Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. NAMA : MARIA NOVIANA MARTALINA
    NIM : 501202213
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT JAKARTA

    Belajar Bahasa Inggris melalui lirik lagu adalah langkah awal yang tepat untuk membangun minat dan ketertarikan siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui tidak semua anak suka belajar Bahasa Inggris, harapannya dengan lagu bisa membuat mereka menjadi senang belajar Bahasa Inggris. Namun, di sisi lain memang sebagai guru kita harus cermat memilih lagu yang tepat untuk pembelajaran. Jika kita dapat memilih lagu yang tepat saya yakin pembelajaran ini akan sangat berkesan bagi siswa. Selain itu, dengan metode ini siswa pun juga bisa belajar Bahasa Inggris secara otodidak dari lagu-lagu Bahasa Inggris yang dia sukai.

  2. Nama : Ami Siti Aminah
    NIM : 501222856
    UPBJJ : BOGOR
    Berdasarkan penjelasan dalam video, saya menganalisis bahwa pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris. Manfaat pembelajaran bahasa inggris melalui musik mampu meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pengucapan. Lirik lagu umumnya dinyanyikan dengan irama dan melodi yang menarik. Hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik untuk mendengarkan lagu tersebut. Selain itu, lirik lagu juga umumnya diulang-ulang, sehingga siswa dapat lebih mudah menghafalnya. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pengucapan siswa. Tak hanya itu, pembelajaran bahasa inggris lewat lirik lagu dapat memperluas kosakata
    Lirik lagu umumnya mengandung berbagai kosakata baru. Dengan memahami lirik lagu, siswa dapat mempelajari kosakata baru tersebut. Kosakata yang dipelajari dari lirik lagu umumnya lebih mudah diingat karena dikaitkan dengan melodi dan irama lagu. Selain itu pula, mampu meningkatkan motivasi belajar. Musik dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik. Hal ini dapat membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, lagu juga dapat membantu siswa untuk lebih rileks dan nyaman dalam belajar.
    Saran dan masukan : Pilihlah lagu yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, berikan penjelasan tentang makna lirik lagu, berikan latihan pengucapan
    Secara keseluruhan, pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu merupakan metode yang efektif dan menyenangkan. Metode ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara keseluruhan.

  3. Nama : Vini Arnelda
    NIM : 501201838
    Prodi : Magister Pebdidikan Dasar
    UPBJJ UT Jakarta

    Video tersebut menerangkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris banyak cara yang dapat dilakukan untuk memantik keterlibatan dan rasa semangat siswa mengikuti pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan lagu. Menggunakan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris merupakan cara yang kreatif dan efisien, mengingat bahwa pada dasarnya nyanyian dapat membuat otak merasa relaks dan membuat pelajaran lebih mudah siswa terima. Penggunaan lagu dalam pembelajaran juga cocok bagi siswa yang mempunyai gaya belajar audio.
    Kemudian ada pula manfaat yang didapat jika menggunakan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris, yaitu:
    1. Karena mendengar lagu, siswa dapat mengartikan kalimat dan mengetahui cara pelafalan kosa kata yang benar pada lagu tersebut.
    2. Kalimat pada lagu biasanya ringan, sehingga siswa akan mengetahui bahasa slang atau bahasa yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari.

    Dalam memilih lagu yang akan dipergunakan dalam pembelajaran, tentunya guru harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
    1. Pilihlah lagu yang dikenal/ populer di kalangan siswa, agar tidak terjadi pembelajaran yang tidak efektif.
    2. Lagu harus bermuatkan materi yang diajarkan.
    3. Lagu harus mengandung unsur yang dapat mendukung tercapainya tujuan belajar.
    4. Pemilihan lagu disesuaikan dengan tingkat usia, kemampuan, dan pemahaman siswa.

    Dalam video tersebut pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan lagu dikombinasikan dengan berbagai kegiatan permainan, seperti get feeling activity dan menyusun kata, sehingga siswa tidak jenuh mengikuti pembelajaran. Akan tetapi sedikit saran dari saya, bahwasannya dalam pembelajaran tersebut masih perlu diadakan kegiatan-kegiatan lain yang membuat siswa lebih aktif berperan dibanding gurunya sendiri. Karena pembelajaran di era Kurikulum Merdeka ini guru hanya berperan sebagai fasilitator atau pendamping dalam pembelajaran.

  4. Pada video tersebut terdapat manfaat penggunaan media musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media musik dalam pembelajaran Bahasa Inggris terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Muhimatul (2022) menunjukkan bahwa penggunaan media lagu dalam pembelajaran pronunciation Bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lain yang dilakukan oleh Nurul Huda (2021) menunjukkan bahwa penggunaan media lagu dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    Tentu saja, penggunaan media musik dalam pembelajaran Bahasa Inggris harus dilakukan secara tepat dan kreatif. Guru harus memilih lagu-lagu yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dan tujuan pembelajaran. Selain itu, guru juga harus merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memanfaatkan media musik secara efektif.

  5. Nama : Miftakhul Jannah
    Nim : 501213151
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ SERANG BANTEN

    Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, belajar lewat lagu dapat digunakan dalam proses tersebut. Belajar bahasa Inggris lewat lagu dapat menjadi sebuah sarana yang mumpuni dalam meningkatkan daya ingat maupun kemamuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, hal ini dapat dibuktikan dengan mudahnya lagu diikuti dann diingat oleh para siswa. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan suatu hal yang harus dilakukan pada masa modern ini. Proses pembelajaran tersebut juga memainkan peran penting dalam pemerolehan bahasa tersebut. Sekolah memerlukan penambahan pelajaran bahasa Inggris karena minimnya jam pengajaran dari guru setempat. Kebutuhan anak-anak di sekolah tersebut merupakan hal yang harus di selesaikan oleh karena pembelajaran bahasa Inggris harus diperkenalkan dari tingkat sekolah dasar. Kehadiran para pengajar bahasa Inggris di sekolah akan sangat membantu proses pembelajaran dini dari bahasa asing, terlebih apabila pengajar tersebut dapat mengajar bahasa Inggris lewat bermacam cara.

    Saran dan masukan dari video pembelajaran tersebut guru harus memilih lagu yang populer dan diketahui sesuai tingkat kemampuan siswa, pilihlah lagu sesuai usia. Pembelajaran ini sangat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

  6. Nama : Shofa Fijria Amalia
    NIM : 501263131
    UPBJJ : UT Surakarta

    Video tersebut menjelaskan pemanfaatan lagu sebagai media pembelajaran. Menurut saya hal ini sangat menarik, karena semua anak pasti menyukai musik. Anak-anak SD sangat suka jika diajak bernyanyi. Jadi, musik bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan. Dalam video juga terlihat bahwa siswa senang, dan mengetahui lagu yang dinyanyikan, sehingga anak-anak bisa bernyanyi dengan kompak.

    Manfaat setelah menonton video ini adalah sebagai berikut:
    1. Mengetahui variasi media pembelajaran yang menyenangkan
    2. Mengetahui bagaimana penggunaan lagu dalam pelajaran bahasa
    3. Mengetahui cara memilih lagu yang tepat untuk pelajaran

    Masukan dan sarannya yaitu mungkin saja ada beberapa siswa yang belum hafal lagu tersebut, apalagi itu lagu bahasa Inggris. alangkah baiknya jika guru memberikan lirik lagu kepada siswa untuk memudahkan.

  7. Nama :Ni Luh Nita Sari
    NIM : 501353168
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Denpasar

    Dalam Video diatas menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa inggris lewat lirik lagu mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran bahsa inggris. belajar melalui lagu merupakan salah satu strategi yang dapat digunkan dalam meningkatkan minat dan rasa semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran. video diatas dapat memberikan saya inspirasi dan motivasi dalam menciptakan inovasi atau strategi pembelajaran seperti penggunaan lagu dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran.

  8. NAMA : FURI LIVIA SARI
    NIM : 501193232
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

    saya sangat setuju dengan teknik pembelajaran Bahasa inggris dalam vidio tersebut, dimana dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris melalui lirik musik cukup jitu dan efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa inggris siswa SMP. penggunaan lirik musik ada beberapa keuntungan pembelajaran yaitu dapat melatih pengucapan kata dengan benar,memudahkan dalam berkomunikasi bahasa inggris dalam menyampaikan pesan. dalam pembelajaran bahasa inggris menggunakan lirik musix ada beberpa hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru seperti:1) lagu sudah dikenal atau disukai siswa, 2)lagu harus berisi materi yang akan disampaikan dari unsur bahasa, 3)memilki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran, 4) lagu harus memilki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa, 5) lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa. kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan pembelajaran “GET FELLING ACTIVITY”. dengan melengkapi lirik lagu.

  9. Nama: Salmiyani
    NIM : 501172887
    UPBJJ :UT PALEMBANG
    Berdasarkan penjelasan dalam video, saya menganalisis bahwa pembelajaran bahasa Inggris lewat lirik lagu mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris. Manfaat pembelajaran bahasa inggris melalui musik mampu meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pengucapan. Lirik lagu umumnya dinyanyikan dengan irama dan melodi yang menarik. Hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik untuk mendengarkan lagu tersebut
    Dalam memilih lagu yang akan dipergunakan dalam pembelajaran, tentunya guru harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
    1. Pilihlah lagu yang dikenal/ populer di kalangan siswa, agar tidak terjadi pembelajaran yang tidak efektif.
    2. Lagu harus bermuatkan materi yang diajarkan.
    3. Lagu harus mengandung unsur yang dapat mendukung tercapainya tujuan belajar.
    4. Pemilihan lagu disesuaikan dengan tingkat usia, kemampuan, dan pemahaman siswa.
    Masukan dan sarannya yaitu mungkin saja ada beberapa siswa yang belum hafal lagu tersebut, apalagi itu lagu bahasa Inggris. alangkah baiknya jika guru memberikan lirik lagu kepada siswa untuk memudahkan.

  10. Nama : Rani Anggeraini
    NIM : 501172894
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Palembang
    Dari video tersebut dapat kita ambil manfaatnya dalam menggunakan media musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Karena pada umumnya siswa sangat menyukai musik sehingga jika pembelajaran menggunakan musik dapat membuat siswa lebih menyenangkan dan menyukai pembelajaran jadi lebih menarik. Manfaatnya menggunakan media musik dalam pembelajaran yaitu ;
    (1.) Kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Dan pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi dalam memakai bahasa Inggris.
    (2.) Kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan.
    (3.) lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar.

    Saran dan masukan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih lagu sesuai dengan yang disukai oleh siswa misalnya lagu yang populer dan diketahui siswa dapat sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, pilihlah lagu sesuai usia dari siswa. Pembelajaran menggunakan musik dan lagu ini sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

Leave a Reply