Similar Posts
Laju Reaksi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Laju reaksi adalah salah satu materi pada pembelajaran kimia yang diajarkan di kelas 11 SMA. Laju reaksi dapat diartikan sebagai perubahan konsentrasi pereaksi (reaktan) atau konsentrasi hasil reaksi (produk) tiap satuan waktu. Ada kalanya suatu reaksi berjalan lambat dan kalanya suatu reaksi berjalan dengan cepat,…
Modus Data Kelompok
Sinopsis Menganalisa Rumus Satistika : Mencari Modus dari Data Kelompok a. Tujuan tayangan video sebagai sarana informasi guru untuk menghadirkan proses pembelajaran yang mengedepankan kreatifitas sehingga pembelajaran tidak membosankan. b. Kekuatan dan Kelemahan Dalam Proses Pembelajaran. # Membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran 1). Guru membuka dengan salam2). Guru memberikan tujuan serta manfaat mempelajari materi3). Guru…
Mengonversi Cerpen Menjadi Sebuah Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Suasana di suatu kelas di sebuah SMA di kota kecil. Suasana kelas kondusif. Tata letak tempat duduk berkelompok terdiri atas 4 – 5 siswa. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas XI IPS. Pembelajaran yang berlangsung adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Mengonversi Cerpen Menjadi…
Matematika Ekonomi SMA
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan. Sebenarnya jika Anda melihat kembali hukum permintaan dalam ekonomi, fungsi ini akan menunjukkan bahwa harga barang dengan jumlah barang yang diminta menunjukkan hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik. Lalu bagaimana dengan penawaran?…
Error Correction in EFL Classroom
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Banyak siswa menemukan kesulitan dalam pembelajaran bahasa asing dan mereka banyak yang melakukan kesalahan di dalam proses pemerolehan bahasa asing tersebut. Kesalahan dalam belajar bahasa asing merupakan sesuatu yang normal bahkan perlu bagi pembuat bahasa itu sendiri. Bahkan kesalahan dalam berbicara tidak hanya terjadi pada…
Sistem Pembayaran dalam Perbankan di Indonesia
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sistem pembayaran ini berkaitan dengan kegiatan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lainnya. Apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran? Apakah peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran? Bagaimana penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini. Untuk…
Nama : Citra Indrawati
NIM : 042690188
Prodi : S1 Pendidikan Matematika
Menanggapi tentang vidio diatas mengenai diagram lingkaran. Pada vidio tersebut setelah membuka kelas guru memberikan awalan tentang materi yang akan dijelaskan. Setelah itu guru memberikan LKPD atau lembar kerja kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok. Metode belajar kelompok dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan soal yang telah diberikan. Lalu guru bertugas mengawasi jalannya diskusi serta mengarahkan siswa agar diskusi yang dihasilkan dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Setelah itu, hasil diskusi dapat disampaikan didepan kelas yang bertujuan untuk mengasah pemahaman siswa dari apa yang telah mereka buat serta membuat siswa berani tampil untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Analisis video pendidikan mengenai matematika tentang diagram lingkaran
Menurut saya guru tersebut sudah menggunakan apersepsi kegiatan awal dari pembuka(salam, doa), kemudian kegiatan inti guru bertanya tentang materi sebelumnya apa yang sudah dipelajari, selanjutnya guru memberikan sedikit gambaran / penjelasan mengenai diagram lingkaran. Kemudian guru memberikan lembar kerja dan murid disuruh bergabung dengan kelompok masing-masing, kemudian disuruh mengeluarkan peralatan seperti kertas karton, jangka, krayon dan gunting. Ada yang bertanya bagaimana kalau menggambar tidak menggunakan busur.
Dari kekurangan video belum ada penutup atau review dari materi yang sudah disampaikan.
Kelebihan dari video tersebut guru menjelaskan secara singkat namun anak-anak sudah banyak yang faham mengenai diagram lingkaran.
Nama: Mikha Valerint
NIM: 042156339
Prodi: S1 Pendidikan Matematika
Berikut tanggapan saya mengenai video “Diagram Lingkaran”.
•Guru melakukan pratinjau. Dalam hal ini, guru memastikan murid menguasai materi yang diperlukan sebelum menyampaikan materi yang akan diajarkan.
•Guru bertanya kepada murid. Hal ini membuat murid aktif dalam: mengingat materi yang sudah pernah dipelajari, dan menjelaskan materi yang perlu disampaikan. Bertanya kepada murid juga memberi kesan bahwa guru menghargai pendapat siswa.
•Guru juga menanyakan apakah ada murid yang mengetahui cara lain dalam menyelesaikan suatu topik. Dalam hal ini, guru memberi kesan kepada murid bahwa matematika bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mutlak kaku. Melainkan, ada hal-hal yang fleksibel dalam matematika: misalnya, ada persoalan yang bisa diselesaikan dengan berbagai cara.
•Bekerja kelompok juga dapat melatih keterampilan nonteknis dari siswa: kemahiran siswa dalam melakukan kerjasama, kepemimpinan, kemampuan komunikasi asertif, dan manajemen waktu.
•Pertanyaan siswa tidak langsung dijawab guru dengan satu set rumus cepat, namun guru menyampaikan petunjuk jawabannya dengan cara menanyakan balik kepada siswa. Sehingga, dalam menjawab pertanyaan pun, guru menjaga komunikasi sebisa mungkin tetap dua arah.
nama setiawan dian satria
prodi s1 pendidikan matematika
nim 048948356
menanggapi video pembelajaran diatas. pada video diatas guru memberikan metode yang sangat kreatif dengan membuat metode kelompok dalam pelajaran matematika. sehingga matematika tidak terkesan sebagai pelajaran yang hanya bisa berjalan satu arah
Nama : NOVIANINGRUM
NIM : 043380864
Prodi : Pendidikan Matematika UPBJJ Serang
Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas ..
Melalui kegiatan pembelajaran guru tersebut menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), peserta didik juga mampu menerapkan konsep diagram lingkaran dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru dengan karakter berpikir kritis, kreatif (kemandirian) dan kejujuran (integritas) selama proses pembelajaran.
Dalam mulai kegiatan awal, kegiatan inti juga telah dilakukan oleh guru tersebut. Namun pada bagian penutup guru belum mereview/meringkas/merangkum dan memberikan kesimpulan terkait materi yang telah disampaikan.
Nama : NOVIANINGRUM
NIM : 043380864
Prodi : Pendidikan Matematika UPBJJ Serang
Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas .. Melalui kegiatan pembelajaran guru tersebut menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), peserta didik juga mampu menerapkan konsep diagram lingkaran dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru dengan karakter berpikir kritis, kreatif (kemandirian) dan kejujuran (integritas) selama proses pembelajaran. Dalam mulai kegiatan awal, kegiatan inti juga telah dilakukan oleh guru tersebut. Namun pada bagian penutup guru belum mereview/meringkas/merangkum dan memberikan kesimpulan terkait materi yang telah disampaikan.
Nama : rofika Ratri
Nim : 041896202
Prodi : pendidikan matematika
Pada video ini
Guru membuka kelas dengan salam dan berdoa
Kemudian guru mereview ulang tentang pelajar sudut dan persen. Ini membuat murid2 kembali mengingat pelajaran matematika di pertemuan sebelumnya.
Kemudian guru memberi tugas dalam bentuk kelompok, ini membantu siswa dalam belajar berdiskusi. Masing2 anak akan mengemukakan ide nya dan ini membuka pemikiran masing2 murid. Masing2 siswa juga sudah membawa perangkat untuk mengerjakan tugas diskusi.
Setelah diskusi selesai, para murid mempresentasikan hasil diskusinya. Guru dan murid saling memperhatin hasil diskusi tersebut. Dengan cara seperti ini , pelajaran matematik menjadi tidak membosankan. Semua murid memperhatikan dan di harapkan semua murid menjadi paham dan mengerti dengan pelajaran diagram lingkaran.
Nama : Rika Nur Azizah
NIM : 042690471
Prodi : Pendidikan Matematika S1
Judul tayangan video tersebut adalah Diagram Lingkaran. Dalam tayangan pengajaran video tentang diagram lingkaran terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahan pembelajaran dalam video adalah :
1. Guru yang tiba-tiba membagikan lembaran tugas LKPD.
2. Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu.
3. Guru tidak menjelaskan tujuan apa yang akan dicapai pada pembelajaran.
4. Siswa melakukan pemilihan anggota dengan keinginannya. Sehingga, tidak dapat mendapatkan proses diskusi secara aktif dan sebagian ada yang berdiskusi ada yang tidak.
5. Siswa hanya presentasi lewat mengucapkan rumus dan tata cara mengerjakan membuat diagram lingkaran yang ada pada soal LKPD. menunjukkan alat peraga berupa gambaran diagram lingkaran.
Kelebihan pembelajaran dalam video adalah :
1. Secara kesuluruhan proses pembelajaran dalam video sudah baik.
2. Proses pembelajaran dilaksanakan secara runtut.
3. Guru memberikan jawaban kepada siswa yang bertanya.
4. Guru bertanggung jawab untuk mengarahkan peserta didik agar mencapai tujuan yang diharapkan serta mengawasi jalannya diskusi.
5. Melatih kerja sama antar siswa.
6. Melatih siswa untuk berkreativitas.
7. Mengajarkan kepada siswa bertoleransi dan bertukar pendapat saat anggota kelompok melakukan presentasi kelompok.
8. Kualitas video dan suara jelas.