silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : EKA RIDWAN HAERUL UMAM
    Prodi : PGSD
    NIM : 859504721
    POKJAR : PAKISJAYA
    Setelah saya amati video tersebut guru tidak mempersiapkan media belajar sebelum mengajar sehingga anak sulit mengetahui bagaimana cara daun bernafas apakah bernafasnya melalui bagaian daun atas atau daun bawah. Solusinya kedepan guru harus mempersiapkan media belajarnya supaya kegiatan belajar mengajarnya tidak kesulitan sehingga anak dapat berinteraksi dengan aktif.

  2. Nama : RAHAYU EVANORA HASIBUAN
    Nim : 856037842
    Pokjar : labuhanbatu selatan
    jurusan : PGSD
    semsester: 6

    Dari video yang telah saya lihat sebagai berikut:
    banyak kekurangan yang saya lihat dari vidio proses mengajar seorang guru tersebut mulai dari pembukaaan sampai penutup kerna ibuk tersebut tidak menggunkan RPP.

    seharusnya seorang guru menggunakan RPP, nah disini juga kita ketahui betapa pentingnya guru membuat RPP dimana, RPP sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran yang bermutu untuk guru dan siswa, kerna di dalam susunan RPP sudah ada cara pelaksaan pelaksanan mengajar seorang guru dimulaidari mana ,menyampaikan pembelajaran gimana, bahkan metode dan medianya sudah ada tercamtum di RPP tersebut sudah lenggkap rancangannya yang membantu memudahkan guru dalam proses belajar dan mengajar sehinggan anak didik pun dapat menerima pembelajaran dengan mudah dan cepat menangkap dan meningkatkan kemauan siswa belajar yaitu dalam menggunakan media yang menarik, sehingga guru harus kreatif dan inovatif memilih media dalam RRP yang tepat dalam pelajaran tersebut.

  3. Nama : RAHAYU EVANORA HASIBUAN
    Nim : 856037842
    Pokjar : labuhanbatu selatan
    jurusan : PGSD
    semsester: 6

    Dari video yang telah saya lihat sebagai berikut: banyak kekurangan yang saya lihat dari vidio proses mengajar seorang guru tersebut mulai dari pembukaaan sampai penutup kerna ibuk tersebut tidak menggunkan RPP. seharusnya seorang guru menggunakan RPP, nah disini juga kita ketahui betapa pentingnya guru membuat RPP dimana, RPP sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran yang bermutu untuk guru dan siswa, kerna di dalam susunan RPP sudah ada cara pelaksaan pelaksanan mengajar seorang guru dimulaidari mana ,menyampaikan pembelajaran gimana, bahkan metode dan medianya sudah ada tercamtum di RPP tersebut sudah lenggkap rancangannya yang membantu memudahkan guru dalam proses belajar dan mengajar sehinggan anak didik pun dapat menerima pembelajaran dengan mudah dan cepat menangkap dan meningkatkan kemauan siswa belajar yaitu dalam menggunakan media yang menarik, sehingga guru harus kreatif dan inovatif memilih media dalam RRP yang tepat dalam pelajaran tersebut

  4. Nama : Ani Susanti
    Nim : 858861829
    SEMESTER : 2
    PGSD BI

    Dari video yang telah saya lihat berikut:
    Kelebihannya
    memulai pembelajaran dengan salam dan mempersiapkan siswa dengan baik.
    Kekurangannya
    kurangnya mempersiapkan media dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang kurang membuat siswa kurang memahami apa yg dijelaskan oleh guru. Kurangnya kreativitas seorang guru.

  5. Nama : Amalia Nur
    NIM : 855829276
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandara Aceh

    (Analisis video 1) Judul : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yaitu tertib dan juga tenang. Tetapi ada beberapa siswa yang terlihat kesulitan memahami materi pembelajaran.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Kelemahannya yaitu guru belum menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik dan benar.

    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Kelebihannya guru menggunakan alat peraga/media dengan memanfaatkan bahan yang ada dialam sekitar sekolah

    4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Adanya timbal balik antara siswa dengan guru sehingga pembelajaran berjalan efektif.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Sarannya yaitu sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu dan jika ingin menggunakan media pembelajaran tidak harus dalam bentuk digital saja, tetapi juga bisa memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekolah.

  6. Nama : Nuru Hidayah
    NIM : 858034344

    Dari video pembelajaran yang saya lihat , saya melihat guru tersebut menyampaikan kegiatan di awal pembelajaran yang mana guru tersebut hanya memberikan sapaan dan langsung memberikan materi pembelajaran, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat materi pembelajaran. kemudian guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi bosan, tidak semangat dan merasa kebingungan dengan materi yang dijelaskan guru.

  7. Bissmillah
    perkenalkan saya Rizki Nuzula Sinta R.
    Mahasiswa PGSD BI Semester II
    NIM : 858853079

    Mohon izin untuk menyampaikan pendapat, dalam video tersebut pembelajaran dilaksankan dengan memberikan salam, dan memberitahukan materi yang akan dipelajari.
    akan tetapi sebelum pelajaran dimulai hendaknya guru melakukan apresepsi. apresepsi bertujuan untuk membuat peserta didik untuk mempersiapkan dalam menerima pelajaran. selain itu guru hendaknya memberikan motivasi, menyapa dengan ramah sehingga perasaan peserta didik benarbenar siap dalam menerima pelajaran. kegiatan inti guru menyampaikan materi tanpa menggunakan media pembelajaran. selain media penggunaan metode yang tepat juga mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. dalam video tersebut guru tidak memanfaatkan media yang terdapat di alam, selain itu guru dapat juga membawakan media gambar yang dapat memudahkan dalam penyampaian. terima kasih

  8. Assalamualaikumwarohmatullah
    Nama : Mutmainnah
    Nim : 859145535
    Prodi : S1-PGSD
    POKJAR : LOBAR
    Tanggapan saya terkait vidio pembelajaran diatas adalah guru memulai pembelajaran tanpa melalui apersepsi sehingga siswa terlihat tidak termotivasi dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam menyampaikan materi pelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media, sehingga siswa terlihat bosan dan kesulitan memahami materi yang dipelajari. Media tidak harus mahal, guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. misalnya dengan menugaskan siswa ke luar kelas untuk mencari berbagai macam bentuk daun, kegiatan ini akan membuat siswa merasa lebih senang dan tidak bosan dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran dikelas yang monoton. Dengan demikian siswa tidak akan kesulitan dalam memahami materi yang dipelajarinya. Tampak jelas perbedaan kegiatan belajar setelah guru menggunakan media daun yang diambil dari halaman sekolah. Siswa terlihat antusias dan semangat mengikuti kegiatan pembelajaran, suasana kelas tampak hidup. Siswa tidak lagi kebingungan dan bisa memahami materi dengan mudah.

  9. NAMA : ARBI
    NIM : 815590675
    Pogram Studi : PGSD

    Tanggapan saya mengenai video dia atas, dimana awalnya guru yang tidak menggunakan media pembelajaran pada saat pembelajaran IPA, siswa masih kelihatan bingung atau masi menghayal pada saat guru menerangkan materi “daun” yang disampaikan tanpa adanya media pembelajaran dan bahan ajar yang disiapkan belum lengkap membuat siswa kurang bersemangat dan cenderung bosan.
    ketika guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber untuk dijadikan media pembelajaran itu membuat siswa bisa melihat secara jelas apa yang dimaksud guru tersebut dan bisa memahami pembelajaran yang sedang berlangsung, dengan bantuan media pembelajaran siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

  10. Nama: Sarika
    Nim: 855982837
    UPBJJ Medan

    Assalamu’alaikum Warohamatullahi Wabarakatuh.
    Minta izin untuk menanggapi video Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
    Setelah menyimak video tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan video guru yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran IPA diantaranya;
    1. Kekurangan
    Pada latihan sebelumnya guru hanya menyapa siswa, tidak mengecek kehadiran dan kesiapan siswa, tidak melakukan persepsi dan tidak mengkomunikasikan tujuan pembelajaran. Nantinya pada kegiatan inti, guru langsung menjelaskan majalah dan bentuk-bentuk majalah tanpa belajar dari media. Sehingga ketika guru memberikan materi, siswa tidak aktif, dan materi sulit dicerna, guru bingung untuk melanjutkan pengajaran. Materi, karena siswa belum mengenal bentuk daun. Alasan guru tidak menggunakan media pembelajaran karena media pembelajaran sulit ditemukan, waktu persiapan terbatas dan tidak mengeluarkan biaya untuk membeli bahan pembelajaran.
    tambahan ke-2
    Jika guru menemukan celah dalam pembelajaran bebas media selama proses pembelajaran, guru berinisiatif untuk mencari lingkungan belajar di lingkungan sekolah yang dapat digunakan dalam pembelajaran majalah. Ketika guru telah menemukan lingkungan belajar yang akan digunakan, proses pembelajaran kembali lancar dan siswa antusias dan aktif selama proses pembelajaran. Dengan bantuan lingkungan belajar yang digunakan oleh guru, siswa lebih mudah mencerna dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. solusi ke-3
    Sebaiknya guru mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memulai pembelajaran, seperti : B. Mengecek kehadiran siswa, kesiapan siswa, dan media yang akan digunakan untuk memudahkan siswa. memahami dan mencerna materi yang diberikan. Ada banyak lingkungan belajar yang tersedia, mis. dari lingkungan terdekat yang dapat digunakan sebagai lingkungan belajar tanpa biaya mahal dan pembuatan media tidak memakan waktu lama. Seperti halnya bahan majalah, media yang digunakan sangat mudah ditemukan. Dengan media yang tepat, kemauan siswa untuk belajar harus ditingkatkan dan pemahaman tentang isi pengajaran harus difasilitasi

Leave a Reply