silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Nama : Fitri Yulianti
    NIM : 855885346
    UPJJB : UT-BANDA ACEH

    Sinopsis Video:
    Video ini menampilkan seorang guru TK yang menggunakan pendekatan Project Based Learning (PBL) untuk mengenalkan literasi digital kepada anak usia dini. Guru memulai dengan diskusi tentang manfaat dan dampak negatif penggunaan gadget, diikuti dengan aktivitas bermain peran menggunakan alat peraga berbentuk telepon. Anak-anak kemudian diajak membuat replika handphone dari kardus, yang melibatkan orang tua dalam proses pembuatan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget dan mempererat hubungan antara anak dan orang tua melalui proyek bersama.

    Refleksi dan Analisis:
    1. Pendapat tentang Video
    Pendekatan yang digunakan dalam video ini sangat kreatif dan relevan dengan tantangan zaman. Menggunakan PBL untuk mengenalkan literasi digital memungkinkan anak belajar secara aktif dan menyenangkan. Keterlibatan orang tua dalam proyek ini juga memperkuat hubungan emosional dan komunikasi antara orang tua dan anak. Namun, akan lebih baik jika video ini menunjukkan proses kolaborasi antara anak dan orang tua secara lebih mendalam, termasuk interaksi dan diskusi yang terjadi selama pembuatan proyek.

    2. Cara Lain untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak
    Selain pendekatan dalam video, beberapa langkah lain yang dapat diambil oleh guru dan orang tua untuk mencegah kecanduan gadget antara lain:
    • Menetapkan Batasan Waktu Penggunaan: Menentukan durasi penggunaan gadget yang wajar sesuai dengan usia anak. Misalnya, anak usia 4–7 tahun disarankan menggunakan gadget maksimal 2 jam per hari .
    • Menggantikan Waktu Layar dengan Aktivitas Fisik: Mengajak anak bermain di luar ruangan atau melakukan kegiatan fisik lainnya untuk mengurangi ketergantungan pada gadget.
    • Memberikan Contoh Penggunaan Teknologi yang Positif: Orang tua dan guru dapat menunjukkan cara menggunakan teknologi secara bijak dan produktif.
    3. Efektivitas Proyek dalam Meredam Keinginan Anak Bermain Gadget
    Proyek membuat replika handphone dari kardus terbukti efektif dalam mengalihkan perhatian anak dari gadget. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendidik, karena anak belajar tentang fungsi gadget melalui pembuatan model secara fisik. Keterlibatan orang tua dalam proyek ini juga memperkuat pemahaman anak tentang penggunaan gadget yang bijak.
    4. Peran Pengasuhan dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
    Guru dalam video ini telah memaksimalkan peran pengasuhan dengan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Namun, akan lebih baik jika guru memberikan panduan lebih lanjut kepada orang tua tentang cara mendampingi anak dalam menggunakan teknologi secara aman dan produktif.
    5. Tahapan Project Based Learning yang Belum Maksimal
    Salah satu tahapan PBL yang belum maksimal dalam video ini adalah refleksi. Setelah proyek selesai, penting bagi guru untuk mengajak anak dan orang tua berdiskusi tentang pengalaman yang diperoleh selama kegiatan. Refleksi ini membantu anak memahami nilai dari aktivitas yang dilakukan dan memperkuat pembelajaran yang telah diperoleh.

    Kesimpulan:
    Video ini menunjukkan pendekatan yang efektif dalam mengenalkan literasi digital kepada anak usia dini melalui Project Based Learning. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran memperkuat hubungan keluarga dan mendukung perkembangan anak. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, penting bagi guru untuk memaksimalkan setiap tahapan PBL, termasuk refleksi, dan memberikan panduan yang jelas kepada orang tua tentang penggunaan teknologi yang bijak

    Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

  2. Bismilah izin menanggapi diskusi pada vidio pembelajaran ini.

    Nama : Nabila Sholehah
    NIM : 857454116
    Prodi : PGPAUD S-1

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya terkait video pembelajaran yang mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget menggunakan project based learning (PBL) sangat kreatif dengan adanya kegiatan tanya jawab guru tentang manfaat gadget dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gadget, lalu anak-anak bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, selain itu anak-anak berkegiatan menggambar dan mawarnai gadget dan bermain mencari gambar gadget. Kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget, oleh karenanya menurut saya beberapa kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget dan kegiatan tersebut merupakan pendekatan yang sangat positif untuk anak. Anak-anak usia dini lebih mudah terlibat dengan aktivitas nyata yang membuat mereka merasa terlibat secara aktif, dan itu bisa sangat membantu mengurangi ketergantungan mereka pada layar.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Menurut saya ada beberapa cara untuk mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget, yaitu sebagai berikut.
    • Memberikan aktivitas sensorik dan motorik yang menarik, seperti bermain pasir, air, atau menyusun balok baik di rumah maupun di sekolah.
    • Mendorong interaksi sosial, seperti permainan kelompok yang melibatkan komunikasi dan kerja sama.
    • Mengembangkan kebiasaan membaca buku fisik sejak dini, agar anak-anak terbiasa dengan kegiatan yang tidak melibatkan layar baik di sekolah ataupun di rumah.
    • Menjadi contoh bagi anak dengan tidak menggunakan gadget secara berlebihan saat bersama anak.
    • Melibatkan orang tua untuk menerapkan batasan penggunaan gadget di rumah secara konsisten.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Menurut saya video tersebut sangat efektif kepada anak agar tidak kecanduan gadget, karena anak terlibat aktif pada kegiatan yang nyata dalam merangsang kretivitasnya, kerja samanya dan memunculkan rasa keingin tahuan anak yang lebih tinggi daripada hanya ke layar handphone saja.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Menurut saya, guru tersebut sudah memaksimalkan peranya sebagai pengasuhan dalam pembelajaran berlangsung dengan melibatkan anak secara langsung dan aktif dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi anak agar tidak terlalu kecanduan gadget.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya, didalam video tersebut tidak adanya hasil kegiatan seperti menggambar dan mwarnai gadget oleh anak yang diperlihatkan dan tidak adanya refleksi ataupun evaluasi kepada anak dalam proses pembelajaran diakhir kegiatan.

  3. Nama: Ate kamaliah
    NIM: 859679256

    Mohon izin menjawab

    Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    video diatas sangat bagus dan memberikan ilmu kepada guru, khususnya kepada saya untuk menangani atau memberikan informasi kepada siswa agar tidak kecanduan gadget

    Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    menurut saya cara lain yang dapat dilakukan guru agar anak tidak kecanduan gedget adalah dengan membacakan buku cerita/mendongeng, dengan cerita boneka tangan, dll

    Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    menurut saya project yang diberikan guru dalam video sangat efektif karena dapat memberikan anak kegiatan dirumah bersama orang tua, sehingga waktu senggang yang dimiliki anak diisi dengan mengerjakan project tersebut. kegiatan tersebut akan dilakukan anak sesuai imajinasi dan kreatifitas anak

    Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    menurut saya peran guru dalam memaksimalkan pengasuhan AUD dalam video sudah maksimal. karena guru dalam video telah berkolaborasi dengan orang tua untuk memberikan kegiatan menyenangkan di rumah dengan project agar orang tuaa pun memberikan pesannya lewat kegiatan project tersebut, sehingga antara pengasuhan di sekolah dan di rumah memiliki tujuan yang sama

    Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    menurut saya project based learning yang diterapkan guru divideo telah maksimal.

    demikian dan terimakasih

  4. Nama : Fitria Yolanda
    NIM : 856233545
    Mengenalkan IT atau literasi digital pada anak—khususnya anak usia dini—perlu pendekatan yang tepat agar aman, menyenangkan, dan bermanfaat.
    1.Mulai dari Konsep Dasar
    2.Gunakan Media Edukasi yang Interaktif
    3. Terapkan Aturan Waktu Layar
    4. Ajarkan Etika Digital Sederhana

  5. video sangat bermanfaat.. membantu kami para pengajar bagaimana mendapatkan cara yang efisien dan efektif untuk mengenalkan IT pada anak.

    Annisa Latifah Afifah
    859527578

  6. NAMA:MEY RANTI
    NIM:877623052
    PRODI:PGPAUD

    setelah saya selesai menonton vidio ini menurut sya:

    1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    menurut saya vidio ini sangat mengedukasi untuk orang dewasa bagaimana cara memberi arahan kepada anak-anak untuk menggunakan teknologi dengan baik.

    2.Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Guru dapat mengurangi kecanduan gadget siswa dengan beberapa cara, seperti menciptakan aturan penggunaan gadget yang jelas, memberikan tugas yang tidak selalu harus dikerjakan dengan gadget, dan mendorong aktivitas lain seperti membaca buku atau bermain di luar ruangan. Selain itu, guru dapat menjadi contoh yang baik dengan mengurangi penggunaan gadget sendiri di depan siswa dan memberikan apresiasi untuk perilaku positif yang tidak melibatkan gadget.

    3.Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?

    video tersebut sangat efektif kepada anak agar tidak kecanduan gadget, karena anak terlibat aktif pada kegiatan yang nyata dalam merangsang kreativitasnya, kerja samanya dan memunculkan rasa
    keingintahuan anak yang lebih tinggi dari pada hanya ke layar handphone saja.

    4.Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?

    Menurut sya guru dalam vidio ini sudah belajar maksimal dalam peran pengasuh pembelajaran anak usia dini namun masih ada yg belom maksimal

    5.Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

    Didalam video tersebut tidak ada hasil kegiatan seperti menggambar dan mewarnai gadget pada anak yang diperlihatkan dan tidak ada refleksi ataupun evaluasi kepada anak dalam proses pembelajaran diakhir kegiatan.

  7. Annisa Latifah Afifah
    859527578
    PGPAUD UT UPBJJ JAKARTA 2023.1

    menurut pendapat saya video ini sangat membantu kami para pengajar mendapatkan tips bagaimana caranya membuat anak tidak kecanduan gawai. dari video tersebut kita dapat mengambil pelajaran salah satu cara agar anak mengerti bagaimana cara menggunakan gawai dengan bijaksana diantaranya adalah dengan memberikan informasi lengkap tentang dampak negatif dan positif penggunakan gawai. lalu selanjutnya kita harus memberikan contoh yang baik dalam penggunaan gawai. memberikan aktivitas motorik agar anak aktif dengan kegiatan yang menstimulus perkembangannya. project beased learning yang diterapkan pada video ini yaitu mengajak anak untuk membuat gawai dengan karton. sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, terima kasih.

  8. Nama : Dewi Rukmana Kusuma Wardhani
    NIM : 858990968
    Video di atas memberi pemahaman kepada saya bahwa penggunaan gadget pada anak tidak bisa kita hindari. Untuk menghindari anak dari kecanduan gadget, Gadget dapat kita fungsikan sebagai media dalam pembelajaran. Kita dapat mengenalkan alfabet, numerik, bermacam bunyi/suara, warna, dll kepada anak. Penggunaan gadget secara tepat dapat memaksimalkan fungsi dari gadget itu sendiri, seperti menggunakan gadget sebagai alat komunikasi, menambah pengetahuan umum, memberikan gambaran nyata/konkrit untuk menjelaskan sesuatu yang abstrak atau pengetahuan baru kepada anak. Pemberian batas waktu penggunaan gadget yang sudah disepakati antara orang tua dan anak, mengajak anak untuk beraktivitas di luar ruangan, mengajak dan melibatkan anak pada kegiatan-kegiatan secara langsung, melibatkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dan tidak bermain gadget saat bersama anak juga dapat membantu mengurangi kecanduan anak terhadap gadget. Kolaborasi antara guru di sekolah dan orang tua di rumah sangat berperan untuk membuat anak kecanduan gadget. Beri kegiatan yang membangun rasa keingintahuannya, merangsang kreativitas sehingga anak menjadi sibuk, maka anak akan lupa dengan keberkadaan gadgetnya.

  9. 1. Menurut saya terhadap video tersebut yaitu dalam video tersebut telah dijelaskan tentang Bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini dimulai dari contoh kasus yaitu tentunya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai.

    2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar tidak kecanduan gadget adalah menciptakan lingkungan belajar menarik dan interaktif, membangun hubungan pasif dan empati, memberikan alternatif kegiatan yang menarik, edukasi dan kesaran digital kolaborasi dengan orang tua.

    3 project yang diberikan guru dalam video cukup efektif dan karena dapat memberikan informasi kepada anak mengenai manfaat-manfaat dan bahaya dari gadget.

    4. Menurut saya dalam video tersebut guru sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini di mana guru telah memperkenalkan contoh negatif dalam penggunaan gadget kepada anak.

    5. Menurut saya dalam dalam video tersebut bahaya yang belum maksimal dalam PBL yaitu karena dalam pidato tersebut belum ada perencanaan dan perancang sehingga adanya keterbatasan waktu.

  10. Nama=Yani Mulyani
    Nim=878166935
    PRODI=PGPAUD S1
    Mohon izin berpendapat sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena setelah melihat dan menonton video ini sangat membantu sekali buat saya untuk menjadi referensi pembelajaran dilembaga saya,divideo ini harus ada kerjasama dengan pihak ortu namun kadang dilapangan ortu justru memfasilitasi anaknya bermain gadget sepuasnya asalkan anaknya tidak rewel, mungkin peran ortu sangat terpengaruh dengan pembahasan ini.
    Terimakasih 😊

Leave a Reply