Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. NAMA : NURINA RACHMALIAH
    NIM : 501202159
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT JAKARTA

    Pada tayangan terlihat guru yang menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan media ajar audio. Menggunakan musik menjadi salah satu strategi terutama dalam pengajaran bahasa inggris, hal ini memudahkan murid dalam memahami pembelajaran dan memberi kekayaan dalam kosa kata bahasa inggris.

    Terdapat beberapa persyaratan yang sebaiknya menjadi pertimbangan guru dalam memilih lagu sebagai bahan ajar.
    1. Lagu yang disukai oleh murid
    2. Lagu memuat materi yang akan diajarkan
    3. Lagu memuat karakter dalam pembelajaran
    4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan murid
    5. Lagu harus memiliki pesan yang sesuai dengan tingkat usia murid.

    Terkait dengan kurikulum merdeka, pembelajaran dengan menggunakan lagu juga bagian dari pembelajaran bediferensiasi untuk mengakomidir murid yang memilki kecenderungan pada kecerdasan musikal dalam multiple intelligence.

  2. Nama : SAMSUDIN
    NIM : 501193153
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Setelah mengamati video yang tersebut,saya mengetahui bahwa strategi pembelajaran bahasa Inggris melalui musik merupakan pendekatan yang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Melalui musik, siswa dapat belajar kosakata, tata bahasa, intonasi, dan pengucapan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Musik memiliki ritme, melodi, dan lirik yang dapat memikat perhatian siswa. Ketika siswa mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris, mereka terpapar dengan kosakata dan frasa yang digunakan dalam konteks yang nyata. Ini membantu siswa untuk mengasimilasi kata-kata dan frasa tersebut dengan lebih mudah, karena mereka terhubung dengan emosi dan kenangan melalui musik.
    Selain itu, musik juga dapat membantu siswa dalam mempelajari tata bahasa bahasa Inggris. Lirik lagu sering kali menggambarkan struktur tata bahasa yang tepat. Dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu ini, siswa dapat memperkuat pemahaman mereka tentang tata bahasa bahasa Inggris secara alami dan intuitif. Selain itu, musik juga membantu dalam meningkatkan intonasi dan pengucapan siswa. Lagu-lagu dalam bahasa Inggris memiliki pola ritme dan melodi yang unik, yang mempengaruhi cara siswa mengucapkan kata-kata dan frasa. Dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu ini, siswa dapat melatih intonasi dan pengucapan mereka dengan cara yang menyenangkan.

  3. Saya sangat senang jika pembelajaran bahasa inggris disampaikan dengan cara bernyanyi. belajar bahasa inggris sambil bernyanyi sering dilakukan oleh guru SMP saya bapak D. Tarigan dan kosakata yang dinyanyikan saat saya SMP dulu masih saya ingat sampai sekarang, berbeda dengan ketika disuruh menghapal kosakata dalam bahasa inggris. melalui video ini saya belajar bahwa pembelajaran bahasa inggris untuk pemula seperti di sekolah saya SMP Negeri 4 Ketungau Tengah sangat baik untuk diterapkan. jika diterapkan secara rutin sesuai dengan topik, anak tidak akan bosan dan ini termasuk implementasi Mastery Learning (kecerdasan musik) dan sangat baik diterapkan dalam kurikulum merdeka, karena membuat siswa aktif serta tergolong kedalam pembelajaran berdiferensiasi.

    Saran saya agar diperbanyak video pembelajaran dengan menggunakan musik sehingga menjadi referensi yang baik untuk guru belajar.

  4. Nama : Rizki Hasanah
    NIM : 501202349
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ : JAKARTA

    Dari pemaran video saya mendapatkan pemahaman bahwa musik merupakan bahasa yang universal, meskipun kita tidak mengetahui arti atau maknanya musik dapat membawa sesorang pada suasana yang berbeda bahkan tanpa disadari akan menghadirkan suatu gerakan tubuh meskipun itu musik yang berlirik bahasa inggris. Dari video ini saya mendapatkan wawasan bahwa kegiatan proses belajar khususnya bahasa inggris dapat disampaikan melalui musik yang berisikan suatu lagu yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari dimana lagu akan semakin digemari apabila musiknya sudah sangat akrab dengan siswa sehingga siswa dengan mudah dapat menghapal lirik lagu yang tentunya dibuat sesingkat mungkin melalui kosa kata yang familiar bagi siswa. Selain mendapatkan materi pelajaran dari lagu, siswa pun akan berlatih dalam pelafalan kosa kata sehingga dapat memudahkan siswa untuk memakainya pada kehidupan sehari dan proses pembelajaran pun terlihat sangat menarik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa musik atau isi lagu harus harus disesuaikan dengan tingkat usia serta kematangan siswa agar lagu dapat memberi pesan positif bagi siswa. Dari Video, saya juga mendapat pencerahan bahwa pengulangan lagu akan menguatkan daya ingat siswa ditambah lagi dengan pemberian soal yang diacak sehingga proses pembelajaran menjadi lebih hidup.
    Masukan dan saran: Siswa diberi kesempatan untuk membuat lirik lagu sehingga siswa dapat memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk kebermaknaan suatu proses pembelajaran selain itu siswa dapat diajak untuk bernyanyi dengan berbagai gerakan yang membuat siswa dapat lebih rileks serta sebagai upaya menerapkan proses pembelajaran yang berdiferensiasi

  5. Nama : Fitri Nurul Badriah
    NIM : 501201884
    Prodi : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT JAKARTA

    Pada tayangan tersebut terlihat guru menggunakan teknologi dalam menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan speaker atau kaset yang menghasilkan audio. Penggunaan musik menjadi salah satu media pembelajaran yang memudahkan pengajaran bahasa inggris. Pemilihan music yang sesuai dengan usia siswa juga menambah semangat siswa dalam belajar bahasa inggris. Hal ini membantu murid dalam memahami pembelajaran dan menambah kosa kata bahasa inggris.
    Kelebihan kaset dalam pembelajaran yaitu:
    1. Harganya murah dan mudah didapat
    2. Mudah dalam penggunaan
    3. Mudah dipindah-pindahkan
    4. Tidak memerlukan tempat yang luas untuk menyimpannya
    Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa. Salah satunya dengan menggunakan musik yang disukai remaja usia SMP. Tentu hal ini akan memberikan pengaalaman belajar yang menyenangkan.

  6. Nama : AGUS NUGRAHA
    NIM : 501213209
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ : SERANG

    Belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Sebelum memilih lagu yang akan digunakan, guru perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti lagu harus dikenal atau disukai siswa, berisi materi yang akan diajarkan, memiliki sifat dan karakter yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa, dan berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa. Contoh kegiatan yang dapat digunakan adalah mengisi atau melengkapi kata-kata atau frasa penting dalam lagu yang dihilangkan oleh guru, menulis syair yang hilang di papan tulis, dan menyusun kata-kata dari teks sebuah lagu yang diacak guru setelah mendengarkan lagu yang diperdengarkan.

  7. Indah Zasmita (501172776) Magister Pendidikan Dasar, UPBJJ UT Palembang.
    Dengan memperhatikan video tersebut, saya dapat menambahkan referensi dalam menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi. Khususnya, melibatkan elemen musik atau lagu yang sering mudah diingat oleh siswa, menciptakan suasana yang lebih santai selama pembelajaran. Dalam konteks ini, siswa dapat belajar dan berlatih Bahasa Inggris melalui penggunaan musik atau lagu.

  8. Nama : ismail
    Nim : 501323165
    Prodi : Magister Pendidikan dasar
    UPBJJ UT SURABAYA

    strategi pembelajaran menggunakan media lagu, dengan menggunakan lirik lagu melatih peserta didik untuk berkomunikasi dengan benar. ada 5 pertimbangan dalam memilih media lagu sebagai media belajar berbahasa inggris yaitu : (1) menggunakan lagu yang dikenal dan disukai peserta didik; (2) berhubungan dengan materi; (3) mengandung karakter tujuan pembelajaran; (4) tingkat kesulitan disesuaikan dengan kemampuan siswa; (5) isi pesan disesuaikan dengan kematangan siswa.
    berikut contoh kegiatan yang bisa saya terapkan dalam proses pembelajaran yaitu : pertama melengkapi teks yang hilang dalam sebuah kalimat; kedua yaitu menyusun kata yang sudah diacak.
    setelah melihat vidio ini saya akan menggunakan strategi pembelajaran menggunakan media lagu yang disukai dan dikenal anak didik kami agar mereka termotivasi dalam belajar dan lebih fokus terhadap materi. menurut saya sudah bagus tinggal nanti bagaimana kalau diterapkan disekolah kami apakah berhasil atau tidak yang mayoritas anak sd kami sedikit untuk pengetahuan lagu-lagu bahasa inggris

  9. NAMA : AI SARTIKA DEWI
    NIM : 501232936
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT BANDUNG

    Berdasarkan tayangan video tersebut kita dapat belajar bahwa belajar bahasa inggris lewat lirik lagu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris. selain itu dengan belajar bahasa inggris melalui lirik lagu, dapat membantu siswa mengartikan kosakata yang belum diketahui siswa atau kosakata yang baru bagi siswa sekaligus mempelajari cara pengucapan bahasa inggris yang benar. kita juga dapat mengetahui kata-kata slang atau bahasa sehari-hari dalam bahasa inggris karena biasanya bahasa inggris yang terdapat dalam lirik lagu merupakan kata-kata yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

  10. Nama : NYS. MARTA TRIDA
    NIM : 501172855
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    Video tersebut mempelajari strategi pembelajaran dengan media musik, hal ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, dan juga untuk mencapai tujuan pembelajaran Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan. Dalam video diatas, pemilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam bahasa inggris dan Guru juga harus memperhatikan syarat dalam pemenggalan lirik (tdk boleh lebih dari 3 kata dalam satu baris) agar siswa tidak merasa kesulitan.dan didalam video tersebut sudah dijelaskan bagaimana keuntungannya melalui strategi pembelajaran lewat musik, maka dari itu kita bisa melakukan kegiatan strategi seperti ini agar peserta didik lebih paham lagi untuk meningkatkan pembelajaran khususnya bahasa inggris.

Leave a Reply