Sinopsis
Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
–
Pakar Dosen
Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.
Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.
Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.
Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.
Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.
Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.
–
Nama : Nina Herlina
NIM : 501223184
MPDR
strategi pembelajaran dengan menggunakan musik merupakan satu hal yang menyenangkan untuk siswa. ini akan sangat efektif dalam belajar bahasa inggris melalui lirik lagu. dengan menggunakan lirik lagu kita bisa belajar mengartikan dan juga bisa mengetahui cara pengucapan yang benar. lagu dengan bahasa inggris dapat dnegan mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana dan yang sering digunakan dalam sehari-hari.
namun bukan berarti semua lagu bisa kita gunakan dalam pembelajaran, kita harus menentukan terlebih dahulu beberapa faktor sebelum lagu tersebut dijadikan media dalam pembelajaran. pertama lagu yang digunakan harus lagu yang disukai dan juga sudah dikenal siswa, kemudian lagu harus berisi materi yang akan diajarkan, lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung tujuan pembelajaran, lagu harus memiliki tingkat kesulitan sesuai kemampuan siswa, lagu harus memiliki nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa.
dalam kegiatan pembelajaran bisa dengan melengkapi kata-kata (lirik lagu) sehingga pembelajaran bahasa inggris menjadi menyenangkan dan juga siswa akan lebih mudah memahami.
Nama: Yolada Adelia Utami
NIM : 501202879
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dari adanya video pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang guru menggunakan lagu “I Have A Dream” sebagai salah satu sumber belajarnya. Penggunaan lagu ini bukan tanpa alasan karena lagu tersebut menarik dan adanya kegiatan bernyanyi berulang dapat meningkatkan artikulasi dalam pelafalan Bahasa Inggris. Penggunaan Bahasa Inggris yang digunakan dalam lagu tersebut juga pelafalan Bahasa Inggris sederhana dan sering diucapkan sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa semua peserta didik dapat bernyanyi bersama mengenai lagu tersebut. Pembelajaran dengan hal ini dapat menjadikan pembelajaran cenderung efektif dan menyenangkan dan tidak menutup kemungkinan menjadikan pembelajaran lebih meaningful.
Nama : Neng Satryani S.K
NIM :501213223
Penggunaan musik dalam sebuah pembelajaran adalah salah satu cara saya untuk mengatasi kebosanan pada peserta didik, selain itu anak akan lebih cepat hapal dalam materi yang disampaikan.
Pada video ” I hve a dream ” yang telah saya tonton pun, saya melihat itu adalah cara guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris agar anak cepat memahami dan bisa berbicara bahasa Inggris. Tentu musik yang disampaikan liriknya harus sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Nama : Idha Lestari
NIM : 501123204
Prodi : Magister Pendidikan dasar
Pembelajaran dengan menggunakan strategi lagu sangat menarik dan menyenangkan jika diterapkan terutama untuk mengasah kemampuan listening dan writing yang dilakukan dengan melengkapi teks lagu, jenis lagu yang digunakan telah sesuai dengan kesukaan siswa terasa ringan, enjoy dan mudah, disamping itu juga sesuai dengan topik yang akan dipelajari
Nama : Lasri Afrioza
NIM : 501133061
Prodi : Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
Ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Adapun trik dalam memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Jika dikaitkan dengan prinsip dasar psikologis dan pedagogis guru harus mampu merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik seperti bakat, minat, dan kebutuhan siswa. Apabila pembelajaran dilaksanakan dengan menyanyikan lirik lagu dan kemudian mengisi lirik yang kosong akan menarik dan memotivasi semangat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. JIka dikaitkan dengan prinsip dasar teknologi sangat bagus sekali karena guru bisa menggunakan soundsystem, infocus, dan laptop atau menggunakan media internet untuk menampilkan lirik lagu sehingga lebih menarik perhatian siswa.
Nama : Leni Pitrianis
Nim : 501132962
Upbjj. : Padang
dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik, strategi pembelajaran yang diterapkan guru pada video tersebut sangat tepat dengan menggunakan lagu/musik. Strategi pembelajaran ini jika diterapkan pada pembelajaran akan meningkatkan minat siswa, siswa akan bersemangat karena dengan adanya musik/lagu maka pembelajaran akan terasa menyenangkan. penjelasan narator mudah dipahami dan sangat membantu untuk menerapkan pembelajaran bahasa inggris melalui musik dengan tujuan untuk membantu para siswa untuk memudahkan mereka meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka. Hal ini juga membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan. Strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam mengikutinya. Dalam video diatas, [emilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam bahasa inggris.
nama : muhammad satria
NIM : 501172966
prodi : Mdpr
Upbjj : Palembang
berdasarkan video di atas terdapat bebebrapa inovasi dalam pembelajaran bahasa inggris dalam pembelajaran di atas guru menggunakan media musik , tentunya ini memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan , diatas guru mengajarkan materi writing dengan menggunakan lirik lagu “I have a Dream” akan tetapi guru juga harus memahami beberapa rules yang mungkin akan menjadi momok dalam pemahaman siswa .
Nama : UMA FADHILA TRISNAWATI
NIM: 501333141
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Manfaat yang peroleh setelah melihat tayangan video bahwa belajar bahasa inggris bisa dilakukan melalui musik yang dapat membantu siswa lebih mudah belajar bahasa Inggris. Strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung menyenangkan, bermakna, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru harus pintar dalam memilih lagu. Sebelum menentukan pilihan lagu dalam pembelajaran guru perlu melakukan beberapa pertimbangan:
1. Lagu sudah dikenal atau disukai siswa
2. Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan
3. Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran
4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa
5. Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa
Nama : OKNITA
NIM : 501132955
Ddari pelajaran bahasa inggris sangat banyak juga Manfaat yang peroleh setelah melihat tayangan video bahwa dalam belajar bahasa inggris bisa kita dilakukan melalui musik yang dapat membantu siswa lebih mudah belajar bahasa Inggris dengan mengadakan musik. Strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung menyenangkan, bermakna, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru harus pintar dalam memilih lagu.Lagu/musik memang merupakan salah satu bentuk strategi yang kerap kali di gadang gadangkan menjadi alternatif guru untuk memberikan stimulan yang baik dan tepat untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa siswa. Lagu/musik dapat menarik minat belajar siswa, dan juga menjadi alat yang efektif untuk mengembalikan konsentrasi siswa ketika belajar. Guru dapat menggunakan metode ini untuk menarik minat siswa jika siswa memang sudah merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran. Siswa akan lebih bersemangat dan mereka juga secara tidak langsung akan mempelajari bahasa dari kata kata yang tertera di lirik lagu tersebut. Guru hanya dapat mengarahkan siswa nya untuk lebih menyukai bahasa inggris dengan menggunakan metode ini.
Ini adalah metode efektif untuk merangsang minat siswa dalam belajr bahasa inggris agar siswa tidak bosan dan mudah dalam mempelajari bahasa inggris.
Nama : Junaidi
NIM : 041056427
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
UPBJJ :Batam
Musik memiliki kemampuan unik dalam mengekspresikan emosi dan membangkitkan perasaan pendengarnya. Musik juga dapat membantu dalam mengingatkan informasi dan pesan. Melalui musik peserta didik akan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Adapun kekurangan yang ditemukan dalam video tersebut yaitu, Guru hanya menggunakan media audio saja sebagai media pembelajarannya. Sehingga bagi peserta didik yang belum pernah mendengar lagu tersebut, akan mengalami kesulitan dalam menyanyikan lagu, karena mereka tidak tau apa yang akan diucapkan. Alangkah baiknya guru tersebut dapat menggunakan media audio- visual, misalnya dengan menggunakan laptop, layar proyektor, dan in focus. Guru bisa menayangkan lagu tersebut dalam berupa video yang dilengkapi dengan teks. Sehingga bagi peserta didik yang tidak familiar dengan lagu tersebutpun akan dapat mempelajari dengan membaca teks yang ditampilkan lewat video. Cara ini akan lebih efektif dan efisien bagi peserta didik dalam memahami materi yang diberikan.
Sedangkan kelebihan yang terlihat dari video ini yaitu, guru tersebut memilih metode yang tepat. Karena dengan metode bernyanyi, sangat disukai oleh peserta didik. Lewat lagu peserta didik akan merasa termotivasi mempelajari materi dengan baik, karena pesan yang disampaikan akan dapat diterima dengan mudah. Sedangkan hal unik yang tampak pada video tersebut yaitu, guru memperaktekkan lagu/ bernyanyi dengan mengikutsertakan bahasa tubuhnya (body language), menggerakkan badannya kekiri dan kekanan dengan rasa percaya diri. Terkadang tidak semua guru yang mampu melakukannya. Tetapi hal ini mampu dilakukannya dengan baik.
Terima kasih.