silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Nama : Neneng Fauziah
    NIM : 857274844
    UPBJJ : Serang
    Video ini sangat relevan dalam menjawab tantangan zaman digital. Penggunaan teknologi oleh anak usia dini harus diarahkan secara tepat agar membawa manfaat dalam proses pembelajaran. Video ini menunjukkan pendekatan yang seimbang: mengenalkan teknologi dengan cara yang edukatif sekaligus menghindari dampak negatif seperti kecanduan gawai dan gangguan sosial. Adanya pendekatan Project Based Learning sangat bagus untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman anak terhadap teknologi secara aktif dan bertanggung jawab.

  2. Nama: Anah
    Nim : 757274825
    Upbjj: serang
    Video ini sangat relevan dalam menjawab tantangan zaman digital. Penggunaan teknologi oleh anak usia dini harus diarahkan secara tepat agar membawa manfaat dalam proses pembelajaran. Video ini menunjukkan pendekatan yang seimbang: mengenalkan teknologi dengan cara yang edukatif sekaligus menghindari dampak negatif seperti kecanduan gawai dan gangguan sosial. Adanya pendekatan Project Based Learning sangat bagus untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman anak terhadap teknologi secara aktif dan bertanggung jawab.

  3. pengenalan IT pada anak usia dini sangat penting untuk mempersiapkan mereka di era digital. vidio di atas pengenalan gadged, dengan mengenalkan teknologi sejak usia dini anak-anak dapat mengembangkan keterampilan dan kreativitas. namun pengenalan harus disertai dengan pengawasan dan kerja sama antara guru dan orang tua agar anak tidak terpapar dampak negatif. dengan mengenalkan IT pada anak usia dini secara tepat dan bijaksana mereka dapat memanfaatkan manfaat teknologi untuk mengembangkan diri dan memepersiapkan diri di masa depan.

  4. Setelah saya menonon vidio diatas sangat membantu para guru dan orang tua dalam memberikan solusi dalam mengatasi anak kecanduan HP. guru juga memberikan cara dan strategi dalam mengenalkan IT dan literasi dalam pembelajaran.Terima kasih sangat membantu kami.

  5. NAMA : JENI EAK WIJAYANTI
    NIM : 877973963
    UPBJJ MALANG

    Video ini sangat relevan dalam menjawab tantangan zaman digital. mengingatkan saya pada kasus murid saya yang sulit fokus karena terbiasa bermain gadget di rumah. Penggunaan teknologi oleh anak usia dini harus diarahkan secara tepat agar membawa manfaat dalam proses pembelajaran. namun pengenalan harus disertai dengan pengawasan dan kerja sama antara guru dan orang tua agar anak tidak terpapar dampak negatif.

  6. Nama : Anwargani Saputra
    NIM : 836860408

    Guru bisa memberikan pengetahuan kepada anak tentang manfaat dan bahaya main gadget berlebihan. Guru bisa menyarankan kepada orang tua untuk memberikan batasan kepada anak untuk menggunakan gadget. ajak anak untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Guru jugadapat menyarankan kepada orangtua agar menjadi contoh untuk tidak melihat HP terlalu lama dan lebih sering bermain bersama dengan anak agar menjadi dekat dengan orang tua dan teralihkan dari penggunaan gadget berlebihan.

  7. nama :masda br manik
    nim :860133762
    upbjj medan

    Guru bisa memberikan pengetahuan kepada anak tentang manfaat dan bahaya main gadget berlebihan
    . Guru bisa menyarankan kepada orang tua untuk memberikan batasan kepada anak untuk menggunakan gadget.
    ajak anak untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Guru jugadapat menyarankan kepada orangtua agar menjad
    i contoh untuk tidak melihat HP terlalu lama dan lebih sering bermain bersama dengan anak agar menjadi dekat dengan orang tua dan teralihkan dari
    penggunaan gadget berlebihan.
    dan sebagai orang tua selalu memyiapkan permain di dalam rumah agar anak anak lalai dan tidak bermain hp

  8. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Andina Putri
    Nim:855899717
    UPbjj:UT Banda aceh
    berikut pendapat saya dan analisis terkait video pembelajaran tersebut beserta jawaban atas pernyataan Anda:
    Pendapat Mengenai video
    video pembelajaran tersebut sudah memberikan pendekatan yang baik dalam mengenalkan literasi digital dan mengatsi kecanduan gadget pada anak ussia dini.Guru dalam video tampak berusaha mengajak anak untuk memahami penggunaan gadget secara tepat dan menanamkan kesadran akan pentingnya pengendalian diri dalam bermain gadget.

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Andina Putri
    Nim:855899717
    UPbjj:UT Banda aceh
    berikut pendapat saya dan analisis terkait video pembelajaran tersebut beserta jawaban atas pernyataan Anda:
    Pendapat Mengenai video
    video pembelajaran tersebut sudah memberikan pendekatan yang baik dalam mengenalkan literasi digital dan mengatsi kecanduan gadget pada anak ussia dini.Guru dalam video tampak berusaha mengajak anak untuk memahami penggunaan gadget secara tepat dan menanamkan kesadran akan pentingnya pengendalian diri dalam bermain gadget.
    Pendapat Mengenai Video Pembelajaran
    Video pembelajaran tersebut sudah memberikan pendekatan yang sangat baik dalam mengenalkan literasi digital serta mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini. Guru dalam video tampak berusaha dengan sabar dan kreatif mengajak anak-anak untuk memahami penggunaan gadget secara tepat. Pendekatan yang digunakan tidak hanya bersifat instruktif, tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya pengendalian diri dalam bermain gadget.
    Melalui metode yang interaktif dan bahasa yang mudah dipahami oleh anak, video ini berhasil menyampaikan pesan penting tentang batasan waktu penggunaan gadget dan dampak negatif jika tidak dikendalikan. Hal ini sangat relevan mengingat kecanduan gadget merupakan masalah yang semakin sering ditemui pada anak-anak saat ini.

    Analisis
    Pendekatan Edukatif dan Interaktif
    Video menggunakan pendekatan yang edukatif dengan menyajikan contoh-contoh situasi sehari-hari yang mudah dipahami anak. Guru juga terlihat mengajak anak berdiskusi dan refleksi, sehingga anak tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga aktif berpikir.
    Penanaman Nilai Pengendalian Diri
    Penekanan pada pengendalian diri sangat penting dalam konteks literasi digital. Video ini berhasil menanamkan nilai tersebut dengan cara yang lembut dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa terpaksa atau takut.
    Kesesuaian dengan Usia Anak
    Materi dan cara penyampaian disesuaikan dengan perkembangan kognitif anak usia dini, menggunakan bahasa sederhana dan visual yang menarik.
    Jawaban atas Pernyataan Anda
    Saya setuju dengan pendapat Anda bahwa video pembelajaran ini sudah memberikan pendekatan yang tepat dalam mengenalkan literasi digital dan mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini. Guru yang tampil dalam video memang terlihat berusaha keras untuk membimbing anak agar menggunakan gadget secara bijak dan bertanggung jawab. Pendekatan yang digunakan sangat efektif untuk membangun kesadaran sejak dini, sehingga diharapkan anak dapat tumbuh dengan kebiasaan digital yang sehat.

  10. Nama : Freeda Anggi Pramudyawardhani
    NIM : 877961786
    Komentar : Dari video tersebut yang berisikan tentang penanganan kepada anak agar tidak terlalu bergantung dengan telepon genggam. Hal ini sangat relavan dengan zaman sekarang yang sudah canggih, maka dari itu sebagai orang tua, guru atau pendidik perlu tahu cara mengedukasi kepada anak agar tidak kecanduan pada telepon genggam.

Leave a Reply