silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. NAMA : REPISARI
    NIM : 856986013

    Analisis permasalahan pada pembelajaran di video tersebut adalah :
    1. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi, guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung membahas materi pelajaran. Padahal kegiatan apersepsi sangat penting dilakukan sebelum pembelajaran dimulai agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
    2. Guru tidak menggunakan media pembelajaran, pada pembelajaran IPA media sangat diperlukan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif serta dapat memotivasi siswa.

  2. YUSUF CHAERULLOH
    857162006
    PGSD – BI

    Setelah menyimak video ini, tampak sangat jelas sekali perbedaan antara pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran bersifat konvensional tampak sekali pembelajarannya sangat monoton dan siswa masih tampak bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru, hal ini sangat tidak perlu terjadi karena banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan pokok bahasan serta kondisi keadaan siswa dikelas. sedangkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran tampak pembelajaran dikelas lebih hidup dan siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran serta siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru tersebut. sehingga sebagai seorang pendidik harus lebih banyak mengetahui dan mengaplikasikan media media yang ada.
    Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
    Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar
    Seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa.
    Jelas terlihat perbedaan ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
    Sebelum guru menggunakan media siswa terlihat kebingungan dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak semangat dalam belajar.
    Setelah guru menggunakan media nyata (daun) siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, lebih antusias dan semangat dalam belajar.

  3. NAMA : Suci Rachmawati
    NIM : 857158909
    Program Studi: PGSD-BI
    Pokjar : SALUT SAKHA PEKAYON

    Dari video ini saya bisa refleksi diri sebagai seorang guru, karena segala pembelajaran yang membuat siswa suka atau memotivasi siswa adalah salah satu tujuan guru, untuk itu kita harus mempersiapkan media pembelajaran yang memunculkan minat dan keingintahuan/rasa penasaran mereka, hingga tujuan pembelajaran tercapai.
    rencana pembelajaran harus dijalani dengan baik. agar proses pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan metode pembelajarannya.

    terima kasih untuk videonya sangat bermanfaat untuk saya sebagai refleksi.

  4. Nama : AGUS TRIONO
    NIM : 856957037
    Prodi : S1-PGSD
    Permasalahan pembelajaran pada video tersebut adalah :
    1. Pada Vidio Tersebut Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi, guru hanya memberikan sapaan kemudian membahas materi pelajaran..
    2. Pada proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun, pada pembelajaran IPA media sangat diperlukan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajara.

    pada video tersebut juga terlihat sekali perbedaan antara yang guru belum menggunakan media pembelajaran dengan guru yang sudah menggunakan media pembelajaran. dalam proses pembelajaran yang menggunakan media akan lebih mudah dipahami dan dimengerti siswa, selain itu kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif, suasana kelas yang hidup, dan materi dapat tersampaikan kepada siswa tepat sasaran. hal ini berbanding terbalik dengan guru yang tidak menggunakan media pembelajaran, suasana kelas yang ribut, guru yang kesulitan pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran

  5. Nama : Nina Wisnumurti
    NIM : 858167846
    PGSD
    Assalamualaikum wr. wb.
    Setelah mengamati video tersebut maka refleksi dari pembelajaran tersebut adalah guru hanya memberikan penjelasan dengan metode ceramah sehingga siswa sulit untuk memahami konsep mata pelajaran atau materi yang telah diberikan oleh guru. Terlihat dengan jelas bahwa siswa sangat kebingungan terhadap penjelasan guru dan siswa tidak aktif terhadap pembelajaran tersebut. Jika kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan terus menerus maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan mengakibatkan hasil belajar siswa bisa menurun. Hal ini perlu dilakukan sebuah tindakan agar masalah tersebut bisa terastasi dengan baik. Setelah dilakukan refleksi oleh guru tersebut, maka solusi yang diberikan adalah penggunaan media nyata atau realia pada proses pembelajaran. Guru menggunakan media nyata berupa daun sehingga siswa sudah aktif mengikuti pembelajaran. Konsep yang telah diberikan oleh guru bisa diterima dengan baik oleh siswa dan diharapkan hasil belajar siswa bisa meningkat.
    Terima kasih demikian yang bisa saya sampaikan terkait video yang telah saya amati.
    Mohon koreksinya Bapak dan Ibu.
    Waalaikumsalam wr. wb

  6. Nama : evie Pratama Purwaningsih
    NIM : 858691727
    UPBJJ : UT SURABAYA
    Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ semester 6

    Berdasarkan video yang saya cermati pada judul “Guru tidak menggunakan Media pada Pembelajaran IPA SD), guru tidak mengajak peserta didik untuk apersepsi atau mengingatkan mengenai pembelajaran pada pertemuan yang lalu.

    Dalam video tersebut guru juga belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran secara sederhana.

    Anak dipaksa untuk dapat memahami bentuk dari daun dalam bayangannya sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru padahal pada pembelajaran apapun sangat diperlukan media pembelajaran agar dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.

    Pada video kedua yang menggunakan media pembelajaran, dapat kita lihat bahwa anak lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan tentunya dapat menumbuhkan semangat belajar pada peserta didik.

  7. Laporan Analisis Permasalahan Pembejaran
    Nama : Rodiatul Adawiyah
    NIM : 855983498
    Prodi : S1-PGSD
    UpPBJJ : Labura

    Pembelajaran yang di pilih IPA, Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD.

    *Analisis permasalahan pembelajaran pada video tersebut adalah :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberikan apersepsi, doa, mengakses kehadiran siswa, menyampaikan
    tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi, guru hanya
    memberikan sapaan kemudian membahas materi pelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media pembelajaran, pada pembelajaran IPA media sangat diperlukan agar
    siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa
    menjadi lebih aktif serta dapat memotivasi siswa.
    * Identifikasi masalah
    1. Siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran
    2. Guru menyampaikan pembelajaran hanya monoton, kurang menyiapkan media pembelajaran
    3. Sebagian siswa belum mampu menguasai materi pembelajaran
    * Alternatif tindakan pemecahan masalah
    Dari analisis permasalahan menurut saya sebaiknya guru harus menggunakan media pembelajaran, bisa dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mengamati daun di sekitarnya.

    Seperti dalam video tersebut juga terlihat perbedaan ketika guru belum menggunakan media dan sesudah guru menggunakan media. Ketika guru belum menggunakan media siswa terlihat kebingung dan setelah guru menggunakan media berupa daun siswa terlihat antusias dan memahami materi yang dibahas.

  8. Nama : Yuyun Wahyuningsih
    NIM : 857160295

    Setelah menyimak video tersebut, menurut saya media pembelajaran yang tepat memang sangat diperlukan pada setiap mata pelajaran terutama mata pelajaran IPA, kerena mata pelajaran IPA banyak sekali percobaan-percobaan harus diketahui oleh peserta didik agar lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Seperti yang terdapat pada video tersebut terlihat jelas sekali perbedaannya penyampaian materi yang tidak menggunakan media dan yang menggunakan media. Penyampaian materi dengan tidak menggunakan media siswa terlihat pasif, sedangkan yang menggunakan media siswa terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

  9. Nama : Siti Maymunah
    Nim : 858038491
    PGSD
    Dari video yang saya amati diatas bahwasanya jika ingin menjelaskan materi kepada siswa hendaknya melakukan persiapan terlebih dahulu seperti media dan lain-lain.agar siswa mudah memahami materi yang guru berikan.seperti video di slide terakhir dimana guru memberikan penjelasan menggunakan media daun.sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

  10. Nama = Elly Setia Ningsih
    NIM = 858690954
    Prodi = PGSD-S1

    Terlihat jelas dalam vidio pembelajaran tersebut, bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran pertama karena tidak adanya alat peraga (media) pembelajaran mengenai materi macam-macam daun. Sehingga siswa kesulitan membedakan macam daun oval spt jantung, jari, panjang..
    Sedangkan dalam vidio berikutnya siswa dengan begitu pahamnya membedakan perbedaan macam macam daun karena sudah ada media atau alat peraga yang digunakan.

Leave a Reply