Similar Posts

8 Comments

  1. Nama : Citra Indrawati
    NIM : 042690188
    Prodi : S1 Pendidikan Matematika

    Menanggapi tentang vidio diatas mengenai diagram lingkaran. Pada vidio tersebut setelah membuka kelas guru memberikan awalan tentang materi yang akan dijelaskan. Setelah itu guru memberikan LKPD atau lembar kerja kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok. Metode belajar kelompok dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan soal yang telah diberikan. Lalu guru bertugas mengawasi jalannya diskusi serta mengarahkan siswa agar diskusi yang dihasilkan dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Setelah itu, hasil diskusi dapat disampaikan didepan kelas yang bertujuan untuk mengasah pemahaman siswa dari apa yang telah mereka buat serta membuat siswa berani tampil untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

  2. Analisis video pendidikan mengenai matematika tentang diagram lingkaran
    Menurut saya guru tersebut sudah menggunakan apersepsi kegiatan awal dari pembuka(salam, doa), kemudian kegiatan inti guru bertanya tentang materi sebelumnya apa yang sudah dipelajari, selanjutnya guru memberikan sedikit gambaran / penjelasan mengenai diagram lingkaran. Kemudian guru memberikan lembar kerja dan murid disuruh bergabung dengan kelompok masing-masing, kemudian disuruh mengeluarkan peralatan seperti kertas karton, jangka, krayon dan gunting. Ada yang bertanya bagaimana kalau menggambar tidak menggunakan busur.
    Dari kekurangan video belum ada penutup atau review dari materi yang sudah disampaikan.
    Kelebihan dari video tersebut guru menjelaskan secara singkat namun anak-anak sudah banyak yang faham mengenai diagram lingkaran.

  3. Nama: Mikha Valerint
    NIM: 042156339
    Prodi: S1 Pendidikan Matematika

    Berikut tanggapan saya mengenai video “Diagram Lingkaran”.

    •Guru melakukan pratinjau. Dalam hal ini, guru memastikan murid menguasai materi yang diperlukan sebelum menyampaikan materi yang akan diajarkan.

    •Guru bertanya kepada murid. Hal ini membuat murid aktif dalam: mengingat materi yang sudah pernah dipelajari, dan menjelaskan materi yang perlu disampaikan. Bertanya kepada murid juga memberi kesan bahwa guru menghargai pendapat siswa.

    •Guru juga menanyakan apakah ada murid yang mengetahui cara lain dalam menyelesaikan suatu topik. Dalam hal ini, guru memberi kesan kepada murid bahwa matematika bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mutlak kaku. Melainkan, ada hal-hal yang fleksibel dalam matematika: misalnya, ada persoalan yang bisa diselesaikan dengan berbagai cara.

    •Bekerja kelompok juga dapat melatih keterampilan nonteknis dari siswa: kemahiran siswa dalam melakukan kerjasama, kepemimpinan, kemampuan komunikasi asertif, dan manajemen waktu.

    •Pertanyaan siswa tidak langsung dijawab guru dengan satu set rumus cepat, namun guru menyampaikan petunjuk jawabannya dengan cara menanyakan balik kepada siswa. Sehingga, dalam menjawab pertanyaan pun, guru menjaga komunikasi sebisa mungkin tetap dua arah.

  4. nama setiawan dian satria
    prodi s1 pendidikan matematika
    nim 048948356
    menanggapi video pembelajaran diatas. pada video diatas guru memberikan metode yang sangat kreatif dengan membuat metode kelompok dalam pelajaran matematika. sehingga matematika tidak terkesan sebagai pelajaran yang hanya bisa berjalan satu arah

  5. Nama : NOVIANINGRUM
    NIM : 043380864
    Prodi : Pendidikan Matematika UPBJJ Serang

    Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas ..
    Melalui kegiatan pembelajaran guru tersebut menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), peserta didik juga mampu menerapkan konsep diagram lingkaran dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru dengan karakter berpikir kritis, kreatif (kemandirian) dan kejujuran (integritas) selama proses pembelajaran.
    Dalam mulai kegiatan awal, kegiatan inti juga telah dilakukan oleh guru tersebut. Namun pada bagian penutup guru belum mereview/meringkas/merangkum dan memberikan kesimpulan terkait materi yang telah disampaikan.

  6. Nama : NOVIANINGRUM
    NIM : 043380864
    Prodi : Pendidikan Matematika UPBJJ Serang

    Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas .. Melalui kegiatan pembelajaran guru tersebut menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), peserta didik juga mampu menerapkan konsep diagram lingkaran dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru dengan karakter berpikir kritis, kreatif (kemandirian) dan kejujuran (integritas) selama proses pembelajaran. Dalam mulai kegiatan awal, kegiatan inti juga telah dilakukan oleh guru tersebut. Namun pada bagian penutup guru belum mereview/meringkas/merangkum dan memberikan kesimpulan terkait materi yang telah disampaikan.

  7. Nama : rofika Ratri
    Nim : 041896202
    Prodi : pendidikan matematika

    Pada video ini
    Guru membuka kelas dengan salam dan berdoa
    Kemudian guru mereview ulang tentang pelajar sudut dan persen. Ini membuat murid2 kembali mengingat pelajaran matematika di pertemuan sebelumnya.
    Kemudian guru memberi tugas dalam bentuk kelompok, ini membantu siswa dalam belajar berdiskusi. Masing2 anak akan mengemukakan ide nya dan ini membuka pemikiran masing2 murid. Masing2 siswa juga sudah membawa perangkat untuk mengerjakan tugas diskusi.
    Setelah diskusi selesai, para murid mempresentasikan hasil diskusinya. Guru dan murid saling memperhatin hasil diskusi tersebut. Dengan cara seperti ini , pelajaran matematik menjadi tidak membosankan. Semua murid memperhatikan dan di harapkan semua murid menjadi paham dan mengerti dengan pelajaran diagram lingkaran.

  8. Nama : Rika Nur Azizah
    NIM : 042690471
    Prodi : Pendidikan Matematika S1
    Judul tayangan video tersebut adalah Diagram Lingkaran. Dalam tayangan pengajaran video tentang diagram lingkaran terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahan pembelajaran dalam video adalah :
    1. Guru yang tiba-tiba membagikan lembaran tugas LKPD.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu.
    3. Guru tidak menjelaskan tujuan apa yang akan dicapai pada pembelajaran.
    4. Siswa melakukan pemilihan anggota dengan keinginannya. Sehingga, tidak dapat mendapatkan proses diskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi ada yang tidak.
    5. Siswa hanya presentasi lewat mengucapkan rumus dan tata cara mengerjakan membuat diagram lingkaran yang ada pada soal LKPD. menunjukkan alat peraga berupa gambaran diagram lingkaran.
    Kelebihan pembelajaran dalam video adalah :
    1. Secara kesuluruhan proses pembelajaran dalam video sudah baik.
    2. Proses pembelajaran dilaksanakan secara runtut.
    3. Guru memberikan jawaban kepada siswa yang bertanya.
    4. Guru bertanggung jawab untuk mengarahkan peserta didik agar mencapai tujuan yang diharapkan serta mengawasi jalannya diskusi.
    5. Melatih kerja sama antar siswa.
    6. Melatih siswa untuk berkreativitas.
    7. Mengajarkan kepada siswa bertoleransi dan bertukar pendapat saat anggota kelompok melakukan presentasi kelompok.
    8. Kualitas video dan suara jelas.

Leave a Reply