silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
NAMA : ROSSITA SITUMORANG
NIM : 856041068
PRODI : S1 – PGSD
POKJAR : RANTAUPRAPAT
UPBJJ : MEDAN
MOHON IJIN BERDISKUSI
Setelah melihat dan menyimak video pembelajaran diatas :
1. Kelemahan sebelum menggunakan alat peraga :
– Sebelum memulai pembelajaran tidak ada kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, ice breaking agar peserta didik lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran serta mengecek kehadiran siswa.
– Guru tidak menggunakan alat peraga sehingga pelajaran menjadi tidak menarik.
– Selama menjelaskan guru tidak pernah bertanya
– Guru tidak mempersiapkan pembelajaran dengan baik
– Guru tidak memanfaatkan alat peraga yang ada dialam sekitar
2. Video setelah menggunakan alat peraga
Siswa terlihat antusias dan semangat dalam belajar karena guru menggunakan alat peraga walaupun alat peraga yang digunakan sangat sederhana.
Guru seharusnya mempersiapkan metode pembelajaran yang baik agar memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Terimakasih
Nama : Ria Devi Ardiany
Nim : 858940401
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Jember
Setelah saya melihat video “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD”, dalam video tersebut terlihat bahwa guru tidak melakukan hal-hal yang dianggap penting dalam proses pembelajaran misalkan pembukaan pembelajaran, salam, absensi, berdoa, mengecek kesiapan siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan dalam video tersebut guru terkesan terburu-buru. Pada awal video guru tidak menggunakan media ,siswa terlihat tidak bersemangat dan cenderung membosankan, siswa tidak begitu antusias dalam mengikuti pembelajran. Sedangkan dalam video yang kedua pada saat guru menggunakan media pembelajaran daun pada saat menjelaskan materi siswa sudah terlihat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran penting untuk digunakan karena dapat menambah antusias dan pemahaman siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebagai guru dituntut untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan untuk menentukan media pembelajaran bisa berupa media gambar, media visual yang dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat meingkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.
Nama : Faradillah Gunawan
NIM : 857452484
Prodi : S1-PGSD
Pada saat pembelajaran dimulai ibu guru tidak menyampaikan atau menjelaskan apa tujuan pembelajaran yang akan dilakukan tetapi bu guru langsung ke materi maka dari itu ketika ibu guru menjelaskan banyak siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh ibu guru. Manfaat dengan penggunaan media pembelajaran yaitu Memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menarik perhatian peserta didik dan akan mempermudahkan siswa siswa dalam menguasai materi pelajaran dengan tujuan menimbulkan minat, motivasi, kreativitas, serta meningkatkan aktivitas siswa, dan membuat pembelajaran menjadi bermakna yang akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa-siswanya.
Nama :Sindri Tenda
NIM: 838360026
Setelah melihat video pembelajaran diatas saya menemukan beberapa kekurangan dlm pembelajaran seperti
-Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti doa dan salam
-Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
-masih menggunakan metode ceramah
-Tidak ada interaksi antara guru dan siswa
-Guru dalam pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran sehingga dalam pemaparan materi gambaran konseptual siswa tentang objek yg dimaksud tidak dapat digambarkan secara utuh.
Hal baiknya guru mau membuka diri dan tau kelemahannya dlm pembelajaran dan berkeinginan untuk melakukan perbaikan.
Nama : HALINAR
NIM. : 856975493
link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/08/guru-tidak-menggunakan-media-pada- pembelajaran-ipa-sd/
Berdasarkan video yang saya amati yang berjudul “ Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA “, sumber masalahnya adalah guru mengajar tidak menggunakan media sehingga siswa kurang mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Padahal, mata pelajaran IPA lumayan rumit sehingga penggunaan media sangat membantu dalam proses pembelajaran.
Masalah tersebut muncul sebenarnya berasal dari guru. Mudah saja mencari media untuk pembelajaran IPA jika guru mau memanfaatkan lingkungan sekitar. Contohnya materi tentang bentuk-bentuk daun, guru dapat memanfaatkan berbagai jenis dedaunan yang ada di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.
Dengan adanya perbaikan berupa pemanfaatan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar ini, diharapkan siswa lebih bisa memahami penjelasan dari guru serta memotivasi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih atau menggunakan media dalam proses belajar mengajar,
Analisis :
Pembelajaran yang dilakukan tidak ada apersepsi di awal pembelajaran, sehingga membuat pembelajaran terasa membosankan bagi peserta didik. Ditambah lagi tidak ada penggunaan media pembelajaran yang digunakan mengingat materi pembelajaran IPA yang seharusnya memakai media pembelajaran agar peserta didik lebih bisa memvisualisasikan dan memahami lebih jelas tentang materi yang diajarkan
Solusi :
Sebaiknya pendidik melaksanakan apersepsi diawal pembelajaran agar peserta didik bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan sebaiknya penggunaan media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami lebih jelas materi IPA yanh diajarkan
AMANAH FITRIA HAYATI
NIM. 858691917
KELAS : A
SMT : 6
POKJAR SURABAYA
Analisis :
Pembelajaran yang dilakukan tidak ada apersepsi di awal pembelajaran, sehingga membuat pembelajaran terasa membosankan bagi peserta didik. Ditambah lagi tidak ada penggunaan media pembelajaran yang digunakan mengingat materi pembelajaran IPA yang seharusnya memakai media pembelajaran agar peserta didik lebih bisa memvisualisasikan dan memahami lebih jelas tentang materi yang diajarkan
Solusi :
Sebaiknya pendidik melaksanakan apersepsi diawal pembelajaran agar peserta didik bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan sebaiknya penggunaan media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami lebih jelas materi IPA yanh diajarkan
AMANAH FITRIA HAYATI
NIM. 858691917
KELAS : A
SMT : 6
POKJAR SURABAYA
Permasalahan:
Pembelajaran yang dilakukan tidak ada apersepsi di awal pembelajaran, sehingga membuat pembelajaran terasa membosankan bagi peserta didik. Ditambah lagi tidak ada penggunaan media pembelajaran yang digunakan mengingat materi pembelajaran IPA yang seharusnya memakai media pembelajaran agar peserta didik lebih bisa memvisualisasikan dan memahami lebih jelas tentang materi yang diajarkan
Solusi :
Sebaiknya pendidik melaksanakan apersepsi diawal pembelajaran agar peserta didik bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan sebaiknya penggunaan media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat memahami lebih jelas materi IPA yanh diajarkan
Nama : Dona Melisa Sormin
NIM : 859868254
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Medan
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/08/guru-tidak-menggunakan-media-pada-pembelajaran-ipa-sd/
Analisis : pembelajaran yang dilakukan pada vidio tersebut tidak ada nya apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran, Guru tidak menjelaskan materi dan tujuan pembelajarannya, Guru langsung pada inti pembelajaran sehingga siswa merasa bingung mengenai apa yang diajarkan guru, ditambah dengan tidak adanya media membuat siswa bosan dan tidak tertarik sama sekali dengan pelajaran yang diajarkan oleh guru nya. oleh sebab itu penggunaan media pembelajaran sangat penting agar siswa lebih mudah memahami materi dan merasa tertarik akan pelajaran tersebut. media pembelajaran dapat diperoleh dari lingkungan sekitar dan harganya lebih terjangkau. terimakasih
Nama : Windi Puspita Sari
Nim : 856735023
UPBJJ : 18/Palembang
Program Studi : 118/PGSD-S1
Semester : 6 (Enam)
Pokjar : Baturaja
Mata Kuliah : PDGK4209/PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR(PKM-PGSD)
assalamualaikum .wr.wb. selamat pagi/siang/sore/malam bapak/ibu
saya mohon izin untuk menyamapaiakn hasil analisis saya setelah menonton video yang berjudul Guru Tidak Menggunakan Media pada Pembelajaran IPA SD.
Berdasarkan video seri pembelajaran IPA SD yang berjudul”guru Tidak MenggunakanMedia Pada Pembelajaran IPA SD” .
terdapat beberapa kelebihan dari video tersebut antara lain:
1.guru telah menyapa siswa
2.guru telah menyampaikan pembelajaran apa yang akan dilakukan meskipun belum kompleks
dari beberapa kelebihan tadi terdapat juga beberapa kelebihan antara lain:
1.guru tidak mengajakpara siswa untuk berdoa dan tidak mengabsensi para siswa
2.Meskipun sudah menyampaikan pembelajaran apa yang akan dilakukan akan tetapi dari video tadi guru kurang menyampaikan tema,judul ataupun pembelajaran keberapa dll.
akibat dari guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD ,siswa kurang memahami apa yang disampaikan guru,terjadi juga verbalisme data,fakta,prinsip dan konsep.serta sulitnya mencari media yang tepat ,waktu persiapan yang terbatas serta tidak ada biaya untuk membeli media.
dari masalah tersebut ada berbagai macam cara untuk mengatasinya antara lain yaitu:
Guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kreativitas dan mengolah lingkungan jadi media dan sumber belajar yang baik .Apalagi lingkungan sekolah banyak kita jumpai berbagai media yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber belajar.guru juga bisa memanfaatkan mediagrafis,media audio,media audio visual ,dari berbagai media tersebut yang paling mudah untuk di manfaatkan yaitu media yang sudah ada contohnya tadi guru telah memeberikan media yang ada dilingkungan sekolah.
jadi peranan media pada pembelajarab sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam pembeljaran tak kalah pentingnya juga peran seorang pendidik amat sangat penting dalam pembelajaran .
saya ucapkan terimakasih