Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
The teacher use simple method to guide students to tell their ambition. I think thats a good method. but after they have completed the exercise paper given by the teacher i think it’s better the students tell it in front of the classroom by orally.
NIM: 020343089
Name: Yasinta Luju Bao
UPBJ : Batam
The teacher use simple method to guide students to tell their ambition. I think thats a good method. but after they have completed the exercise paper given by the teacher i think it’s better the students tell it in front of the classroom by orally.
Name : Rini Fitriani
the teacher teaches the student by a simple method but it has a lot of meaning, because the students seem understand and talk active to study about ” I want to be ” and the teacher always give appreciation to the student.
Nama : Verawati
Nim. : 045075388
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Video tersebut menjelaskan tentang keterampilan speaking peserta didik, tidak mudah bagi seorang pendidik mengajak peserta didik agar berani ke depan berbicara bahasa inggris kadang- kadang ada peserta didik yang tidak berani untuk terampil berbicara bahasa inggris, nah metode seperti ini bisa dilakukan agar peserta didik berani ke depan untuk berbicara bahasa inggris. Kita sebagai seorang pendidik harus bisa dan bagaimana caranya menggunakan metode agar peserta didik berani terampil berbahasa inggris.
Thankyou
NAMA : TIARA FUJI ASTUTI
NIM : 042165685
UPBJJ BANDUNG
1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Anak-anak sangat antusias dan merasa senang untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika dari awal pembelajaran guru menyapa hingga bertanya hampir semua siswa bertunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan guru. Ini mengidentifikasi bahwa komunikasi antara guru dan siswa sangat aktif sehingga suasana kelas kondusif dan tidak monoton.
2. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Guru membuka proses pembelajaran dengan cukup baik, Karena guru terlihat percaya diri menyapa dan menanyakan kabar siswa. Guru sangat berinteraksi dengan baik sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan materi tentang profession dan memberikan contoh terkait materi tersebut. Meskipun hanya penggalan dari 3 inti pembelajaran, namun dalam video tersebut memperlihatkan guru menggunakan bahasa inggris dalam pembelajatan dan berusaha dengan baik dalam pengucapan bahasa inggrisnya.
3. Secara keseluruhan apa saja Kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Guru tampak memulai pembelajaran di kelas tanpa dimulai dengan berdoa terlebih dahulu. Guru tidak menjelaskan tentang apa tujuang pembelajaran nya dan tidak adanya pembelajaran kosakata diawal tentang profession sekaligus pronunciation dari kosakata tersebut. Guru tampak tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan dan Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa Penutup.
4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam proses pembelajaran ?
Semua anak sangat antusias dan aktif dikelas saat guru memberikan pertanyaan dan tampil percaya diri untuk maju didepan kelas.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati, upaya apa saja yang dapat diusulkanuntuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru membuka pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan seperti berdoa,mengabsen dan mengkondisikan siswa terlebih dahulu. Kedepan nya guru menjelaskan atau memaparkan terlebih dahalu tujuan pembelajaran dan memberikan kosa kata diawal pembelajaran supaya anak anak bisa memahami tujuan dari pembelajaran yang akan disampaikan. Kemudian guru harus menyimpulkan materi setelah selesai pembelajaran sebagai bahan evaluasi sehingga siswa tidak lupa point yang sudah disampaikan. Kegiatan penutup pembelajaran harus ditutup dengan doa penutup dan guru memberitahu materi apa yang akan nanti disampaikan pertemuan selanjutnya .
Nama : Junaidi
Nim : 041056427
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
UPBJJ : 13/ BATAM
Assalammualaikum,
Dari vidio yang saya lihat, Guru mengawali kegiatan pembelajaran tanpa berdo’a terlebih dahulu, dan tidak mengecek kehadiran siswa. Guru ketika masuk kedalam kelas hanya menyapa siswa dan langsung masuk ke materi pembelajaran. Reaksi siswa yang terlihat sedikit pasif dan datar. Kelebihannya yaitu, Guru menyapa siswa dengan bahasa yang santai, yaitu,” Hi,guys”, sehingga terdengar akrab dan mencairkan suasana.
Masukannya yaitu, hendaknya Guru lebih memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan pada saat akan memulai proses belajar- mengajar.
Terima kasih.
Name : Irma Evanti Hidayah
NIM : 042416618
Setelah saya melihat video tersebut, saya kagum dengan cara simple yang digunakan oleh pendidik tersebut. Sebuah cara sederhana untuk dapat berinteraksi timbal balik dengan peserta didik yang kadang kerapkali kesulitan mengajak peserta didik aktif speaking. Meskipun dalam memulai pembelajaran, pendidik tidak mengajak peserta didik untuk berdoa,absensi terlebih dahulu. Namun pendidik juga sudah menyapa peserta didik dengan sapaan yang friendly. Over all yang disampaikan sangat sederhana dan menarik. Semoga bisa tetap menjalankan pembelajaran sesuai dengan rencana paksanaan pembelajaran.
I love this video
Nama: Yusriyyah
NIM: 042064119
PRODI: Pendidikan Bahasa Inggris
Menurut saya, walaupun pembawaan guru sangat santai, tapi kurang teliti untuk mengabsen siswa dan menjelaskan materi yang akan dibahas. Guru yang tidak melihat situasi kelas akan berdampak kurang dimengertinya materi yang dbawakan. Terlebih, siswa sangat pasif sehingga tidak terlihat tertarik pada materi dan seolah-olah tidak ada feedback dari siswa untuk melanjutkan materi.
Name : AFRI LESNORA
Nim : 044960148
Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Inggris
According to my opinion , the video tell us how to develop English speaking ability for the student. I think , it’s very good strategy , The teacher invite his student to speak English by greeting them first, and then, the teacher ask the student’s knowledge about material they will learn. By practicing English in the daily meeting in English class, it will improve the student ability in mastering English.
But ,I see in this video , the teacher didn’t tell opening of the material , review material from the last meeting ,neither the purpose of learning of the material. So that several students look shock when their teacher ask them. It’s better A teacher follow the step of learning in the lesson plan, so that the student know that why they have to study the material and they can reach the material of learning entirely.
Thank you
Name : Yuliyana
NPM :043743424
UPBJJ : 20 / Bandar Lampung
Pada vidio ini, guru terlihat sangat baik dalam menyampaikan pelajaran, akan tetapi guru lupa untuk mengabsen siswa, mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, dan tidak memberi tahu tujuan pembelajaran. Untuk siswa, sudah sangat interaktif, tapi setelah salah satu siswa mempresentasikan cita-cita, guru harusnya memberikan tanggapan pada siswa tersebut.