silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Nurisa
Nim : 856576329
Berdasarkan video pembelajaran yang saya lihat tampak jelas perbedaan ketika guru sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media berupa daun. Terlihat anak lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Pada pembelajaran Ipah media sangat diperlukan agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran.
Nama : Sarah Sarifah
NIM : 857102752
Prodi : PGSD Sem-6
UPBJJ : UT Jakarta
– reaksi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru disini sedikit baik, namu lebih kebingung.
– kelemahan guru dalam penyampaian pembelajaran adalah kurangnya media pembelajaran, tidak adanya apersepsi, tidak menjelaskan apa maskud dan tujuan pembelajaran hari ini untuk kehidupan sehari-hari.
– kelebihan guru dalam penyampaian pembelajaran adalah melakuka pembelajaran dengan metode diskusi, yang mana mengharuskan peserta didik aktif.
– hal-hal unik yang saya dapatkan adalah kurangnya guru dalam menyiapkan media.
– dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seharusnya guru lebih siap lagi dalam media yang akan digunakannya, lebih memperhatikan lagi pada kegiatan awal/pembukaan kelas.
Media pembelajaran itu merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dengan sebaik mungkin. dengan adanya media belajar peserta didik akan lebih memahami maksud pembelajaran dengan bai serta konkrit, yang nyata dalam kehidupannya. guru disini juga masih kurang teliti dalam kegiatan pembukaan, guru tidak menjelaskan tujuan mempelajari pelajaran di hari itu yang membuat peserta didik agak bingung.
Nama : Amirotul Fatin
NIM : 858913239
Prodi : Program Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Berdasarkan judul dari video tersebut, bahwa permasalahan terletak pada tidak digunakannya media pembelajaran. dari video di atas kita bisa tahu perbedaan penangkapan siswa antara pembelajaran menggunakan media dan tidak menggunakan media. siswa terlihat bingung ketika guru hanya menjelakan macam-macam bentuk daun dengan gerakan tangan saja, tanpa adanya media gambar atau media real. hal seperti itu memang bisa menyebabkan verbalisasi kata dan konsep. maka dari itu penggunaan media sekecil apapun sangat diperlukan untuk menunjang pemahaman siswa, dan akan lebih mudah mencapai kompetensi yang di harapkan.
dan tentunya kita bisa belajar untuk senantiasa memperhatikan dan menyiapkan secara matang mengenai metode dan media sebelum memulai pembelajaran.
Nama : MELA AGUSWANTI
Nim : 855983971
Bidang study : PGSD
Kekurangan:
pada kegiatan awal guru tidak menanyakan kabar dan tidak berdoa terlebih dahulu
Guru hanya mengucapkan selamat pagi setelah itu langsung masuk pada pembahasan materi , dan guru tidak menggunakan media pada pembelajaran, sehingga membuat murid tidak mengerti .
Setelah itu guru menggunakan media pada pembelajaran, memberikan contoh daun kepada siswa sehingga Membuat siswa mengerti materi
Nama : Erma Yulia
Nim : 856948457
Prodi : PGSD
menurut saya, guru dalam video pembelajaran tersebut tidak menerapkan apersepsi terlebih dahulu. Dan guru nya juga tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Agar anak-anak mudah memahami materi yang disampaikan.
NAMA : RIDHATUL ILMIYANTI
NIM : 858691315
UPBJJ UT SURABAYA
Sebelum melakukan pembelajaran guru diwajibkan untuk menyiapkan rencana rancangan pembelajaran untuk siswa pentingnya RPP ini juga dapat memudahkan guru dalam memberikan materi kepada siswa juga dapat mempermudah guru dalam kesiapan kegiatan belajar mengajar kegiatan pendahuluan juga harusnya lebih dimatangkan lagi agar kedepannya Pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan target dan capaian yang diinginkan.
Masalah : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
Nama: Siti Sa’diyatul Fitri
NIM : 859505479
PRODI : S1 BI PGSD
UPBJJ : Pakisjaya
Setelah menyimak video ini, tampak sangat jelas sekali perbedaan antara pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran bersifat konvensional tampak sekali pembelajarannya sangat monoton dan siswa masih tampak bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, hal ini sangat tidak perlu terjadi karena banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan pokok bahasan serta kondisi keadaan siswa dikelas. sedangkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran tampak pembelajaran dikelas lebih hidup dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran serta siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru tersebut. sehingga sebagai seorang pendidik harus lebih banyak mengetahui dan mengaplikasikan media media yang ada.
Nama : Yuni Sartika
Nim : 856485361
Pokjar : Bagan Batu
Hasil analisis saya, berikut ini kekurangan dalam video pembelajaran diatas adalah :
1. guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi.
2. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari.
3. guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas belajar siswa. padahal, dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.
Sedangkan kelebihannya adalah :
1. Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran. Tidak ada alasan bagi guru untuk tidak membuat media pembelajaran karena media pembelajaran dapat diambil dari lingkungan sekitar kita dan menjadi guru memang harus menjadi lebih kreatif.
Terimakasih 🙏
Nama : Yuni Sartika
Nim : 856485361
Pokjar : Bagan Batu
Hasil analisis saya, berikut ini kekurangan dalam video pembelajaran diatas adalah :
1. guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi.
2. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari.
3. guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas belajar siswa. padahal, dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.
Sedangkan kelebihannya adalah :
1. Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut. Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran. Tidak ada alasan bagi guru untuk tidak membuat media pembelajaran karena media pembelajaran dapat diambil dari lingkungan sekitar kita dan menjadi guru memang harus menjadi lebih kreatif.
Terimakasih 🙏
Nama : YUNI SARTIKA
NIM : 856485361
Pokjar : BAGAN BATU
Dari Vidio Pembelajaran IPA di SD yang tanpa menggunakan media pembelajaran di atas muncul beberapa permasalahan dalam belajar IPA di SD mengenai materi daun :
1. Sulit memahami konsep
Siswa Seringkali kesulitan dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang terdapat dalam pembelajaran
IPA tanpa menggunakan media belajar yang dapat membantu visualisasi dan memudahkan pemahaman.
2. Kurangnya Minat siswa
Pembelajaran IPA yang hanya berfokus pada pengajaran teori tanpa menggunakan media belajar yang
menarik dan interaktif dapat membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam belajar.
3. Keterbatasan Waktu Pembelajaran
Tanpa adanya media belajar yang efektif, waktu yang diperlukan untuk menjelaskan konsep-konsep IPA
yang abstrak dapat lebih lama sehingga memakan waktu di dalam kelas
4. Tidak Interaktif
5. Terbatasnya kemampuan Guru
6. Rendahnya hasil belajar
Hasil Analisis saya, berikut ini kekurangan dalam video pembelajaran diatas adalah :
1. Guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian materi
2. Tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi,juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari.
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang aktivitas belajar siswa,padahal dalam pelajaran IPA media sangat diperlukan,yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa sehingga siswa lebih mudah memahami.
Sedangkan kelebihannya adalah :
1. terlihat jelas perbedaannya , yaitu ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata ( daun ) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis jenis daun tersebut.
Terimakasih