silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
NAMA: NINA MAISAROH
NIM: 85856115
PRODI : PGSD S1
POKJAR : KEPANJEN
Setelah saya mengamati video tentang “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD” pada adegan pertama terlihat pembelajaran kurang efektif, hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran, apalagi mata pelajaran IPA merupakan ilmu pasti dimana siswa perlu berpikir dalam mengembangkan nalar dan daya cipta, sehingga siswa paham dengan materi yang diajarkan, salah satu keberhasilan pengajaran IPA ditentukan oleh kemampuan guru itu sendiri di dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang bermakna sesuai dengan tujuan pengajaran, media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran, media pembelajaran akan membuat siswa lebih mengerti isi materi pembelajran dan tentunya pembelajaran akan lebih menyenangkan. Pembelajaran yang berkualitas akan memperoleh hasil belajar siswa yang maksimal. Pada adegan selanjutnya Guru sudah menggunakan daun sebagai alat peraga dan media pembelajaran, tentunya tidak ada alasan bagi guru untuk tidak menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran dapat diperoleh dari lingkungan sekitar, terlihat dari video tersebut siswa lebih antusias terhadap pembelajaran dan lebih mengerti tentang bentuk-bentuk dan jenis daun
Nama : Dwi Rahayu Sugiarti
NIM : 856986869
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Prodi : PGSD S1
Setelah saya mengamati video yang berjudul “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD”,saya simpulkan kelemahan dari video tersebut yaitu :
– Guru tidak merumuskan tujuan pembelajaran
– Guru tidak menentukan kegiatan belajar
– Guru tidak menentukan orang-orang yang terlibat dalam proses pembelajaran
– Guru tidak menggunakan alat dan bahan untuk belajar
– Guru tidak ada rencana mengevaluasi siswa saat proses pembelajaran
Kelebihan dan saran dalam video tersebut yaitu :
Guru sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan sangat baik dan jelas,hanya saja video pertama tidak menggunakan media pembelajaran seharusnya sebelum pembelajaran dimulai guru harus memperhatikan fasilitas seperti alat dan bahan yang memadai,jadi kegiatan pembelajaran bisa lebih mudah dilakukan dan tujuan pembelajaran mudah dicapai.
NAMA : RIDAYAH
NIM : 857013971
PROGRAM STUDI : PGSD-S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KALIREJO
Berdasarkan vidio yang telah saya lihat, siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, adapun kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam vidio antara lain:
Kelebihan:
1. Guru menjelaskan dengan baik
2. Guru menggunakan alat peraga asli berupa daun yang dipetik dari lingkungan
3. Guru memberikan banyak contoh
Kekurangan:
1. Siswa tidak aktif dalam pembelajaran
2. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariatif
3. Siswa tidak dilibatkan dalam pembelajaran dan hanya mendengarkan penjelasan guru.
4. Guru tidak melakukan pendahuluan, apersepsi, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
assalamualaikm …
selamat siang
nama : Endang Pratiwi
nim : 856021865
program studi : S1 PGSD
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
1. bagaimana reaksi siswa/ anak terhadapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
jawab :
reaksi siswa tersebut saat guru menggunakan metode ceramah saat mengajar, kegiatan belajar mengajar menjadi monoton, dan siswa kurang paham dengan materi nya, Namun reaksi siswa berubah saat guru menggunakan metode ceramah ditambah dengan penggunaan media konkreat siswa menjadi lebih bersemangat dan siswa menjadi paham dan bisa membeda kan secara langsung jenis jenis bentuk daun .
2. secara keseluruan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
jawab :
guru tersebut bingung harus menggunakan media apa yang dibutuhkan untuk menunjanng aktivitas belajar mengajar menjadi efektif.
3.secara keseluruan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
jawab :
guru berfikir cepat langsung mencari benda konkret yang ada disekitar sekolah, mencari daun daun yang berada disekitar sekolah dari beberapa jenis jenis bentuk daun.
4. hal hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
jawab :
guru tersebut baru memikirkan media apa yang harus digunakan saat pembelajaran berlangsung.
5. upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
jawab :
guru tersebut seharusnya menyiapkan media/ alat pembelajaran dipersiapkan lebih awal seblum pembelajaran dimulai. karena pada topik topik pembeljaran tertentu tidak semuanya menggunakan media lingkungan sekitar. apalagi pembelajaran IPA lebih sering menggunakan alat bantu agar lebih mudah dipahami, jika guru menggunakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi misalnya( media audio, media visual, media audio visual, media konkreat, dan lainnya)
Nama : Baiq Isnaini
Nim : 859162287
UPBJJ : Mataram
Pokjar : Lombok Tengah
Setelah saya menyimak video tentang “guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD” tersebut saya berpendapat bahwa pembelajaran tersebut kurang efektif, meskipun di awal pembelajaran siswa bisa menjawab pertanyaan dari guru tentang bentuk-bentuk daun, tetapi lama-kelamaan siswa kelihatan bingung seharusnya di sini guru lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. di lingkungan sekitar banyak sekali bentuk-bentuk daun nah kita sebagai guru bisa memanfaatkan itu dan juga materi yang disampaikan itu lebih mudah dipahami oleh siswa.
NAMA : RIDAYAH
NIM : 857013971
PROGRAM STUDI : S1-PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR :KALIREJO
Hal unik dalam proses pembelajaran yang ada dalam video yaitu guru menggunakan dedaunan asli dalam proses pembelajaran. Adapun saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknya guru mempersiapkan terlebih dahulu media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
NAMA : RIDAYAH
NIM : 857013971
PROGRAM STUDI : S1-PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR :KALIREJO
Hal unik dalam proses pembelajaran yang ada dalam video yaitu guru menggunakan daun asli dalam proses pembelajaran. Adapun saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknya guru mempersiapkan terlebih dahulu media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Nama : Alda Linda
Nim : 859496925
Prodi : PGSD
Analisis:
Pada vidio pembelajaran tersebut bukan hanya perbedaan penggunaan media pembelajaran ataupun tidak menggunakan media pembelajaran melainkan guru tidak mempersiapkan bahan ajar serta media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Penyebab:
Pada vidio tersebut guru tidak melakukan apersepsi seperti mengecek kehadiran siswa, guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran tersebut. Guru hanya menyapa siswa dan langsung ke materi inti.
Solusi:
Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan apersepsi seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, serta menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tersebut. Dan guru juga harus mempersiapkan bahan ajar serta media yang sesuai dengan materi tersebut.
Nama : Alda Linda
Nim : 859496925
Prodi : PGSD
UPBJJ : Majene
Analisis:
Pada vidio pembelajaran tersebut bukan hanya perbedaan penggunaan media pembelajaran ataupun tidak menggunakan media pembelajaran melainkan guru tidak mempersiapkan bahan ajar serta media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Penyebab:
Pada vidio tersebut guru tidak melakukan apersepsi seperti mengecek kehadiran siswa, guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran tersebut. Guru hanya menyapa siswa dan langsung ke materi inti.
Solusi:
Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan apersepsi seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, serta menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tersebut. Dan guru juga harus mempersiapkan bahan ajar serta media yang sesuai dengan materi tersebut.
Nama : MAULIDAYANA
Kelas : AKPMM
Pokjar : Langkat
Instrumen Refleksi video tentang “ Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA “
1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawaban :
Video pertama
reaksi siswa terhadap pembelajaran awalnya mereka terlihat bingung atas penjelasan yang diberikan oleh guru pada saat guru menjelaskan tentang bentuk- bentuk daun, mereka terlihat seperti sedang diam membayang – bayangkan bagaimana dari bentuk daun yang dimaksud ibu guru tersebut.
Video kedua
Reaksi siswa pada video kedua siswa sudah mulai mengerti dan bersemangat dengan menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena, guru mengunakan daun yang diambil dari lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Video pertama
Kelemahan guru ialah pada saat mengajarkan pelajaran IPA diawal sebelum memulai pembelajaran tidak melakukan pra dan awal pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terjadi verbalisme data, fakta, prinsip dan konsep, hal ini guru beranggapan sulitnya mencari media yang tepat , waktu persiapan yang terbatas dan tidak ada biaya untuk membelinya.
Video kedua
Selain daun asli seharusnya guru juga dapat menjelaskannya dengan media gambar jadi anak anak dapat dengan jelas dan berminat dalam membedakan macam- macam bentuk dari daun tersebut..
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Video Pertama
Kelebihan Guru ialah dapat langsung dengan tepat memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah menjadi media dan sumber belajar.
Video kedua
guru menggunakan daun – daun dari tumbuhan yang tumbuh dilingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. guru langsung menggunakannya dikelas untuk menjelaskan perbedaan bentuk – bentuk daun dalam proses pembelajaran menjadi lancar.
4. Hal unik apa saja yg ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Video pertama
Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut ialah terdapat media pembelajaran yang dapat digunakan dari lingkungan sekolah
Video kedua
ada banyak jenis daun – daun pada tumbuhan dilingkungan sekolah sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media dan sumber belajar
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meninggkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Vide pertama
Sebaiknya sebagai seorang guru kita harus dapat memahami karakteristik dan kemampuan dari masing- masing media, media dikenal sebagai alat bantu untuk mengajar yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh guru.
Video kedua
Sebagai guru kita harus memiliki pengetahuan tentang ragam media serta guru harus pintar dan memilki kreativitas untuk mengelola lingkungan menjadi media dan sumber belajar apa lagi banyak dilingkungan sekolah yang kita jumpai dan diolah menjadi media pembelajaran. Media dapat dirancang khusus sesuai kebutuhan pembelajaran guna untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.