Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Nama : ESTER
    NUM : 501193042
    Mahasiswa Megister Pendidikan Dasar UPBJ Medan

    Dari mengamati video pembelajaran berjudul I Have a Dream tersebut, saya mendapatkan beberapa manfaat yang cukup berharga, antara lain:
    1. Memahami pentingnya mengintegrasikan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Musik, khususnya lagu-lagu populer, dapat menjadi media yang menarik dan efektif untuk membantu siswa mempelajari pengucapan, kosa kata, dan bahasa percakapan sehari-hari.
    2. Menyadari bahwa lirik lagu dapat digunakan sebagai sumber belajar yang autentik dan kontekstual. Lagu-lagu populer sering kali menggunakan bahasa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mempelajari bahasa dalam konteks yang bermakna.
    3. Mempelajari beberapa kriteria dalam memilih lagu yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris, seperti tingkat kesulitan lirik, kesesuaian tema, dan penggunaan bahasa yang standar.
    4. Mengingatkan saya tentang potensi musik dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menghibur, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
    Namun, selain manfaat tersebut, saya juga memiliki beberapa saran dan masukan untuk meningkatkan kualitas video pembelajaran ini:
    1. Video bisa lebih interaktif dengan menampilkan contoh penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris, baik secara visual maupun audio.
    2. Narator bisa memberikan lebih banyak strategi atau teknik khusus dalam mengintegrasikan musik ke dalam kegiatan pembelajaran, seperti cara memilih aktivitas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu.
    3. Bisa ditambahkan informasi tentang bagaimana mengevaluasi kemajuan belajar siswa ketika menggunakan lagu sebagai media pembelajaran.
    4. Durasi video bisa lebih panjang untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam dan contoh yang lebih beragam.
    5. Tampilan visual bisa lebih menarik dengan menggunakan animasi atau tampilan grafis yang lebih dinamis untuk menghindari kesan monoton.
    Secara keseluruan, video ini memberikan gambaran yang baik tentang manfaat dan potensi penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan memerhatikan saran dan masukan tersebut, video ini bisa menjadi lebih lengkap, menarik, dan memberikan panduan yang lebih praktis bagi para guru dalam mengimplementasikan pendekatan ini di kelas.

  2. Yang saya pelajari dari video tersebut yaitu ketika kita belajar melalui hal yang kita sukai akan menjadi lebih mudah untuk dipahami, salah satunya yaitu belajar menggunakan media lagu. Lagu adalah sesuatu yang universal yang disukai semua kalangan. Namun dalam pemilihan lagu yang digunakan dalam pembelajaran harus memenuhi unsur; 1) siswa sudah mengenal dan menyukai lagu tersebut, 2) lirik lagu relevan dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa, 3) tujuan pembelajaran yang akan dicapai terkandung dalam sifat dan karakter yang dimiliki lagu tersebut, 4) Tingkat kesulitan lagu harus sesuai dengan kemampuan siswa, 5) pesan dan nilai yang terkandung di dalam lagu harus sesuai dengan Tingkat usia dan kematangan siswa.

    Manfaat yang saya peroleh dari video tersebut yaitu pembelajaran berbasis lagu akan membuat siswa lebih mudah menghafal kosa kata dan mempelajari maknanya. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lagu juga dapat dilakukan dengan tujuan untuk melatih pemahaman, perbendaharaan kata, keterampilan mendengarkan, keterampilan menulis, pelafalan dan keterampilan membaca.

    Saran saya dalam kegiatan pembelajaran seperti ini yaitu, pemilihan lagu untuk kalangan siswa menengah pertama yaitu sesuatu yang kontekstual, tidak mengandung unsur-unsur negative dan lirik lagu merupakan kalimat-kalimat sederhana dengan kosakata yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain penggunaan tape recorder yang disukai anak-anak dengan gaya belajar auditori, dapat juga menggunakan video lagu meskipun hanya berupa ilustrasi gambar yang ada lirik lagunya, sehingga siswa dengan gaya belajar audio visual akan lebih tertarik. Selain itu, guru harus sudah mempelajari lagu yang akan digunakan dalam pembelajaran, sehingga nantinya guru dapat bersama-sama bernyayi ketika pembelajaran telah selesai, kegiatan ini akan disukai oleh anak-anak dengan gaya belajar kinestetik. Dengan demikian, proses pembelajaran akan dapat mencapai tujuan pembelajaran sekaligus dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan belajar siswa.

  3. Riana Sinaga, NIM: 501573533
    Yang saya pelajari serta manfaat yang saya dapatkan dari video adalah musik dapat menjadi salah satu alat untuk belajar bahasa inggris. Melalui lagu kita dapat mengetahui arti kata bahasa inggris dan juga cara pengucapaan kata tersebut. Belajar bahasa sekaligus bernyanyi merupakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak. Meskipun demikian para guru perlu memperhatikan aturan agar belajar bahasa lewat lagu tepat sasaran, yaitu guru perlu mengetahui lagu yang disukai anak atau paling tidak lagu tersebut dikenal anak, jika lagu dikenal secara familiar anak akan lebih mudah mengikuti musiknya. Hal selanjutnya yang perlu diketahui guru adalah lagu yang berikan harus berisi materi yang akan diajarkan, lalu lagu yang dipilih harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran karena lagu hanya strategi dalam mencapai tujuan pembelajaran, kemudian lagu yang dipilih harus disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa agar siswa dapat menikmati musik sambil belajar bahasa inggris sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif, lalu yang terakhir guru hendaknya memilih lagu yang berisi pesan atau nilai yang sesuai degan tingkat usia anak sehingga dapat membentuk karakter yang baik sesuai dengan kematangan usianya. Kegiatan mengisi kata yang kosong dalam paragraf merupakan salah satu contoh kegiatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris melalui lagu.

  4. Nama : Dani syehabudin
    NPM : 501232714
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Bandung

    Manfaat dari pembelajaran bahasa Inggris dengan mendengarkan lirik lagu ini yaitu
    1.Untuk meningkatkan kosakata Anak dalam berbagai kata dan frasa yang di gunakan dalam konteks berbeda
    2. Meningkatkan pronumsiasi dan intonasi yang membantu memahami pengucapan dan intonasi yang tepat
    3.Mempermudah ingatan, sehingga lebih mudah mengingat kosakata dan frasa yang di pelajari.
    4. Meningkatkan pemahaman mendengarkan terutama dalam aksen dan gaya berbicara, dan tentunya mengurangi stres belajar
    Saran untuk pembelajaran ini yaitu di harapkan memilih lagu yang tepat agar mudah di mengerti dan hindari lagu dengan lirik yang terlalu cepat dan slang yang sulit di pahami bagi pemula pembelajaran bahasa Inggris ini.

  5. Nama : Dani syehabudin
    NPM : 501232714
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Bandung

    Manfaat dari pembelajaran bahasa Inggris dengan mendengarkan lirik lagu ini yaitu Untuk meningkatkan kosakata Anak dalam berbagai kata dan frasa yang di gunakan dalam konteks berbeda,Meningkatkan pronumsiasi dan intonasi yang membantu memahami pengucapan dan intonasi yang tepat,Mempermudah ingatan, sehingga lebih mudah mengingat kosakata dan frasa yang di pelajari.,Meningkatkan pemahaman mendengarkan terutama dalam aksen dan gaya berbicara, dan tentunya mengurangi stres belajar
    Saran untuk pembelajaran ini yaitu di harapkan memilih lagu yang tepat agar mudah di mengerti dan hindari lagu dengan lirik yang terlalu cepat dan slang yang sulit di pahami bagi pemula pembelajaran bahasa Inggris ini.

  6. Nama : Fitri Indriyani
    NIM : 501213033
    UPBJJ : Serang
    Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan
    Dari video tersebut, saya mendapatkan pemahaman bahwa salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam membelajarkan Bahasa Inggris adalah dengan pemanfaatan music. Musik dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, dan efektif. Ranuntu (2019) mengungkapkan bahwa lagu-lagu berbahasa Inggris dapat membantu para guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Beliau juga menjelaskan bahwa melalui nyanyian dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, pendidik dapat menumbuhkan minat anak untuk lebih senang dan giat belajar, hal ini dapat memudahkan anak dalam memahami materi ajar yang disampaikan. Dalam video dijelaskan bahwa lewat pembahasan lirik lagu, siswa dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar. Pengucapan yang benar akan memudahkan para siswa dalam berkomunikasi memakai bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari.
    Adapun saran yang tentang video pembelajaran tersebut diantaranya pendidik atau guru harus menyesuaikan lagu yang akan dijadikan media pembelajaran dengan usia dan karakterisktik peserta didik. Selain itu, agar siswa makin terlibat aktif dalam pembelajaran, guru dapat memberi kesempatan bagi para siswa untuk memanfaatkan kamus untuk mencari arti lirik lagu yang sedang dipelajari ataupun membuat permainan yang menggunakan lagu untuk meningkatkan aktifitas siswa. Secara keseluruhan, video tersebut sudah sangat informatif dan edukatif. Materi disajikan dengan singkat namun sarat manfaat.

  7. HIRNO_501122771
    UPJJ-BATAM
    ### Komentar di Blog Guru Pintar

    Saya sangat menikmati video pembelajaran tentang penggunaan musik dalam belajar bahasa Inggris. Musik benar-benar merupakan bahasa universal, dan menggunakannya sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa adalah ide yang brilian. Dari video tersebut, saya belajar bahwa melalui lirik lagu, siswa tidak hanya dapat mempelajari arti kata-kata tetapi juga pengucapan yang benar. Selain itu, musik membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik, yang pastinya akan meningkatkan motivasi siswa.

    Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari metode ini. Siswa akan lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar, memori mereka terhadap kosakata baru akan lebih baik, dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Saya juga sangat menghargai contoh kegiatan praktis yang diberikan dalam video, seperti Jep Feeling Activity. Aktivitas ini tidak hanya mendidik tetapi juga menyenangkan untuk dilakukan di kelas.

    Namun, saya memiliki beberapa saran untuk membuat video pembelajaran ini lebih bermanfaat. Pertama, akan sangat bagus jika ada lebih banyak variasi aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan lagu, seperti karaoke atau menulis ulang lirik lagu. Kedua, memanfaatkan teknologi seperti aplikasi pembelajaran bahasa yang terintegrasi dengan musik akan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan modern. Terakhir, melibatkan siswa dalam memilih lagu dan mengerjakan proyek secara kolaboratif akan membuat mereka lebih antusias dan terlibat.

    Secara keseluruhan, video ini sangat inspiratif dan saya yakin dengan beberapa penyesuaian, video pembelajaran dari Portal Guru Pintar akan menjadi lebih efektif dan menarik. Terima kasih telah berbagi metode yang inovatif ini!

  8. Nama : Elly Agustina
    NIM : 501573408

    1. Pemahaman pembelajaran bahasa Inggris dengan musik merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Pembelajaran bahasa Inggris dengan lagi dapat memudahkan siswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Melalui lirik lagu, siswa juga dapat memahami pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu, guru harus memperhatikan beberapa perkembangan yaitu :
    a. Lagu sudah dikenal atau disukai siswa, hal ini dapat diketahui dengan tanya jawab kepada siswa
    b. Lagu harus berisi materi yang akan dipelajari, terkait dengan keterampilan bahasa dan unsur bahasa
    c. Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran, hal ini sangat penting karena metode penyampaian pembelajaran dengan lagu merupakan metode pembelajaran.
    d. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan dengan kemampuan siswa, kesalahan pemilihan lagu berakibat kepada dampak negatif pada pembelajaran, guru diharapkan memilihkan lagi yang teks nya ringan dan tidak terlalu panjang.
    e. Lagu harus berisi pesan nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa. Kesalahan pemilihan lagu akan berakibat pada pembentukan nilai yang salah pada siswa.

    Beberapa contoh kegiatan yang dapat digunakan yaitu
    – siswa dapat mengisi bait lagu yang hilang dengan kata atau bait lagu yang telah dikuasai oleh peserta didik, kata-kata yang dihilangkan harus berfokus pada tujuan pembelajaran.
    – ⁠Siswa diminta menyusun kata pada lagu yang sudah di acak oleh guru, kegiatan ini dilakukan setelah siswa berhasil menyanyikan lagu atau menghafalkan nyanyian lagu tersebut.

    2. Manfaat yang diperoleh dari video tersebut adalah :
    – Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris.
    – Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan.
    – Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar.

  9. Setelah menyimak video seri belajar “ I Have a Dream” adapun beberapa hal yang saya pelajari yaitu:
    Bahwa lagu bisa menjadi salah satu stategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran bahasa inggris. Karena selain menarik dan menyenangkan, lewat lagu kita bisa mempelajari arti sekaligus cara pengucapan yang benar dari kosa kata bahasa inggrisnya. Selain itu bahasa yang digunakan dalam lagu lebih mudah dipahami karena tidak baku.

    Dari video juga saya mengetahui bahwa tidak bisa asal memilih lagu untuk digunakam dalam pembelajaran bahasa inggris, ada 5 hal yang harus diperhatikan yaitu: 1) Memastikan lagu yang akan digunakan diketahui dan disukai siswa dapat kita ketahu dari bisa dengan menanyakan langsung kepas siswa; 2) Lagu harus berisi materi yang diajarkan baik itu dari segi keterampilan maupun unsur bahasanya; 3) Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran, karena lagu ini merupakan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, jadi point utamanya harus memperhatikan tujuan pembelajaran; 4) Lagu jangan terlalu sulit dan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa, agar pembelajaran efektif. 5) Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa, agar tidak salah membentuk kepribadian siswa.

    Dari video juga saya mengetahui beberapa kegiatan yang dapat digunakan dalam menggunakan lagu sebagai strategi pembelajaran bahasa inggris serta tata caranya. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan seperti Get Feeling Activity, Recording Words.

    Dari video pembelajaran tersebut saya memperoleh beberapa manfaat yang saya rasa berguna untuk nanti saya terapkan pada waktu pembelajaran seperti penggunaan lagu sebagai salah satu strategi pembelajaran bahasa inggris, cara memilih lagu yang tepat serta kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan.

    Terkait masukan dan saran. Saya tidak memiliki masukan terhadap video pembelajaran ini karena menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus, dari segi penyampaian materi juga jelas, singkat dan padat dan durasi video pembelajaran tidak terlalu panjang. Sehingga yang melihat video ini lebih mudah memahaminya. Untuk saran mungkin saya berharap pihak UT dapat memberikan lebih banyak video seperti ini karena sangat membantu dalam menambah pengetahuan kami.
    Terimakasih.

  10. Nama : Putri Camelia Dalimunthe
    Nim : 501573716
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan
    Setelah menyimak video seri belajar “ I Have a Dream” adapun beberapa hal yang saya pelajari yaitu: Bahwa lagu bisa menjadi salah satu stategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran bahasa inggris. Karena selain menarik dan menyenangkan, lewat lagu kita bisa mempelajari arti sekaligus cara pengucapan yang benar dari kosa kata bahasa inggrisnya. Selain itu bahasa yang digunakan dalam lagu lebih mudah dipahami karena tidak baku. Dari video juga saya mengetahui bahwa tidak bisa asal memilih lagu untuk digunakam dalam pembelajaran bahasa inggris, ada 5 hal yang harus diperhatikan yaitu: 1) Memastikan lagu yang akan digunakan diketahui dan disukai siswa dapat kita ketahu dari bisa dengan menanyakan langsung kepas siswa; 2) Lagu harus berisi materi yang diajarkan baik itu dari segi keterampilan maupun unsur bahasanya; 3) Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran, karena lagu ini merupakan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, jadi point utamanya harus memperhatikan tujuan pembelajaran; 4) Lagu jangan terlalu sulit dan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa, agar pembelajaran efektif. 5) Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa, agar tidak salah membentuk kepribadian siswa. Dari video juga saya mengetahui beberapa kegiatan yang dapat digunakan dalam menggunakan lagu sebagai strategi pembelajaran bahasa inggris serta tata caranya. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan seperti Get Feeling Activity, Recording Words. Dari video pembelajaran tersebut saya memperoleh beberapa manfaat yang saya rasa berguna untuk nanti saya terapkan pada waktu pembelajaran seperti penggunaan lagu sebagai salah satu strategi pembelajaran bahasa inggris, cara memilih lagu yang tepat serta kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan. Terkait masukan dan saran. Saya tidak memiliki masukan terhadap video pembelajaran ini karena menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus, dari segi penyampaian materi juga jelas, singkat dan padat dan durasi video pembelajaran tidak terlalu panjang. Sehingga yang melihat video ini lebih mudah memahaminya. Untuk saran mungkin saya berharap pihak UT dapat memberikan lebih banyak video seperti ini karena sangat membantu dalam menambah pengetahuan kami.
    Terimakasih.

Leave a Reply