silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Imro’atul Mufarrohah
Nim : 858733555
Prodi : S1 PGSD BI
Setelah menyimak vidio guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA, pada vidio yang pertama pada saat memulai pelajaran guru tidak memberikan sapaan kepada siswa atau menanyakan kondisi siswa saat itu selain itu guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan serta guru hanya menggunakan metode ceramah pada saat menyampaikan materi sehingga terlihat siswa kurang antusias, uberbicara dengan temannya dan terlihat binggung saat diberi pertanyaan. Guru beralasan tidak menggunakan media pembelajaran karena sulitnya mencari media dan harganya yang mahal padahal guru bisa memanfaatkn alam sekitar sebagai media atau membuat sendiri media dari bahan yang sederhana yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Pada vidio kedua guru mulai menggunakan media saat pembelajaran yaitu dengan menggunakan daun. Pada saat pembelajaran siswa terlihat antusias dan bisa menjawab pertanyaan dari guru tentang materi yang diajarkan.
Kesimpulan dari vidio tersebut jelas bahwa penggunaan media pada saat pembelajaran sangat berpengaruh terhadap minat belajar serta hasil belajar siswa.
Nama : Lesmayani Br Surbakti
NIM : 856027375
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 12 Medan
Pokjar : Binjai
Pada cuplikan vidio awal guru tersebut hanya menggunakan metode pembelajaran model ceramah tanpa dikombinasikan dengaan metode pembelajaran yang lain (media pembelajaran) sehingga seluruh siswa tidak dapat memahami bentuk dan jenis daun yang sudah dijelaskan guru tersebut. Di vidio berikutnya guru tersebut sudah menyadari kesalahannya dalam mengajar karena tidak memiliki media pembelajaran sehingga guru tersebut memanfaatkan alam di sekitar untuk dijadikan media bahan ajar nya.
Solusi menurut saya :
banyak sekolah yang tidak memiliki sarana dan prasarana sehingga tidak semua guru memiliki bahan media ajar sehingga banyak guru yang memanfaatkan alam sekitar untuk dijadikan bahan media ajar. Tetapi alangkah lebih baiknya guru bisa lebih kreatif menampilkan bahan media ajar bukan hanya dari alam sekitar seperti menambahkan media gambar, media foto, media bagan, dan media poster yang dianggap tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu.
Nama : sulis irma setiani
Nim : 857705198
Prodi : PGSD S1
Pokjar :Kedungwuni
setelah saya mengamati vidio di atas dalam pembelajaran guru tidak ada pembukaan seperti menyapa anak – anak menanyakan kabar. kurangnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga guru tidak memiliki media bahan ajar sehingga membuat siswa kebingungan dalam pembelajaran. saat pembelajaran seharusnya guru menyiapkan media jika sulit mencari media nyata bisa juga menggunakan gambar sehingga siswa lebih mudah memahami pembelajaran
Nama:Berkat kristin p. J zai
NIM:834925499
Pokjar:Idanogawo
Berdasarkan video tersebut jelas bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga murid pun bingung dan tidak bisa mengikuti dengan baik. Ada baiknya untuk menggunakan alat peraga setidaknya sehelai daun atau 1 jenis rumput saja agar mudah bagi siswa mengikuti pembelajaran.
Nama:Berkat k. p. j zai
Nim:834925499
Pokjar :idanogawo
Berdasarkan video tersebut guru sama sekali tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kewalahan memahami materi yang disampaikan. Terbukti saat guru menanyakan ada yang tau daun? Lalu siswa menjawab tidak tahu. Untuk itu sangat disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran agar interaksi guru dan siswa harmonis dan membangun suasana yang baik.
Nama : Okta vira
NIM :856206784
Prodi : PGSD
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yaitu tata terbit dan murid sangat antusias menyambut pelajaran.
2. Kelemahan nya adalah di awak pembelajaran guru tidak Menggunakan media pembelajaran, sebiaknya guru menyiapkan media pembelajaran yang baik sebelum memulai pelajaran
3. Kelebihan nya adalah di akhir pembelajaran guru menperagakan media pembelajaran yang baik.
4.upaya yang di usulkan untuk meningkatkan media pembelajaran di kelas
Nama: Veronika Sitepu.
NIM:859876964
Pokjar: Pematangsiantar
Berdasarkan video yang telah saya cermati bahwa di dalam suatu pembelajaran peran penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan. Dalam video tersebut telihat pada saat awal pembelajaran guru menjelaskan pembelajaran IPA tanpa menggunakan media namun peserta didik tidak paham betul dan tidak dapat melihat secara langsung. namun setelah menggunakan media peserta didik lebih paham dan mampu memamahi secara nyata apa yang baru saja ia pelajari. oleh karena itu pengetahuan peserta didik akan semakin baik ketika guru dapat menggunakan media, baik media berupa power point ataupun melalui lingkungan sekitar
Nama:Sri Wahyuni
Nim :824345698
Prodi :S1 PGSD
Pokjar:Tinombo
Upbjj :Palu
Dalam video tersebut, di kegiatan awal guru tidak melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak memiliki gambaran tentang apa yang akan mereka pelajari. Sehingga ketika guru memberikan pertanyaan,siswa kurang antusias menjawab pertanyaan.
Setelah beberapa menit pelajaran berlangsung,guru menyadari jika penyampaian pembelajaran tidak menarik perhatian siswa, sehingga guru berinisiatif menggunakan media/alat peraga yang mudah didapat, seperti daun-daun yang mudah dikenali siswa. Setelah menggunakan media tersebut siswa terlihat antusias ketika menjawab pertanyaan yg diberikan guru.
Kesimpulan:
Sebagai seorang guru,hendaknya sebelum memulai pembelajaran harus mempersiapkan media apa saja yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Misalnya dengan mengunakan media yang bisa menarik perhatian siswa, contoh video, gambar dan benda konkret.
Nama : ismail nazah salam
Nim : 856331665
Prodi : PGSD S1
– Identifikasi masalah
Dalam video terlihat siswa tidak dapat memahami materi pembelajaran karena tidak tersampaikan dengan baik materi pembelajaran tersebut.
– Analisis penyebab masalah
Materi tidak tersampaikan dengan baik karena guru menyampaikan materinya tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi.
– Alternatif pemecahan masalah yang dapat dilaksanakan yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran sederhana yang tentunya tersedia di sekitar lingkungan sekolah, seperti media pembelajaran benda nyata yaitu daun-daun dari pohon yang berada di sekitar sekolah.
– Tujuan perbaikan yang perlu dilaksanakan yaitu pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran daun untuk menyampaikan materi ipa tentang daun.
Assalamualaikum wr. wb Saya AGUSTYN EKA PRATIWI dengan NIM 858820371 Jurusan S1 PGSD, SALUT KABUPATEN KEDIRI UPBJJ UT MALANG izin menggunakan video tersebut sebagai bahan analisis tugas praktek 1 mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar yang dibimbing oleh ibu Suzana Kuncahyanie Rahadiyan, S.Pd.M.Pd. Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb