silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
NAMA : Darma Utami
NIM : 825146795
POKJAR : Pangkalan Balai
Dari Video diatas dapat disimpulkan bahwa :
1. Identifikasi masalah
Dalam pembelajaran IPA di SD Guru tidak menggunakan media pembelajaran.
2. Analisis Penyebab masalah
1). Guru kurang melaksanakan pembelajaran secara runtut.
2). Metode pembelajaran yang digunakan hanya metode ceramah
3). Kurangnya kesiapan guru dalam penggunaan media pembelajaran
3. Alternatif pemecah masalah
1). Guru harus melakukan pembelajaran secara runtut
2). Guru harus menggunakan metode ceramah yang beragam
3). Guru harus mempersiapkan media pembelajaran sebelum pelajaran dimulai
4. Tujuan perbaikan
1). Meningkatkan motivasi belajar siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
2) Siswa lebih mudah memahami meteri pelajaran yang disampaikan oleh guru.
3) Proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
5. Rumusan judul PKP
Meningkatkan moivasi dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran pada pelajaran IPA di SD