, memberikan contoh yng baik, libatkan anak dalam kegiatan keluarga dan membantu anak menemukan hobbi yang menarik perhatian kepada anak

    3. Project based learning yang guru ajarkan pada video tersebut dapat efektif keinginan kegiatan anak melalui kegiatan membuat handphone dari karton, tanya jawab terkait kegunaan handphone dan dampak negatid dari handphone apabila penggunaannya berlebihan

    4. Peran pengasuhan guru terhadap anak didiknya sudah sangat baik, terlihat dari gaya penyampaian dan komunikasi guru yang nyaman, melibatkan kegiatan fisik yang positif.

    5. Dalam video pembelajaran project based learning tersebut guru sebagai fasilitator dalam kegiatan anak tidak melaksanakan evaluasi pengalaman belajar kepada anak, misal recalling ataupun anak mengungkapkan pengalaman nya setelah melaksanakan project based learning

    Demikian jawaban saya pada diskusi GPO kali ini

  7. Nama : Ummu Qultsum
    NIM : 855877625

    1. video di atas sudah sangat baik, karena memberikan contoh salah satu cara untuk mengenalkan IT kepada anak, serta bagaimana cara untuk membuat anak tidak kecanduan gadget.
    2. kenalkan permainan yang tidak hanya bisa dilaksanakan di sekolah namun juga di rumah, misalnya main congklak, engkle, gobak sodor, atau permainan tradisional lainnya. Permainan-permainan ini diharapkan mampu untuk membuat anak tidak kecanduan gadget.
    3. project yang diberikan guru dalam pembelajaran sudah cukup efektif untuk meredam pengguanaan gedget pada anak. selain itu, kegiatan yang dilakukan anak bersama dengan orang tuanya akan dapat memicu kedekatan antara anak dengan orang tuanya.
    4. guru sudah maksimal dalam melakukan pengasuhan, dengan memberikan nasehat tentang dampak apa saja yang akan terjadi jika anak terlalu sering bermain HP. Guru juga mampu membuat kegiatan belajar yang mampu meminimalisir kecanduan gadget pada anak.
    5. tahapan yang belum maksimal adalah menunjukkan hasilnya, ketika guru meminta anak melakukan kegiatan bersama orang tua di rumah, seharusnya guru juga meminta anak untuk menunjukkan hasilnya serta menceritakan tentang prosesnya, sehingga anak akan merasa lebih di apresiasi dan dihargai.

  8. Nama : Stephani Nur Hasanah
    NIM : 857456087
    UPBJJ UT Bandung Pokjar Awipari Tasikmalaya
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Video teersebut sangat menarik karena terdapat strategi yang dilakukan sekolah dalam penggunaan teknologi.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? Agar anak tidak kecanduan gadget guru memberikan kegiatan main yang menarik dan mengajak anak berdiskusi atau membaca buku bersama.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Menurut saya efektif karena kegiatan membuat gadget adalah hal yang menarik dan anak-anak dapat bermain peran dari project yang telah mereka buat.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Sudah

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? Tahapan mengenalkan pada anak batas waktu bermain gadget dan pengenalan hal baik atau buruk yang terdapat di dalam gadget.

  9. Nama Hesti Setyowati
    NIM 859048298
    ANALISIS VIDEO: CARA TEPAT MENGENALKAN IT PADA ANAK (LITERASI DIGITAL)

    PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Video tersebut bisa menjadi contoh bagi kami guru-guru paud sebagai bahan mengajar disekolah , serta menurut saya sangat berfungsi mengurangi anak-anak paud dalam penggunaan gadget selama dirumah .

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? Mengajak peran serta orang tua untuk mengajak anak-anak membuat kegiatan bersama orang tua , mengajak anak berkegiatan dengan fisiknya atau dapat mengajak anak bermain diluar ruangan yang akan mengurangi keinginan anak bermain gadget.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? sangat efektif sekali untuk membantu dalam keinginan bermain gadget

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? sudah sangat baik .

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? tahapan penutup untuk mengulas lagi pembahasan kegiatan tersebut

  10. Nama. : Maryana
    Nim. :858128399
    UBUJT PONTIANAK Pokjar STAF UT PONTIANAk
    1. Menurut saya video bagus sudah 3menerapkan program belajar mengunakan projek sehingga anak anak dengan sangat mudah di ajak berkomunikasi
    2.Dengan mengajak berdiskusi sambil bermain bersama serta jika anak masih bermain gadget temani anak saat bermain dari situ lah secara perlahan lahan kita beri pahaman bahwa ada permainan yg lebih menarik lagi kepada anak sepertimembuat permainan dari kardus bekas dan botol bekas
    3.guru sudah efektif dalam menyampaikan projek pembelajaran
    4.guru sudah maximal dalam penyampaian karna siswa berinteraksi jika guru menanyakan serta semua terlihat bahagia saat mengikutinya
    5.menurut saya sudah maximal selain guru menerapkan di pembelajarannya di sekolah guru juga berkomunikasi dengan orang tua dan guru juga memberikan tugas kepada anak dengan harapan org tua di rumah juga bisa membantu

Leave a Reply