silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Mengamati dan memberikan komentar pada satu video pembelajaran, berkaitan kekurangan dan kelebihan proses pembelajaran dan saran perbaikan pada video tersebut :
1. Kekurangan Pembelajaran :
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, guru tidak memperhatikan urutan proses pembelajaran, yaitu tidak adanya kegiatan pembuka, inti pembelajaran, dan kegiatan penutup.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran dengan baik, sehingga mengurangi daya tangkap siswa terhadap materi yang sedang diajarkan
Kelas tidak di awali dengan doa, salam, daftar hadir dan tidak ada ice breaking sehingga kelas terkesan tegang dan membosankan.
2. Kelebihan pada video pembelajaran tersebut adalah guru mampu menganalisis kekurangannya sehingga dapat menceritakan kendala yang dialaminya. Maka konsultan dapat meberikan solusi yang tepat terhadap permasalahannya yaitu dengan membuat media pembelajaran yang mudah, murah, dan efektif.
3. Saran Perbaikan untuk proses video pembelajaran seperti di atas adalah, pertama guru harus benar – benar siap ketika akan memasuki kelas dan menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan pada hari itu. Selanjutnya kondisikan kelas sedemikian rupa agar suasana kelas menjadi kondusif, siswa siap belajar, dan tertib lengkap dengan kegiatan pembuka, isi dan penutup pelajaran. Berikutnya memikirkan dan membuat media pembelajaran yang cocok untuk materi pelajaran yang akan disampaikannya, sehingga dengan membawa media pembelajaran tersebut memungkinkan siswa untuk mengalami peningkatan daya tangkap terhadap pemahaman materi yang disampaikan.
Nama : Novera Purwanti
Nim : 859876047
Semester : 2
Pokjar : Binjai
Masalah tersebut muncul sebenarnya berasal dari guru. Mudah saja mencari media untuk pembelajaran IPA jika guru mau memanfaatkan lingkungan sekitar. Contohnya materi tentang bentuk-bentuk daun, guru dapat memanfaatkan berbagai jenis dedaunan yang ada di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.Menurut saya tentang video tersebut, Guru harus menjelaskan dulu dasar materi, contoh nya dalam video tersebut dan menjelaskan tentang daun, maka yang dasarnya dulu, daun itu apa, gunanya untuk apa.
Penggunaan media dalam pembelajaran itu sangat berguna sekali apalagi untuk tingkat sekolah dasar. Dimana mereka butuh penglihatan langsung atas apa yang dijelaskan guru. Dengan media pembelajaran mereka akan tertarik pada materi yang dijelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran IPA khususnya, banyak menceritakan tentang alam maka dengan mudah kita dapat menemukan media pembelajarannya. Seorang guru harus lebih kreatif dan afektif dalam penyampaian materi kepada siswa agar mereka juga lebih paham.
Sebenarnya kalau guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pelajaran IPA di SD, maka sebagian siswa ada yang dapat mengerti dengan cepat ada juga siswa yang kurang mengerti dengan cepat. Dengan materi saja pun bisa juga membuat siswa lebih paham, tetapi ada baiknya dalam pembelajaran IPA yang materinya berkaitan dengan alam, maka dengan mudah kita menggunakan media sehingga para siswa lebih mudah paham tentang materi apa yang kita ajarkan kepada peserta didik.
Nama : Afiqa sari
Nim : 856020849
Prodi : S1 PGSD
Guru Pintar Online
Guru Pintar Online
FKIP – Universitas Terbuka
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
Analog kesamaan atau perbedaannya,
Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
March 8, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO386 Comments
Post navigation
Previous Post
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
Next Post
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
386 thoughts on “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
teguhfitriyanda371 says:
April 11, 2023 at 8:26 am
guru kurangnya dalam mengkondisikan kelas karena tidak menggunakan media sehingga pembelajaran tidak menyenangkan
0
riadwisafitri040 says:
April 11, 2023 at 10:43 am
Nama : Ria Dwi Safitri
NIM : 858812439
Setelah menyimak video pembelajaran ini, menurut saya guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari. selain itu, topik permasalahan sebenarnya yaitu “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.
Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.
Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran.
bramaoktavianis says:
April 11, 2023 at 11:28 am
Laporan Analisi Masalah dalam pembelajaran:
Nama: Oktafianis Brama Ningtyas
NIm : 857363094
UPBJJ Bogor
A. Masalah : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
B. Faktor Penyebab masalah:
1. Sulit mencari media yang tepat
2. waktu persiapan yang terbatas
3. Tidak ada biaya untuk membeli media
4. Guru kurang kreatif dalam memanfaatkan media yang ada disekitar sekolah
Kepada tutor/ teman-teman ,Apabila ada kekurangan/kesalahan mohon komentar di forum diskusi ini. Terima kasih
1
auliayuliutami says:
April 11, 2023 at 11:33 am
Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar
khamimmukhammad46 says:
April 11, 2023 at 12:33 pm
Laporan Analisis Masalah dalam pembelajaran
Masalah : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
Nama: Mukhammad Khamim
NIm : 858860873
UPBJJ : Malang
Setelah menyimak video ini, tampak sangat jelas sekali perbedaan antara pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran bersifat konvensional tampak sekali pembelajarannya sangat monoton dan siswa masih tampak bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, hal ini sangat tidak perlu terjadi karena banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan pokok bahasan serta kondisi keadaan siswa dikelas. sedangkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran tampak pembelajaran dikelas lebih hidup dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran serta siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru tersebut. sehingga sebagai seorang pendidik harus lebih banyak mengetahui dan mengaplikasikan media media yang ada.
Nama : Afiqa sari
Nim : 856020849
Prodi : S1 PGSD
Setelah menyimak video ini, tampak sangat jelas sekali perbedaan antara pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran bersifat konvensional tampak sekali pembelajarannya sangat monoton dan siswa masih tampak bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, hal ini sangat tidak perlu terjadi karena banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan pokok bahasan serta kondisi keadaan siswa dikelas. sedangkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran tampak pembelajaran dikelas lebih hidup dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran serta siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru tersebut. sehingga sebagai seorang pendidik harus lebih banyak mengetahui dan mengaplikasikan media media yang ada.
Nama : Sumiati
Nim. : 856576938
Semester : 6
Prodi. : Pgsd – S1
Pokjar. : Sarolangun
Upbjj. Jambi
Setelah saya melihat video tersebut, menurut saya pembelajaran IPA pada siswa lebih berhasil di pamahi dengan menggunakan media.Sehingga siswa banyak yang lebih paham. Sedangkan pembalajaran tanpa menggunakan media sulit d pahami oleh siswa. Jadi sebagai seorang guru sebaikny kita lebih aktif dan kreaktif serta menarik lagi dalam pemberian pembelajar kepada siswa sehingga siswa lebih senang dan bersemangat untuk belajar.
Terimakasih.
Nama : Tia Sintia Damayanti
NIM : 857077738
Guru Pintar Online
FKIP – Universitas Terbuka
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
Analog kesamaan atau perbedaannya,
Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
March 8, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO386 Comments
Post navigation
Previous Post
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
Next Post
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
386 thoughts on “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
teguhfitriyanda371 says:
April 11, 2023 at 8:26 am
guru kurangnya dalam mengkondisikan kelas karena tidak menggunakan media sehingga pembelajaran tidak menyenangkan
0
riadwisafitri040 says:
April 11, 2023 at 10:43 am
Nama : Ria Dwi Safitri
NIM : 858812439
Setelah menyimak video pembelajaran ini, menurut saya guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari. selain itu, topik permasalahan sebenarnya yaitu “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.
Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.
Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran.
bramaoktavianis says:
April 11, 2023 at 11:28 am
Laporan Analisi Masalah dalam pembelajaran:
Nama: Oktafianis Brama Ningtyas
NIm : 857363094
UPBJJ Bogor
A. Masalah : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
B. Faktor Penyebab masalah:
1. Sulit mencari media yang tepat
2. waktu persiapan yang terbatas
3. Tidak ada biaya untuk membeli media
4. Guru kurang kreatif dalam memanfaatkan media yang ada disekitar sekolah
Kepada tutor/ teman-teman ,Apabila ada kekurangan/kesalahan mohon komentar di forum diskusi ini. Terima kasih
1
auliayuliutami says:
April 11, 2023 at 11:33 am
Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar
khamimmukhammad46 says:
April 11, 2023 at 12:33 pm
Laporan Analisis Masalah dalam pembelajaran
Masalah : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
Nama: Mukhammad Khamim
NIm : 858860873
UPBJJ : Malang
Setelah menyimak video ini, tampak sangat jelas sekali perbedaan antara pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran bersifat konvensional tampak sekali pembelajarannya sangat monoton dan siswa masih tampak bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, hal ini sangat tidak perlu terjadi karena banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan pokok bahasan serta kondisi keadaan siswa dikelas. sedangkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran tampak pembelajaran dikelas lebih hidup dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran serta siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru tersebut. sehingga sebagai seorang pendidik harus lebih banyak mengetahui dan mengaplikasikan media media yang ada.
mujalifah899 says:
April 11, 2023 at 3:00 pm
Nama : Mujalifah
Nim : 858402902
Jurusan : PGSD Semester 8
Setelah menyimak video ini seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa.
jelas terlihat perbedaan ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
Sebelum guru menggunakan media siswa terlihat kebingungan dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak semangat dalam belajar.
Setelah guru menggunakan media nyata (daun) siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, lebih antusias dan semangat dalam belajar.
Nama : Tia Sintia Damayanti
Nim : 857077738
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, Menurut saya masalah yang dihadapi guru tersebut adalah guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan merasa kebingungan dengan penjelasan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Selain itu pada awal pembelajaran guru dapat melakukan apersepsi dan motivasi pada siswa sehingga siswa merasa semangat, fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Nama : Pella Nurhasanah
NIM : 857357829
Setelah saya menyimak video ini, ulasan bagi seorang sosok
Guru yang merupakan peran penting dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam konteks pengajaran mata pelajaran IPA, penggunaan media pembelajaran dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi dengan lebih mudah dan menarik. Oleh karena itu apabika seorang guru yang tidak menggunakan media pembelajaran dalam mengajar IPA dapat berdampak negatif pada proses pembelajaran siswa. Tanpa menggunakan media pembelajaran, guru mungkin hanya mengandalkan buku teks sebagai satu-satunya sumber informasi dalam pengajaran IPA. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik bagi siswa, sehingga kemungkinan besar siswa akan kehilangan minat mereka pada materi tersebut.
namunn ketika guru tersebut memeperbaiki pembeljarannya dg memggunakan media yang kongrit, ketika ituu respon anak tersebutt tidakk monoton, mereka lebih aktif dalam menerima materi yang diajarkan guru tersebut.
Guru yang tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar dapat memiliki kelemahan dalam menyampaikan materi secara efektif kepada siswa. Hal ini karena media pembelajaran seperti presentasi, video, atau gambar dapat membantu memperjelas konsep dan memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
Namun, jika seorang guru memilih untuk tidak menggunakan media pembelajaran, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya yang efektif dan efisien dalam mengajar. Siswa juga dapat menjadi bosan dengan metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif, sehingga bisa mengurangi motivasi mereka untuk belajar.
Nama : ENTIN KARTINI
NIM : 857357718
Guru yang tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar dapat memiliki kelemahan dalam menyampaikan materi secara efektif kepada siswa. Hal ini karena media pembelajaran seperti presentasi, video, atau gambar dapat membantu memperjelas konsep dan memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
Namun, jika seorang guru memilih untuk tidak menggunakan media pembelajaran, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya yang efektif dan efisien dalam mengajar. Siswa juga dapat menjadi bosan dengan metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif, sehingga bisa mengurangi motivasi mereka untuk belajar.
NAMA : AYUNDA FITRIA NINGSIH
NIM : 856037029
POKJAR : SERDANG BEDAGAI
Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan apersepsi seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, serta menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tersebut. Dan guru juga harus mempersiapkan bahan ajar serta media yang sesuai dengan materi tersebut.