silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Nama : Arina Ifada
Nim : 857603816
Pokja : Purbalingga
Prodi : S1-PGPAUD (semester 2)
Video yang saya pilih untuk menanggapi adalah tentang literasi digital berjudul “ Cara tepat mengenalkan IT pada anak “
Menurut saya, videonya sangat bagus dan dapat membantu kita para guru dalam menerangkan tentang kegunaan dan bahaya bermain gadget.
Selain cara yang ada di video, cara lain yang bisa dilakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget antara lain dengan memberi tugas/kegiatan yang menarik minat anak dan tentunya menyenangkan misalnya dengan berolah raga bersama atau berkegiatan berkebun bersama.
Projek yang diberikan guru dalam video cukup efektif tapi tidak sepenuhnya bisa meredam keinginan anak untuk bermain gadget. Guru dan orang tua harus saling bekerja sama dalam mengatasi masalah ini. Anak menjadi mengenal gadget dan akan terikat dengan gadget jika anak dapat dengan mudah mengakses alat tersebut. Karena itu hindarilah meletakkan gadget secara sembarangan, dan dampingilah anak saat belajar online, serta juda dengan memberikan contoh yang baik.
Guru dalam video sudah cukup maksimal dalam peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena telah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang fungsi Hp dan juga tentang akibatnya bila terlalu sering bermain Hp, dengan cara melakukan diskusi tanya jawab dengan anak, dan juga telah memberikan tugas kegiatan kepada anak dan orang tua untuk membuat gadget dari bahan dus bekas.
Tahapan pembelajaran yang diterapkan guru dalam video sudah tepat, yaitu dimulai dengan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dengan menjelaskan fungsi Hp dan bahayanya, kegiatan bermain peran dan juga projek kegiatan untuk anak dan orang tua.
Nama : NURFATMAWATI
Nim : 859535124
prodi : S1 PGPAUD
Pokjar : majene
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Menurut saya video tersebut bagus dan bermanfaat bagi pendidik disekolah maupun dirumah ( orang tua ) . Guru bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara memperkenalkan gadget kepada anak dengan baik. Yaitu dengan menerangkan apa saja manfaat dari gadget dan dampak buruk dari gadget. Disini orang tua pun berperan penting terhadap anak yang berkecanduan dengan gadget. Orang tua perlu memperhatikan anaknya dirumah saat bermain gadget, agar tidak sampai kecanduan dalam bermain gadget. Video ini sangat membantu bagi saya dalam penanganan anak yang kecanduan dengan gadget.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Selain cara pada video tersebut, menurut saya ada cara lain yaitu dengan memberi batasan waktu saat bermain gadget. misal, anak boleh bermain gadget namun hanya ketika hari libur sekolah saja. Itupun diberi waktu hanya 15 menit perhari, dengan dampingan orang tua agar anak tidak menggunakan gadget dengan salah. misal, anak menonton yang tidak seharusnya ditonton.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Belum sepenuhnya, mungkin ketika anak disekolah bisa untuk meredam namun ketika dirumah anak tidak bisa meredam karena tidak dengan pengawasan guru. Sebaiknya saat guru menerangkan apa bahaya dari kecanduan gadget diberikan contoh gambar atau foto dampak dari bermain gadget. Contoh membuat mata sakit dan memerah, dan sebagainya.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
Menurut saya sudah, karena disini guru memberikan pengetahuan kepada anak apa itu gadget dan apa saja manfaat serta dampak buruk dari gadget. Guru juga memberikan pembelajaran tidak hanya satu hari namun dua hari, yang bertujuan agar anak bisa mengurangi dalam bermain gadget.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Menurut saya tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut sudah cukup maksimal. Dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, dan evaluasi pengalaman.
Reply
nurfatmawati
Nama : Mariyanih
NIM : 857352203
UPBJJ : Bogor
Setelah menyimak video diatas ,,sangat menginspirasi buat saya terapkan di lembaga saya sendiri,,cara penyampaian materi sangat rapi dan mudah dimengerti oleh anak sehingga anak paham apa yang di sampaikan oleh guru,dan diceritakan pula tentang gambaran pembelajaran yang akan disampaikan..dengan pembelajaan tersebut bisa mengalihkan perhatian anak tentang hp ke benda lain. sebagaimana terlihat pada setiap tahapan pembelajaran yang dilakukan guru mulai dari pembukaan sampai pada ke kegiatan inti,bagaimana guru mengingatkan dari dampak hp jika digunakan terlalu lama akan berdampak buruk bagi si penggunanya,dan jiga terlihat bagaimana guru memberi semangat kepada anak untuk mengikuti pembelajaran agar anak tidak merasa bosan. tahapan-tahapan yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah sangat baik.
1. Video tersebut menurut saya sangat tepat dalam mengenalkan IT pada anak, karena dalam video tersebut guru dapat mengembangkan seluruh aspek yang ada pada anak usia dini dan tujuan untuk mengenalkan IT pada anak dapat terlaksana dengan baik.
2. Agar anak tidak kecanduan gadget, dapat dilakukan dengan games yang ia sukai agar gadget dapat dialihkan dan anak tetap senang.
3. Project yang diberikan oleh guru sudah efektif.
4. Dalam video tersebut guru sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini yang terlihat pada pembelajarannya mulai dari apersepsi hingga penutup.
5. Pada saat tanya jawab, guru sebaiknya menginformasikan kepada anak mengenai project yang akan dibuat sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Jawab: metode pembelajaran dalam video di atas sangat bagus diterapkan di sekolah TK, dengan metode tersebut anak-anak dapat mengenal teknologi yang baik dan menghilangkan kecanduan anak pada gadget.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Jawab: memperlihatkan foto/video bahaya kecanduan gedget seperti mata merah/bengkak akibat terlalu sering memainkan gadget, mengedukasi orang tua anak agar memberi tenggang waktu kepada anak untuk bermain gadget misalnya ketika anak libur sekolah atau setiap hari diberi waktu misalnya satu jam saja untuk bermain gadget.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Jawab: project tersebut efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget, terbukti dengan pernyataan dari salah seorang orang tua dari anak yang mengikuti pembelajaran tersebut.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
Jawab: guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena anak dibiarkan untuk berkreasi sendiri tanpa dipaksa
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Jawab: Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video menurut saya sudah maksimal, pembelajaran berpusat pada anak, guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran tersebut.
NAMA: ANNISA RONA NIARY SAPUTRI
NIM : 859166729
PROGRAM STUDI : PG PAUD BI
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Jawab: metode pembelajaran dalam video di atas sangat bagus diterapkan di sekolah TK, dengan metode tersebut anak-anak dapat mengenal teknologi yang baik dan menghilangkan kecanduan anak pada gadget.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? Jawab: memperlihatkan foto/video bahaya kecanduan gedget seperti mata merah/bengkak akibat terlalu sering memainkan gadget, mengedukasi orang tua anak agar memberi tenggang waktu kepada anak untuk bermain gadget misalnya ketika anak libur sekolah atau setiap hari diberi waktu misalnya satu jam saja untuk bermain gadget.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Jawab: project tersebut efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget, terbukti dengan pernyataan dari salah seorang orang tua dari anak yang mengikuti pembelajaran tersebut.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Jawab: guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena anak dibiarkan untuk berkreasi sendiri tanpa dipaksa
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? Jawab: Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video menurut saya sudah maksimal, pembelajaran berpusat pada anak, guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran tersebut.
nama
Nama : DEWI SARTIKA
Nim : 856259254
Prodi : PG PAUD BI ( semester 2 )
1.Menurut saya video diatas yg menampilkan kegiatan belajar anak tk dengan tema alat komunikasi atau gadget sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi guru paud,orang tua yang anaknya kecanduan gadget, disana guru menerangkan manffaat kegunaaan gadget dan kerugian menggunakan gadget.
2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah
dengan membatasi anak anak bemain gadget atau memberikan pengaturan waktu,tidak boleh main gawai terlalu lama misalkan dalam sehari hanya boleh main gawai 30 menit saja.itupun harus diawasi sama orang tua.
3. Project yang diberikan oleh guru dalam video ini sudah efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
Menurut saya sudah, karena disini guru memberikan pengetahuan kepada anak apa itu gadget dan apa saja manfaat serta dampak buruk dari penggunaaan gadget.
5. Menurut saya tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut sudah maksimal.karena dalam pembelajaran tersebut sudah mencakup semuanya Dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, dan evaluasi pengalaman dan sudah menggunakan proyek atau kegiatan menggunakan media
Nama : DEWI SARTIKA
Nim : 856259254
Prodi : PG PAUD BI ( semester 2 )
1.Menurut saya video diatas yg menampilkan kegiatan belajar anak tk dengan tema alat komunikasi atau gadget sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi guru paud,orang tua yang anaknya kecanduan gadget, disana guru menerangkan manffaat kegunaaan gadget dan kerugian menggunakan gadget.
2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan membatasi anak anak bemain gadget atau memberikan pengaturan waktu,tidak boleh main gawai terlalu lama misalkan dalam sehari hanya boleh main gawai 30 menit saja.itupun harus diawasi sama orang tua.
3. Project yang diberikan oleh guru dalam video ini sudah efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Menurut saya sudah, karena disini guru memberikan pengetahuan kepada anak apa itu gadget dan apa saja manfaat serta dampak buruk dari penggunaaan gadget.
5. Menurut saya tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut sudah maksimal.karena dalam pembelajaran tersebut sudah mencakup semuanya Dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, dan evaluasi pengalaman dan sudah menggunakan proyek atau kegiatan menggunakan media
Nama : DEWI SARTIKA
Nim : 856259254
Prodi : PG PAUD BI ( semester 2 )
1.Menurut saya video diatas yg menampilkan kegiatan belajar anak tk dengan tema alat komunikasi atau gadget sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi guru paud,orang tua yang anaknya kecanduan gadget, disana guru menerangkan manffaat kegunaaan gadget dan kerugian menggunakan gadget.
2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan membatasi anak anak bemain gadget atau memberikan pengaturan waktu,tidak boleh main gawai terlalu lama misalkan dalam sehari hanya boleh main gawai 30 menit saja.itupun harus diawasi sama orang tua.
3. Project yang diberikan oleh guru dalam video ini sudah efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Menurut saya sudah, karena disini guru memberikan pengetahuan kepada anak apa itu gadget dan apa saja manfaat serta dampak buruk dari penggunaaan gadget.
5. Menurut saya tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut sudah maksimal.karena dalam pembelajaran tersebut sudah mencakup semuanya Dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, dan evaluasi pengalaman dan sudah menggunakan proyek atau kegiatan menggunakan media
Reply