Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Pembelajaran yang terlaksana dengan menggunakan lagu menurut saya sangat lah menyenangkan, karena siswa akan merasa enjoy dengan musik. selain itu pembelajaran dengan model yang menyenagkan akan membuat siswa merasa tidak bosan. Motivasi yang timbul secara tidak alngsung akan membuat pembelajaran bermakna dan mudah dipahami.
    Pembelajaran yang tadinya hanya menggunakan bahan cetak, buku, LKS dan metode lainnya, akan terganti dengan bernyanyi bersama. Pengucapan bahasa pun lebih mudah di lafazkan. guru pun lebih enjoy dalam melaksanakan penilaian.
    Tetapi ini pun harus mempunyai rencana yang matang bagi guru sebelum dilaksanakan, agar pembelajaran inin bermakna.

  2. Nama : DEVY RUSELVI
    NIM : 501132851
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPJB : Padang

    Dari mengamati video pembelajaran tentang penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris, terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil, antara lain:

    1. Mengetahui manfaat penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris, seperti membantu meningkatkan kemampuan pengucapan, kosakata, keterampilan mendengarkan, dan pemahaman bahasa slang.

    2. Mempelajari metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan, yaitu dengan menggunakan musik.

    3. Memahami pentingnya memilih lagu yang tepat dan tidak mengandung kata-kata atau frasa yang kasar atau tidak pantas dalam pembelajaran bahasa Inggris.

    4. Mengetahui cara memilih lagu yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa agar pembelajaran menjadi lebih efektif.

    5. Mengetahui bahwa penggunaan musik sebagai sarana pembelajaran juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak cocok untuk semua orang dan harus dilakukan dengan bijaksana.

    Dengan memahami manfaat dan cara penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris, seseorang dapat memanfaatkan metode ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, terutama dalam hal pengucapan, kosakata, dan keterampilan mendengarkan. Selain itu, dengan memilih lagu yang tepat dan memadukan musik dengan metode pembelajaran yang efektif, pembelajaran bahasa Inggris dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif, yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

  3. Nama: Asnaria
    NIM : 501172998
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Lirik dalam lagu bahasa inggris bisa jadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mengajar bahasa inggris baik dikelas maupun dikerjakan dengan mandiri oleh murid sebagai tugas rumah. Lirik dalam bahasa inggris dapat membantu siswa menghafal dan memahami makna dan terjemahan dari setiap kata dalam lirik tersebut. Lagu dapat menstimulus rasa ingin tahu anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Tugas pengajar untuk hal ini adalah memilih lahu yang tepat dan tidak terlalu sulit pelafalan atau cari lirik yang mengandung bahasa sehari-hari, supaya murid yang masih dalam tahap pemula atau sedang dalam masa intermediete nya untuk belajar bahasa inggris mempunyai ketertarikan dan mudah untuk dihafal dan dilafalkan. Metode menggunakan lagu ini juga cocok untuk dijadikan tugas rumah ataupun bisa jadi permainan dalam kelas untuk stimulasi murid supaya lebih tertarik dalam belajar bahasa inggris.

  4. Nama: Asnaria
    NIM : 501172998
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Strategi pembelajaran dengan menggunakan musik merupakan satu hal yang menyenangkan untuk siswa, dengan menggunakan lirik lagu kita bisa belajar mengartikan dan juga bisa mengetahui cara pengucapan yang benar. Lagu dengan bahasa inggris mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana dan yang sering digunakan dalam sehari-hari.
    namun bukan berarti semua lagu bisa kita gunakan dalam pembelajaran, kita harus menentukan terlebih dahulu beberapa faktor sebelum lagu tersebut dijadikan media dalam pembelajaran. pertama lagu yang digunakan harus lagu yang disukai dan juga sudah dikenal siswa, kemudian lagu harus berisi materi yang akan diajarkan, lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung tujuan pembelajaran, lagu harus memiliki tingkat kesulitan sesuai kemampuan siswa, lagu harus memiliki nilai yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa. Lirik dalam lagu bahasa inggris bisa jadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mengajar bahasa inggris baik dikelas maupun dikerjakan dengan mandiri oleh murid sebagai tugas rumah. Lirik dalam bahasa inggris dapat membantu siswa menghafal dan memahami makna dan terjemahan dari setiap kata dalam lirik tersebut. Lagu dapat menstimulus rasa ingin tahu anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Tugas pengajar untuk hal ini adalah memilih lahu yang tepat dan tidak terlalu sulit pelafalan atau cari lirik yang mengandung bahasa sehari-hari, supaya murid yang masih dalam tahap pemula atau sedang dalam masa intermediete nya untuk belajar bahasa inggris mempunyai ketertarikan dan mudah untuk dihafal dan dilafalkan. Metode menggunakan lagu ini juga cocok untuk dijadikan tugas rumah ataupun bisa jadi permainan dalam kelas untuk stimulasi murid supaya lebih tertarik dalam belajar bahasa inggris.

  5. Nama : Dini Apriyanti
    NIM : 501233107
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar
    Video tersebut menjelaskan tentang proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran Belajar Bahasa inggris dengan menggunakan lirik lagu. Penggunaan lirik lagu merupakan cara efektif untuk meningkatkan Bahasa Inggris siswa. Melalui lirik lagu kita dapat mengartikan dan mengucapakan Bahasa inggris dan kita dapat mengetahui Bahasa slank yang dignakan sehari-hari.
    Cara memilih lagu oleh guru yaitu
    1. Lagu sudah dikenal atau diketahui siswa
    2. Lagu berisi materi yang akan diajarkan
    3. Lagu harus memiliki sifat atau karakter mengandung pencapaian tujuan pembelajaran
    4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan siswa
    5. Lagu harus berisi pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa
    Contoh jenis kegiatan yang dapat digunakan:
    1. Anak- anak diminta untuk mengisi kata-kata yang dihilangkan oleh guru (Gap filling activity)
    2. Mengulang beberapa kali pemutaran lagu
    3. Siswa dan guru memeriksa bersama-sama dan menulis syair yang hilang dipapan tulis
    4. Kemudian siswa-siswa meminta menyusun kata yang telah diacak sesuai dengan lagu yang diputarkan
    Manfaat dari video tersebut kita menjadi mengetahui manfaat, cara memilih lagu dan contoh jenis kegiatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan lirik lagu. Saran saya pada kegiatan pembelajaran para siswa diminta untuk menyanyikan lagu tersebut untuk melatih pengucapan siswa dalam mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris

  6. Nama : Reni Angraini
    Nim : 501133205
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Pada video pembelajaran terlihat kreatifitas guru yang mencoba menggunakan lagu berbahasa Inggris. Pembelajaran ini juga bisa menyenangkan bagi siswa yang kecerdasan musikalnya lebih menonjol, akan tetapi untuk siswa yang kecerdasan musikalnya tidak terlalu tinggi, biasanya pembelajaran dengan menggunakan lagu ini, agak membosankan bahkan menakutkan.

  7. Nama : Verla Mutia M
    NIM : 501233146
    PRODI : Magister Pendidikan Dasar
    Video tersebut menjelaskan tentang proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran Belajar Bahasa inggris dengan menggunakan lirik lagu. Penggunaan lirik lagu merupakan cara efektif untuk meningkatkan Bahasa Inggris siswa. sehinggaa Melalui lirik lagu kita dapat mengartikan dan mengucapakan Bahasa inggris dan kita dapat mengetahui Bahasa yang digunakan sehari-hari. Hal ini bisa menarik minat belajar siswa.

  8. Nama : WAHYU WIDYAWATI
    NIM : 501333206
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Tanyangan video yang berjudul “I Have a Dreams ” memberikan manfaat kepada saya tentang pemanfaatan musik sebagai salah satu media dalam pembelajaran bahasa inggris.Belajar Bahasa Inggris dilakukan lewat musik sangat menyenangkan. Belajar melalui lirik lagu berbahasa inggris merupakan cara jitu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. Keuntungan :
    1. Dapat mengetahui cara pengucapan vocab yang benar.
    2. Dapat mengetahui bahasa slank yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
    namun Guru perlu melakukan pertimbangan dalam memilih lagu sebagai strategi penbelajaran :
    1. Guru memilih lagu bahasa inggris yang dikenal siswa
    2. Lagu harus berisi materi yang akan diajarkan
    3.Lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan penbelajaran.
    4. Lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa.
    5. Lagu harus berisi pesan atau nilai yang sesuai dengan tingkat usia san kematangan siswa.
    Pembelajaran dilakukan dengan cara :
    1. Melengkapi kata pada lirik lagu yang sengaja dikosongkan guru kemudian siswa dan guru menulis bersama di papan tulis.
    2.. Siswa mengurutkan kata yang diacak dalam lirik lagu.
    Video tersebut sangat membantu memberikan inspirasi salah satu strategi dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

  9. NAMA : RUSTAN
    NIM :501453267
    PRODI : Magister pendidikan dasar (MPDR)

    setelah saya melihat vidio diatas dengan judul I HAVE a DREAM saya sangat setuju dengan metode yg digunakan belajar bahasa inggris dengan menggunakan musik,karena efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa.keuntungan belajar bahasa inggris dari lagu adalah bahwa siswa dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian tersebut.pengucapan yang benar dapat memudahkan siswa dalam komunikasi memakai bahasa inggris.
    kemudian yang harus di perhatikan guru sebelum menentukan lagu,guru harus melakukan beberapa pertimbangan yaitu
    1. lagu yang sudah dikenal dan di sukai siswa
    2. lagu harus berisi materi yg akan di ajarkan baik keterampilan bahasa maupun karakter bahasa.
    3.lagu harus memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran.
    4. lagu harus memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan siswa
    5.lagu berisi pesan atau nilai sesuai dengan tingkat usia dan kematangan sisawa.

  10. Nama : Indah Permatasari
    NIM : 501172973

    Menanggapi vidio tersebut, dalam strategi pengajaran Bahasa Inggris lewat musik, penjelasan narator mudah dicerna dan sangat membantu untuk menerapkan pengajaran bahasa Inggris lewat musik dengan maksud untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Ini juga membantu dalam mencapai tujuan pengajaran. Namun, guru juga harus memilih musik yang cocok dengan materi yang dipelajari, maka guru dituntut untuk cerdik dalam menentukan lagu yang cocok dengan materi yang terkait. Strategi pengajaran bahasa Inggris lewat musik, adalah salah satu metode yang menjadikan proses pengajaran sangat menyenangkan, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam mengikutinya. Dalam rekaman tersebut, pilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa diharuskan untuk mengucapkan kalimat yang cocok dengan pengucapan dalam bahasa Inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan aturan penulisan dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply